motogpnews

Bro sekalian, cukup menarik membaca tulisan Bro aziz yang bersumber berita detik finance, bahwa sanya Di Pulau Lombok, Grup MNC punya rencana membuat Sirkuit Permanen Yang bisa diberdayakan dan di setandard kan Untuk Gelaran Balap Mobil Prototipkasta Tertiggi . ..  Formula 1 (F1) . . . Whuaah, mantabb nih

TMCBlog berharap agar Jika Membuat Sirkuit nanti, Pihak yang terkait tidak hanya membuat Sirkuit sesuai dengan regulasi F1, kalo bisa sesuai juga dengan Regulasi Balapan Motor sekelas MotoGP dan WSBK. Sepengetahuan Awam TMCBlog, sirkuit F1 dan Sirkuit motor itu sedikit berbeda, Lha Motor aja nggak ada Balap jalanan seperti di srkuit F1 MonteCarlo atau seperti singapura . Ini disinyalir karena Motor itu butuh Space yang luas di sisi kiri kanan, kalo nggak , bisa bahaya . . . Daijiro Kato salah satu korban sirkuit yang memiliki barier terlalu dekat, sehingga kecepatan benturan tidak dapat diturunkan karena tidak adanya Gravel, cmiiw.

Nah, maksut tmcblog kalo bikin sirkuit jangan tangung hanya buat Balap Mobil aja, balap motor juga bro he he he, nah jika Indonesia Punya lebih dari satu Sirkuit permanen, secara tidak langsung akan ada persaingan sehat antara masing masing Sirkuit. Cek aja Persaingan Motor . . . Kalo ada persaingan kuat, maka masing masing pabrikan akan menelurkan Produk terbaiknya kan? nah begitu Juga sirkuit . . . Kalo cuma sendirian, nanti nggak ada Benchmarkingnya bro he he he, kalo bisa Bikin yang banyak .. .  persaingan akan semakin sehat, Negara dapat income dari Devisa Parawisata Olahraga, dan perkembangan para talenta muda Olahraga Otomotifpun semakin moncerrr . . . semoga aja dah, silahkn dikomentari bro . ..  semoga Berguna

taufik of BuitenZorg

gambar : http://www.gililombok.com/pulau-lombok.htm

112 COMMENTS

  1. wah sama mahalnya kaya mau nonton motoGP ke malaysia..tapi aq yakin ini adalah awal dr pembangunan sirkuit2 lain di Indonesia,,semoga..

  2. wah bagus sekali idenya mas taufik, akan tetapi saya takut nanti klo devisa negara meningkat bukan negara yang makin maju malahan perut para anggota DPR dan pajak yang maju… 🙁

  3. dulu pernah ada wacana bangun sirkuit di jembrana bali…klo ga salah taun 2000, bahkan si hermann tilke udah ke lokasi..sayang dimentahkan oleh si tinton n bigbossnya..alasane sentul aja belum dimaksimalkan penggunaannya…cmiiw

  4. sangat setuju…
    selain sepang, harus ada sirkuit lagi. coba lihat sirkuit tetangga kita, keren habis. jadi kl memang bakal di realisasikan harus lebih keren dari lagi dr punya si malay

  5. Hanya wacana baru… seperti wacana-wacana yg sudah-sudah… kebetulan Hary Tanoe lg menggali popularitas untuk memuluskan jalannya terjun ke dunia politik.. akankah wacana tsb tinggal wacana??? liat aja ntar..

  6. wah, menurut ane kalo di lombok agak gak mungkin.. secara infrastruktur akses jalan disana belom begitu bagus.. penduduknya juga gak begitu banyak.. nanti takutnya bernasib sama kayak stadion palaran sama stadion perjiwa (stadion gede, keren tapi kagak kepake gara2 jalan ke stadion jauh dan peduduknya gak banyak)

    kota yang mungkin selain jabodetabek itu menurut gw buat dibikinin sirkuit kelas f1 itu kalo gak surabaya, makassar ato palembang..

    kalo dipikir-pikir, ini kayaknya cuma wacana buat ngemulusin hary tanoe masuk ke politik (setuju sama abang Komengtator)..

    soalnya gw yakin MNC kalo bikin sesuatu gak mungkin gak mikirin cara balikin modalnya..

    ini semua cuma opini saya aja ya, jangan diseriusin banget hehehe 😀

  7. yg penting nanti pengelolanya hrs yg professional,
    jangan sampe sirkuitnya kelas dunia, eh pengelolanya kelas kacangan, sama aja bohong, baru 2 tahun udah pada ancur, tuh sirkuit karena gak dimaintain dengan baik

  8. mantep banget tuh kalo bener,,,pernah ke lombok,,,memang eksotis banget,,,,jauuuh sama bali,,,sayang infrastrukturnya aja…

  9. klo lombok sepertinya agak berat klo mau dibuat sirkuit internasional karena sarana bandaranya mungkin lom memadai, klo bali malah lebih lebih mendukung baik sarana dan prasarana juga sudah tenar didunia internasional tar gelarannya diberi nama ” paradise island motogp” keren khan hehe…

  10. Semoga ga sebatas wacana aja….

    Nambahin komentar2 di atas….
    Kalo mo bikin sirkuit khan investasinya besar banget. Ga cuma sirkuitnya, tapi juga sarana dan pra sarana…. jalan, hotel, listrik, dll dll dll….
    Lombok kayaknya kurang potensial, kecuali kalo emang ngarepin dari wisatawan mancanegara.
    Even internasionalnya juga jangan cuma setahun sekali…. ga balik modal.
    Dalam hal ini kayaknya Chairul Tandjung lebih bisa liat prospek bisnis ketimbang Hary Tanoe.

  11. mas bro semua, ane berasal dari lombok.. khususnya daerah praya.
    siapa bilang penduduknya sedikit? apa udah berrkunjung ke lombok g? penduduknya banyak, seperti bali. pembangunan sirkuit di lombok sangat mendukung untuk meningkatkan pariwisata lombok.. Bandara Internasional Lombok adalah awal dari pembangunan daerah pariwisata. setelah itu akan dibuat Mandalika Resort di pantai kute lombok(Lombok mas, bukan bali). Lombok akan maju seperti daerah Bali pariwisatanya. jadi dukungan Penduduk Lombok sangat beratri untuk kemajuan Lombok dalam bidang pariwisata.
    manurut saya rencana pembuatan sirkuit F1 sangat menguntungkan devisa daerah dan negara. sya juga berharap agar dibuat juga standar MotoGP atau WSBK..
    Banyak oknum oknum yang tidak bertanggung jawab juga yang membuat isu isu untuk menjatuhkan Lombok…thx

  12. behhh mantap.

    smpe2 pihak swasta yang bkin (yang penting ada dulu)

    mgkn kalo benahi sentul pst banyak pihak2 yang ingin memanfaatkan keuntungan,sehingga lebih baik bkin lagi

    sekalian promosi Pulau Komodo (kalo gak salahh dket kan dr lombok)

  13. sapa yg bilang Lombok kurang potensial? ckckckck……
    mungkin belum pernah kelombok kali yaa?

    kalau diliat dari jalur pelayaran dunia, selat malaka udah terlalu ramai dan sesak….nah di lombok itu strategis banget untuk itu dan sekarang jg sedang dibangun pelabuhan internasional agar kapal2 besar termasuk kapal pesiar bisa singgah. udah ada plan jg kesana…

    dengan adanya sirkuit maka otomatis pariwisata dilombok n indonesia semakin tumbuh, karena pelaku wisata di bali saja saat ini udah ketar ketir karena telah beroperasinya bandara internasional lombok…justru dengan ini maka potensinya akan semakin meningkat.

  14. Gimana Indonesia mau dijadiin sirkuit Internasional???

    Lha wong “KEAMANANNYA” aja belum terjamin, kalau ada event Internasional nanti tau-tau ada yang nge-Bom, bikin kerusuhan. gimana jadinya?.
    Kayak dulu MU mau ke Indonesia, malah ada Bom, ya gak jadi kesinilah mereka. Itu menurut pandangan ane.

  15. lombok…???
    jauh ya…??
    kalau sirkuit ini untuk investasi, sepertinya lombok kurang mendukung, disamping sarana dan prasarana masih kurang memadai seperti hotel dan terutama fasilitas bandara internasional, jumlah penonton yang di harapkan sebagai salah satu sumber pemasukan pun tidak akan sebanyak kalau sirkuitnya di pulau jawa atau sumatera dan sulawesi…

  16. @nobita: di lombok ada 2 bandara besar… yang terbesar itu bandara internasional ^^ (silahkan googling)… justru juga dengan kedekatan dengan BALI.. di harapkan wisatawan yang banyak di bali bisa jadi calon penonton potensial juga, jangan salah…soal infrastruktur seperti hotel banyak,,,selain di tengah kota,apalagi sepanjang senggigi, mau hotel berbintang juga ada…..

  17. jauh sekali, mahal pula, tiket sirkuit/pesawat/hotel/jajan, jabodetabek aja masih banyak tanah kosong, sawah juga masih banyak, kabupaten tangerang aja masih ada hutan, memang kalo liat tivi jakarta padat, tapi di lapangan lain

  18. Hajar terus… Orang indonesia nonton ke sepang aja mau.. Masak ke lombok gak mau… Negri sendiri, memakmurkan negri sendiri…

  19. sangat percaya kalau indonesia bisa bikin sirkuit bertaraf internasional, tapi masalahnya apa bisa indonesia mengelolanya,.,.,? #ga yakin.
    *setuju klo MNC pintar dlm itung2 untung rugi, klo rugi ngapain juga bikin sirkuit.

  20. SETUJU!!!…
    itung2 membangkinkan ekonomi di daerah2 sekitar..
    skalian lombok kan pulau yg eksotis, lumayan kali aja ada yg kepincut..

    tinggal pemerinta aja nih yg harus sigap dengan konsekuensi yg ada,
    cth fasilitas umum / pelayanan masyarakat dan keamanannya harus standart internasional..

    lg jg bali mlu yg di jadiin primadona..
    toh pulau2 yg lain pun ga kalah bagusnya..

    yg penting jangan di pulau jawa!!..
    sumpek, bikin malu dengan kemacetan yg ada!!..

  21. lombok memang indah, paduan alam yg msh alami dan eksotis. Wisatawan di bali hanya mendapatkan budaya n keindahan pulau bali, namun di lombok..wisatawan mendapatkan budaya bali dan sasak sekaligus+keindahan alam yg lebih indah

  22. berarti seperti di sentul pas tahun 1997 capirossi masih di gp250cc rossi masih di gp 125cc tapi juara dunia semoga vettel menang suatu saat sesudah sirkuit lombok dibangun

    • [email protected]…jangan salah mas bro,di pulau Lombok bandaranya sudah bertaraf internasional,di pulau ini ada dua bandaranya yaitu :
      1. Bandar Udara Selaparang (di Lombok Barat)
      2. Bandar Udara Internasional Lombok (di Lombok Tengah)
      ini BIL (Bandara Internasional Lombok) adalah bandar udara terluas kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta yang ada di Cengkareng,cari aja beritanya di google,wisata di Lombok juga Eksotis bro,coba saja datang ke Lombok kalau tidak percaya,bukan karena saya putra asli daerah Lombok kemudian menyanjung daerah sendiri,tapi kenyataan yang saya katakan ini,intinya begini saja saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air,kita tidak perlu mempermasalahkan soal dimana akan dibangun sirkuit ini,kita satu bangsa yaitu Indonesia yang kita cintai ini,mari kita bedoa saja semoga pembangunan sirkuit ini akan berjalan lancar dan bukan hanya sekedar wacana saja,salam persaudaraan kepada seluruh rakyat Indonesia,semoga Republik yang kita cintai ini akan jaya.

  23. Ane kira cocok di buat di lombok gan,lahan msh oksoal fasilitas wisatany jg sangat memadai,klo ga tau lombok jgn asal comment ttg lombok heuheuheu……..pissss gan
    semoga ini bukan bualan saja

    You can see Bali in Lombok, but you can’t see Lombok in Bali

  24. perasaan permasalahannya bukan sirkuitnya…
    tapi promotor atw penyelenggara lokalnya deh…
    seinget gw hal itu yang bermasalah waktu wsbk n A1 terakhir batal digelar…

    btw…
    lombok baru aja ngeresmiin bandara internasional di praya (lombok tengah)
    trus mo bikin pembangkit listrik panas bumi di sembalun (lombok timur)…
    pada ga tau ya…
    makanya liat internet… ndeso (tukul mode on)
    :mrgreen: piss all

  25. ane setuja aja,,, tapi ingat jangan di korupsi ntar sirkuitnya malah jelek bgt dan nggak jadi buat balap internasional!!

  26. sayang almarhum marco tidak bisa menikmati indahnya indonesia padahal saat di philipina saya bertanya di situs barunya kapan datang ke indonesia,, ke bali dll..

  27. hhmm…lombok ya? Mungkin msh sekedar wacana aja. Bandara yg baru saja membutuhkan waktu lebih dr 5 tahun mulai dr perencanaan hingga peresmian. Bahkan hingga saat ini, masyarakat di wilayah tersebut menjadikan lokasi bandara sebagai tempat piknik dan wisata, karena merupakan hal yang baru bagi mereka.

    Bicara infrastruktur pendukung, baru ada 1 jalan yg representatif menghubungkan bandara dgn kota mataram, sementara jalan lainnya masih melewati wilayah kampung2. Sementara jika kita bicara hotel buat sarana akomodasi, mungkin yg sesuai dgn persyaratan/ std komunitas F1 hanya ada beberapa hotel yg berbintang 4 dan 5.

    Jika memang akan dilaksanakan pembangunan sirkuit sekelas F1 disana, perlu dukungan dari pemda dan masyarakat setempat. Belum lagi dukungan dari tokoh2 masyarakat dan pemuka agama agar masyarakat di lingkungan tersebut bisa menerima pembangunan sirkuit tsb.

    Saya rasa banyak yg setuju dari kita, jika pada akhirnya sirkuit F1 dibangun di Indonesia, terlepas di daerah manapun pembangunannya, kita pasti akan mendukungnya.

  28. Mimpi yang terlalu berat….jadi ngigau akhirnya…abaikan saja…gak mungkin itu….dari dulu juga dah ngimpi kayak gini….

  29. Semua Hal yang mustahil selalu berawal dari mimpi sekelompok orang yang sering dicerca dan disepelekan, namun jika niat baik dan kesungguhan itu ada dan memang direncanakan dengan perencanaan yang matang dan tidak setengah hati Mimpi itu kelak akan menjadi kenyataan. Dan jika melihat track record dari NMC group yang katanya akan menjadi investor untuk sirkuit baru ini, mereka memang memiliki sistem manajemen yang baik. Kita sebagai masyarakat penggemar otomotif jelas harus turut serta dengan memberikan ‘Pushing’ dan kritikan yang membangun sehingga akan menjadi batu loncatan dalam mewujudkan cita-cita INDONESIA untuk menjadi salah satu ‘Host’ atau penyelenggara kejuaraan otomotif kelas dunia seperti F1, MotoGP, WSBK, WTC maupun kejuaraan-kejuaraan balap dunia lainnya yang bisa kita hadirkan khusunya untuk masyarakat INDONESIA sendiri dan umumnya untuk dunia.

    Maju terus Industri Otomotif Nasional !!!

  30. woooiii,, seemuuaa,, tidak ada yang tidak mungkin., saya punya layout plan circuitnya,, ini circuit walaupun ga ke pakek untuk ajang balapan tapii masih tetep bisa menghasilkan karena selain berfung sebagai circuit juga berfungsi sebagai jalanan utama cz circuit ini di kelilingi oleh Hotel Berbintang.. jadi balapanya di adkan pada waktu malam di tengah Kota,, kalau buat ajang wsbk/pun motogp kemungkinannya kecil masbrow,, cz circuit ini eklusif hanya untuk penggemar berat f1 dan disaksikan oleh orang di kalangan elite yang menginap di hotel tersebut.

  31. sayang kalo menurut saia,,
    mending jangan,,
    nanti kekayaan alam,,
    keindahan serta keanekaragaman hayati nya berkurang,,
    soal nya perlu jalur transportasi,,
    hotel,, lapangan pacu,, segala macem,,
    nanti banyak pohon2 yg bakal di babat tuh,, 🙁

  32. Dari pengalaman turing ke lombok (surabaya-gilitrawangan-bromo-surabaya) kemaren..dari Arah senggigi sampai Pelabuhan Bangsal (menuju Gili Trawangan) , treknya muantaab abiss…mirip trek laguna secha…udah gitu jalannya mulus banget…..Semoga bener2x terlaksana…berangan2x kek gini positif..aplgi kl dilaksanain…daripada berangan2x kotor….wkwkwkwk…

  33. Jadi Sirkuit F1 ini dibangun terintegrasi dengan Kawasan Wisata Mandalika di Pantai Kuta Lombok. Di Kawasan Wisata tersebut yg luasnya mencapai 1.250 Hektar selain dibangun Hotel, Lap. Golf, Pelabuhan Cruise dan Pesawat Air, juga Disneyland, Taman bawah air, Sirkuit F1. Jadi di dalam kawasan tersebut akan banyak fasilitasnya. Pendukungnya? saat ini sudah ada Novotel disana n banyak hotel akan dibangun dalam waktu dekat. Bandara Internasional sudah jadi sekitar 16 km dr Kawasan Wisata tersebut. Jadi…..sebentar lagi Pariwisata Lombok akan menjulang……Sehubungan dengan potensi tersebut akhir2 ini banyak oknum yang mendeskreditkan Lombok, menjelek2an Lombok. Tapi kami masyarakat Lombok mendukung kemajuan yang ditawarkan oleh Pemerintah dan Swasta dengan CATATAN harus membawa kemajuan dari segi ekonomi dan sosial bagi masyarakat lokal. Dengan potensi pantai di Kawasan Mandalika sekitar 7,5 km….di luar itu Kabupaten Lombok Tengah memiliki garis pantai 85 km. Plus ditambah kawasan Pantai Barat Lombok (Senggigi, Sekotong dan Gili) yang kesemuanya pantai2 eksotis. Ditambah dengan potensi budaya masyarakat Lombok yang wellcome, budaya Islami sekaligus juga masih mempertahankan budaya berbau Hindu menjadikan Lombok istimewa dan kuliner masyarakat Lombok yang tidak kalah lezat dengan kuliner di Jawa atau Padang, yg jelas rasa masakannya khas dan berkarakter. Oke inilah kami Lombok memperkenalkan diri. Oiya penduduk yang mendiami Pulau Lombok berjumlah kurang lebih 3,5 juta jiwa.

  34. Pembangunan Lombok selama ini dananya Banyakan Dari daerah sekitar NTB bukan LOMBOKnya,,lombok cuma dapat Dana Dari wisata doang,,kekayaan alam Banyakan disumbawa,,karena Lombok ibukotanya,,uang daerah ngalir dilombok..jgn bangun dilombok deh SDMnya masi dibawah rata2 ,,ntr pada jualan samping sirkuit

    • ee aset NTB itu kebanyakan di LOMBOK.
      dilombok bukan kekayaan alamnya aja.
      lombok serba kaya bro.
      jgn remehin lombok.

  35. Hmm it appears like your blog ate my first comment (it was extremely long) so I guess I’ll just sum
    it up what I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog.
    I as well am an aspiring blog blogger but I’m
    still new to the whole thing. Do you have any tips for novice
    blog writers? I’d certainly appreciate it.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.