Bro sekalian, Judul artikelnya merupakan buah kebingungan saya akan apa yang dilakukan oleh Ducati Malaysia Terhadap Pola Pricing strategi mereka terhadap Ducati Monster 795

Seperti kita ketahui . . . Bicara Moge 650 cc . . . Kawasaki ER6 Series di Malaysia itu seng ada lawan bro . . . motor dua silinder segaris dari kawasaki ini udah wira wiri lama bro . . . kalo nggak salah dari tahun 2007-2008 (atau mungkin lebih lama lagi) ER6 udah merajai jalanan Malaysia . . . tmcblog ngak tahu berapa data statistik ER6 Yang terjual di malaysia namuan data lain semisal harga . . . Harga Motor ini terus merangkak dari duapuluhan ribu ringgit sampai 31 ribuan RM tahun ini (cek disini) . . . atau sekitar 87 jutaan rupiah (convert disini)

Lha udah tahu ER6n dijual cuma 30 ribuan ringgit, terus ER6 udah punya nama yang kuat dan mengakar di Pencinta motor Malaysia . . . tapi Ducati Malaysia (Naza company)  berani banget ngejual Ducati 795 Dengan harga 70 ribuan Ringgit ( atau sekitar 180 Juta-an rupiah) yang kapasitas mesinnya nya cuma terpaut 150 cc dibanding ER6 . . .namun sama sama dua silinder sama sama DOHC. Kalo dipikir pikir . . . Ducati Malaysia Berani Juga Ya?  . .edaaan, ini bener bener diluar mindset linearitas, pasti ada sesuatu disini . . . mungkin ini mirip dengan analogi Mercy dan Accord yang pernah tmcblog bawakan beberapa hari yang lalu? . .. atau inikah keelastisitasan dari nilai sebuah Produk?  atau ada faktor lain? silahkan deh bro share untuk kepentingan pencerdasan kita bersama . . . semoga menjadi sarana berbagi ilmu yang bermanfaat

Taufik of BuitenZorg

88 COMMENTS

  1. Disini er6n awal 99 juta, heboh karena murah. eh ternyata, ER6n malay lebih duluan dan lebih murah. Makin jelas, motor di Indonesia itu muahal.

  2. Ducati menurut saya lbh dr sekedar ‘you are what you ride’. Its a statement, its a way of life. Pemilik ducati biasanya sdh mulai menganggap sebagai cult brand. Biasanya pemilik moge yg mulai memiliki filosofi yg kuat thd suatu merk atau cenderung ke cult brand, akan memilih harley/ducati. Jika 2 merk tsb sdh dianggap cult brand, berapapun harganya akan dibeli orang *pasti panigale sdh ada yg inden 😀

  3. Loh,bukannya di Indonesia lebihgila kang??Di sini kan harganya nyampe 205jt mski iklannya 199jt,,hihi

    o iy, skalian koreksi kang, ducati 795 itu masih SOHC (2 klep per tabung),,,
    hihi makin gila kan?

  4. Loh,bukannya di Indonesia lebihgila kang??Di sini kan harganya nyampe 205jt mski iklannya 199jt,,hihi

    o iy, skalian koreksi kang, ducati 795 itu masih SOHC (2 klep per tabung),,,udah gitu masih pendingin angin pula,,
    hihi makin gila kan?

  5. Ini artikel penyelamatan menurut saya….. Hihihi….
    Di malingsia performance penjualan Naza tidak sebagus Ducati Indonesia…cmiiw…. Mereka main di niche tanpa effort spt ducati Indonesia.
    Masalahnya, Monster adalah motor selanjutnya buat pemakai ninja 250 dan untuk itulah monster menjadi tulang punggung DI!
    Dgn adanya ER6 pasti DI terpukul apalagi haega yg lebih setengahnya…. Idealnya ER6 di bandrol 120-140jt, DI aman tapi kl 99jt???!!! Inget ini motor sekelas bahkan utk penilaian MCN… Yg pengen punya Ducati silahkan tunggu diskon yah…. Monster akan turun ke level 170-180jt dlm waktu 6 bln kedepan…cheers!

  6. mobil merk jerman bmw, merc overprice diseluruh dunia
    kalau di Indo semua barang r2 dan r4 emang overprice
    AHM.YMKI dan rekan3nya Over price

    kecuali bugatti Veyron yg dijual dibawah ongkos produksi

    yg dijual cuma image ajah
    salah sndri yg mau beli merk

  7. @19. chris adinugroho
    wah cult brand . . . . kosa kata baru nih, 🙂

    @20. joni
    🙂 hiya disini 795 jauh lebih mahal entah kenapa . . .mungkin karena PPNBm yang lebih besar, who knows . . .namun saya melihat kasus di Malaysia lebih gila karena . . . soale ER6 disana duluan
    lha kalo disini kan 795 duluan yg digembor2 kan, dan di buka list indennya cmiiw
    artinya . . . ducati sana udah tahu duluan ER6n berjaya . . . tapi tetep aja jual jauh lebih tinggi . . . 200% bro he he he

    @22. Deemaz
    sudah pasti bro . . . harga nggak Bohong, kalo cuma beda beberapa puluh jt doang mungkin masih ok . . .lha ini 2 kali lipat . . . suer saya juga bingung . . . apa benar karena brand, apa emang cost produksinya yang 2 kali lipet? atau margin nya gede? :mrgreen: . .. belum ada pencerahan 😀

  8. coba dilihat lagi mas taufik, harga r15 pun sama r125 sama2 masuk indonesia lewat importir. . . selisihnya juga 2 kali lipat, , ,

    padahal cc lbh menang r15

    itu mgkin karena part2nya. . .contohnya, ducati pake brembo sama usd, er6 nggak. . .dan masih banyak yang lainnya mungkin :mrgreen:

  9. Laagh di inggris kan harganya monster cuma lebih mahal £1000 alias 14jutaan dr ER6n, yg masuk indo produksi sama2 dr thailand, bea masuk sama2 0 %, pajak2 lain jg sama, ongkir sama, napa disini harganya bs 2x lipat lebih ketimbang ER6n?
    MCN udah ngasih review ttg harga & riding budget naked bike (ER6n, Monster 695, XJ6, Gladius), konsumen jelas akan menjadikannya sebagai referensi, di reviewnya memang disebutkan brand Ducati memiliki prestise tersendiri & selisih £1000 itulah yg hrs disediakan konsumen utk menebus prestise ini, bagaimana di indo?

  10. @ Kang Haji

    menurut faham ane, mau bicara monster 795 atau er6 di blog terus terang aja kite cuma terlibat debat kusir tanpa juntrungan. di era informasi seperti ini ane liat pembeli monster 795 sendiri udah tau kalo er6 bakal brojol dengan harga murah meriah tapi kenapa masih pada beli monster 795 ? karena yang jelas orang yang punya duit segitu banyak bukan orang yang tidak cerdas

    ane liat lawan Monster 795 sendiri bukan ER6 tapi Kawasaki Z750. jadi salah kalo ente ngebandingin antara ER6 vs Monster 750 sebagai lawan sekelas. Kalo kite nyamain antara ER6 vs Monster 750 yah sama juga pembodohan otomotif kang!

    Lagi pula mau komentar sampe bebusa kek atau artikel sebanyak apa diblog, mau di warung ijo, warung rondo atau warung simbah jembrong terus ngebahas moge mah sia sia. emang sih juragan warungnya pada punya moge, tapi rata rata pengunjung warungnya mah mentok di Ninin 250 atawa di CBR 250, sementara mereka nyang sanggup beli moge mah ga bakal kemarih.

    tapi ane setuju tuh, Biar pada gak sanggup beli Monster atau ER6 nyang penting kite sanggup komentar :mrgreen:

  11. Salah besar kalo nyamain monster 795 dengan kawasaki ER6, lawan yang sekelas ya Kawasaki Z-750

    tapi terserah deh, mau konsumen ER6N apalagi Monster 795 tetep aja gak ada yang nyambangin blog ini, blog mas tri dan blog mbah dukun. orang pengunjung warung rata rata mentok di Ninin 250 dan cbr 250 kok … kalo pun yang punya moge juga biasanya paling temen temenya juragan warung 😆

  12. Pokoke kalo lu naik Ducati bisa mirip sama Valentino Rossi..!
    kalo naik kawasaki..
    ga boleh nonton MotoGP!..
    soalnya nggak ikutan!
    nonton WSBK aje sono di tv tetangga..
    udah gitu kalah lagi sama king carlos..

    wkwkwk..

  13. ayoo atpm2 lain pada import moge2 …. biar ducati ndak memonopoli harga , konsumen yg di untungkan …. harga koq 2x udah ndak nalar …. bisa2 pembodohan otomotip

  14. @jagomotor, gw konsumen ER6, gw mampir tuh di blog ini, gw termasuk org berduit yg cerdas membelanjakan duit, tdk fanatik merk & tdk suka ria, gw beli yg menurut gw worthed for the money, trus ente mo apa skrg?

  15. Tambahan lg : utk masalah review & kepantasan harga gw selalu menjadikan MCN sbg salah satu referensi gw, klo ente (jagomotor : red) punya web review dgn pengalaman test langsung motor2 sejenis monggo ngomong perbandingan motor2 diatas, klo ente ga punya mending diem aja deh, soalnya gw ga bakal percaya, ente mo apa skrg?

    Parahnya negeri ini krn selalu ada aja orang yg sebenernya ga tau apa2 tp ngaku2 tau & ga ngerti apa2 tp ngaku2 ngerti.

    Sorry nih, gw biasanya cuma mantau doang, terpaksa musti turun comment krn ada yg menganggap kecerdasan org berduit seperti kecerdasan buta tanpa otak.

    Klo duit itu hasil usaha sendiri gw setuju tuh orang umumnya cerdas (walaupun bs jd ada faktor luck jg), beda klo duit hasil warisan ortu bakal sangat tergantung tuh anak borju rajin belajar or engga. So jgn men-generalisir ya, intinya jgn sok tau lah.

  16. Ahhh Gue pake MV-Agusta F4 juga mampir kesini koq……siapa bilang pengunjung warung mentok di ninja 250?!…
    Intinya IMHO ducati musti nya akan turunin harga Monster 795 kalo masih mau achieve sales budget.. Kecuali lbh pentingin margin drpd market share.. Anyway Ducati mmg punya brand equity yg lebih tapi gap price nya just too much.

  17. Sejak awal, ditinjau dari berbagai aspek, Ducati, tak akan lebih murah atau dekat2 dengan harga motor Jepang, termasuk kawasaki ER6 ini.

    Feeling saya, dengan basis Ninja 250 nya, ER6 akan berpeluang besar untuk mendapat hati di kalangan pecinta moge pemula. ER6 akan dapat diposisikan sbg entry level untuk masuk kelas moge. Hal ini tentu akan sangat positif karena berarti akan terbentuk komunitas moge yang lebih besar.

    Ducati, secara global di selluruh dunia, memang tak pernah memposisikan diri sbg entry level di kelas moge, namun tetap mempertahankan posisinya di kelas Moge Premium dan Monster 795, adalah entry level untuk masuk ke keluarga Ducati.

    Ducati M795 juga akan segera diluncurkan tgl 10 Desember ini dan siap mengisi pasar dikelas Moge Premium awal tahun depan.

    *Ngopi sambil, senyam-senyum di pojok warung.. 🙂

  18. Eh, ketinggalan..

    Kalau soal harga, tidak ada konsep monopoli lagi dalam era perdagangan bebas seperti ini. Beberapa importir umum juga memasukkan dan memasarkan motor Ducati dengan selisih harga sedikit lebih murah dari harga yg tawarkan Ducati Indonesia.

    Namun, bagi Ducati Indonesia harga motor tak hanya memperhitungkan margin, namun juga aspek after sales. Aspek after sales tentu juga akan berbeda perhitungannya jika kita menjual 2000 motor dengan hanya 200 motor. Hasilnya tentu saja akan ada beda harga importir umum yang tak memikirkan aspek warranty pabrik selama 2 tahun tanpa batasan kilometer, dan jaminan after sales bagi motor2 Ducati. Apa yang akan terjadi dengan motor2 yang sudah mengunakan berbagai equipment high tech dan membutuhkan berbagai special tool untuk men-service-nya setelah beberapa saat digunakan? Silahkan aja bagi yg ingin coba masukin sendiri motor Ducati, membayar pajak2nya dan urus surat2nya sampai selesai (STNK+BPKB), kalian akan tau harga yang ditawarkan Ducati Indonesia sangat “value for money” 🙂

  19. faktor brand DUCATI itu sendiri om :p sama halnya bandingin cruiser bikes antara Harley-Davidson dan cruiser bikes dari pabrikan Jepang, sebenernya halus lebih halus dari Jepang, tapi knapa H-D berani pasang harga lebih mahal, yo karena H-D-nya..

    Dulu pernah saya ungkapkan di blognya IWB, kalo dari pengamatan pribadi ada perbedaan motivasi awal antara pabrikan Jepang dan pabrikan Barat (Europe dan USA) di mana dari barat lebih cenderung dimulai dari sebuah passion dan bermuara ke jualan, sedangkan dari Jepang lebih cenderung dari jualan baru ke passion.. hasilnya.. no wonder kalo dari barat bisa lebih ngejual dengan gaya lifestyle dibanding dari Jepang (atau mungkin Timur) yang lebih mengedepankan bargaining baru lifestyle..

    (Pengamatan pribadi saza)

  20. Bs aja bro, cult brand sdh istilah lama kok 🙂 Mungkin dengan diproduksi di thailand, dengan harga produksi lebih murah daripada mengimpor monster 696, bs memproduksi displacement yg lebih besar. Inilah value yg bisa ditawawarkan ke konsumen. Untuk ducati jika harga bisa ditekan, lebih baik menaikkan fitur daripada menurunkan harga, demi konsistensi brand.

  21. asik-asik..bakalan ada perang pemilik(fanboi) monster sama er6 nih wkwkwkwk

    biar naik kelas fanboinya, ga cuman debatin pelk peyang mio sama komstir oblak vixen aja diblog-blog wkwkwkwkwk

  22. kl ga diturunkan harga ampe ke 150-160 jt ya siap2 wae dealer yg br buka ditutup lg.. Masyarakat semakin pinter kq, yg mau beli moge dah pd tau kl kualitas er6n dibanding monster bedanya ga jauh, ga sejauh harganya..

  23. menurut saya kurang pas jika komparasi harga motor hanya berdasarkan pada kubikasi’a aja, munkin bisa lebih detail ke komparasi komponen yg dipakai. Komponen2 yang dipakai mungkin punya kualitas ato kelas yang berbeda walo dirakit dinegara yg sama.
    klo di mtor kecil mirip kasus supraX m CS1 lah ,, komponen CS1 masi bnyk yg CKD dr luar dibanding supraX.
    CMIIW y ,,,

  24. Ayoo komporin Om Nug biar monster bsa turun harga hehehe … Piss om Nug, emang sih ducati msih tahap awal investasi mbangun jaringan after sales … beda ama kwksaki yg udah bermain lama di indo … tpi tetep aja berharap monster 1,5 x harganya Er6n … masih ngiler ama monster tpi mau muntah stelah tau harganya jauh amat dbnding er6

  25. Buat yg puyeng & bingung silahkan di kalkulatorin :

    Harga di UK (kurs 1 GBP = 14.130 rupiah)
    ER6N = 5799 = 81,9jt
    M696 = 6495 = 91,8jt
    M796 = 7295 = 103,1jt

    Harga di Indo : (monggo koreksi kalau salah yo)
    ER6N = 99jt
    M696 = 237jt (promo) dulu sempet 330jt & 250jt normal
    M795 = 199jt (promo) & 235jt normal

    Motor2 diatas kalau buat pasar disini sama2 diproduksi di Thailand & sama2 diboyong secara CBU oleh ATPM (3S terjamin toh).

    Silahkan tentukan sendiri mau beli yg mana.

    Cheers.

  26. ikutan beropini ah….

    ducati, walo jauh lebih mahal, masih bisa jualan, murni karena demand n supply…. selama equilibrium msh slalu tercapai, sulit untuk turun harga. sekali lagi, kalopun akan ada turun harga, mungkin hanya akan terjadi di rondonya saja,

    pengamatan skilas, org kl udh pernah punya ducati, rata2 akan ganti ke ducati juga seandainya ducati lamanya dijual. kcuali dy tetep mempertahankan ducatinya, dan cuma beli motor baru buat temen ducati. hal ini, mirip2 dengan kepemilikan mobil juga, rata2 pemilik mobil eropa, lebih memilih ganti sesama mobil eropa juga.

    kedua, spt komentar atas nama “nug” diatas, (jaga2 kl bukan om nug beneran :D) yaitu after sales nya…. terutama, yg ditawarkan oleh ducati indonesia, garansi 2 tahunnya, yg yakin, cm didapat jika beli dr ducati indonesia. di indonesia, walau kawasaki udh bermain lama, juga jika n250 dihitung, tetep saja, baru scr resmi maen cc besar akhir2 ini…. dimana, pasti tdk semua jaringan kawasaki, terbuka untuk after sales (ninja 250 skalipun). terkait dgn kemampuan mekanik jaringannya, dll. di indonesia, boleh dikatakan, hanya HD n ducati yg after salesnya sudah siap, walo memang, jumlah jaringan masih sedikit…. tapi dgn layanannya, sulit utk pabrikan lain menyaingi (utk saat ini)

    ini tentu beda dgn kondisi eropa dan amerika, dimana, untuk penjualan motor, udh gempur2an di cc besar dari lama, hingga untuk after sales, sudah mampu bersaing. dan porsi market cc besar, banyak, dibanding commuterbike.

    trakhir, bukan cuma omongan kosong kalo brand itu msh sangat berpengaruh di indonesia…. gengsi masih megang peranan gede…. dan yg mengutamakan gengsi ini, gag akan kepancing, walo ada motor yg lbh bagus scr value for the money.

    saat ducati ditawarin dgn harga 199, udh banyak yg inden, ducati bandung buka, langsung nutup target di hari pertama. begitu juga di hal lain (yg terkait brand), ada BB murah, lgsg pada rebutan, tapi hp android murah, adem2 aja. ada midnight sale utk prada, ada diskon croc, lgsg pd antri sampai mengular…. walo, utk kualitas yg sama, harga stlh diskon itu msh lbh mahal dr merk lainnya….

  27. @Om Nug :

    Yaa Om…. Ducati dengan segala kelebihannya memang benar adanya. Tapi alangkah lebih baik sekali apabila harga di koreksi agar terlihat lebih reasonable. Sy yakin pricipal Ducati pasti juga charge harga yg tidak murah tapi dengan situasi pasar seperti ini alagkah baiknya kita kita yang masih pingin punya Ducati (walaupun entry level) bisa lebih tega belinya. Sama harga tentu tidak mungkin (Ducati gitu lohh) tapi saya pikir Om bisa re nego lagi dgn pihak principal utk dapat harga yg lebih baik dan kita semua bisa pakai Ducati di Indonesia.
    Salam!

  28. @ Black – November 28, 2011

    Buat yg puyeng & bingung silahkan di kalkulatorin :

    Harga di UK (kurs 1 GBP = 14.130 rupiah)
    ER6N = 5799 = 81,9jt
    M696 = 6495 = 91,8jt
    M796 = 7295 = 103,1jt

    Harga di Indo : (monggo koreksi kalau salah yo)
    ER6N = 99jt
    M696 = 237jt (promo) dulu sempet 330jt & 250jt normal
    M795 = 199jt (promo) & 235jt normal

    Motor2 diatas kalau buat pasar disini sama2 diproduksi di Thailand & sama2 diboyong secara CBU oleh ATPM (3S terjamin toh).

    Silahkan tentukan sendiri mau beli yg mana.

    Cheers.
    =================

    kok bisa jauh banget selisih nya? ducati ma kawak inggis cuman beda puluhan jeti di sini kok bisa ratusan? sama2 buatan thailand ga nih?

  29. Kalau saya lihat data dari Mas Black #71, jelas Ducati Indonesia dan Malaysia menipu konsumen dengan image. ya mirip kasus AHM dulu saat jualan brand tanpa teknologi…

    masalah service purna jual, jelas KMI tidak kemudian lepas tangan, dan soal teknologi, Ducati tidak jauh lebih canggih teknologinya daripada Kawasaki kok. jadi alasan pelayanan purnajual danmasalah hi-tech saya kira terlalu lebay untuk dijadikan alasan menjual Ducati dua kali lipat Kawasaki. harga di Inggris jelas realistis.

  30. Lepas dari mahal dikit or banyak,
    kalo sy lebih ngliat ke moneter global…..
    Eropa+US lagi stagnan… mereka lagi krisis daya beli turun…..ASIA ADALAH PASAR BARU…. MENGGODA…. BIKINNGILER
    contoh yang awam:
    Indonesia 200 jt lebih penduduk , dengan asumsi 1.2 s/d 1.5 juta kepala mampu beli moge…. so… itung aja…..(lepas dari itu duit halal pa kagak…..)
    Dari 1 sampe 2 juta orang tinggal diperebutkan aja…..mau 600cc ekonomis or 600cc super sport…. or 600 cc strfighter (itubaru yg600cc belon yang laen)…..SEKALILAGI itu baru INDONESIA, blum lagi di Malaysia, India, bahkan Cina……

  31. @Black @cahlaa
    Perbanding satu negara dgn negara lain akan sangat berbeda tergantung treatment pajaknya. Di negara2 Eropa misalnya pajak kendaraan bermotor gak segila di kita. Tapi yg harus diperhitungkan juga, jika kita beli motor misalnya, berapa pajak tahunan dan ASURANSI wajib yang harus kita tanggung. Hal2 tsb diluar harga motor.

    Di Indonesia, Pajak tahun pertama sudah termasuk harga motor. Di kita juga masih kena BBN. Disamping yg parah adalah PPnBM 75% untuk motor >500cc.

    Jadi memperbandingkan yg paling fair adalah misalnya dengan negara2 Asean. Sebagai contoh. Dimalaysia ER6 cuma RM 30.000 sementara M795 harganya RM 70.000. Perbandingan harganya kalau dilihat dgn harga di Indonesia kurang lebih sebanding. Catatan penting juga kurs mata uang RM jauh lebih stabil dari Rupiah. Jika Kurs Rupiah misalnya bisa stabil di Rp.8.500 seperti di awal tahun lalu, mestinya harga M975 di Indonesia juga bisa < Rp.200jt.

    Kok harga Ducati di Malaysia atau Indonesia lebih mahal perbadingannya dengan di UK misalnya? Harga dasar Ducati (sebelum pajak, dll) dah memang sudah segitu kurang lebihnya. Yg harus ditanya adalah kok harga ER6 di UK semahal itu? Itulah sebabnya menurut pendapat saya ER6 di Eropa gak bakalan laku seperti di Malaysia atau Indonesia karena disana Bikers juga sudah cerdas.

    Kalau harga Ducati di UK (dikurangi margin wajar di eropa sekitar 10%) di tambah PPN + PPh Import + Biaya Uji Laik + Biaya Uji Type + Biaya Pendaftaran di Samsat + Biaya Adm Kepolisian + PPn BM (75%) + BBN + Pajak Tahun pertama, hitung tanpa margin aja seudah berapa Bro ? Kalau di tambah margin wajar sekitar 10% misalnya berapa ? Kalau menggunakan perhitungan yang sama kalian akan tau bahwa harga Ducati di Indonesia itu tidak bakalan murah memang, namun sangat "value for money". 🙂

  32. numpang komentar mas haji, kemarin di PRJ belum sempat melihat ducati ini namun saya yakin, tetap lebih worth m 796 dibanding er6n, beda kastalah, harga rasanya gak bohonglah, he..he..pajak2 kita mang ampun dah.. tapi saya pribadi kalo disuruh milih antara er6n atau m 795 atau si gladius pasti pilih gladius,mnrt saya lebih macho en pas, sayang sijuki gak brani banget jual di sini, entah sampai kapan..kayaknya tuan nippon diluar kawak banyak pikir2 masukin moge dimari ya..keburu di ambil para meneer atau mister pangsa pasarnya

  33. Wahhh Ada motor manja lagi……nungging,lebay,alay…..Ducati motor laki manja,Ducati motor alay,Ducati motor anak Gaul di gaulin….kulit hrs putih,umur belasan,muka imut,dompet tebal,motor pejabat,motor genit peransang cewe…..motor tetek nempel….Ducati mual and jijik liat modelnya….kencang doang tdk Ada sensasi penjahat atau gengster Nya…..motor orang Kurus anak Mami,motor orang cengeng…tdk Ada sensasi banteng ngamuknya…..mending new mega pro……..motor orang lebay NIH…motor anak pengusaha,motor anak2 alay yg Suka balap liar dijalanan lawan Honda legenda…..cari motor yg gengster,yg nunggang juga bkn anak bayi yg pake popok tp bajingan2 dengan senjata API….klo Ducati motor laki2 pake popok…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here