Bro Sekalian, karena di awal pagi kita sudah ngobrolin soal Liner Silinder yang mengunakan Baja Plus Spiny Sleeve, sekalian aja Kita sekarang membahas soal Bentukan Liner silinder lain yang ada di muka bumi ini yakni DiASil cylinder Yang telah dipatent kan Oleh Yamaha. Mungkin salah satu basis pemikiran dari DiASil cylinder adalah gimana carannya biar nggak repot repot menggunakan dua material berbeda di blok silinder. Seperti Kita ketahui Alumunium ( babet ) itu sifatnnya Lunak dan Abrasif banget bila bergesekan dengan gerakan naik turun Piston. Penambahan Baja pada liner ( lihat artikel sebelumnnya) jelas akan menambah bobot pada blok silinder karena berat jenis baja > berat jenis ALumunium, dan Juga daya disipasi panas kalah sama disipasi alumunium . . so yamaha pengen tetep menggunakan alumunium tapi nggak abrasif . . . itu ide utamannya . . . solusinnya . . . Ya alumuniummnya di perkuat sehingga sifat disipasi dan konduksi panasnya yang tinggi nggak hilang tapi materialnnya tetap durable . . . lahirlah DiASiL (Die Cast Aluminum Silicon) cylinder
So solusinnya adalah mencampur 20% silikon dalam teknologi peleburan Almunium. Yamaha telah memiliki teknologi ini sejak 2002 namannya Yamaha CF Aluminum Die-cast Technology = Yamaha Controlled Filling Die Casting. Nah Proses peleburannya tentu sangat rumit, perlu pengontrolan secara teliti tentang tekanan vakum saat peleburan, temperatur saat peleburan dan kecepatan peng-injeksian leburan campuran alumunium-silikon semua ini dilakukan untuk dapat mengurangi gelembung gelembung gas sebanyak 20% dibanding peleburan konvensional. Nah dengan Teknologi Yamaha CF Aluminum Die-cast Technology, Yamaha berhasil membuat DiASil cylinder dengan Minimal Cost dalam ukuran produksi massal
Nah Yamaha sudah menerapkannya pada beberapa Motor seperti Yamaha Vixion, R15, cmiiw . .. apa lagi yah, ada yang mau menambahkan ? Lalu balik lagi konklusinnya .. . Gunanya apa? ayo kita listing . ..
- Silinder Lebih ringan ( karena nggak ada part berbahan baja)
- Alumunium punya daya disipasi (pelepasan) panas 3 kali lebih tinggi dari Baja . . . so pendinginan lebih bagus
- Dengan CF Aluminum Die-cast Technology Biaya Produksi bisa ditekan
Awalnnya Teknologi ini memang mahal sebelum CF Aluminum Die-cast Technology ditemukan, namun seiring dengan semakin diproduksi massalnnya mesin mesin jenis ini, biaya produksi bisa ditekan. Namun yang tetap jadi pertanyaan tmcblog adalah . . . kenapa masih ada varian varian Yamaha yang masih menggunakan steel sleeve sebagai linernnya seperti di Jupiter Z1? pasti ada alasan lain . . . nihhh . . . apakah karena Z1 itu buat hi performance jadi butuh sleeve yang lebih tingan lagi? atau agak cost produksinnya bisa lebih ditekan lagi? ada mas bro yang mau ikut berdiskusi dengan menambahkan? . . . monggo silahkan dikunyah kunyah lagiii, semoga Berguna
taufik of BuitenZorg
wewww
pertamax kah? :p
:v :v :v
tak guna teknologi, kata sales fanboy tertentu 😀
*Koreksi u/ yamaha byson om…itu pake Spinny sleeves bukan diasil. coba cek di manual . Tx
wah begitu ya, berarti info di yamaha global juga harus di ganti tuh ya, thks bro
diasil ada di skutik2 Yamaha juga ji, nah kalau Jupie ay gak paham dah… emang sengaja blm pake DiAsiL kalik
—————
http: //kobayogas.com/2014/12/21/komunitas-nonton-bareng-hobbit-3-bersama-we-love-honda-community-seru-banyak-hadiahnya/
diasil 125 cc dikamplengi beat 108cc doang !!! mana tenaga dan keawetannya msh superior yg 108cc lg. TRUS DIMANA KELEBIHAN DIASIL…..????MIKIRRRR
wkwkwkwkwkwwk
kalo orang sudah “buta” hatinya ya bakalan “buta” juga pemikirannya
Pantesan aja Indonesia susah berkembangnya
tar pasti kasusnya macam ymjet fi, sok pake teknology baru tp teknlogy gak berguna. ujung2nya tar ngekor lg teknology honda.
ada yg punya bukti diasil lbh superior ??? yg ada cuma angin surga
Wak haju uda ngasi info yang bagus, tp tetep aja ga tersampaikan karena para fansboy ud tertutup pikirannya….
Klo yg obyektif pasti suka dengan info2 seperti ini….
Makasih wak haji, ane tunggu info berikutnya tentang silinder keramik….
Hhaaha liat aja paketan boreup KTC X1R bahan blok silindernya apa? #lol
nyimak …
http: //cxrider.com/2014/12/22/konsep-modifikasi-yamaha-exciter-150-yamaha-jupiter-mx-king-150/
Wow
artikelnya mantap wak!
ketigax
nomer telu…
keduluan pakde..
Jozzzzzz
Diasil mesin anti rompallll
Gk kyk sebelah,koar2 dohc malah pd rompal
Dohc ala mocin sih
Ngoahahahahahaaa
mending diem daripada pamer kebo*ohan anda
Pantes mesin yamaha pd awet n kinclong
Gk kyk sebelah,baru turun dr dealer lgsg pd ambrol mesinya
Ngoaaahahahahaaahaa
pantesan diajak nyentul lansung meleduk…
ternyata pake bahan melamin dan silicon…
🙂
diboreup langsung retak…
gkgkgkgkgk…
education article,
mudah2an kedepan nya lebih banyak 🙂
setuju om..
yg diatas ente itu orgil om
jupiter z1 pake liner biar bisa di bore up wak
ngoahahahaa
diasil ms muencreeett.
komentar yg keluar dr sales, entah apa artikelnya pasti berujung MS.
Kl konsumen biasa mah mau ms berapapun yg penting mampu beli, mampu pakai mampu merawat.
Teknologi bagus tapi sia2 kalo diterapin di motor harian.
Di banding teknologi SCEM suzuki lebih bagus mana wak? klo bisa tlng di bahas juga.
hehehe pelan pelan brooo hahahahaha kriting nih jari sayah wkwkwkwkwk
Biar z1 gampang boreup buat balap bebek kyknya
Lalu Diasil ini kalau dibandingin dengan dinding silinder jenis Nikasil dan Ceramic, bagusan mana Ji?
itu bagian ke empat dari tematis silinder liner bro . . . kita bahas nanti kalo jari sayah udah nggak kriting lagih yaaa 😀
Jupiter mx kan juga pake DiASil bro
siap bro thks tambahannya 🙂
Nah …M1 pake Diasil silinder ama forged piston ga wak?
Z1 katanya biar gampang dioprek dapur pacunya kang
Byson emang sudah diasyl kang? Kok boringnya masih ada kisi2 udara?
mosok boring byson ada kisi2 udaranya?
Byson kan 4tak, bkn 2tak yg ada lubang in & out, lubang in & out pindah head silinder.
Kl kisi2 udara yg dimaksud adlh sirip silinder, krn byson msh menganut air cooled. Jd tak pake radiator.
kuclux pekok 😆
Byson belum pake diasil silinder, berarti di dalam boring ada liner.
Kisi2 udara = sirip pendingin silinder & head.
Hadirrr…
trimakasih pencerahannya wak haji..
Jupiter mx udh pk diasil n forged piston, roller rocker arm sejak pertama keluar (gen 1), vixion, r15,
kl motoGP silindernya pake teknologi apa ya?
ga bisa bayangin deh bang….dua material beda titik didihnya dicampur…pasti pake tekanan tinggi, kmd dibuat silinder dengan proses fabrikasi…wah…bener2 teknologi tinggi…tp bisa ditekan sehingga terjangkau…..apa ga berseberangan polanya ya bang?
Teknologi DIASIL Cylinder memang hebat, selain yg sudah di sebutkan wak Haji di atas, keuntungan menggunakan DIASIL juga menghemat penggunaan oli, karena permukaan dinding silindernya memiliki pori yang mampu menahan oli sehingga ketahanan piston dan cylinder bisa sampai 50.000 km. Motor sport Yamaha R1 & R6 juga pakai DIASIL..
hahh… Joss pkoke kenyang!! pagi ini sarapan special Piston dari chef Taufiq TMCBLOG, wkakaka
silahkan dikunyah kunyah sarapannya brooo . . . ini baru makanan pembuka . . . bentar lagi main coursennya 😀
wah, nyindir marwoto kuwi. Hahaha
waduuhh DiASyl kan lebih keras dari liner baja… bisa prothol gigi nihh, apalagi kalau nambah menu forget piston… wis ampun, gigiku nggak sanggup ngunyah2… 🙂
Munkin karena type mesinnya yg berkompresi rendah n ga terlalu panas dibanding yg lain, n kemungkinan untuk menekas cost juga
kebalik cong…diasil itu sedikit boros oli krn ada pori yg harus diisi oli agar tetap licin
Ane setuju, waktu ganti oli banyak berkurang entah ilang kemana
Diasil kl udah baret/longgar apa bisa di korter oversize?
keras mas bro materialnya, bahkan YIMM kalo mau bikin cutting engine buat show up butuh dipotong pake laser di pt dirgantara indonesia . . . bisa di korter, tapi korternya pake Laser kali yaa 😀 imho
kl potong silinder bisa nebeng dipak mantri ato rumah sakit yg biasa utk sunatan. Hahaha
Dari statement YIMM waktu launching jupiterZ1 tdk menggunakan diasil cylinder alasannya supaya mudah jika rider ingin melakukan bore up, race oriented
Ilmu lagi dari tmc.blog hehe
DiASIL : Jupiter MX (Old, new, FI), Xeon (old, RC, GT), Mio series (J, GT), soul GT, Vixion (old, NVL), R series (15, 25, 6, 1, 1M)
CMIWW
menurut saya jelas itu adalah sebuah preketeww global yang di prekewtew ken, supaya terjadi preketewe masal…
sekian.
kalo z1 buat performance,, R15 bukannya juga buat performance kang?
Bukan om,R15 itu meski pake piring &nunduk2 tp itu motor harian oriented,klo mau motor race oriented wajib pake bebek…
*blunder yimm part kebanyak
Wah cocok nih..siang ini jg artikel diasil silinder
http: //78deka.com/2014/12/22/beat-125-lahir-tergantung-mio-m3/
fbh mana percaya sama ginian
mereka lebih percaya sm warung sblah yg bilang semakin wheelie semakin kentjaaaaangggg
😀 😀
Ayan cong?
Gak ada bukti diasil lbh baik.
yg ada teknology honda lbh superior. berjuta2 orang yg mapan dan cerdas sdh membuktikan kwalitas produk honda. makanya mereka setia karena honda awet dan performa jempolan.
diasil gagal karena parametenya konsumen makin menjahuinya
id ente ganti aja dgn fby cerdas bos
Nggak juga bos. Ane pake mx dari 2008 sampe skrg. Tarikan masih mantap, nanjak juga sip. Tiap pagi nggak pernah panasin mesin. Begitu hidup lgsg berangkat kerja p/p 110 km. Itulah beda diasil silinder & forged piston. Tidak banyak memuai saat panas & tidak gampang menciut disaat dingin. Jadi, sampai saat ini ane merasakan enaknya motor yg pake diasil silinder.
kakak ane punya jupi mx keluaran thn 2008. smpe skrg sdah ganti cylinder piston 4x. heran jga kata nya tegnology forged piston diasil cyl tpi ko g seawet yg digembar gemborkan . apesnya lagi ini tegnology diasil g bisa dikorter jadi klo kena harus ganti 1 paket. gk kyak tegnologi jadul motor lainya ,klo baret bisa di oversize.
Buat kocrot
itu mx udah nempuh jarak brp kilometer?
mesin masih standar ting2 apa udah korek?
Kalo mesin masih standar ting2 tapi ente bilang udah ganti 4x maka ada dua kemungkinan, itu mx udah nempuh jarak yang sangat fantastis dan kemungkinan kedua adalah ente hoax. Sori ya bro krna tetangga ane yang punya jupi mx taun 2006 aja baru satu kali ganti blok set silinder dan itu mesinnya standar ting2. yang taun 2007 aja malah belum ganti
kilometer nya dh g keitung . odometer sdah smpe balik ke 0 lgi . kalo saya dbilang hoax . kasih pin bb ato wa tak kasih bukti nya …
dan skrg mlah itu blok cylinder nya di shock pke steel ( balik lagi ke tegnologi jadul ) dengan alasan klo kena lagi itu cyl tinggal dicorter ( hemat biaya ) .
@kocrot…
gak bisa ngrawat motor tuh crot…pake motor asal pancal…
share aja dimari gambarnya
sekalian di fotonya ada kertas tulisan tangan “kocrot”
Perawatan rutin ga? Soalnya sori aja ya, MX ane sering digeber dari mpe 35rb km tapi masih bagus aja tuh diasilnya. Kalo jalan santai alias gaya ridingnya kalem kayak Mas Taufik maka ane perkirakan 50rb masih maknyus
makanya ane tanya ma ente, mesin MXnya masih standar kgk? kok ga berani jawab?
Hahaha gan situ bilang sayap kepak topcer? Memang dasarnya apa? Ane pake sayap kepak isinya bikin sakit mulu. Pelayanan service buruk. Sparepart lama indennya. Dateng barangnya salah
ndak bisa kecanggihan teknologi di ukur dengan banyaknya yg beli itu komen idiot namanya, honda telah lebih dulu dindonesia, otomatis customer base nya lebih banyak. kalo saja orang2 indonesia rata2 semua minimal s1 pendidikannya maka pertarungan motor tidak akan seperti ini dan tidak akan menelurkan fanboy2 oon macam ente..
Sorry bro mx gue ngelewatin cb150r lho pdhal gue old mx
r15 ntu bkn motor tp ODONG ODONG
makin suka deh ama engine MX series
http://www.sejutaumat.com/2014/12/22/kupas-tuntas-fitur-dan-teknologi-motor-sejuta-umat-all-new-beat-esp-series/
Pertinyiinyi…misalnya terjadi keausan pada dinding silinder(yg pake tehnologi ini) brrti nggak bisa dioversize dan mesti diganti silindernya dong wak?
jelas susah oversize, kl baret tinggal ganti. Kl dipake normal, silinder yg di lapisi akan jauh lbh awet, dibanding yg tak dilapisi pengeras.
Lagian yg namanya oversize dg cara bubut jg kurang bagus, krn bentuk piston cenderung oval, kinerja mesin jd kurang maksimal krn ada bagian yg rapat (segaris lubang buang, biasanya ada tanda panahnya) & ada yg kurang rapat.
Belum lg kl dikasih hon, pasti tak beraturan spt aslinya n rawan bocor, reyennya jg harus sabar (lama). tp kl tak pake hon, reyennya gampang, tp rawan macet waktu reyen kl dibikin span (ngepres n licin).
rame banget salesnya…
Terus terang ya ini salah satu teknologi yang mubazir karena dengan pemakaian normal hampir tidak ada silinder jebol….lagian teknologi ini kuno sekali suzuki sudah pakai teknologi komposit dengan keramik dari awal dan bisa diliat mesinnya awet….tapi apa bikin suzuki laku? Disini mending jualan motor yg mesinnya biasa aja tapi partsnya murah.
keramik sama komposit hampir tidak bisa disatukan, dari mana statement anda berdasar..
mungkin karena semakin panas semakin kencang?
hahaha….
Diasil OK lah buat ngurangin cost produksi…di MotoGP juga OK karna mesin juga usianya nggak tahunan paling buat berapa kali race doang…satu kenyataan yang ada dilapangan…entah mau dipungkiri atau tidak motor diasil kalo dibawa turing lebih dari jarak 100km…tenaganya ngempos bin ngedrop…beda sama boring merk Suzuki atau honda yg tambah ngejosss…
itu mungkin menurut anda doang. saya aja sehari kerja PP lebih 100 km ga ada terjadi penurunan performa.
^ yg dibahas turing, ente ngejawabnya kerja
sinkron? 😆
Bro Fred… yang diambil jaraknya bro… diatas 100 Km… brrti dia kerja semabri turing tiap hari brrti hehehehe… Lagian turing cuma sekali2… lha ini malah tiap hari diatas 100 km…gimane bro, udah nangkep?
Ane tiap hari nempuh jarak 80km….
dalam seminggu bisa nempuh jarak 480km….
dalam sebulan bisa nempuh jarak 1920km….
dan dalam tiap perjalanan ane itu sebagian besar ane geber putaran tinggi mulu tapi alhamdulillah tuh tak ngempos. Kalo ngempos mah itu pertanda setingan karbu belum pas. Atau minimal ada bagian yang kurang sehat. Pernah juga ane turing jauh melewati macet plus daerah tanjakan tapi ya alhamdulillah tak ngempos.Maaf ya ane cuma share pengalaman ane.
alumunium emg josssss
Post ini cuma kynya bakalan jadi konsumsi kalangan enthusias aja
bakalan banyak debat BC perbandingan dll..
Ironis memang berbagai technologi canggih disini gk pernah terdelivery ke konsumen mainstream
mereka cuma pengen yang tarikanya enteng shock empuk nyaman irit ban gede dll
ini pembahasan kasat mata untuk kepuasan para biker enthusias aja
tapi gw apresiasi usaha kalian untuk kembali penetrasi di technologi yg sangat teknis ini muda2han bisa dapet value delivery yang tepat ke konsumen yang akhirnya nambah value dagangan kalian
kelemahan jika mau bore up beli seglondong.
gak disuksi tukang oprek karena gsk bisa dibubut.
ditunggu menu main coursenya wak 😀
nyimak
sakke byson, nasibmu brot
http: //orongorong.com/2014/12/21/evolusi-yamaha-rx-z-malaysia-dari-masa-ke-masa/
ya karena jupiter z1 diperuntukan utk balap kelas pinggir jalan jadi gmpang di bubut itu silinder kalo bubut diasil gak mempan
jupiter supaya bisa balap #katanya
selain yamaha adakah yang pake teknologi ini?
http: //pertamax7.com/2014/12/22/speedometer-ber-gear-indicator-dan-buntut-yamaha-exciter-150-bikin-new-vixion-sakit-hati/
kalau z1 kyknya ingin bs dbore up(bagi pecinta modifikasi).. tapi karena injeksi jd part modifikasinya blum bnyak
oke
Kata website luar, teknologi ala Diasil Cylinder Yamaha juga diterapkan sama BMW dan Porsche. Namun kalau untuk performa, dengan harga jauh lebih mahal, pakai pelapis nikel tetap yang terbaik.
http: //kupasmotor.wordpress.com/2014/12/19/lebih-bagus-mana-antara-diasil-cylinder-yamaha-dibanding-scemnya-suzuki/
sekedar info, wak.. sejak dulu Jupiter Z series adalah salah satu motor bebek dengan part modif terbanyak, dan paling buanyak dioprek2..
bisa jadi emang sengaja gak dikasih Diasil biar bisa dibore up..
tmen2 yg suka oprek2 motor lebih milih Jupiter Z1 daripada NJMX meskipun budget ada, karna NJMX sudah Diasil, gak bisa bore up, harus ganti blok
@Fari.Fairis-NJMX
ah, agan mah ga tau. Mx tuh byk boreup’y, mo seher 57, 60, 62, 65, ato 66. Naek strok jg ada.
sori bro, maksud ane kalo paket bore up nya + ganti cylinder emang banyak..
tapi ane blom pernah liat ada yg bore up Diasil cylindernya, kalopun ada buat harian sepertinya gak akan aman..
Nb : emang hrs ganti blok, biar blok bisa diboreup, tergantung yg kolter & ngehun, salah perhitungan blok bisa macet, ngebul.
@Fari.Fairis-NJMX
coba agan cari thread mx d kaskus, barangkali buat nambah ilmu & silahturahmi, klo ga slh ada blok mx yg ditanem boring, ga tau ori mx’y ato bukan.
Kalo ane sih kalo udah waktunya oversize maka ane tinggal beli blok set V-ixion plus noken as sama per klepnya. Memang lebih mahal tapi jujur aja kualitasnya mantab banget. Bikin kencang motor mudah tapi sambil mikirin daya tahannya itu yang susah.
matic plus jupiter mx yamaha pake diasil silinder dan forged piston yang sangat keras sehingga untuk memotongnya harus pake laser, wah mantaf nih kualitas bahan yg ditanam di mesin motor yamaha, konsumen harus tahu kualitas mesin sebuah motor… jadi tidak asal beli motor karena persoalan nama yg beken dari dulu, desain lumayan oke, diskon super gede, DP 500 rb bisa bawa pulang motor baru… tapi hendaknya konsumen harus benar2 tahu kualitas material mesin motor yg dibeli… dan yamaha selalu memberikan edukasi akan kualitas motor2 produksi mereka, top markotop YIMM
Nyales?
Tak pelajari sik Wak,,,
Mumet Wak,,,,
Ilmu tingkat tinggi soale kih,,,,
Hehehe,,,
wak hajiii,. nanti bahas siliner ninin 2tak juga yaaa 😀
nicasil blm ada yg patenkan kan wak….katanya lebih bagus nicasil cyl+forged piston+ring piston nano…hehehe
mesin-mesin mobil modern sekarang teknologinya mirip begini Wak, block silinder gak pake boring/liner baja lagi.
begini wak, alesannya jupi z1 g pake diasil.
biar gampang di oprek buat bore up.
dan itu juga alesan honda g pake diasil yamaha / scemnya suzuki, biar gampang di oprek.
rata” mesin yg pake diasil ato scem ga terlalu laku (bukannya bc loh), soalnya ya itu td, susah bore upnya. biar pun sekarang udah ada paketan bore up include silindernya, tp mahal bo…
lha kalo Byson kenapa nggak pake diasil ?
karena dari india
mungkin sama kali wak, kaya jupi z1, buat gampang di oprek.
Wak. Diasil itu setelah proses cetak. Lnjut cuting n bore. Setelah itu ada proses kimia agar silikon nya kluar dn aloy mengeras. Jd klo dibore up y lpisannya ilang lg. Hrus dproses lg biar mncul.
pake liner baja memang bisa di boreup, tapi kalo liner bajanya tipis ya sama aja susah durabilitinya parah plus panas berlebih, nah block silinder honda itu terkenal dengan liner bajanya yg tipis, beda dengan liner baja yamaha yg terkenal tebal bisa beberapa kali boreup tp masih kuat
Alhamdulillah ane dah buktikan ketangguhan Die Casting Alminium dan Forged piston ini, saan New mx saya berumur 31rbuan km. paking cylinder 1 pecah dan oli rmbea kemana2, akhirnya saya ganti paking dgn biaya turun mesin 60rbu dan ganti air radiator juga, pas di bongkar saya kaget melihat Die asil dan pistonnya yg masih kinclong, walau pistonya numpuk kerak tpi dinding pistin masih halus banget, pdahal seingat ane, ane tu sering telat ganti oli. saya pernah penasaran dgn teknologi ini, lgian ada yg bilang motor2 yamaha ngempos kalo mesin panas akhirnya pas tepat lebaran 2 tahun 2014 saya test touring tanpa berhenti sampe pantat panas sekitar 178 KM itu berhenti karena kehabisan minyak. herannya mesin new mx saya tetap dlam perporma terbaiknya walaupun harus saya akui ada penurunan power tapi tak se signifikan yang orang2 bilang. jika normal 120kpj maka jika panas udah menempuh jarak jauh maka dapat 115kpj, heranya saya malah sering jatuh dan nabrak pkai new mx ini, karena torsinya yg waw bnget seakan2 pngin nyalib2 trus di asplalt.
biar bisa di bore up pak haji.
yamaha kan cuma punya Z1 di road race (gak kayak AHM yang punya blade + supra)
cmiiw
kalo byson menurut saya, belum waktunya saja + mungkin buat pewajar beda harga + performa dengan vixion.
cmiiw lagi pak haji.
😀
Kl Steadite Alloys Cilinder gimn kang..? Di katalog motor format pdf pabrikan motor SYM thn 1976 jg mengembangkan bahan ini buat Honda.. kl di indonesia ada Kymco Cevira yg thn 2003 udah berani kasih garansi 5thn dgn bahan steadite yg iklannya waktu itu lebih ringan dan 3x lebih kuat dari baja..
nambahin aja….yg pake diasil
-jupie MX
-mioJ series,SoULgt,X-RIDE
-xeon,RC.GT125
-piksen
-R15
-R25
😀
Oh ya,nambah lagi
mio M3 bluecore
byson setahu saya juga masih belum diasil n forget piston wak..
oh patent toh…..
MX saya dari tahun 2007 sampai sekarang masih full power.. ndak ada penurunan performa secara signifikan.. cuma yaitu rajin ngerawat juga, kalau ada yang bilang buat touring ngempos.. anda naik motor apaan? saya pakai MX saya dari Jogja – Jakarta PP tidak ada tanda tanda ngempos.. masih tetep galak tuh..
mx 2005 ane masi juoss pdhl tiap 2 bln mudik pwdadi jkt maklum kuli
oli juga ganti 4 bulan sekali servis, setahun sekali servis emang tak sengaja kusiksa krn yakin dengan diasil
tpi kok gak rusak rusak ya
pdhal pengen ganti yg mudaan motornya tpi belum ada yg teknologinya signifikan bagusnya
sebenernya minat ma motor listrik zero tapi hrganya ganahaan
Jaman sekarang ini kebodohan menjadi peliharaan favorit org” ketimbang kucing atau anjing.. Terbukti di artikel ini banyak org bodoh yg komen..
Ini artikel isinya bisa jadi pembelajaran supaya yg tidak paham menjadi paham malah ada yg saling menghujat malah dgn gamblang nya ada yg menunjukan kebodohan nya dgn jelas
Saya bukan fans boy merek tertentu, tapi saya mw share saja saya pakai jupe mx dri september 2007 sampai akhirnya saya jual september 2013. Alasan saya jual krna mw ganti dgn motr matic. 6 tahun saya pakai mx saya senang dgn performa nya bahkan selama 6 tahun saya pakai hanya sekali buka mesin hanya wkt ganti pak/seal oli aja krna sdh merembes tapi selama saya pakai performa selalu terjaga tarikan maknyus top speed jga mumpuni.. Buat saya tak urus ap nama teknologi nya mau dri yamaha suzuki honda kawasaki atau merek apa semuanya kembali ke pemakai bgmn merawat motor nya. Mw motor sport klo yg punya cuma tau make merawat ga ta rompal jga. Teknologi begini kan di ciptakan utk meminimalisir kerusakan” akibat pemakaian bukan berarti absolut ga bisa rusak.. Sebaik baik nya teknologi tetap tidak lebih baik dri manusia nya yg bisa membuat sekaligus bisa merusak..
Jadi org tu otak dipke jgn komen tau nya rusuh aja yg dipikirin inikan ilmu ya di trima dgn baik
ane pake Honda Kirana yg notabene silinder standar, tapi selama pake dari 2004 sampe 2014 kaga pernah tuh bongkar silinder atau turun mesin.. 😀
intinya semua pabrikan besar punya hitungan tersendiri dan resep rahasia biar produknya awet dan tangguh, seperti pengalaman ane di Honda Kirana..
Maaf mas bro vai
kilometernya sudah berapa ya?
Why visitors still use to read news papers when in this technological globe
the whole thing is existing on net?
Ane mau nanya,apakahh boringan byson bisa di korter
yang bilang diasil gak awet tuh pernyataan yang gak berdasar…gw punya jupiter mx 2005 nih motor udah 9 tahunan baru 1x bongkar mesin ganti piston ,ring piston ,paking ,seal klep ,balance kruk as yang bikin gw heran tuh silindernya masih kinclong bro gak baret sedikitpun tenaga juga masih jos kayak motor baru
pengalaman dulu pake Supra X125, irit memang tapi lapisan Molyb nya kalo udah lama hilang/abis, akhirnya motor pun ngebul, di oversize, tahan 1 bulan aja, ngebul lagi, malah makin parah kena setang piston, dll 🙁