460x110_rev (2)

GT125Garuda_460x140

pajak

Bro sekalian, Berani Beli motor, berani juga bayar pajaknya juga dong ..ย  . jangan lupa kalau Mulai Oktober 2014 ini Pajak progresif Untuk Wilayah Jakarta naik lhooo . . . Aturan ini tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) yang merupakan revisi Perda Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor yang telah disahkan oleh DPRD DKI Jakarta pada 23 Juli 2014 yang lalu . Pajak progresif sendiri adalah pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor yang memiliki lebih dari 1 unit. Apabila seseorang sudah memiliki 1 motor dan membeli lagi maka pada pembelian baru itu akan dikenakan pajak progresif ke 2 dan seterusnya dan persentasenya dikalikan dari Nilai Jual kendaraan bemotor (NJKB) . Berapa Kenaikkannya . . . silahkan cekidot :

440x100 (3)-sep17

banner-mbtech-tmcblog

  • Untuk pemilik kendaraan bermotor yang pertama, pajak progresif meningkat dari 1.5% menjadi 2%
  • Untuk pemilik kendaraan bermotor yang kedua, pajak progresif meningkat dari 2% menjadi 4%.
  • Untuk pemilik kendaraan bermotor yang ketiga, pajak progresif meningkat dari 2.5% menjadi 6%.
  • Untuk pemilik kendaraan bermotor yang keempat, pajak progresif meningkat dari 4% menjadi 10%.

Kalo dilihat dari angkannya memang bener bener signifikan mas brooo . . . so jangan kaget kalo bayar pajak tahun ini bisa sampai dua kali lipat tahun lalu yaaa buat pemilik kendaraan kedua sampai ke empat dan seterusnya . . . lihat aja kendaraan kedua dari 2% ke 4 % . . . kendaraan ke 4 dan seterusnya dari 4% ke 10%ย  . . . wooow . . . so Kalo misalnya NJKB CBR150R sebesar 21 juta, maka kalo CBR150R jadi motor ke empat maka pertahun pajaknya bisa sekitar 2,1 juta, belum biaya lain lho . . . hehehe gimana mantebbb kan?

NJKB_T5E02R11L0-MT

Contoh lain . . . Nija RR Mono Non abs NJKB 31,3 juta . . . Sebagai kendaraan pertama Pajaknya 626 ribu, sebagai kendaraan kedua pajaknya 1,252 juta sebagai kendaraan ketiga 1,878 juta, sebagai kendaraan ke empat dan seterusnyaย  . . . pajaknya menjadi 3,13 Juta rupiah . . ., cmiiw

 

 

 

NJKB_RRMono

Nah ini imbasnya tentu akan ada penyesuaian di harga On The road, so jangan kaget kalo OTR motor di oktober ada yang naik yaaa, dan tentu saja imbas kedua adalah pada pengenaan Pajak Kendaraan bermotor (PKB) yang kita bayarkan tiap tahun . . . ingat kenaikkan prosentase pajaknya dikenakan mulai pada kendaraan pertama . . . so cuma punya satu motor pun kena kenaikkan pajak . . . semoga informasi ini berguna

Taufik of BuitenZorg

47 COMMENTS

  1. “so Kalo misalnya NJKB CBR150R sebesar 21 juta, maka kalo CBR150R jadi motor ke empat maka pertahun pajaknya bisa sekitar 21 juta”
    gede bener pajaknya wak?

  2. Tanya mas taufik,,penting bgt buat saya..itu pajak progresif cuma berlaku motor ke motor aja atau motor ama mobil jg?soale kalo mobil diitung brarti nomer 4 wak..

  3. Apa sih di Indon yang gak kena pajak? bisa nya baru bisa meningkatkan pajak, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan meningkatkan pelayanan, Omdo saja, Hari-hari makin macet, Ngga malu meningkatkan pajak? Ya memang ngga tahu malu…. ditunggu saja… Menghirup Oksigen juga kena pajak… bagus kan?

    • Sebenernya saya tidak masalah bro kalo kena pajak, yang penting dimanfaatkan dengan baik seperti perbaikan jalan bolong/rusak. kalo jalanan macet itu sudah pasti, bagaimana tidak produksi motor aja bisa ribuan/puluh ribuan tiap bulan dari masing-masing produsen. dan semakin kesini masyarakat semakin konsumtif tetapi pemerintah tidak bisa menyediakan media transportasi yang baik.

      contohnya tadi pagi bro, ane semalem abis jual motor, jadi paginya ane harus ngangkot karena gaada motor. rumah ane di kranji dan kerja di sunter (kalo naik motor berangkat jam 6.30, sampe kantor jam 7.20) sedangkan tadi saya naik angkot berangkat jam 6, dan sampai kantor jam 7.50 !!!!!!

      kebayang dong bagaimana lebih efisien kalo naik motor daripada naik angkutan umum. dan just info, saya mengeluarkan ongkos 9000 berangkat dan 10.000 untuk pulang. 1 hari saya mengeluarkan ongkos 19.000? beli bensin aja udah dapet 3 liter. gimana ga makan hati tuh kalo naik angkutan umum? hueheuehe

      *ini murni pendapat pribadi saya looh

  4. walaaah. baru aja beli ALL new CBR 150r, dan masuk motor ke-2 jadi pajak saya 864.000???? gilee bener ya. gara-gara ade belom 17 jadi terpaksa pake nama gue di stnk -____-
    tapi ya bagus lah. biar kalo pada mau beli motor mikir lg gimana “ngakalin” nya. stnk atas nama sodara berarti huehehehe

    Wak kalo Biaya Balik Nama itu berapa sih ya kalo untuk vario fi 110?

  5. Pengen tau sampe mana hasil pajak di indonesia????? Tu lirik aja perut2 Mbelending pejbat2 di indonesia. di situlah pajak kita di simpan. gk tau cuman dibawa di dunia apa sampe ke akhirat??

  6. wah bulan 12 pajaak motor ane udah dua kali lipat.. motor ke dua lebih mahal..
    sudah ketetapannya… ๐Ÿ˜€

  7. sepertinya pemerintah rindu kejadian Mei 98 lagi

    pajak gak mslh asal digunakan baik, tpi syg akhirnya buat dikorupsi toq

  8. Di negeri ini cuma kentut yang bebas pajak, makan pajak, belanja sudah pasti, gajian kena pajak juga.. Hampir segala transaksi ada pajaknya. Tapi kenapa hampir semua prasarana umum tidak layak…? Tanya kenapa…?

  9. Semua kena pajak…. Tapi pejabat dan keparat negara korup semua, mana mungkin bisa maju indonesia… Mending ga usah bayar pajak donk…

  10. wak Haji tanya : klo pajak yg 3 thn lalu belum di bayarkan dan peraturan pajak baru ini berlaku 1 okt gimana hitungannya ?..

  11. VOC aja udah ngaku kalah sadis ama pajak dan palak negeri ini
    yg belum dilakuin cuma tanam paksa ama kerja rodi

    mudah2an tarif pajak penghasilan naek jadi kerja rodi bisa dilakuin sgera

  12. pajak dinaikan gkpp asal dwit pajak itu jgn sampai mnguap tanpa bekas alias dikrikiti gayus, salurkan sesuai dg perda.

  13. Pajak Progressive DKI Jakarta naik sampe 10%?!
    Yang mau saya tau, kenapa pemerintah gak Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepada rakyat duitnya bakal apaan aja?! Sekali lagi, ke “Rakyat”, bukan ke wakil rakyat! Harusnya dibuat hari libur nasional 7 hari atau lebih, untuk pembacaan LPJ pajak =))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.