Bro Sekalian, Via artikel ini tmcblog | motoupdate mau berbagi Oleh oleh dari Misano berupa hasil interview dan paparan yang disampaikan oleh Carles Jorba, Operational Director Dorna Sports S.L Tentang bagaimana sih sebenarnya Dorna menghandle logistik Gelaran Sesibuk MotoGP yang kadang bukan hanya memindahkan semua material antara negara eropa yang saling menempel, namun sering juga memindahkan semua material antar benua . . . Sebelumnya terimakasih kepada Shell Advance Indonesia yang merancang agenda Interview dengan salah satu Big Boss Dorna ini di Misano Italia dua pekan yang lalu . . . Oke mari kita mulai

Berapa sih Angka yang dibukukan oleh material sebesar gelaran MotoGP? Menurut Dorna, material yang harus di pindahkan antar sirkuit dalam gelaran MotoGP adalah sekitar 260 ribu kg atau 260 ton mas bro dimana 210 ton merupakan material tim MotoGP, Moto2 dan Moto3 sekaligus event tambahan seperti Rokie Cup dan 50 ton adalah material Dorna sendiri sebagai EO nya . . . koq banyak banget 50 ton . . . yoi mas bro, cek aja semua peralatan pengukuran, sumberlistrik, sampai peralatan televisi, safety car, pemancar . . . dibawa semua.

Dari 210 ton material Tim ini semua dikemas menjadi sekitar 300 box/petikemas dimana masing masing tim memiliki bobot material bawaan sekitar 10-12 ton sedangkan untuk Tim moto2 dan moto3 adalah sekitar 4-6 ton per tim. Proses pengirimannya juga mirip dengan pengiriman barang biasa, semua di asuransikan . . . yaa, walaupun untuk motor motor prototipe macam RCV, M1 dan Desmo GP itu kadang kadang Priceless, namun untuk masalah asuransi tim harus menuliskan secara eksak berapa besar nilai per motor . . .

Seperti Kita ketahui juga bahwa perjalanan Race MotoGP kadang dilakukan diantara negara negara eropa seperti misalnya dari seri ke tiga 2013 dari jerez ke lemans lalu ke mugello-Catalunya dan Assen , namun sering juga mereka traveling antar benua misalnya antara seri 1 dan 2 dari Qatar ke Austin USA atau misalnya yang sedang mereka lakukan saat ini dari Aragon Spanyol ke Malaysia.

Untuk Perjalanan Antara Eropa sistem Logistik peralatan menggunakan Truk Motorhome besar (mengenai Seluk belum motor home kita akan bahas sendiri di artikel mendatang) , sedangkan untuk perjalanan Antar benua mereka mengunakan Pesawat Cargo Carteran. So makanya jangan harap ketemu Truk truk motorhome besar di gelaran MotoGP sepang nanti πŸ™‚

Untuk penerbangan Cargo mereka nggak pakai penerbangan regular tentunya . ..Β  Harus Carteran karena Beban Dorna terhadap masing masing tim untuk masalah logistik ini besar banget, Tim sih tahunya beres, barang sampai di Sirkuit dengan aman. Dorna melakukan Kontrak dengan berbagai maskapai charter dimana 70% merupakan Kontrak langsung dan 30% via perantara Broker . . . Prinsip Dorna dalam pengangkutan Barang adalah YES or YES . . . serem juga nih . . . apa artinya?

jadi gini . .. masih ingat kejadian April 2010 dimana gunung Eyjafjallajoekull melakukan aktivitas Vulkanik yang menyebabkan Udara eropa tertutup kabut dan menggagalkan mayoritas penerbangan udara di eropa (No Fly ZOne) ? Masalahnya sejak sehari pasca seri 1 di Qatar semua Petikemas sudah diterbangkan dulu dan sampai di Narita (bandara Tokyo) , namun mayoritas semua rider dan juga Dorna sendiri yang bermarkas di Spanyol nggak bisa berangkat ke jepang . . . so akhirnya MotoGP jepang saat itu di geser ke oktober

Kalo personalnya sih bisa menggunakan perjalanan darat, akan tetapi seluruh Logistik harus sampai di jerez sepekan sebelum dimulai yakni 2 mei. Nah, Mr Carles Jorba nggak menjelaskan secara detail apa yang dilakukan oleh Maskapai kargo, pokoknya itu barang barang sudah sampai di jerez tepat pada waktunya . . .

Mungkin pesawat itu menggunakan jalur Narita – chicago – jerez atau Narita – Istambul – Jerez . . . ya gitu keuntungan sudah mengantungi kontrak, Pihak maskapai harus semaksimal mungkin mencari alternatif jalur penerbangan lain. Pokoke nggak ada istilah “tapi” barang musti sampe Jerez Yes or Yes

Total Perjalanan yang dilalui oleh tim, peralatan dan dorna sendiri tiap tahunnya adalah sekitar hampir 100 ribu km dimana 86,6 ribu km via udara dan 13,25 ribu km ditempuh truk truk besar via darat.

Ada pertanyaan penting . . . Dari tmcblog ke Carles Jorba saat interview yakni . . . apa sih aksi logistik yang dilakukan oleh Dorna selaku EO saat MotoGP dilakukan Back to back hanya dalam hitungan 1 pekan seperti misalnya tahun ini dari Indianapolis-Brno-Silverstone? edaaan kan 260 ton harus dipindahkan dan ditata antar benua-antar negara dalam 1 pekan? Mr Jorba menjelaskan secara terperinci gini . .

Misalnya hari ahad/minggu Jam 20:00 setelah gelaran MotoGP biasanya tim tim sudah selesai membereskan/mengemas semua peralatan pribadi tim. Dorna sendiri dengan sekitar 50 ton peralatannya baru selesai sekitar jam 24:00 . . . nah first flight itu biasanya sudah dilakukan sekitar jam 3/jam 4 pagi hari berikutnya sehingga time line yang diharapkan adalah sekitar senin malam atau selasa pagi barang barang sudah di unload dari pesawat di Bandara terdekat dengan sirkuit, yang lalu setelah itu petikemas diangkut ke sirkuit via transportasi lokal.

Setelah itu persiapan 3 hari dari selasa sampai kamis dilakukan semua seperti pemasangan kamera, lap timer, advertising di sikuit dll sehingga jumat biasanya sudah bisa dilakukan Free Practice 1 . . . bengiiis

Pertanyaannya . . . Berapa sih personal Dorna . . . cekidot infogram di atas . . . Sangat simple dan Efesien, Dari dorna sendiri cuma ada 2 orang yakni Mr Jorba sendiri dan seorang staffnya lalu ada 21 orang yang dikontrak dorna ikut bersama barang plus 7 orang dari perusahaan partner ditambah biasanya 12 orang dari perusahaan dan otoritas Lokal . . . edaaann, 260 ton barang, 100ribu km mengelilingi dunia . . . cuma ditangani segini orang doang mas brooo . . .

nahhh begitulah sekilas kupasan mengenai Logistik MotoGP . . . so Nontonnya sih enak, tapi kalo ngebayangin ngangkutnya segitu banyak tmcblog | motoupdate harus angkat topi berkali kali sama dorna he he he . . . silahkan dikunyah kunyah, silahkan nantikan artikel menarik lain seputaran Hidup di gelaran MotoGP . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

90 COMMENTS

  1. amazing guys behind the show, tipikal orang spt mereka kalo sudah kerja sdh gak mikirin keluarga atau kampung lagi

    Guest
  2. Ini baru pencerahan besar top markotop ane kan jadi paham…,,,, penyelenggaraan moto gp ternyata luar biasa , ada orang 2 yg profesional yg bekerja. Gak usah banyak orang tapi semua tepat waktu, orang dikit kerja banyak, drp orang banyak kerja dikit kaga efektif. Absen pagi wak haji…..

    Guest
  3. 7. Handoyo – Oktober 1, 2013

    amazing guys behind the show, tipikal orang spt mereka kalo sudah kerja sdh gak mikirin keluarga atau kampung lagi
    ———————
    sama kayak kerja di mining….. yg penting gaji guede….kerjaan beres……..

    Guest
  4. πŸ˜† belum bisa bayangin mas gimana manajemen pembagian tugasnya.. gelaran segede itu dengan tim segitu doang… tentu koordinasinya sangat mantab..

    bayangin kerjaan di pabrik dengan pasukan 155 orang cuma dipegang ber-2 :mrgreen:

    Guest
  5. Articel menarik,jadi tambah wawasan.kpn ya org indonesia bisa meniru kerja yg efisien dan tepat waktu,tnpa bnyk birokrasi.ed

    Guest
  6. Luar biasa untuk dorna…,
    Ingin rasanya melihat langsung logistik disana, biar bisa diadaptasi diperusahaan ku…
    (β€’Λ†βŒ£Λ†β€‹β€‹β€‹β€‹β€’)
    #ngarep

    Guest
  7. @14. In
    ha ha ha yang pasti saya sangat beruntung bisa interview personal kayak pak Jorba ini di sirkuit Misano mas bro . . . one of my biggest blogging experience πŸ™‚

    Administrator
  8. kang mana artikel motor matic punya team ducati?penasaran aja merk apa yg dipakai ,jangan2 pake beat atau mio…
    πŸ˜†

    Guest
  9. hampir di tiap artikel bang haji selalu bilang, silahkan dikunyah kunyah, ane tiap abis baca artikel bingung, apa yang harus dikunyah, ane fikir laptop ane yang harus ane kunyah, ini lagi ane coba kunyah kunyah, wkwkwkw..

    Guest
  10. Harusnya manajemen pemerintah yo kayak gini efisiennya, …. lebih banyak waktu tenaga n biaya u/ pelayanan n kesejahteraan masyarakat … (g njalur sama moto GP komennya)

    Guest
  11. Itu UUD juga, Ujung ujungnya duit juga … Tapi pelaksanaanya bagus banget.. Gak semua selesai beresh, kalo ambil untung ya wajar dong.. Bukan Korupsi duit di ambil kerjaan gak beres….

    Guest
  12. Harusnya manajemen pemerintah yo kayak gini efisiennya, …. lebih banyak waktu tenaga n biaya u/ pelayanan n kesejahteraan masyarakat,kpn ya org indonesia bisa meniru kerja yg efisien dan tepat waktu,tnpa bnyk birokrasi.ed

    (koment copas dan edit).

    Guest
  13. Manajemen Kelas Dunia… beda sama kita manajemen negara kita masih amburadul walau pun sudah di urus beribu-ribu orang, dari pendidikan transportasi kesehatan pembangunan semuanya amburadul….mantaf

    Guest
  14. baru kmaren wakHaji ane nanyain gmana dan dengan apa logistik d bawa tapi d artikel ny BangIwan..

    mantaf laah dah d ulas sama WakHaji… mantaffff sangat….

    Guest
  15. mantap wak haji infonya,..saya sampe bengong bacanya….luar biasa…!! Nunggu ulasan tntang motorhome..penasaran wak…

    Guest
  16. kita aja pengalaman kirim cargo yg total cuman 50rb ton aja kdg bnyak yg dipkirkan dan dilakukan kang…tapi salut juga…jooosh..

    Guest
  17. hampir di tiap artikel bang haji selalu bilang, silahkan dikunyah
    kunyah, ane tiap abis baca artikel bingung, apa yang harus
    dikunyah, ane fikir laptop ane yang harus ane kunyah, ini lagi
    ane coba kunyah kunyah, wkwkwkw.

    ===============================================

    koplak….

    Guest
  18. @31. inline4
    siapp bro

    @33. nurman idris
    ya jangan ditelen bulet bulet kalo informasi, mantebnya ditelaah dulu, πŸ™‚

    @49. peyek , 74. sejutawarnaa
    untuk sementara itu adalah nama dari twitter saya @motoupdate
    next . . . belum tahu nih πŸ™‚

    @38. Bonsai Biker
    mbok yo komen dikit . . . cuma bawa jemuran doang . . . sambit knalpot motuba juga nih wakakakak :mrgreen:

    @66. pemakai 3 merk R2
    yang itu belum ada data lanjutan bro πŸ™‚

    @67. Bintang Bikers
    biar jelas he he he

    @70. ftr223
    yes motorhome . . . kami sampai blusukan di dapur motorhome tim lho h ehe he

    Administrator
  19. Terima kasih banyak matur suwon sanget buat pak taufik atas info nya, setelah beberapa tahun akhir nya terjawab sudah rasa penasaran tentang semua ini . He .. He ..

    Guest
  20. saya handle shipment Dorna utk Asia Talent 2014…dkerjasama langsung dengan beliau selama 1 minggu dijakarta….dia benar2 prof dibidangnya…dan daya ingat dia luar biasa…dan dia dijakarta hanya pake mobil Avanza…dan sangat hafal jalanan di Jakarta….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.