Bro sekalian, akhir pekan kemarin merupakan Grand Launching Final dari Motor entry level terbaru Ducati yakni Varian Monster 795. Varian Monster 795 akhirnya dibandrol sebesar 225 Juta rupiah . . . nilai ini sebenarnya sudah tmcblog dengar dari mulut Om Agustus Nugroho Pres Dir Ducati Indonesia semenjak Agustus lalu walau saat itu nilainya masih bersifat tentatif.

Motor yang memiliki seat height rendah yakni 77 cm dan bobot hanya 167 kilogram tetap keukeuh dengan harga dan pricing strategy yang sudah ditetapkan dari jauh hari walaupun ditengah perjalanan beberapa motor mode-mid end banyak yang mulai konfirm siap diluncurkan juga seperti Hyosung GT650 varian serta yang paling menghebohkan adalah Kawasaki ER6 series. Yup mau diapain lagi, sepertinya Ducati Indonesia harus jalan terus dengan bandrol harga segitu seraya terus memperkuat diri dan brand image

Seperti juga fenomena brand brand premium di ranah otomotif lain . ..  brand eropa selalu memiliki aura yang berbeda , walaupun memang nggak bisa bersifat massal metoda marketingnya . . . namuan prestasi 106 indener awal Monster 795 sudah patut diapresiasi tentunya . . . nilai 106 ini bisa dicapai, mungkin salah satunya dikarenakan Image Ducati Indonesia yang memang disinyalir cukup kuat akhir akhir ini. (bukti-best performer 2011) Image ini tentu sebagai hasil yang diperoleh dari usaha peningkatan layanan Jua;l dan purna jual tentunya . . . silahkan dikomentari semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

86 COMMENTS

  1. masih untung jualan bebek 🙂

    tapi setuju ma ducati sih… kalo harga diturunkan brand image moge eropanya pasti berkurang… ma penggemar2 fanatik ducati ane rasa malah lebih bangga kalo motornya lebih mahal daripada motor lain yang sejenis.. ada kebanggaan tersendiri…

    kapan ya bisa beli… buat beli beras dapat berapa karung tuh…

  2. Inden kawi ER6N udah bisa dilakakukan Kawasaki manggarai tuch, barang awal januari udah datang.
    Kalau ducati M795 di harga 150 juta, gw inden ducati,tapi harganya naik terus, mending gw inden er6n yang lebih reasonable.

  3. @14. maulana
    yang 795 belom, yang 696 beberapa kali bahkan ikut race . .. namuan Insya Allah nanti di Thai kalo udah nggak banjir

    @16. wanni-pirro
    masalah pajak barang mewah bro, disana kayaknya lebih rendah, cmiiw

  4. Aye tunggu juga KTM Duke 690 2012, yang katanya keluar di kisaran harga 140-150 Juta OTR (cmiiw), Jadi bagi yang punya bajet 225 juta, mending beli er6n 2012 dan KTM duke 690 2012. baguskan? punya 2 Moge dech.
    bagi yang punya duit loch!

  5. tapi gw yakin Om Nug sudah berusaha untuk membuat harga Ducati M795 lebih reasonable, tapi dia pasti terbentur masalah pajak dan birokrasi (include fluktuasi dollar). Tapi kami pengen dikurangi lagi dech harga Ducati M795 supaya bisa indent.
    ngarep moooode……

  6. Harga di UK (kurs 1 GBP = 14.130 rupiah)
    ER6N = 5799 = 81,9jt
    M696 = 6495 = 91,8jt
    M796 = 7295 = 103,1jt

    Harga di Indo :
    ER6N = 99jt
    M696 = 237jt (promo) dulu sempet 330jt & 250jt normal
    M795 = 199jt (promo) & 235jt normal

    Motor2 diatas kalau buat pasar disini sama2 diproduksi di Thailand & sama2 diboyong secara CBU oleh ATPM.

    –> nah lucunya dalam penjelasan di warung sebelah, harga M795 bisa mahal BUKAN KARENA PAJAK BARANG MEWAH, justru katanya yang overprice itu si er6n karena basic pricenya sebenarnya murah (tak disebutkan berapa),,( WTF??)

    wakakaka ane ngakak aja,,

  7. @joni
    Ya udah sono ente ketawa aja, pasti ni ngarep harga m795 diturunin, ataupun cuma sirik gara gara harga m795 jauh lebih mahal daripada er6n, gtfo you japanese evangelion!

  8. @Joni: setiap ATPM di setiap negara dapat saja berbeda strategi dikarenakan keadaan pasar yg berbeda pula.
    Dlm hal ini Inggris dmn pasar dan users yg cukup mengerti product knowledge dan dgn sales budget yg besar maka strategi itu lah yg pas.
    Di Indo, berbeda juga dmn banyak Ducati masih membawa image lebih dari pd motornya sendiri dan target penjualannya pun tidak besar. Cukup dgn segelintir orang yg punya cukup uang dan kurang mengerti product….Boom target tercapai!!! Sangat effective.

  9. 21. newborn – Desember 14, 2011

    tapi setuju ma ducati sih… kalo harga diturunkan brand image moge eropanya pasti berkurang… ma penggemar2 fanatik ducati ane rasa malah lebih bangga kalo motornya lebih mahal daripada motor lain yang sejenis.. ada kebanggaan tersendiri…

    =================================================

    Klo kayak begitu jadi ria dong namanya, dosa ah…

  10. Wah ada yg ngatain gak beres diatas, gw kasih tau ya, gw tetep pegang ER6N, selain fiturnya lebih ok kayak DOHC & Liquid Cooled jg jaringan 3S yg lebih banyak, soal kualitas jgn main2 sama produk Kawasaki, sangat terjamin, tanya knapa?

    Siapa yg gak kenal Kawasaki Heavy Industries?
    – Ship & Offshore Structure Company
    – Rolling Stock Company
    – Aerospace Company (pelanggannya Boeing, Embraer, and Bombardier)
    – Gas Turbine & Machinery Company
    – Plant & Infrastructure Company
    – Motorcycle & Engine Company
    – Precision Machinery Company (incl. Robot Division)

    Banyak pabrikan automotive yg pesen mesin presisi utk produksi spare part & robot assembly nya sama Kawasaki.

    Jangankan cuma adu nama besar, adu kualitas pun kalo lawan Kawasaki siap2 malu aja dah hehehehe

  11. @49. dreadlock:
    saya hanya mengaharapkan supaya ducati indonesia lebih jujur dalam berdagang,, menjaga citra brand premium dengan mematok harga tinggi sah2 saja asalakan benar2 memberi added value, bukan cuma murni pencitraan,, Anjloknya pamor Harley adalah contoh nyata dimana jualan pencitraan justru akan berefek boomerang,,,
    Contohlah Mercedes Benz,, harga mobil mereka boleh premium, namun diimbangi dengan garansi 5 tahun,,

    ps: saya bukan fanatik merek motor manapun, apalagi merek jepang,, hehe

  12. ducati ckup cerdik dg membukan inden bln agustus, seandainya inden dibuka bl november mgkin indener ga nyampe 100 orng. Kita liat bl januari lebih bny mana dg er6n.

  13. ducati 795 dan er6n sama bagusnya tp msh lebih bagus 795 dikit, yg kurang bagus itu yg ngasih harga. Wong besar pajaknya jg sama kq tp harganya jauh bnget, pantasnya 795 itu 150 jt. Jual monster 1 brp untungya ya? Apkh nyampe 50 jt?
    Kl er6n paling atpm untung 5-10 jt doang

  14. 65. reihan – Desember 15, 2011

    ducati 795 dan er6n sama bagusnya tp msh lebih bagus 795 dikit, yg kurang bagus itu yg ngasih harga. Wong besar pajaknya jg sama kq tp harganya jauh bnget, pantasnya 795 itu 150 jt. Jual monster 1 brp untungya ya? Apkh nyampe 50 jt?
    Kl er6n paling atpm untung 5-10 jt doang

    =====================================================

    Tambahin dong bro, DOHC (ER6N) vs SOHC (795) bagus mana? Trus Liquid Cooled/radiator (ER6N) vs Air Cooled /sirip angin(795) bagus mana?
    Gak etis loh ngitung2 untung orang bro, klo liat basic price nya paling untung 100jt tuh, gubraaakkk………

  15. Dimbass people here, gak ada yang nyinggung gimana IU ngambil untungnya? atau emang wajar atau orang orang ini kambing gembala sales atpm saingan?

  16. harga motor ducati dan harley itu jauh lebih mahal dari pada kawasaki ER6N itu karena pajak. ducati dan harley itu impor langsung dari negara asal ( luar ASEAN) sedangkan kawasaki impor dari thailan yg bebas pajak.

  17. wah pada kacau semua nih,mosok bandingin sama er6n sih,inget kemaren sdh dijelaskan oleh om nug,toh klo gw org inggris pun punya duit 80 jtan kagak mungkin pilih er6n pasti ambil 696 lah cuma beda tipis 90 jtan,,ane jg penggemar moge,tp paham market share,klo ada yg blm bisa beli monster (ga perlu jelek2in motor lain) ada er6n disitu kawasaki masuk krn er6n terkenal sbg moge entry yg cukup terjangkau n moge sejuta umat,di US aja laku bener kok er6n,toh org yg sdh punya er6n hrsnya bersyukur sdh punya moge cbu walopun ada yg baru pertama kali maen moge jgn sombong dan jgn jd alayer jgn samakan sama n250r gaya ridingnya dan mohon jgn lg disandingkan sama monster krn toh kalo ada yg mo naik kelas lg 80% pasti ke monster kok nah klo dah begini disini ducati masuk krn klan monster jg moge premium yg berkelas n penjualannya paling laris diantara semua varian ducati,semua sdh terbukti pasarnya yg mana tinggal pilih anda ada di market share yg mana??klo sdh dipilih saling hormatilah,toh masih byk bikers yg blm beruntung yg blm bisa maen moge,salam

  18. Harga 225jt itu sudah fix atau tahun depan harganya bisa naik lagi mas taufik ??? karena kemarin pas tanya-tanya ke salesnya, katanya bln februari, harganya bisa jadi 250jt.

    ini yang bener yang mana ya mas taufik????

  19. @67. Dreadlock: boss, kalo membandingkan sesuatu itu ya apple to apple donk,, IU itu udah orange, bukan apple lagi,,

    @70. edison: loh si boss kemana aja? hihi kalo komen riset dulu lah sebelum bikin malu,,M795 itu Made in THAILAND juga boss,, huehehehe

  20. @71 Brojol: nah justru menurut saya penjelasannya kemaren itu sangat tidak logis, Pak,, kemaren juragan Ducati menjelaskan bahwa er6 bisa murah di Indonesia katanya karena base pricenya jauuuuhh di bawah 90jt (ga disebutkan berapa), sehingga dengan kata lain dia mau bilang bahwa Kawasaki itu overpriced dan ngambil untung guede,, saya ngakaknya disebelah situ,, base pricenya jauh dibawah 90jt? so berapa? 40juta?atau 20 juta? atau seharga sepeda onthel?
    kok saya lebih melihat ini sebagai excuse-nya ducati Indonesia terhadap masalah m795 yang overpriced ya?mereka justru menyalahkan Kawasaki?,,hihih lucu..

    alangkah lebih logis dan masuk akal jika analisis di atas diarahakan kepada price policy M795,,
    huehehe

  21. @Edison
    ducati dan harley itu impor langsung dari negara asal ( luar ASEAN) sedangkan kawasaki impor dari thailan yg bebas pajak.
    ====================
    CMIIW Duc M795 itu dibuat di Thailand bro.
    Katanya krn versi asia & untuk menekan harga.

  22. Sebenernya nanggung ya Monster 795, nambah “dikit” lagi bisa dapet Hypermotard 796, udah oil cooled, singleside swingarm, asli made in Italy. Saya ngebandingin Ducati dengan Ducati lhoo.

  23. 66. Dian – Desember 15, 2011

    Tambahin dong bro, DOHC (ER6N) vs SOHC (795) bagus mana? Trus Liquid Cooled/radiator (ER6N) vs Air Cooled /sirip angin(795) bagus mana?
    Gak etis loh ngitung2 untung orang bro, klo liat basic price nya paling untung 100jt tuh, gubraaakkk………

    ====================================================

    Tambahin lg bro L – Twin vs Inline bagus mana?
    Trus Up Side Down Vs Hydraulic Telescopic bagus mana?
    powernya aj udh bda,

    emg sih harganya dibanding er6 n sma ducati m795 bda tipis kya yg di jual malay, trus sma” buatan thai, g kya dsni yg hargnya tnggi bgt diatas er6 n. Tp specnya mnurut ane msh bagus ducati m795,

  24. @ 78 Q-Q: memang specnya dalam hal tertentu lebih bagus m795 karena memang 150cc lebih besar,, tapi jika melihat harga dengan spek segitu sangat tidak masuk akal bro,, terlalu overpriced,, kelihatan banget ducati indonesia hanya jualan image,,
    saya sepakat dengan usulan supaya harga m795 di kisaran 150jt,, itu baru pas dan tidak membodohi konsumen,,

    tolong diingat saya hanya mengkritik price policy monster 795, bukan varian yang lain,, varian made in italy yang lain memang wajar jika berharga di atas rata2,,tapi m795 ini buatan thailand yang seharusnya tidak terkena bea pajak dll,,

  25. 78. Q-Q – Desember 15, 2011
    Tambahin lg bro L – Twin vs Inline bagus mana? (ga ada yg lebih bagus lagi, tergantung purpose karakter yg dikehendaki)
    Trus Up Side Down Vs Hydraulic Telescopic bagus mana? (bagus USD)
    powernya aj udh bda (jgn cuma power tp performance on the road)

    emg sih harganya dibanding er6 n sma ducati m795 bda tipis kya yg di jual malay, trus sma” buatan thai, g kya dsni yg hargnya tnggi bgt diatas er6 n. Tp specnya mnurut ane msh bagus ducati m795,

    ====================================================

    Yang kepake dinegara tropis fitur yg mana bro?
    Bisa panas kayak kebakar loh betis ente ama mesin moge air cooled klo dipake macet2an hehehe

    Top speed ER6N = 130mph, top speed 795 = 126mph.

    Spec lebih bagus er6 menurut gw.

  26. 70. edison – Desember 15, 2011

    harga motor ducati dan harley itu jauh lebih mahal dari pada kawasaki ER6N itu karena pajak. ducati dan harley itu impor langsung dari negara asal ( luar ASEAN) sedangkan kawasaki impor dari thailan yg bebas pajak.

    72. edison – Desember 15, 2011

    yg pasti Ducati lebih mahal karena pajak masuk, kalo kawasaki kan produksi thailand, jadi bebas bea masuk…

    ===================================================

    Gw yakin model2 kayak elo lah potensial buyer ducati, yah gitu deh xixixi

  27. @Joni
    Mencermati semangat anda sangat menggebu-gebu memperbandingkan harga di UK:
    ER6N = 5799 = 81,9jt
    M696 = 6495 = 91,8jt
    M796 = 7295 = 103,1jt
    dan secara sepotong-sepotong membandingkan harganya di Indonesia:
    ER6N = 99jt
    M696 = 237jt (promo) dulu sempet 330jt & 250jt normal
    M795 = 199jt (promo) & 235jt normal
    Dan statement andaserta secara gencar mengkapanyekan di beberapa Blog membuat saya (Nugroho, Presidnet Direktur Ducati Indonesia) bertanya-tanya, apa anda konsumen Ducati Indonesia dan kalau pun tidak apa sesungguhnya motovasi anda melakukan kampanye yang menyesatkan ini???

    Saya sudah coba terangkan rasionalnya secara gamblang dan memberikan masukan yang objektif untuk mencerdaskan komunitas motor di Indonesia. namun anda selalu mengarah pada penyimpulan negatif dan mengusung pernyataan “saya hanya mengharapkan supaya ducati indonesia lebih jujur dalam berdagang” yang sangat menyesatkan.

    Mengapa anda tidak mengemukakan bahwa di Thailand dimana kedua motor tersebut sama2 diproduksi harganya:
    ER6n 245,000 Bath
    M795 400,000 Bath

    Atau di Malaysia yang juga sama2 negara ASEAN, tetangga Thailand dan Indonesia:
    ER6n RM 23,799
    M795 RM 60,000

    sementara di Indonesia harganya
    ER6n Rp. 100jt
    M795 Rp.215jt (harga s/d akhir Desember 2011)

    Kalau memang anda pengamat yang objektif (dan aktif melakukan kampanye negatif tentang Ducati dgn arah penyimpulan Ducati indonesia tidak jujur dalam berdagang) , mengapa anda tidak membahas, bahkan dinegara asalnya di Thailand Harga Ducati M795 pun sudah hampir 2x lipat ER6n dan di negara tetangga sebelahnya, Malaysia harga Ducati M795 lebih dari 2x lipat harga ER6n ?

    Atau mengapa anda tidak membandingkan harga M796 di Thailand dgn di UK dimana harga M796 di Thailand adalah 629,000 Bath yang lebih dari 2,4x harga ER6n di Thailand ?

    Lantas jika saya sebagai pembeli motor di UK, dan harus memilih membelanjakan uang dgn selisih Rp. 10 juta, saya dapat Ducati, wajarkah jika saya bilang prediksi saya ER6n di UK tidak akan sesukses ER6n di Thailand, Malaysia atau Indonesia ? Itulah sebabnya ketika saya ditanya beberapa media, saya memprediksi jika Kawasaki melakukan pemasarannya secara tepat, ER6n akan sukses di Indonesia dan, itu akan sangat positif bagi perkembangan komunitas moge di tanah air.

    Saya sudah katakan tidak akan fair memperbandingkan sesuatu tidak dgn cara yang seimbang. Dengan melihat harga di negara produsen (Thailand), negara tetangga yang juga sama2 anggota ASAEAN (Malaysia dan Indonesia, para pembeli motor Ducati akan tau apakah mereka diperlakukan secara fair atau tidak.

    Cara kampanye negatif yang tidak mencerdaskan bikers di Indonesia seperti itu tidak akan berhasil karena Biker di Indonesia sudah sangat pintar dan informasi dapat diperoleh dari berbagai sumber dengan mudah. Saya tidak akan berdebat dengan anda namun berharap komentar saya ini dimasukkan secara utuh agar kita bisa lihat siapa yang jujur atau tidak jujur dalam melakukan pemaparan di forum terbuka seperti ini dan beberapa artikel di blog lain.

  28. @Joni
    Satu lagi statement anda yang seakan-akan mencerdaskan namun sesungguhnya menyesatkan bahwa: “m795 di kisaran 150jt,, itu baru pas dan tidak membodohi konsumen” sungguh sangat menarik.
    Jika anda memang bisa menjual M795 dengan harga retail 150jt, Ducati Indonesia akan dengan sangat senang hati membeli setiap unit M795 yang anda jual di Indonesia. Silahkan disampaikan kepada Ducati Indonesia dimana kami dapat membeli M795 dengan harga retail segitu di Indonesia ? Kami siap membelinya dari anda.

  29. @joni
    saya pikir adu argumen itu sehat dan baik untuk mengorek sebenarnya bagaimana strategy .. . silahkan ditanya pada yang berwenang bagaimana harga ER6 bisa sampai segitu dan bagaimana M795 bisa sampai segitu juga

    namuan kalo sudah membuat judgement apa lagi kata kata yang megandung penghinaan karena didasarkan pilihan orang membeli suatu motor . . . itu menurut saya sudah masuk dalam kategori tidak elok di baca dan menjurus ke tendensius, cmiiw 😀
    makanya tulisan anda saya edit . . . dan saya tampilkan hanya yang menjadi esensi pernyataan anda saja 😀

  30. Santai saja Pak Nug.

    Rasanya orang yang menjelek2an M795 sebenarnya ingin memiliki Ducati namun koceknya tidak ada. Harapan mereka dengan menjelek2an adalah harga M795 diturunkan trus dia mampu membelinya. Sangat naif.

    Justru orang spt ini jangan sampai memiliki Ducati. Salah satu karakter Ducatista adalah harga bukan masalah. Bisa membuat onar apabila keluarga besar pemilik Ducati ketambahan orang spt ini.

    Barang tdk bisa dibandingkan hanya dari faktor spesifikasi saja. Banyak hal lain di luar itu. Model salah satunya. Saya pribadi merasa m795 memiliki contour yang lebih yahud dan lebih gagah. Rasanya itu juga diakui oleh banyak orang di negara lain.

  31. Ada harga ada rupa..ducati masih yg terbaik..sayang dealernya belum ada di kota ane di samarinda kaltim..seandainya ada ane udah masuk daftar inden di samarinda..pengen beli di jakarta, gak punya ktp jakarta..ayo ducati buka dealer di samarinda..ninja r600 dgn harga mendekati ducati 795, seperti kacang goreng penjualannya.. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here