Bro sekalian, pasal 2 ayat (1) juncto pasal 1 angka 3 Permendag 39/2010 tentang Ketentuan Impor Barang Jadi (CBU) oleh Produsen yang mengatur bahwa produsen dapat mengimpor barang jadi untuk mendorong pengembangan usahanya di beritakan agar dicabut Oleh Mahkamah Agung (MA) , cmiiw. Nah TMCBlog dengar Kementrian Perdagangan pun akan merevisi pasal ini untuk mengedepankan semangat kepentingan hilirisasi . . . gimana impactnya di segmen roda dua?
Secara Awam tmcblog melihatnya cukup serius dan berimbas pada strategy ATPM/APM roda dua yang berlalku juga sebagai produsen. Dimana Kita ketahui ada banyak Varian Kendaraan roda dua dari lintas merk dan lintas APM yang didatangkan secara impor oleh APM tersebut. Sebut saja Produk PCX 125, CBR 150/250. Ninja 250R, ER6 series, KLX 250/ Dtracker X, Vespa series dan belum lagi line up motor Bajaj dll.
Jika Nggak Boleh IMPOR CBU bisa jadi para produsen-APM tersebut melakukan strategy lain yakni Impor Dalam keadaan terurai CKD . . . secara Pajak bisa jadi lebih murah, harga jual pun bisa ditekan . . . namun Produsen harus menyiapkan infrastuktur perakitan tentunya . . . Atau sekalian aja produksi Di Indonesia he he he tapi tentu berdasarkan perhitungan matang tentang marketnya . . . Konsekuensi selanjutnya . .. Butuh waktu tentunya, namuan ada bagusnya juga . . . ada penambahan line produksi plus penambahan kesempatan tenaga kerja he he he silahkan share komentar bro sekalian dan semoga Berguna
Taufik of buitenZorg
Srupuuut….
Absen
waduwwwwwww
http://areeya2.wordpress.com/2012/04/04/sketsa-bebek-super/
ada lapangan kerja buat ngerakit 😀
@3. Aa Ikhwan
itu yang kepikiran di mind saya bro
4
Asik
Loh…piye toh…, berarti kagak ada BMW, Ferrari, Mercedez Benz, Alphard, semuanya naik Avanza dan Mini Colt gituh????, kalau emang dasarnya kudu di rakit disini, emangnya dah bisa ngerakit BMW???, kudu datengin ekspariat dari luar buat maksa2 peraturan CKD untuk ngerakitnya disini?, sama aja boong, mau nge-gaji berapa???, isu BBM aja belon kelar, sekarang begini lagi……
mantap…motor2 bakal bisa jadi lebih murah 😀
woooo….sokor
http://karisnsz.wordpress.com/2012/04/05/help-butuh-saran-modifikasi-ringan-a-la-byson/
wah bagus juga klo bisa menambah lapangan pekerjaan,bukan cuma bisa make motor impor doang hhe
@8. lvnvrdie
ini bukan isu bro, menurut berita yang aku baca2 sudah ditarik itu peraturannya
namun bukan artinya nggak ada barang impor nantinya bro
yang boleh menghadirkan barang impor dibatasi bro bukan produsen lagi . . . melainkan Importir terdaftar, cmiiw
kalo ATPM kan masih disebut produsen jadi sepertinya kena imbas peraturan ini kecuali ada penjelasan atau pengecualian nantinya, cmiiw
Jadi… mimpi saya punya Ducati… bener-bener jadi mimpi… he..he..he..
bagus tuh…nambahin karyawan buat lapangan kerja lah….
kalau CBU beneran dilarang mas, secara normal lebih banyak positifnya, harga lebih murah, investasi masuk makin besar, lapangan kerja meningkat dan yang terpenting bangsa ini sudah berani untuk “melawan” perusahaan besar yang notabene suka CBU
ijin share mas
8. lvnvrdie – April 5, 2012
Loh…piye toh…, berarti kagak ada BMW, Ferrari, Mercedez Benz, Alphard, semuanya naik Avanza dan Mini Colt gituh????, kalau emang dasarnya kudu di rakit disini, emangnya dah bisa ngerakit BMW???, kudu datengin ekspariat dari luar buat maksa2 peraturan CKD untuk ngerakitnya disini?, sama aja boong, mau nge-gaji berapa???, isu BBM aja belon kelar, sekarang begini lagi……
==================================================
masalah gaji kan urusannya ATPM,,,ga da hubungannya ma pemerintah,,,klo bneran sih saya setuju satu sisi membuka lapangan kerja baru yg pastinya berimbas pada perekonomian,,,
mantabz!
CKD bisa menekan harga jual ke konsumen 😀
asal kualitas tetep dijaga..
terlalu berat konsnya. paling pabrikan gedhe bakal “nego” jadinya ga jadi kebijakan ini
@8.lvnvrdie
Kali aja itu untuk ATPM aja peraturannya, kalo untuk IU ga terikat.
LHa kalo setahun cuman jual 1 biji untuk tipe tertentu, gak mungkinlah ngikutin aturan itu. Jadi kayaknya hanya berlaku untuk tipe yang dijual masal oleh ATPM.
Kalo mercedes kan udah punya perakitan tuh di deket sentul, di Jl. Mercedes, kalo BMW ga tau deh kayaknya ngrakitin di gaya motor.
hmmm pulsar 200ns rakitan lokal? Bakal semakin murah pajaknya nih…
Klo kebijakan seperti ini, bru bagus…
Setelah membaca berita di link yang bro kasih kok rasanya tulisan bro taufik ini salah kaprah ya.. justru MA itu mencabut pasal larangan impor produk jadi bagi produsen, sehingga dengan begitu produsen boleh ngimpor produk jadi (CBU).. CMIIW
ada positif negatinya.
coba baca lagi berita di okezone itu bang, rasanya tulisan ini salah deh.. MA tu mencabut pasal larangan impor produk jadi (CBU) bagi produsen, dengan dicabut berarti produsen malah boleh impor CBU donk.. CMIIW
saya juga berharap tidak ada motor CBU lagi setuju dengan pasal ini semoga pemerintah melek dengan adanya CBU negara kita hanya jadi konsumen tempat jualan oleh mereka2 bukan dijadikan produsen padahal jumlah penduduk Indonesia terbesar ke tiga dunia, harusnya pasalnya ditambah lagi minimal 50% komponen kandungan lokal, berarti CBR rakitan lokal harga miring doong 😀
makasi mas Bro Sharing nya… Mantabz…
Alhamdulillah,baguslah…
buat pabrikan yang basis RnD di tai-lan,vietnam,timor leste ke laut aja..
Semestinya dari dulu…..
kudune wet ndisek
ada yg mau menerima saya kerja..???
agak gk mungkin bro, karena dinilai dr sisi pendapatan pajaknya, maka pemerintah akan mengalami kerugian yg cukup lumayan bila itu dihilangkan.. tp itu hanya pandangan gw aja sih.. CMIIW
Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Ketentuan Impor Barang= dibebaskannya impor barang jadi oleh produsen.
jadi jika permendag ini dicabut = produsen (ATPM kalo industri otomotif) tidak boleh lagi mengimpor barang jadi a.k.a CBU
cmiiw 😉
wah… piagio,kymco,ducati masa di ckd… xixixii
analisa sederhana dgn undang2 ini…bakalan merespon harga baru and seken… bakalan naiik krn terbatasnya stok, permintaan yg naik.
nah ntar jg bakalan anjlok signifikan.. setelah ada program CKD..ataupun krn S3 yg minus krn prospek yg suram…dan atau pihak ATPM bercita cita memproduksi dlm negri…
baguuusss
makin murah nih motor2..lah nasip kawak gimana?motornya hampir improoott semua
silahkan, jika itu yang terbaik untuk indonesia
setuju,supaya kita tidak cuma jadi tempat jualan saja.cuma kebagian begonya saja.
weleh bisa2 pulsar 200ns seharga bebek nih?? #ngarep :mrgreen
Asik ducati ckd.. Wkkwkwk
Piss
Salam,Beckham
kalo sebagai produsen kayaknya nggak boleh …
ducati, piagio & kymco sepertinya tidak memproduksi disini kan? paling banter CKD
@8. lvnvrdie
Kata sapa blm bisa ngerakit bmw ? Yang seri 5 harga diatas 1M aja udh dirakit disini kok, namanya di PT. Gaya Motor kalo gak salah. Jangan pesimis dulu sama bangsa sendiri, kalo pikirannya “mana bisa” melulu ya gak maju2.
Cuman kalo menurut saya itu agak ekstrim juga kalo mobil supersport macem ferrari lambo di-ckd baru gak bisa. Mungkin nanti dibatasi pake harga, yg dibawah 400 juta buat mobil, dibwh 50 juta buat motor harus dirakit disini, gak boleh cbu lagi. Nah kalo buat motor ya pasti bisalah, gak ada masalah. Terutama yg motor murah kyk bajaj yg masih cbu itu malah positif, bisa lebih murah plus urusan sparepart bisa kelar. Dan kalo utk motor yg agak mahal kyk er6 series, ducati itu juga bisa kok, wong thailand aja bisa rakit Monster795 mosok kita gak bisa. Ini tergantung kemauan atpmnya aja sih. Intinya, kebijakan ini dibuat biar semakin banyak investor yg nanam modal disini, makin bnyk lapangan kerja, gak cuman ngeruk untung numpang jualan doang…
bagus…………….
probik* bakal gulung tikar kah?
semoga ada aprila yg dijual murmer hohoho
blogiwan pada April 5, 2012 pada 11:31 am berkata: coba baca lagi berita di okezone itu bang, rasanya
tulisan ini salah deh.. MA tu mencabut pasal larangan
impor produk jadi (CBU) bagi produsen, dengan
dicabut berarti produsen malah boleh impor CBU
donk.. CMIIW…….> emang ny dr kemaren produsen aka atpm g boleh ngimpor mengimpor ya mas, jd mbingungi…., kan dah banyak disini barang2 dr ckd sampe cbu sekalipun.
cak poer pada April 5, 2012 pada 12:08 pm berkata: kalo sebagai produsen kayaknya nggak boleh … ducati, piagio & kymco sepertinya tidak
memproduksi disini kan? paling banter CKD……> klu yg koment macem ini lebih mudah di pahami
penasaran ama bajaj, kemarin target jualan ga tercapai maka batal bangun pabrik prakitan, kira2 jika dipaksa ama peraturan apa bakal nurut ato malah kabur ?
Cbr oh cbr.. Im komeeeeng!!!!!
wah.. Brarti bener info P2R tentang cbr mau d ckd
karna tak b0leh lagi cbu
sangat setuju sekali.
agar tambah kesempatan kerja
wah, berarti makin mahal klo CBU?itu pun klo g lewat ATPM after salesnya ngeri juga (garansi)?
coba kita tanya mbah satar PT. Supermoto Indonesia ini ATPM/Produsen bukan?
kalo menurutku PT Supermoto Indonesia hanyalah distributor resmi Ducati, kalo di AHaeM ya seperti: Main Distributor/Dealer Daya Motor (JABAR), ASTRA Motor (JATENG/JOGJA) dll gitulah…
jadi ya syah2 aja to import CBU wong belum punya pabrike, lha kalo ga ngimport sing didol opo? 😀
cmiiw 😉
paksa bai utk bikin pabrik disini ghehe
http://p200ns.wordpress.com/2012/04/05/banyak-yang-menunggu-pulsar-200ns-penjualan-bajaj-disalip-honda/
utk case cbr ada kemungkinan: di-ckd atau dihentikan penjualanya
Mungkin ada benernya kalo emang peraturan ini bakal diberlakukan.
Sekalian training orang2 pabrikan dalam merakit CBU2 impor ini.
Jd nilai plus untuk Indonesia..
IMHO..
Pengangguran berkurang kal peraturan ini diterapkan..
Motor Made in Indonesia??
Why Not?
Training untuk perakitan perlu dilakukan secara kontinyu, jika PP ini akan dilaksanakan.
Tujuannya agar, struktur CBU yang dirakit disini tidak berbeda quality nya dengan yg di impor.
Buktikan kalo Indonesia bisa..
Rakit motor imporr.
kalo bisa malah rakit dengan konsep sendiri dan di ekspor, jd mampu bersaing juga di luaran sana..
hihihi
woh
Biasanya ATPM mengakali dengan import semi CKD. Misalnya kalau engine cukup dilepas cylinder head-nya saja. Sudah cukup untuk tidak disebut CBU.
JAdi nanti di sini nanti tinggal pasang cylinder head saja. Tidak perlu infrastruktur gede dan man power yang banyak.
Ducati…??
Bagi Importir Umum (IU) makin berjaya ya kang Taufik hehe
Bagi Produsen lokal makin inovatif untuk keluarin mass produk internasional (mudah2an)
Bagi bursa lapangan kerja jadi makin banyak yg terserap (amin)
Bagi Konsumen makin murah harganya kalau CKD.
cmiiw 😀
http://obrolanmotor.wordpress.com/2012/04/05/jupiter-mx-injeksi-bulan-depan/
bisa jadi malah ngga ada motor2 keren di indonesia,,,
bakalan cuman ada bebek n matik..
🙁 suram
Bagi Importir Umum (IU) makin berjaya ya kang Taufik 😀
Bagi Produsen Lokal makin inovatif untuk menelurkan produk2 kualitas internasional (semoga)
Bagi Bursa Lapangan Kerja makin banyak yang terserap (amin)
Bagi Konsumen roda dua makin murah harganya kalau CKD hehe..
cmiiw..
http://obrolanmotor.wordpress.com/2012/04/05/jupiter-mx-injeksi-bulan-depan/
jadi mongtor paling mahal tigor donk…
Mobil seprot pake inopah..
Selamat tinggal cbr, ducati, ferari, ninja, mercy
setuju banget nih…. 😀
http://tovavanjava.wordpress.com/2012/04/04/hujan-banjir-mecet-memang-sesuatu-banget/
nah ini baru berita bagus biar tidak pengangguran lagi ya merugangi deh .baru saya setuju banget nih…
wahh.. bikin pusing Ducati yang 100% CBU. Baru tumbuh tunas langsung dipatahkan.
http://blogpakyo.wordpress.com/2012/04/05/49-lebih-percaya-klaim-konsumsi-bbm-uji-internal-yamaha-pada-mio-j/
untung dah pernah beli motor cbu.. 🙂
waduhh.. itu berlaku buat ATPM aja ya kang dan IU masih bisa ?
CKD memang bs neken harga dan jadi ada lapangan kerja baru..
tapi ada pengeluaran biaya & waktu lagi untuk merakit kembali
Bisa menekan harga asal regulasi jelas
nyangkut kang
Wah mantap
Bajaj harus punya pabrik dong disini?
wah apakabar ducati yg baru buka cabang byk ya…. eh itu ATPM ya? ATPM kan bukan berati produsen klo kata mbah wikipedia… CMIIW
laik dis…. setuju dgn komen2 diatas, pembatasan ntar pada rentang harga normal motor dan mobil pasaran aja. klo lambo dan ferrari mah emang kudu import. itu baru adil…… moga2 bukan cmn ngomong doang.
abuat bro yang ingin tahu peraturan yang dicabut sama MA monggo cekidot disini :
http://peraturan.bcperak.net/sites/default/files/peraturan/2010/39m-dagper102010.pdf
setuju deh, kita pengen bangsa ini maju, walu cuma ngerakit sing penting tahu lah, dan bisa ditiru teknologinya. jd lama2 kita bisa ikut punya motor dan mobil nasional, y gpp walaupun dr merk luar tp jd merk nasional spt mobil timor.
Imho, peraturan ini hanya berlaku buat produsen saja lho (baca: yg sudah punya pabrik/produksi sendiri di indonesia)
kalo seperti ducatinya mbah sattar kan di indonesia cuma distributor saja (bukan produsen), beda ceritanya dgn ducati thailand yg udah ada pabrik perakitanny
singkat kata ATPM yg mempunyai kemampuan produksi sendiri, dgn dicabutnya peraturan ini , maka tidak boleh lg melakukan import produk cbu
cmiiw
wah asik harganya jadi murah 🙂
HOREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/04/tralis/
asik…. motor mahal jadi lebih murah hehe…
Yang jadi masalah, definisi “produsen” itu seperti apa? apakah pengertiannya sama dengan ATPM?
ducati dan piaggio apakah bisa dikategorikan sebagai “produsen”? Kalau iya, memangnya motor apa yang sudah mereka “produksi”?
bukannya aktifitas mereka cuma impor ya?
mungkin kang taufik bisa bantu jabarkan lebih kanjut,,,
peluang si cbr tuhh 😛
http://learningfromlives.wordpress.com/2012/04/05/komparasi-cbr-vixion-dan-r15-celah-new-vixion-menyalip-si-teralis/
wuah, gw 250 batal masuk donk..hohohoho.. bisa ketunda nih punya er6n, kalo kang taufik mah enak dirumah udah ada si ireng
wuah, berarti part thunder ane makin cucah aja donk ya? secara jeroannya impor dari jepang semua.
Pasal 2
(1) Produsen dapat mengimpor barang jadi untuk mendorong pengembangan usahanya.
(2) Barang jadi yang dapat diimpor oleh produsen sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus sesuai dengan:
a. Izin Usaha Industri atau izin usaha lain yang sejenis yang diterbitkan oleh Kepala BKPM; atau
b. Izin Usaha Industri atau izin usaha lain yang sejenis yang diterbitkan oleh instansi/dinas teknis yang berwenang.
Pasal 2
(1) Produsen dapat mengimpor barang jadi untuk mendorong pengembangan usahanya.
(2) Barang jadi yang dapat diimpor oleh produsen sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus sesuai dengan:
a. Izin Usaha Industri atau izin usaha lain yang sejenis yang diterbitkan oleh Kepala BKPM; atau
b. Izin Usaha Industri atau izin usaha lain yang sejenis yang diterbitkan oleh instansi/dinas teknis yang berwenang.
ini yg akan dicabut
@86. ATPM
nanti saya akan coba jabarkan dalam satu atikel tersendiri
Setuju banget, hanya ATPM/APM yang benar-benar niat saja yang bisa jualan. Kalau kurang niat, serahkan saja pada IU. Biar Indonesia tidak jadi pasar saja.
Wadoh, harga p200ns bs naek krn CBU pasti dipajekin lbh tinggi.. Sementara Yamaha dan Honda bs pake alasan ini utk menunda new Vixion atau teralisnya…
8. lvnvrdie – April 5, 2012
Loh…piye toh…, berarti kagak ada BMW, Ferrari, Mercedez Benz, Alphard, semuanya naik Avanza dan Mini Colt gituh????, kalau emang dasarnya kudu di rakit disini, emangnya dah bisa ngerakit BMW???, kudu datengin ekspariat dari luar buat maksa2 peraturan CKD untuk ngerakitnya disini?, sama aja boong, mau nge-gaji berapa???, isu BBM aja belon kelar, sekarang begini lagi……
=========================
sedan mercedes sudah ada yg CKD kok bro, begitu juga truk dan busnya…
malah lebih bagus begitu bro, ngapain juga situ marah2, justru banyak positifnya buat konsumen, Indonesia bukan hanya menjadi pasar konsumtif seperti selama ini…masa pabriknya di Thai, di Vietnam, tapi mayoritas hasil produksinya banyakan masuk sini???
punten ahh….
ketokan palu buat bajaj…
nitip lagi mas
https://temonsoejadi.wordpress.com/2012/04/05/kebenaran-akan-terbukti/
terima kasih..
Nuhun, Kang Haji,….jangan panggil saya bro ahh, jadi enak saya,…., maaf yach kang , kalau saya ngak sopan, buat semuanya juga maaf yach kalau ada sala2 kata,…btw kang, sekarang kalau mau comment kudu log-in yach ke WP? ….jadi nama id-nya beda dgn nama yg biasa saya pakai….Best Regards….., sof
Wah lampu kuning neh utk motor cbu 🙁
—
http://www.dk8000.co.nr
@8. lvnvrdie
Kata sapa blm bisa ngerakit bmw ? Yang seri 5 harga diatas 1M aja udh dirakit disini kok, namanya di PT. Gaya Motor kalo gak salah. Jangan pesimis dulu sama bangsa sendiri, kalo pikirannya “mana bisa” melulu ya gak maju2.
Cuman kalo menurut saya itu agak ekstrim juga kalo mobil supersport macem ferrari lambo di-ckd baru gak bisa. Mungkin nanti dibatasi pake harga, yg dibawah 400 juta buat mobil, dibwh 50 juta buat motor harus dirakit disini, gak boleh cbu lagi. Nah kalo buat motor ya pasti bisalah, gak ada masalah. Terutama yg motor murah kyk bajaj yg masih cbu itu malah positif, bisa lebih murah plus urusan sparepart bisa kelar. Dan kalo utk motor yg agak mahal kyk er6 series, ducati itu juga bisa kok, wong thailand aja bisa rakit Monster795 mosok kita gak bisa. Ini tergantung kemauan atpmnya aja sih. Intinya, kebijakan ini dibuat biar semakin banyak investor yg nanam modal disini, makin bnyk lapangan kerja, gak cuman ngeruk untung numpang jualan doang…
———————————————————————————–
@8
jangan salah, mobil eropa yg CKD itu lumayan banyak.. ada Mercedes Benz, BMW (kebanyakan sdh CKD), VW (Golf TSI, Touran), Peugeot (bbrp tipe), Audi (A4 dan A6).. utk MB dan BMW udah lama dirakit disini malah..
malah pabrikan JEpang banyak mobil harga menengahnya yg CBU (kebanyakan dari Thai) yaitu Toyota (Yaris, Vios, Altis), Honda (City, Civic, Accord), Mazda (2,3 dr Thai, sedangkan Mazda 3,6,8 CX,RX,dan MX series dari Japan)..
R4 ora urus…. sing penting R2 makin ok…
Apakah harga bakalan naik kang buat motor2 yang CBU ?
Kalo bs diproduksi di indo, ninja 250 bakal dijual brp ya?
hore2 ninja murah, semoga turun 10 juta an, asyk. ini dia peraturan yang ditunggu, benar2 pro rakyat.
bakal pada murah donk
gak cbu gak asyiik!
knpa kga dari dolo di giniin.kan lebis asik…
semanat tinggal motor eksotis