460x110-maret2

IWB-TMC-Banner

tmc-sukamart-april2

tax-large

Bro sekalian, update terakhir di segmen Perpajakan . . . adalah Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia Via Kementrian Keuangan akhirnnya mengeluarkan Peraturan  Menteri Keuangan Nomor 90/PMK.03/2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 253/PMK.03/2008 tentang Wajib Pajak Badan Tertentu Sebagai Pemungut Pajak Penghasilan (PPh 22  besarnya 5% –  INGAT Bukan PPNBM) dari Pembeli atas Penjualan Barang yang Tergolong Sangat Mewah ( Thks Mah Samran atas Infonya via twitter ) . . . baca Nama Pajaknya aja Mumet blas . . . nah dari Nama Barang Yang digolongkan sebagai Barang Sangat Mewah tersebut, yang menarik ada di Segmen Kendaraan Roda dua mas bro . . . penasaran kayak apa ? cekidot deh  . . .

banner-440x100px

MBtech Riders-APR

jadi gini . . . PMK ( peraturan Mentri Keuangan ) Nomor 90/PMK.03/2015 ini menyampaikan perubahan definisi dan kategori barang Sangat mewah dari PMK sebelumnya yakni Nomor 253/PMK.03/2008 . . .

Jika Di PMK Nomor 253/PMK.03/2008 (1) . . . Barang yang termasuk Barang sangat Mewah adalah : ( Silahkan Klik untuk memperbesar)

PMK253-2008

  • pesawat udara pribadi dengan harga jual lebih dari Rp20.000,000.000,00 (dua puluh milyar rupiah);
  • kapal pesiar dan sejenisnya dengan- harga jual lebih dari Rp10.000.000.000,00 (sepuluh milyar rupiah);
  • rumah beserta tanahnya dengan harga jual atau harga pengalihannya lebih dari Rp10.000.000.000,00 (sepuluh milyar rupiah) dan luas bangunan lebih dari 500m2 (lima ratus meter persegi);
  • apartemen, kondominium, dan sejenisnya dengan harga jual atau pengalihannya lebih dari Rp10.000.000.000,00 (sepuluh milyar rupiah) dan/ atau luas bangunan lebih dari 400 m2 (empat ratus meter persegi);
  • kendaraan bermotor roda empat pengangkutan orang kurang dari 10 orang berupa sedan, jeep, sport utility vehicle (suv), multi purpose vehicle (mpv), minibus dan sejenisnya dengan harga jual lebih dari Rp5.000.000.000,00 (lima milyar rupiah) dan dengan kapasitas silinder lebih dari 3.000 cc.

Maka di PMK Nomor 90/PMK.03/2015 (2)berubah menjadi 🙁 Silahkan Klik untuk memperbesar)

PMK03-2015

Yoi mas bro, Jika di peraturan sebelumnya tidak menyebut nyebut kendaraan roda tiga dan dua, maka di peraturan terbaru ada menyebutkan kendaraan Roda dua dan Tiga . . . yakni Roda dua dan tiga dengan Harga Jual  lebih dari 300 juta rupiah ATAU dengan kapasitas lebih dari 250 cc . . . . . .

Kalau tmcblog artikan Makna “ATAU” bisa jadi nggak perduli berapa harganya, asal Kubikasi 251 cc ke atas . . . maka akan masuk kena PPh 22 sebesar 5% . . . so PPnBM kena, PPh 22 juga kena. Beberapa Contoh Motor yang kena jaring di PPh 22 ini seperti Kawasaki Ninja 300, KTM Duke 390 dan tentu moge moge lain seperti ER6N, R6, CB500F dan lain sebagainya. Bagaimana CBR250, R25 dan Ninja 250 . . . Harusnya Belum kena bro, karena PMK Nomor 90/PMK.03/2015 mendefinisikan Barang sangat Mewah untuk Motor di atas 250 cc  . . . ( artinya 251 cc ke atas ) mantabbb dah,  piye pendapatmu sob ?  😀

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

222 COMMENTS

    • Ente lucu bro. di indonesia mana ada barang super mewah kayak yg disebutkan di atas yg bikin macet indonesia. semua kendaraan murah yg bikin macet. emng ada y moge bikin macet bukannya metik yg bikin. emng ada ferrari bikin macet?? avanza yg bikin macet indo

      Guest
  1. Pabrikan bisa merongos ini sih,,yg mau belimotor 250cc gk jadi dah.
    Solusi buat Pabrikan ,bikin Motor Cc 240ajj

    Guest
    • Bego ah, Helikopter, pesawat dan yatch dijadikan satu kategori dengan motor >250cc. Seharusnya bikin kategori sangat -sangat mewah, untuk diatas sangat mewah. jangan begini, Jauh banget harga ratusan juta satu kategori dengan 10M

      Guest
  2. sudah saatnya jualan motor kubikasi 250cc, dengan menerapkan multi silinder kalo perlu sampai 4 piston.

    Guest
    • Qm enak aja ngomong bikin 4 cylinder.tp sdh qm pikirkan apa blm cost produksinya.semakin banyak komponen pd sebuah produk maka akan tinggi pula harganya.pabrik bs aja bikin lebih dr 1234 cylinder.tp konsumennya bs beli gak?

      Guest
      • Bisalah om.. Asal gak kena pajak barang mewah.. Selama ni bisa aja kita beli moge asalkan gak kena pajak barang mewah..

        Guest
  3. rezim si jokowi si presiden abal abal adalah rezim terburuk setelah rezim si megawati dan si gustur(bapak liberal indonesia).. rezim yang mensengsarakan, rezim lintah darat.. semoga Allah segera hilangkan pemimpin pemimpin karbitan seperti si jokowi dari negeri tercintaku Indonesia..

    Guest
  4. Klo PPh pasal 22 ini bagaimana cara hitungnya bang haji? Klo PPh pasal 21 udah paham, jumlah penghasilan neto setahun-PTKP(misal 5%)=penghasilan kena pajak * Tarif PPh21(setahun)/12= PPH21 sebulan…

    Klo PPh22 diambil dr OTR nya?

    Guest
  5. Berusaha peras pajak sana sini, kalau hasil nya keliatan sih ikhlas2 aja, lah ini sebagian masuk ke perut anggota hewan

    Guest
  6. orang pajak caper bro…
    pokoke sumua dipajakin biar keliatan keren.
    tanpa memperdulikan kualitas penerimaan pajak itu sendiri.
    ujung-ujungnya..ujung-ujungya…

    Guest
  7. pajaknya bikinin sirkuit nape?
    biar bisa ajang internasional dimari
    uang muter tuh
    tingkat hunian hotel naek
    ah somplak
    apa perlu demo nih?

    Guest
  8. pembangunan/ perbaikan infrastruktur baru dilaksanakan selalu mendekati Hari Raya , acara Kenegaraan tingkat International atau setelah terjadinya bencana alam .

    Guest
  9. Pantesan susah sekali masyarakat Indonesia untuk menjadi seorang kaya raya, udah mau mapan eh malah kena pajak 🙁

    Guest
  10. Gk kreatif banget, usaha meningkatkan pendapatan negara melalui pajak. Buatlah suatu produk yg dapat membanggakan dan meningkatkan pendapatan negara. Ah sudahlah………………………..

    Guest
  11. Taun depan ane mau pindah kewarganegaraan

    Pindah ke thailand or brunei

    Di indonesia wes ra nggenah

    Guest
  12. pajak di mana2 duitnya bukan buat perbaikan jalan dll malah di pake buat indehoy 1xcrot 80jt. asu tenan

    Guest
  13. Pajak segudang infrastruktur tetep aja antjoer…!!!
    Pajak segudang digerogoti atau malahan di caplok sama koruptor..
    Katanya udah merdeka kok untuk nikmatin kendaraan roda dua kubikasi besar aja segitu ketatnya ya?? Kalo 500 cc keatas oke lah barang mewah.. Lah ini 250cc mosok disebut barang mewah?? Mewah darimananya yak???

    Guest
    • Pemikiran yang cerdas.!!
      Mudah2 ga’ nyampai 2 taun jokowo digulingkan.!karena ga’ sesuai dengan bacotnya.,dimulut jokowo itu banyak munafiknya.!

      Guest
  14. Maaf brosis cuman menggaris bawahi yang kena pajak PPh22 sebesar 5% cuman kendaraan yang kapasitasnya LEBIH dari 250cc (251cc ke atas), 250cc mah kagak, tapi tetap aja yang namanya kenaikan pajak pastilah dirasa memberatkan sebagian besar orang

    Guest
  15. Asal buat pembangunan ga papa…lha di korupsi je…buat acara ga jelaslah…jadi gak iklas rasanya bayar pajak..mending nyumbang masjid wak haji..

    Guest
  16. Skema Pajak Semacam ini yang bikin Ducati Indo bangkrut & Harley bodong makin berkeliaran.

    Harusnya pemerintah belajar dari sejarah. Sesuatu yang dilarang & dibatasi padahal demandnya besar justru akan menimbulkan masalah yg besar pula.

    Lihatlah di Amerika di Prohibition Era, kebijakan asal larang alkohol yg justru bkin kriminalitas meningkat & justru makin membuat angka pemabuk meningkat! Kebijakan ngawur bin gagal total.

    Begitu juga pelacuran&perjudian, setuju dg Ahok, sebaiknya dilegalkan saja tapi dengan kontrol ketat. Potensinya sangat besar sekali demi kemakmuran rakyat. Udah ga jaman munafik. Lihat malaysia, bisa berjaya dengan perjudian.

    Guest
    • Tapi kenapa ya, saya kok tidak sependapat bro, kalau kita bisa kaya/makmur tapi dari hasil perjudian, prostitusi,, rasanya gak akan berkah uangnya

      Guest
      • Nah ini, uang hasil pajak dikorupsi utk indehoi 1x crot 80jt eh duitx masuk ke negara tetangga juga. Ampun dah . . .

        Guest
  17. Pemerintahnya cuma mikir gimana narik objek pajak baru, bukan mikir kesejahteraan rakyat. Padahal ketika rakyat sejahtera, otomatis setoran pajak naik.
    Ini sama aja merah susu sapi dari sapi kering. Bangsat!
    Gulingkan!!!

    Guest
  18. Negara yg banyak pajak tp ga bisa ngayomi rakyatnya = Negara terkorup…. Lama2 juga 250 cc masuk barang mewah juga… (yg punya motor 300cc ke atas kan cm bisa dihitung tangan) wkwkwkwk

    Guest
  19. Salah satu kebijakan yg tidak memperhatikan efek luas terhadap sektor industri otomotif. Jika memang ingin mendorong pabrikan untuk mengekspor motor kubikasi di atas 250cc mungkin tepat agar neraca perdagangan menjadi surplus, tapi kalau justru pabrikan pada kabur bagaimana?

    Guest
  20. Hahaha…endonesia ga’ bisa menikmati hidup layaknya rakyat yang merdeka.!
    Endonesia ini belum MERDEKA.,walaupun katanya merdeka.!
    Malay,singapure,japan,korea china itu contoh negara yang rakyatnya bener2 MERDEKA.!

    Guest
  21. Hahaha…RAKYAT endonesia ga’ bisa menikmati hidup layaknya rakyat yang merdeka.!
    Endonesia ini belum MERDEKA.,walaupun katanya merdeka.!
    Malay,singapure,japan,korea china itu contoh negara yang rakyatnya bener2 MERDEKA.!

    Guest
  22. aduh tolong dunk jangan kotori warung otomotif dengan hal2 yang berbau politik

    ane udah muak sama yang namanya politik

    Guest
    • Buta terburuk adalah buta politik, org yg buta politik tidak sadar,bahwa biaya hidup, harga makanan, harga rumah, harga obat, semuanya bergantung keputusan politik. Dia membanggakan sikap anti politiknya membusungkan dada dan berkoar “aku benci politik”. Sungguh bodoh dia yg tak mengetahui bahwa karena dia tidak mau tau politik akibatnya adalah pelacuran, anak terlantar, perampokan dan yg terburuk korupsi dan perusahaan multinasional yg menguras kekayaan negeri. (bertold brecht).

      Guest
  23. pemerintahan gak mutu
    pikiran duit mulu
    tapi bangsa nya gak maju-maju.
    duitnya bukan buat pembangunan paling masuk saku
    saku nya manusia busuk, K0RUPTOR!!

    Guest
  24. alhamdullilah asal pajaknya digunakan dengan benar dan tidak diselewengkan…
    motor saya baru 125cc berarti aman lahh
    mau tau device yang bisa android dan windows? cekidot di infotek.goozir.com/

    Guest

  25. Hal yang paling mudah untuk protes pemerintahan skrng adalah. tidak memasang foto presiden dan wapres dikantor dan tempat2 lain.

    Guest
  26. Yg penting duit pajak jelas peruntukannya bkn malah masuk ‘kantong’… lg pula masa iya bs beli motor 250cc keatas msh ngeluh soal pajak, kl boleh saran sih beli mio/beat nmax/vario aja hidup tenang tanpa ‘keluhan’…

    😀

    Guest
  27. pajak udah meningkat tapi kok sy merasa tidak banyak perubahan pada kesejahteraan rakyat, terutama rakyat menengah kebawah ya?

    Guest
  28. Pajak teruus. Emang pejabat sampah. Aturan asal bikin, ntar pajak dikorupsi. Ga ada harapan ini negara. Sampe kiamat pasti melarat.

    Guest
  29. wes toh. ini buat yg di atas 250 cc. buat yg berduit banyak. mau ngamuk buat apa? belain orang kaya?

    Guest
  30. komentator kita memang pintar, tapi saat pelajaran matematika sering bolos.. , “lebih dari 250” lho..
    sana! bikin pr dulu..

    Guest
  31. orah mikir dampake blas..pokoke diatas kertas itungane oleh duit akeh. tp dealer moge malah bangkrut kaabeh ora payu.

    Guest
  32. RANCU PERATURANNYA !!!!

    Kapasitas SILINDER lebih dari 250cc

    ini jadi maksudnya jumlah SILINDER LEBIH DARI 250…..hahahaha

    harusnya kan kapasitas mesin yang benar…. CMIMW

    Guest
    • Lah..mmg bner kok bahasanya, kapasitas silinder, kan yg dihitung volume dalam silindernya. Klo kapasitas mesin, mesin kan keseluruhan, termasuk piston, bearing, gear, dll. Lagian ada “cc” nya kan, masa jumlah silinder pake satuan “cc”. Jadi klo ada yg nanya, “motor lo brp silinder bro?” Lo jawab “2cc bro” wkwkwkwkwkwk bahasa indonesia dipake sehari2 tp masih ga dikuasai juga. Memalukan.

      Guest
  33. WOIIIII !!!! INDON-INDON GOBLOK !!!!
    LU BACA KAGAK ITU TULISANNYA??
    YANG KENA PPH 5% ITU YANG HARGA PERALIHANNYA 300 JUTA RUPIAH ATAU KUBIKASI DI ATAS 250 CC, ARTINYA MULAI DARI 251 CC SAMPAI TAK TERHINGGA.
    EMANG LO PADE UDAH MAMPU BELI MOTOR KUBIKASI GEDE?
    SECARA NALAR AJA, ORANG YANG UDAH MAININ MOGE LEBIH CENDERUNG PENGHASILANNYA GEDE, KECUALI YANG MAEN MOGE TAPI PAKE UANG KAGAK JELAS, ALIAS REJEKI NOMPLOK TAPI NAFSU PENGEN BELI MOGE.
    PANTESAN AJA NIH NEGARA RIBUT MULU, WONG CUMAN BACA DOANK MASIH BANYAK YANG GA BISA DAN GUOBLOK E MINTA AMPUN.

    Guest
    • Aduuh ente yg guoblok tolol. emng orang kaya dengan usahanya sendiri bukan rakyat indonesia?? jgn diskriminasikan orang orang kaya mentang2 mereka kaya jd pajak jg ini itu di naikkan. Woi bego itu moge di negara luar bukan sesuatu yg wah yg harganya milayaran disana 1000 cc aja setidaknya seharga 100 ampe 200 jutaan. kenapa di negara kita seperticbarang wah?? itu semua karena pajak yg gk masuk akal. bukan pajak yg seperti ini yg harus di tambahin tp para koruptor yg harus di berantas karena jumlah uang negara yg hilang itu jauh lebih banyak daripada pendapatan negara dari pajak barang mewah itu

      Guest
    • @indon guoblokh.

      Ente yang goblok.. Setan ente.. Enak aja bilang goblok2.. Entw cecunguk pemerintah apa…???? Tolol ente…!!!

      Guest
  34. wah.. secara tdk langsung pemerintah larang warganya jdi orang kaya,dgn beban pajak yg tinggi pasti mikir lgi buat meningkatkan status sosial dn gaya hidupnya..

    Guest
  35. pemerintahan sekarang lg ngejar setoran buat biayain tiga kartu saktinya,yg ngeri kalo pajak dsamakan dgn negara erofa semntara penghasilan ibarat bumi dgn langit bedanya…koruptor hukum mati aja biar adil

    Guest
  36. @gary, ya sudah bener toh kapasitas silinder 250cc
    kalau di gelondong dengan kata kata kapasitas mesin malah rancu.
    kapasitas mesin apanya nih? oli? radiator?
    sampeyan tau kan silinder 250cc artinya apa? 🙂

    Guest
  37. ga papa,lah orang yang mampu belinya juga pasti orang dengan uang berlebih,,yang penting penerapan uangnya harus tepat,go go indonesia

    Guest
    • beli piston dan head CBR300R R3 atau Ninja 300 diem diem buat yang pnya CBR250,R25 dan Ninja 250 😀 *otakculas

      Administrator
  38. Hai kalian para anggota hewan dan pemerintah yg merestui pajak ini ….. Dengarkanlah ……..
    Pakyu en Pakyorselef

    Guest
  39. klo gw baca batang tubuhnya, yg kena pph 22 yg 250cc keatas, alias 250cc tidak kena (seperti ulasan tmc)… tp yg komen kok kayaknya yakin 250cc macemnya R25, K250 ikut kena pph 22 yah 😀

    Guest
  40. Kang… Bagaimana dengan motor yang masuk segmen 250cc tapi real on crank lebih dari 250 cc? Karena ada pabrikan yang juga bikin kategori motor dikelas tertentu tapi realnya melebihi dari kategori tersebut. Semisal motor kategori 250cc tapi realnya 260cc. Mohon pencerahannya

    Guest
    • Kadang ada juga pabrikan semisal Honda bikin motor kategori cc tertentu tapi realnya malah kurang, semisal CBR250 masuk kategori 250cc tapi realnya hanya 249cc.

      Guest
  41. seuda pertalite,, seuda sim c 1 2 3,, pajak barang mewah,, apa lagi? duit2 duit2,, semua dinaekin harga nya,, semua dipajakin? beli rumah murah susah,, dah kebeli pajak nya selangit,, bayar cicilan nya aja susah,, ntar rumah 36m2 jg barang mewah? rumah 2×1 aja nti dipajakin,, sekalian jadi gelandangan semua,,

    Guest
  42. Ini emang otak wakil rakyat itu cuma mikirin uang buat perut mereka aja. pajak kendaraan kita sekarang ini aja udah paling tinggi dibanding negara2 lain tp hasil dari pajak itu saja tidak ada jalan dimana2 tetap berlubang. setiap kali hujan selalu jalan berlubang tp irigasi air untuk mengalirkan air itu tidak pernah dibuat ataupun diperbaiki, dan itupun menjadi proyek pejabat bejat untuk mengambil uang rakyat dengan alasan memperbaiki jalan rusak. kalau mau makmur negara ini perbaiki sistemnya berantas koruptor hukum mati dan penjara seumur hidup dan tingkatkan produksi dalam negeri maka niscaya pajak2 yg tidak penting bisa disamakan dengan negara luar. tp mau sampai kapan begini terus kalau pejabat otaknya korup apalagi yg tugas di bagian pajak. ampe hancur dl indonesia baru sadar

    Guest
  43. Semoga ke depan ada revisi lagi soal pajak PPnBM ini oleh pemerintah..baik buat r2 maupun r4.

    Guest
  44. gimana kalo motor jadulku tak bore up jadi 300cc…?
    waah… ane bakal punya barang mewah nih.. ane orang kayaah…

    Guest
  45. ternyata tim ekonom era skrg pada ONENG semua…., makane nilai evaluasi value kerja dibawah 6,5 smua….

    Guest
  46. boleeeh… asalkan itu jalan2 yang pada bolong dibenerin, wujudkan Sentul international circuit yang berkelas GP, perbaiki kualitas dan perbanyak jumlah transportasi umum..
    jangan malah dikorupsi trus buat nyewa artis..! brengsekk..

    Guest
  47. kalo saya pribadi berharap motor dibawah 500CC jgn diberi beban pajak tinggi2, supaya kualitas berkendara sepeda motor kita meningkat, jadi banyak motor CC besar dan efisien yang beredar.

    tapi pajak tahunannya yang ditingkatkan misal 1,5X dari yang sekarang, untuk membiayai infrastrukturnya….

    #cumannulisajahboleh

    Guest
  48. ane pengguna motor bebek sejak dulu kalo bisa, memungkinkan dll, kalo ada moge ya ngalah ngga apa-apa lah.. mereka udah bayar lebih tinggi.. jalan di minggir juga ngga masalah,..

    Guest
  49. akibat dirjen pajak kejar setoran.
    semua kena pajak

    yang heran malah barang yang benar2 mewah tidak kena pajak
    seperti” berlian, tas mewah seharga ratusan jt,dll

    Guest
  50. subsidi BBM dicabut aje kagak jelas ke mane tuh duit subsidi diPAKAI. sedangkan kartu SAKTInya penuh dgn genderuwo kuntilanak tuyul yang kagak jelas orang dan alamatnya.

    Guest
  51. selamat, semoga negara dan wakil rakyat cepat kaya

    orongorong.com/2015/05/11/suzuki-menyiapkan-sport-250cc-baru-keluar-tahun-2017/

    Guest
  52. Pemerintah lg cari pemasukan. RAPBN jokowi selangit, buat pencitraan kartu saktinya. Nah gmana caranya tuh duit dapet sebesar anggaran. Sebenernya itu uang APBN tuh belom ada.klo ada uang dr pajak bru program dijalanin berdasarkan prioritas. Klo orde SBY diming iming caranya bebasin visa klo yg punya NPWP. Nah klo orde skrng gak kreatif. Maunya tangkap satu ikan besar walau sedikit. Jokowi pake gaya robin hut, pajakin orang kaya, bagi” ke orang miskin. Biar keliatan hebat…. Coba dipikirkan. Indonesia memilih ya ikutin aturan mainnya

    Guest
  53. 42. joni – May 13, 2015
    Skema Pajak Semacam ini yang bikin Ducati Indo bangkrut & Harley bodong makin berkeliaran.

    Harusnya pemerintah belajar dari sejarah. Sesuatu yang dilarang & dibatasi padahal demandnya besar justru akan menimbulkan masalah yg besar pula.

    Lihatlah di Amerika di Prohibition Era, kebijakan asal larang alkohol yg justru bkin kriminalitas meningkat & justru makin membuat angka pemabuk meningkat! Kebijakan ngawur bin gagal total.

    Begitu juga pelacuran&perjudian, setuju dg Ahok, sebaiknya dilegalkan saja tapi dengan kontrol ketat. Potensinya sangat besar sekali demi kemakmuran rakyat. Udah ga jaman munafik. Lihat malaysia, bisa berjaya dengan perjudian.

    ==============================================================

    Pendapat bodoh,, semoga istri dan anak anak lo sampai 20 turunan legal menjadi pelacur demi kemakmuran lo karna udah gk jamannya munafik. Ayo semuanya mari kita aminkan.

    Guest
    • Setuju bro biarpun emang bisnis prostitusi itu udah ada dari jaman dulu beribu2 tahun yg lalu. tp Tuhan sudah jelas melarang tindakan tersebut dan orang2 jaman dahulu sudah mencoba menghentikan prostitusi tsb, dan larangan tsb la yg menyebabkan martabat manusia di bumi ini tetap terjaga dan manusiapun masih ada di bumi ini. tp bila ada pemikiran seperti ahok ini dan orang yg betkomentar sperti di atas yg melegalkan prostitusi maka tidak ada lg yg namanya martabat manusia, maka sama saja kamu seperti hewan yg tidak punya pikiran yg seenaknya kawin sana sini. dan bila semua manusia berpikiran seperti itu maka niscaya la manusia tidak akan lama lg di bumi ini. Ingat kamu punya otak jd pakaila jgn cm karena nafsu jd semua di legalkan. orang bisa kesek2 karena ada lahan tp bila lahan tidak ada maka hal tsb tidak akan terjadi dab martabat anda sebagai manusia akan terjaga kecuali anda binatang yg tidak punya martabat yg di kendalikan oleh nafsu.

      Guest
    • Ingat ini bung joni martabat manusia yg dipertaruhkan tapi lain halnya kalau anda binatang gw angkat tangan. gk sekalian aja melegalkan seks di tengah jalan?? sebagai HAM mungkin. itu kan hak kamu kamu bayar pajak di jalankan??

      Guest
    • Baik mas pintar, pertanyaan saya singkat saja: SOLUSIMU OPO? Mari kita dengarkan sama2. Pendekatan agama? Sejak jaman jebot kok tidak keliatan hasilnya.

      Guest
  54. nama pajaknya sengaja dibuat rumit biar masyarakat mumet dan manut. 🙂

    awas pajaknya dikorupsi nggak nantinya…?

    Guest
  55. Heran, kok para komentator banyak yg cuma baca judul doang tp langsung maen koment yg malah kliatan…ah sudahlah.
    Besok2 baca dulu sampe tuntas artikelnya (krn ada penjelasan/penjabaran) supaya gak…

    Guest
  56. Wak,mungkin setelah 1 tahun penerapan aturan baru ini dan dirasa penerimaan pajaknya kurang, maka kalimat “diatas 250cc” berubah menjadi “diatas sama dengan 250cc”, secara jumlah populasi pengguna motor 250cc lebih banyak, hahaha #ketawaperih

    Guest
  57. wooh logikanya kalo udah bisa nyemplak up 250 memang orang sugih wak. wong bensin-nya udah boros akut, belom perawatannya. belom harga nya yang mendekati mboil ayla-agya. akusih mending beli mboil..
    aku rapopo orang sugih kudu bayar pajak cyin

    Guest
  58. N300 aja harganya 83,9jt. mending buat DP Inova ngiahahaha
    ngakunya orang susah tapi buat motor 80jtan kebeli
    aku rapopo

    Guest
  59. wah maesti ada yang menyuarakan ke wakil2 kita di DPR .. mosok 250cc lebih dikit disebut barang mewah wkwkwk 😀 .. dipalakin wae rakyatnya nih .. payah

    Guest
  60. kabinet Pencitraan… kerjanya palakin rakyat indonesia.. gk peduli palakin orang kaya atau orang miskin… tapi caranya nyari tambahan jgn gt dong…!! pke cara yg kreatif,& jangka pnjang.. bikin sirkuit,bikin mobil sendiri (upss Esemka) batu loncatan,bikin motor..dll

    Guest
  61. seharusnya ada pengecualian,
    Jika CC diatas 250 cc sampai 700cc dan kandungan lokalnya diatas 50 persen, maka dapat insentif , baik berupa pajak maupun perijinan
    lumayan Indonesia bisa jadi basis mid-size moge

    Guest
  62. Kalo urusan menekan rakyat biar bayar pajak dll mah juara, giliran memberantas penyelewengan pajak aja, gak ada tindakan nyata. Ribuan rakyat tiap daerah dan tiap tahun bayar pajak ini-itu, tapi kondisi jalan tetep aja pada bolong, kemana itu duit? Pantesan kalo posisi atas udah pada gendut semua…

    Guest
  63. menyerang masyarakat mid-end nih :v
    maksudnya sih yang udah kaya2 diplorot pemerintah buat nanggung yang masih berusaha menjadi kaya(buat jadi dana BOS, etc), tapi nyatanya diplorot buat masuk perut yang kaya lainnya
    tolong kalo bikin proposal penggantian peraturan mbok ya liat fakta diluar jgn langsung acc, tapi memang susah soalnya diDPR sana antara bajingan dan yang nggak itu 80:20 persen, jadi yang pro perut sendiri buanyak ;v

    Guest
  64. Kang taufik.

    PPh itu adalah pajak yang dikenakan atas penghasilan dari suatu usaha. Nah yang termasuk objek pajak dalam PMK diatas itu penghasilan dari penjualan motornya. Jadi yang dikenakan PPh itu penjualnya bukan pembelinya. Beda dengan PPnBM yang objeknya barang konsumsi yang dikenakan pajaknya pembeli barangnya. CMIIW

    Guest
    • efek dominonya secara gak langsung pasti pabrikan melakukan penyesuaian harga untuk tetap mendapat profit yg sama sebelum di kenakan pph 22 ini kan ya?? jadi berasanya ke konsumen yg beli motor baru… bisa juga ngefek ke harga second yg naik… cmiiw

      Guest
  65. aneh sekali negara ini motor 300cc kalau ga kena pajak barang mewah harganya paling cuma 60jt+
    Sedangkan Mobil sekelas pajero sport DAKAR 2500cc harganya 500jt+

    Mahalan mana 6ojtaan sama 500jt+ gebleg banget lah -.-

    Guest
    • Mobil sama motor ya beda lah om pertaruan’a, masa mau di samain karena CCnya. Bukan negara ini doang semua negara pasti pasang peraturan pajak motor & mobil beda, gak di liat dari CC..
      #think

      Guest
  66. ia kan antoni betul, harus dibedakan antaran PPN dan PPh. kalo bisa kang taufik kasih keterangan juga kalau KMK ini mengatur pengenaan pajak penghasilan atas badan, jadi yang dikenakan itu badan/ penjualnya bukan pembeli, biar gak kisruh blog otomotif jadi blog politik..

    Guest
    • Lah sekarang kenyataannya pajak yang seharusnya dibayar oleh pabrik, itu dilimpahkan ke konsumen. Contohnya aja PPN Rumah makan sebesar 10% yang seharusnya di bayar oleh rumah makan tersebut malah jadi masuk ke nota pembayaran pembeli.

      Guest
  67. @ALL, DASAR PERKUMPULAN KMP

    ini namanya jokowi efek

    mati urip keluarga ku dukung projo, beliau mendekatkan kita dengan tuhan. karena orang miskin akan cepat mati

    Guest
  68. Klo menurut saya om, Perturannya ya gak salah kok lazim2 aja kaya gitu. Cuma yg jadi pertanyaan jalan jelek,trotoar ancur,gorong2 mampet,halte rusak,track balap gak ada, kemana kah Uang Pajak??

    #clock_up

    Guest
  69. Wah.. Akal2an pemerintah aja ni pengen cari uang korupsi.. Kapan ni negara benar benar bisa bersih dari korupsi.. Kalau kayak gini terus Indonesia bakalan ketinggalan terus dengan yang namanya teknologi otomotif.. Emang maaih kurang apa pajak selama ni.. Enak kalau jalan di Indonesia bagus.. Ini tetap aja ancur.. Kemana tu uang larinya.. Apa hanya keperut pemerintah.. Capek deh..!

    Guest
  70. Yang makin kaya justru malh PNS Pajak pastinya….tunjangan udh naik 200% d banding PNS biasa d luar Pajak…..negara ora adil trllu menganak emas kan sebagian PNS nya….benr2 negara salah kaprah bener ora lumrah itulah INDONESIA

    Guest
  71. khan masih tertulis lebih dari 250. kalopun ada yang lebih dari 251 atau 260 cc pabrikan bakaln melakukan pembulan….kalo memang pengen laris ya bulatkan aja ke bawah. khan nilainjual juag cc 250 tapi power lbh dari yang 250 murni. pinter pinter ngakali aja…. mau 300 dijual 250juga raopo opo he…he

    Guest
  72. jokowi jadi jongoswi
    munafik dan busuk

    naudzubillah punya pemimpin seperti dia..

    semoga cepet turun tuh jongos…

    Guest
  73. joni – May 13, 2015

    Baik mas pintar, pertanyaan saya singkat saja: SOLUSIMU OPO? Mari kita dengarkan sama2. Pendekatan agama? Sejak jaman jebot kok tidak keliatan hasilnya.

    ======================

    nah itulah bro….kenapa kita bayar pajak…karena orang2 isntansi, dpr, mpr, tenaga ahli,,dan ratusan orang yang terkait yang di rekrut pemerintah untuk memajukan bangsa, dan seharusnya mereka lah tanggung jawab dipikul untuk mencari solusi,,,kalo kta yah tetep duduk manis, kerja sesuai tanggung jawab kita, berikan yang terbaik…..jadi pertanyaan anda silahkan ajukan kepemerintah kita…

    Guest
  74. wah ga adil nih, kalo motor dgn harga 300 jt ke atas atau 300cc dah kena pajak barang super mewah, harusnya mobil roda 4 dgn harga 300 jt juga kena kan termasuk mewah juga..

    Guest
  75. Mafia banyak, banyak juga uang pajak tersebut tdk jelas arahnya contohnya di jalan kota ane banyak sekali lubang, bergelombang, rusak, miris lihat negara makin hancur dgn banyak tikus2 mafia

    Guest
  76. waaahh rameee postingannya nih wak…. traffic makin rame karena yg comment bukan cuma dari orang otomotif tapi dari orang2 politik juga… wa haji pasti cuma cengar cengir aja…
    hahahaha….

    Guest
  77. teman2 biker yg budiman…
    pajak yang dipungut itu nanti bisa diperhitungkan sebagai kredit pajak di spt tahunan, gampangannya jd cicilan untuk pajak penghasilan tahun pajak berjalan
    misal ada biker kaya beli motor 300 jt (miskin ga mungkin 😀 ), dipungut pph 22 15 juta
    nah, yg 15 juta ini nanti bisa dijadikan pengurang di spt tahunan 2015 yg akan dilaporkan sampai dengan maret 2016 nanti.
    jd ga menguap begitu aja
    sekian dan terima bersih

    Guest
  78. lah…motor CBku diitung jadi 300cc karena bore up,..kena dong barang mewah…
    padahal blum dicat tangkinya,rangkanya masih amplasan..,istri juga kalau dibonceng kagak tega katanya,boncengannya sempit,..
    dibilang…barang mewah dong ma pemerintah?..kebangetan..
    ck ck ck…gak jadi 40rb dong ntar pajak tahunannya kayak di STNK…
    NASIB NASIB..turunin lagi specnya ah…jadi kurang dari 100cc..jadi 98cc biar gak dibilang barang mewah,biar dikira cc no togel.

    Guest
    • kalo didaftarin ke samsat, allu kalo mau dijual lagi baru kena sob
      kalo dipake sih nggak kena pajak lagi, tinggal dibenerin ke samsat itu kubikasinnya

      Administrator
  79. ini cuma akal2annya para korutor
    JOKOWI dan jajaran pemerintahan sekarang harus dilengserkan adakan pemilu ulang ngoahahaha

    Guest
  80. ini cuma akal2annya para koruptor
    JOKOWI dan jajaran pemerintahan sekarang harus dilengserkan adakan pemilu ulang ngoahahaha

    Guest
  81. 4. tolet teblum – May 13, 2015
    semoga jalanan di seluruh Indonesia bisa mulus semulus pahanya GB krna pajak

    amin

    Reply
    yolana – May 13, 2015
    Ente lucu bro. di indonesia mana ada barang super mewah kayak yg disebutkan di atas yg bikin macet indonesia. semua kendaraan murah yg bikin macet. emng ada y moge bikin macet bukannya metik yg bikin. emng ada ferrari bikin macet?? avanza yg bikin macet indo
    ====================
    ente salah reply komengan orang atau emang bener itu untuk ane?
    Pernah bertemu dengan rombongan konvoi moge atau ferrari? Kalo pernah bertemu maka itu sudah menjawab pertanyaan ente sendiri tapi kalo memang ente belum pernah bertemu atau ente sendiri yang sedang konvoi maka ane akan jawab ADA!

    Ente kan cuma nanya ada atau tidak maka ane jawab ADA! Ketika sedang konvoi. Lalu apakah itu berarti ane bela pemilik kendaraan murah? Pertama ane tanya apakah ente tau pisau? Ane yakin ente pasti tahu, tapi kalo tidak tahu juga tidak apa karena ente bisa tanya mbah gugel. Yang namanya pisau kalo di tangan yang benar maka akan bisa jadi alat untuk mengolah bahan masakan sehingga akan menghasilkan makanan. Tapi di tangan orang yang salah, itu pisau bisa saja jadi alat untuk melukai atau bahkan membunuh. Paham ga bro?

    Intinya mau itu kendaraan murah kek atau kendaraan mahal kek, mau itu mobil kek atau motor kek kalo orang yang mengendarainya ga tau apa kewajiban dan hak dia sebagai pengendara ya bakalan bikin macet. Ini saja kita belum bahas mengenai pemerintah yang menurut ane masih belum mampu menyediakan transportasi yang AMAN NYAMAN dan TEPAT WAKTU. Tapi bukannya pemerintah tanpa hasil juga karena coba ente naik kereta terutama di daerah JABODETABEK dan ente rasakan sendiri perubahan yang sudah sangat bagus.

    Di lain pihak juga seharusnya kepolisian harus tegas dalam menerbitkan SIM. Kepolisian ini harus bisa menjadi penyortir pengendara mana yang layak untuk bisa mengantongi izin. Kepolisian juga harus jujur dalam menyortirnya. Kalau memang pengendaranya layak untuk mendapatkan izin mengemudi ya jangan dipersulit. Lalu juga ada baiknya harus ada semacam kursus atau area untuk memberitahu pengetahuan tentang cara berkendara yang baik dan benar. Jangan maunya cuma nerima duit saja.

    Jadi intinya ya banyak pihak yang bisa disalahkan dalam kasus kemacetan. Tinggal kitanya saja yang sadar diri untuk mengetahui apa sih kewajiban dan hak kita sebagai pengendara.

    Guest
  82. Ass. Wr.wb
    Maaf wak haji,apa gak salah ngambil kesimpulan? Klo menurut saya untuk kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder 250cc ke atas selama harga jualnya kurang dr 300 juta maka tidak dikenakan pph 22. sebagai perbandingan mungkin untuk peraturan jenis roda empat dengan harga 2 milyar atau dg cc 3000cc.Coba kita bandingkan masa iya avanza hrga 200jt karena ccnya gak sampai 3000cc tidak kena pph ,sedangkan ninja dgn harga 60jt malah kena pph karena cc nya melebihi 250cc.
    Terima kasih,mohon maaf klo salah.Cuma pingin urun rembug
    Wass wr wb

    Guest
  83. owalah 250 keatas, kalau 250 kayaknya nggak kena
    nah, kata pak masyikur sih yang import bakalan pening , made in indonesia aman, cmiiw
    pertamax7.com/2015/05/12/yeah-yamaha-new-vixion-lightning-ane-bisa-titttt-tittt-pakai-alarm-autosafe-gt125-bagian-1/

    Guest
  84. “kapasitas silinder lebih dari 250cc” apa itu maksudnya jika multi silinder dan masing-masing silinder masih 250cc atau lebih kecil tidak termasuk ya?

    Guest
  85. beli 250, ganti blok + isinya kawahara 300 cc….atau sekalian aja swap engine dengan yg lebih gede…hehehe

    Guest
  86. seharusnya pemerintah jangan kayak gini… kalo menurut saya pajak barang mewah berdasarkan horse power mesin ni…

    Guest
  87. Bbm udah naik terlebih dahulu, disusul dengan tarif gas melon yang naik dlu pertama keluar konversi dari minyak tanah ke gas 13rb/tabung naik ƪa̲̅ǧî jadi 15rb,17rb sekarang udh 19rb ckckckck

    Tarif listrik pun udah naik 2x beli voucher listrik utk kwh 1300 beli 50rb cuma dpt 35 kwh hadehhhh sekarang pajak maning
    Lebih baik melawan penjajah daripada melawan bangsa sendiri hufftt mumet

    Guest
  88. Kita sudah kena pajak ini itu yang super mahal, makanya awasi pemerintah dan DPR.

    Kalau jalan rusak, gedung & jembatan runtuh, DEMO / PROTES dong, jangan diam saja duit dari pajak kita dikorupsi.

    Pas Pemilu, anggota dewan yang korupsi dan suka bikin peraturan goblok jangan dipilih lagi.

    Guest
  89. Komentarnya lucu-lucu…emangnya kalian tadinya pada mau beli motor diatas 250cc? Katakan kalian pada mau beli versys 650 atau duke 390. ga taunya kena pajak pasal 22. Paling naiknya berapa sih..kan kalian duitnya banyak makanya mau beli moge.
    Kalopun duit kalian pas2an, ngapain maksain beli versys/ktm tsb, mendingan N250 sisanya dimodif.atau mobil bekas dibawah 100juta, keujanan ga basah, kepanasan ada ac.

    Guest
  90. Ane yakin yg komen marah marah kebanyakan mampunya cuma pakai motor dibawah 250cc …kalo orang kaya gak akan keberatan kok… lha duitnya banyak

    Guest
  91. dibilang bocor2 pada ngeledek. pakai kartu sakti aja, toh duitnya ada. prakteknya? bisanya cuma malakin rakyat. pemerintah kodok gak kreatif cari duit. cengengesan doang jadi bancakan donatur kampanye.

    Guest
  92. Ya beli cc kecil aja..kok mikir e lebay n repot. lagian juga bisa naikin prestige 250 cc…dari dulu moge (400cc ke atas) kena pph 22, PPN sama PPn BM aja juga laris manis…dan pembelinya biasa ae…pikir santai aja bro…
    g mampu beli pizza ya beli roti tawar saja…g mampu beli red velvet ya beli roti bolu saja….wkwk

    Guest
  93. Indo : pajak dimana” tpi masih kesulitan ekonomi

    Timur tengah : pajak di diharamkan dan gk ada yg bayar pajak negara nya kaya raya -_-

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.