460x110-maret2

IWB-TMC-Bannerupdate2

tmc-sukamart-april2

KTSM HONDA_ (2)

Bro sekalian, seperti kita ketahui bersama, AHM selaku APM/ATPM sepeda motor Honda di Indonesia sampai membuat satu kurikulum khusus mengenai kompetensi keterampilan teknik sepeda motor bagi para siswa yang duduk di bangku SMK Teknik sob ( dulu STM) dan Upaya ini sudah berlangsung 6 tahun lamanya dan sudah mencangkup 316 sekolah SMK  . . . pendidikan itu selain pemberian materi, praktik, tentu juga harus ada Ujian untuk mengetahui parameter sejauh apa ilmu diserap oleh para siswa dan uniknya Uji kompetensi dipadukan dengan kontest mekanik tingkat SMK sehingga diakhir lomba diperoleh lulusan lulusan terbaik  . . . Cekidot berita lengkapnya berikut sob

440x100-loop

MBtech Riders-APR

PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan main dealer Honda seluruh Indonesia menggelar uji kompetensi teknik sepeda motor Honda terhadap 14.220 siswa dari 316 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Honda sebagai bagian dari kontribusi perusahaan dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas dan terampil di dunia kerja.

KTSM HONDA_ (3)

Memasuki tahun ke-6, kontes tahun ini mengusung tema “Satu Hati Wujudkan Prestasi Bersama Honda Smart Technology.” Ribuan siswa SMK mengikuti kompetisi uji kompetensi ini mulai dari tingkat sekolah yang dilanjutkan ke tingkat regional oleh main dealer Honda sebelum akhirnya mengikuti kompetisi tingkat nasional yang diadakan oleh AHM. Berdasarkan proses seleksi berjenjang tersebut, terpilih sebanyak 37 siswa SMK yang berkesempatan unjuk kompetensi dalam Kontes Mekanik SMK Tingkat Nasional pada 4-5 Juni 2015 di Astra Honda Training Center (AHTC).

Para peserta kontes mekanik SMK ini harus mampu menjawab materi uji kompetensi yang sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini Honda. Tes kompetensi ini dilakukan melalui test teori, praktik meja sampai dengan trouble shooting yang materinya antara lain tentang engine, frame, electrical, PGM-FI dan pengetahuan umum sesuai dengan kurikulum SMK yang dipelajari di sekolah.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan kompetisi ini merupakan salah satu kegiatan perusahaan untuk menguji dan mengukur kompetensi siswa yang diperoleh melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda sebelum mereka nanti lulus dari bangku sekolah di SMK binaan Honda.

“Kami berharap kontes ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan memacu para siswa SMK untuk terus meningkatkan kompetensinya di bidang otomotif roda dua, sehingga ke depan dapat menjadi tenaga-tenaga terampil yang siap memasuki dunia kerja.”

AHM menyediakan beragam hadiah untuk para siswa pemenang kontes keterampilan teknik SMK tingkat nasional. Hadiah diberikan kepada siswa pemenang pertama berupa uang pendidikan sebesar Rp 8 juta, pemenang kedua sebesar Rp 5 juta, serta pemenang ketiga sebesar Rp 3 juta. Setiap pemenang juga berhak mendapatkan piala. Sementara untuk pihak sekolah, AHM menyiapkan sepeda motor Honda CBR150R. Selain hadiah untuk ketiga pemenang utama, seluruh siswa SMK yang telah lolos hingga tingkat nasional berhak mendapatkan plakat dan medali.

“Kami juga berterima kasih terhadap dukungan sekolah-sekolah dalam upaya perusahaan melakukan Link and Match dunia industri dan dunia pendidikan, salah satunya melalui kegiatan ini. Hal ini terlihat dari tahun ke tahun peserta uji kompetensi selalu bertambah baik itu dari siswa ataupun sekolah. Hal ini tentu dapat menambah level kompetisi ini menjadi lebih ketat dan bersaing.”

Tempat Uji Kompetensi

Kontes keterampilan teknik SMK ini merupakan bagian dari implementasi program KTSM Honda dalam mempersiapkan generasi muda yang berkulitas dan terampil di dunia kerja. AHM bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan KTSM Honda sejak tahun 2010 dengan menyusun silabus khusus yang diimplementasikan di SMK. Hingga saat ini, AHM telah berhasil menggandeng 343 SMK untuk turut terlibat dalam program ini.

Tahap selanjutnya, AHM mengembangkan Tempat Uji Kompetensi – Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TUK-KTSM) Honda. TUK diharapkan dapat menjadi sarana menguji kompetensi dan keterampilan para guru dan juga mekanik di Indonesia. Bagi SMK yang menerapkan KTSM Honda, TUK berperan penting sebagai tempat uji kompetensi yang menjadi salah satu syarat kelulusan siswa.

10 COMMENTS

  1. Jaman sekarang memang kecenderungannya SDM overskill & overknowledge. Posisi2 yang job desc nya relatif sederhana sudah jadi rebutan para Sarjana hingga Master. Akhirnya kemampuannya ga optimal kepake perusahaan. Ironisnya biaya pendidikan terus menjulang. Sedangkan pola pendekatannya jarang yang menggugah jiwa wirausaha.
    Mudah2an dengan semakin maraknya program seperti ini bisa mengurangi angka pengangguran & menaikkan kesejahteraan masy. Indo. Aammiin

  2. tapi seuda itu ,, bisa ga kalo jadi teknisi motor merk laen?
    terus perjenjangannya gmn?
    kalo dah makin jago bisa jadi teknisi motogp gt misalnya? :p

  3. Kegiatan positif yang patut ditiru, karna yang paling dibutuhkan di Indonesia itu sebenarnya adalah SDM kalau untuk SDA sudah begitu melimpah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here