Bro sekalian,  ketertarikan pribadi saya terhadap ilmu astronomi membuat saya selalu ingin mengetahui bagaimana sih proses penetapan penanggalan hijriyah apa lagi yang ada keterkaitannya dengan penetapan tanggal 1 syawal 1432 H tahun ini. Di penanggalan Islam, awal bulan  dimulai saat Matahari-Bulan-Bumi berada pada suatu garis lurus yang waktu di SD kita kenal dengan nama Fase Konjungsi atau dalam bahasa Arab disebut Ijtimayang jika bro sekalian lihat pada gambar diatas, maka pada fase bulan baru (NEW) bagian bulan yang terlihat dari bumi adalah bagian bulan yang gelap, . . . so Bulan akan sama sekali gelap saat Fase Konjungsi ini.

Nah data data yang tmcblog dapet dari ICOP Project pada gambar diatas Pada tanggal 29 Agustus 2011 Indonesia termasuk pada daerah putih alias . . . Not Possible . . . alias kemungkinan melihat bulan baru (Hilal) Syawal 1432H sangat kuueeeciiiill, cmiiw . ..  bahkan menurut Diagram tersebut, daerah Hijaz timur tengah pun termasuk daerah putih. Lho artinya apa bro daerah putih tersebut . . . artinya adalah walau sebenarya Konjungsi sudah terjadi, namun umur bulan baru (hilal) masih sangat muda (di Indonesia barat, sekitar 8 jam dari saat konjungsi) , sehingga bentuk sabit nya suangat tifiiis . . . FYI. menurut ICOP Project Konjungsi terjadi hari ini tanggal 29 Agustus 2011 pukul 3:04 UTC .. .  sekitar pukul 10:04 WIB, cmiiw

Gimana kira kira bentuk hilal di sore hari esok selasa tanggal 30 Agustus? silahkan simak gambar di atas yang tmcblog peroleh juga dari ICOP Project . .  terlihat di sana Indonesia termasuk daerah Ijo, yang berarti bisa melihat Hilal dengan mata tanpa bantuan alat optik sekalipun. So mudah mudahan dengan penjelasan ini bro sekalian sedikitnya tahu, kayak apa sih Hilal itu, dan kenapa sore ini agak susah untuk melhat hilal. Artikel ini bukan ditulis untuk menentukan apakah esok itu idul fitri atau tidak karena pemerintah dan ulama tentu jauh lebih tahu dan berilmu dibanding tmcblog sendiri . .  so Kita tunggu keputusan mereka nanti sore ya . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Pengen tahu hilal itu tipisnya kayak apa ? silahkan di cekidot :

🙄 ini umur hilalnya sudah tua, gimana yang masih muda coba ?

113 COMMENTS

  1. Kang Haji dah baca mgkn tulisan Prof.Dr. Thomas Djamaluddin, diwordpress ini juga, tdjamaluddin.wordpress.com, si Prof ini mengutarakan tentang urgensinya umat Islam kembali pd sistem penanggalan hijriah, sbg antisipasi atas perbedaan2 rukyat dan hisab. Dan analisa dia lebih pada pengukuran gerak matahari.

    Guest
  2. Kang Haji mgkn udah baca, diblog ini tdjamaluddin.wordpress.com, dia prof yg analisa ttg kaleNder hijriah sbg antisipasi perbedaan rukyat dan hilal, jg penghitungan gerak matahari sbg penentuan syawal…..

    Guest
  3. justmyimage
    ya Allah ..bila diantara kami umat rosulullah terjadi perbedaan di setiap urusan agama..kuatkanlah shaf2 kami biar tidak bercerai-berai..amiin..justmyimage

    Guest
  4. Alamat lebaran gak bakalan serempak lagi nih soalnya udah ada yang menetapkan 1 Syawwal jatuh pada tgl 30 Agustus. kalaupun benar ada perbedaan dalam penentuan 1 syawwal tidak menjadikan perbedaan itu menjadi perpecahan jadikan perbedaan itu menjadi pemersatu.

    Guest
  5. mas taufik dengan adanya teknologi satelit, posisi bulan dan matahari terhadap bumi sudah bisa diketahui dengan tepat meski mungkin hilal tidak terlihat di Indonesia dan bisa jadi pijakan penetapan 1 Ramadhan yang seragam tp sayangnya orang kita klo belum ada yg lihat hilal dengan mata telanjang belum percaya padahal teknologi diciptakan untuk mengatasi keterbatasan panca indra manusia.

    Guest
  6. inilah kalo sekelompok orang memanfaatkan ummat untuk mendapatkan kekuasaan,,memecah belah ummat,,,kok ga sabarrr,,,wong cuma nambah 1 hari dalam 1 tahun,,,,bikin kacau saja.,,
    neraka jahannam disediakan bagi mereka pengacau-pengacau ummat…

    Guest
  7. Kang… Ane buta dalam ilmu astronomi hijriyah.
    Kapankah dipakai sistim ru’yat(hilal) dan kapankah dipakai sistem hisab(hitung).?
    Krna kalo musim hujan disinyalir susah untuk melihat hilal.
    Mohon pencerahannya…..

    Guest
  8. 21. 4201 journey
    Selama ini ane cuma berdasar dalil, ati uLLah, wa Rasullu, wa uliil amri minkum. (Taati Allah, Rasul dan Pemerintah)
    ——-
    Yup setuju broo
    gak tuh ayat …. harus taat sama organisasi,
    lha terus sopo kui kok wani-wani men :mrgreen:

    Guest
  9. To: yang punya blog n para komentator
    Beli es di warung bu rima
    Taruh di piring santap bersama
    Niat sudah saya terima
    Teriring pula maksud yang sama
    Minal Aidzin Walfaidzin
    Mohon Maaf Lahir Batin

    (@pemalang, mudik by suprax biru dari depok via pansel)

    Guest
  10. gitu aja kog repot, lihat aja tanggalan lunar (tanggalan kecil di tengah bawah kalender harian), kalo udah tanggal 1 berarti bulan udah mulai muncul, kalo tggl 15 berarti bulan sudah penuh, bulan purnama. coba agan2 lihat kalender harian di rumah, sdh tanggal 1 lum, kalo sdh tggl 1 berarti bulan sudah muncul, besok ya lebaran.. cmiww..

    Guest
  11. Ngikut pemerintah.
    Di sana sudah ada perwakilan ormas-ormas Islam, mui, pakar astronomi, dsb yang dikoordinasi oleh Kemenag. Insya Allah lebih kredibel.

    Guest
  12. Ngikut pemerintah atau ormas gak masalah, Agama itu kan keyakinan, diman kita yg lebih yakin. Klo ada yg patokan lihat hilal yah gapapa, tapi jgn salah, kenapa kalo patokan lihat hilal, tapi klo patokan pergantian bulan hijriah dan waktu shalat kok gak ngeliat bulan, tapi mengandalkan pehitungan hisab yg jelas2 dah jauh hr jg menentukab 1 syawal itu hari selasa. berarti hisab itu jg kredibel secara ada ilmu dan dalilnya, jd bukan masalah ikut ormas atau pemerintah, yg penting sesuai dgn keyakinan kita. MOSLEM MUST KEEP UNITED….

    Guest
  13. tadi lihat di metrotv ada kemungkinan prediksi lebaran jatuh pada hari rabu dikarenakan hilal sulit di lihat.. cmiiw

    Guest
  14. daripada bingung ikut pemerintah aj…
    Kyknya emang ada organisasi yg ingin slalu berbeda dg kbjakan pmerintah, kalo kyk gni terus, kpn majunya indonesia

    Guest
  15. luar biasa artikelnya mas.. jadi tahu.. 🙂
    biarpun di warung lain mungkin ada tapi karang sering jajannya di sini ya.. njujuk’e sini :mrgreen:

    Guest
  16. rukyat&hisab msing2 ada dalilnya. Kita semua sbnarnya tiap hari pakai ilmu hisab ketika menentukan waktu sholat. Klo gak mau pakai hisab hrusnya tiap sholat misal maghrib(buka puasa) harus liat dulu matahari trbenam/blm. Tp sy yakin gak ada yg mlakuknnya, artinya percaya hisab, cuma byk yg menyadari.

    Guest
  17. coba dijawab!, tadi ktka buka puasa berdasar adzan di tv/radio atau berdasar melihat langsung tenggelamnya matahari. Klo brdasar tv/radio brarti kita mnggunakan dasar ilmu hisab/astronomi, maka klo konsisten gunakan hisab(wujudul hilal) brarti idul fitrinya Selasa.

    Guest
  18. Jaman Rasulullah sudah ada penghitungan astronomi, bahkan sudah ada penghitungan letak bintang2 (apalagi matahari) tetapi tetap saja Rasulullah menggunakan rukyatul hilal sebagai tanda pergantian bulan

    Guest
  19. Harus ada standarisasi nih….
    Semoga depat di sidang Isbat, membawa berkah tersendiri. Agar sesama ormas saling menyatukan pandangan. Dalam hal ini kriteria hilal.

    Guest
  20. Negara2 di Asia Tenggara..
    Indonesia, Malaysia, Brunei & Singapura menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 31 Agustus 2011 Masehi..
    dan bila umat Islam di Indonesia ada yang hari Selasa 30 Agustus 2011 silahkan..
    Masalah akhirat tentunya para ulama diseluruh belahan dunia tidak main2 kepada umat dan harus mempertanggung jawabkan dihari kiamat nanti..
    Mohon perbedaan pendapat antar ormas Islam di Indonesia jangan dijadikan perseteruan atau bakar2an kaya perang FansBoy.

    @ll yang seiman..

    MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

    Guest
  21. Negara2 di Asia Tenggara..
    Indonesia, Malaysia, Brunei & Singapura menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 31 Agustus 2011 Masehi..
    dan bila umat Islam di Indonesia ada yang hari Selasa 30 Agustus 2011 silahkan..
    Masalah akhirat tentunya para ulama diseluruh belahan dunia tidak main2 kepada umat dan harus mempertanggung jawabkan dihari kiamat nanti..
    Mohon perbedaan pendapat antar ormas Islam di Indonesia jangan dijadikan perseteruan atau bakar2an kaya perang FansBoy.

    @ll yang seiman…

    MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

    Guest
  22. Yang ikut pemerintah sudah jelas lebaran Rabu.
    Kalau melihat jalannya sidang sudah sangat demokratis, keputusan atas dsar mufakat.

    Guest
  23. disinyalir besok pagi ada lelang besar besaran se indonesia.
    lelang opor ayam dari pada basi karena mnurut sidang isbat bhw lebaran hari rabu tgl31.heheh ada diskon ga ya.hehe

    Guest
  24. 55. nhd – Agustus 29, 2011

    Yang ikut pemerintah sudah jelas lebaran Rabu.
    Kalau melihat jalannya sidang sudah sangat demokratis, keputusan atas dsar mufakat.

    ==========================================

    setuju.. entah kenapa ada satu ormas yg kekeh.. tanya kenapa

    Guest
  25. @All Bro
    Makasih komentar2nya, maap saya baru baca selasa subuh dan baru memoderasi komentar bro2 semua
    buat yang idul fitri selamat Ideul fitri
    buat yan masih saur
    selamat menjalankan shaum terakhir

    Administrator
  26. loh bukannya dimalingsia,brunei,singapore,tokyo,moskow,denhag,serta negara2 timur tengah lebaran sekarang?(30 agustus)
    kang haji minal aidzin wal faidzin

    Guest
  27. @82 win
    silahan masbrow tinggal di sana…kita kan punya ulil amri sendiri..
    kok ngikut2 ulil amri negara lain…katanya nasionalisme….???*nooffense

    Guest
  28. Saya rasa sudah sangat jelas dari uraian Prof Djamaludin seperti yang dicopas bro Dalidul. Sedangkan kalau yang di Singapura, Rusia, Jepang, Belanda menurut saya mungkin karena Umat Islam di sana kurang memiliki kapasitas untuk menentukan awal bulan (sebagai minoritas) atau kebanyakan mereka berpendapat seharusnya/lebih praktis ngikut Arab Saudi saja. IMHO

    Guest
  29. Saya ikut orang arab saja 😀 jadi lebaranya sekarang 🙂

    Surga & Neraka milik Allah. Jgn mmpromoskn diri ahli surga & memvonis org penduduk neraka. Lakukan saja pengabdian pd Alloh secara maksimal
    :mrgreen: m

    Guest
  30. Alhamdulillah…
    Insya Allah puasa saya genap 30 hari
    ntar malam takbir…besok sholat Ied…

    Kalo kamu???
    (iklan : ON)

    Guest
  31. @agung
    pemerintah tidak bisa disamakan dengan ulil amri
    dan tidak ada kata nasionalisme dalam al-quran

    itu dia kenapa gw menyebutkan ide sentralisasi…
    maksudnya seperti sistem khalifah…
    tapi diluar urusan kenegaraan sehingga hanya urusan keagamaan…
    bahkan dengan begitu sampai masalah ahmadiyah bisa jelas…

    seperti sidang itsbat di tv agak sedikit konyol -imo
    perasaan dulu gak kaya gitu2 amat…
    apa krn sekarang jaman sby, sedikit2 masuk media…
    ntar kalo salah… nyalahin medianya
    dan prosesnya cukup aneh…
    malaysia lebaran hari selasa…
    knp di tv kemenag bilang mereka (negara tetangga) sepakat 1 syawal hari rabu…
    begitu juga mui…
    knp melempar tanggung jawab keputusan ke pemerintah berdasarkan fatwa tahun 2004 (no nya lupa)
    padahal sebelumnya sudah disebutkan…
    bahwa pemerintah hanya sebagai fasilitator…

    nb: udah baca penjelasan pak djamaludin… tapi masih belum dapet jawaban/alesan yang jelas…

    Guest
  32. Mohon maaf lahir & bathin.saya lebaran hari ini.saya sudah membaca ulasan thomas djamaluddin,bahasanya kesannya emosional sekali.awalnya meyakinkan.begitu baca komentar2 dari pembaca kok jadi biasa2 aja..silakan baca termasuk komentar2nya sampai habis..

    Guest
  33. Sebagai catatan/tambahan saja, dulu Rasullullah selama masa hayatnya hanya mengikuti 6 kali ramadhan. selama itu 5 kali ramadhan jumlah shaumnya 29 hari, dan hanya 1 kali shaum 30 hari. cmiww… (kalo salah mohon di koreksi)

    Guest
  34. Saya pilih tidak berpuasa dan tidak berlebaran hari ini karna siapa tahu benar adanya sudah lebaran,maka puasanya jadi haram dan kalaupun hari ini masih puasa maka bisa dibayar dihari lainnya.

    Guest
  35. alhamdu lillah fool puasa 29 hari taraweh dengan sekitar 21 masjid besar di jakarta termasuk is,tiqlal dan 8 diantaranya masjid & musollah di sekitar tempat tinggal saya (taraweh29)
    dan hari ini saya dan keluarga termasuk yang merayakan idul fitri 1432hj
    dalam hal ini saya gak ada maksud apa2
    saya hanya ingin mengutarakan pengalaman saya selama menjalan kan ibadah 1 bulan ini
    pengalaman yang saya alami cukup beragam di antaranya dalam mengerjakan shalat taraweh..
    kesimpulannya saya cukup senang..karena di dalam perbedaan itu di dalamnya mengandung makan yang cukup berarti buat saya..ya itu ONE HeART oops 😀 .. maksudnya satu tujuan/sama2 mengharapkan rahmat dan ridhonya ALLAH SUBHANA HUA,TALA

    mohon maaf lahir dan batin.. :mrgreen:

    r 21 masjid besar di jakarta termasuk is,tiqlal dan 8 diantaranya masjid & musollah di sekitar tempat tinggal saya (taraweh29)
    dan hari ini saya dan keluarga termasuk yang merayakan idul fitri 1432hj
    dalam hal ini saya gak ada maksud apa2
    saya hanya ingin mengutarakan pengalaman saya selama menjalan kan ibadah 1 bulan ini
    pengalaman yang saya alami cukup beragam di antaranya dalam mengerjakan shalat taraweh..
    kesimpulannya saya cukup senang..karena di dalam perbedaan itu di dalamnya mengandung makan yang cukup berarti buat saya..ya itu ONE HeART oops 😀 .. maksudnya satu tujuan/sama2 mengharapkan rahmat dan ridhonya ALLAH SUBHANA HUA,TALA

    mohon maaf lahir dan batin.. :mrgreen:

    Guest
  36. saya lebaran besok.. toh kalo dosa.. ditanggung pemerintah ini kan? ngapain percaya sama bla bla bla.. dah jelas Rasulullah yg ngomong. kalo masih ragu ( hilal belum terlihat ) maka genapkan lah puasa kalian menjadi 30 cmiiw

    Guest
  37. Tgl 14 aug kemarin saya ketemu pak ma’rifat iman, anggota mui wakil dari muhammadiyah, dia bilang gak mungkin bisa lihat hilal hari senin 29 aug, krn semua msh dibawah 3 derajat, jd gak usahlah membiayai team pemantau hilal di setiap daerah yg, tentuin aja lebaran selasa atau rabu, jd dari awal tahun udah ditentuin, 2,7 derajat itu udah masuk apa blm.?
    Toh seratus tahun lagi jg kt sdh bisa tau posisi bulan brp tingginya pd jam 6 sore.

    Guest
  38. Mantab…puasa aing genep jg tilu puluh dina. Besokan sholat ied… Truz lebaran ka sodara sadulur pakai naek HONDA NEW MEGA PRO…Yeaaaghhh yuhhhu….! :mrgreen:

    Guest
  39. Yg lebih gendeng lg adl penentuan awal puasa kemarin, tgl 30jul sidang isbat, ternyata blm ramadhan.
    eeh, besoknya tgl 31jul sidang isbat lagi, buat apa??
    gak mungkin lah bulan sya’ban ada 31 hari! Trus pake sidang isbat segala kesannya cari2 obyekan gt, belum lagi siapin team pemantau hilal nya, pake duit jg tuh.
    Pake disiarin langsung pula, itu sih namanya pembodohan umat

    Guest
  40. yg masih bingung…
    penanggalan yg di pakai umum…itu penanggalan matahari
    batas ganti hariny ya lautan pasifik

    yg di pakai umat ISLAM
    penanggalan HIJRIYAH…penanggalan bulan
    batas ganti HARI ny…BUKAN LAUTAN PASIFIK
    tp daerah INDIA…kira2 sendiri aja atas bawahny INDIA apa aja

    otomatis…
    kita lebih timur dr INDIA…jd BELUM GANTI HARI
    sebelah baratny INDIA…baru GANTI HARI
    makany ARAB SAUDI yg sbelah baratny INDIA…sudah ganti hari
    qt INDONESIA…ya belom ganti hari…
    matahariny udah kburu tenggelam…bulanny muncul

    sederhana ny ky gt…
    link di atas2 bner Insya Alloh

    Guest
  41. Selamat Idul Fitri 1432 H kepada seluruh sahabat yg berlebaran hari ini, ataupun besok.
    Kita bersaudara, sehati dalam iman. Mari kita eratkan persamaan.
    Mohon maaf lahir batin.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.