460x110-maret2

Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB

460x110 prj

rossi-q

Bro sekalian,  Seperti Kita ketahui Valntino Rossi Rider Movistar Yamaha ini Raih Pole Possition MotoGP Assen 2015  . . . menumbangkan Rekor Fastest Lap tahun 2012 milik Casey Stoner dan telah Menjadi Rider tercepat dalam sejarah GP Aseen dengan laptime cepat 1 menit 32,627 detik. Dengan laptime ini Rossi menggapai pole Position ke 61 selama Karirnya di GP . . . Bro bisa lihat, saat kualifikasi kemarin, dengan sasis Yamaha M1 yang baru, Rossi seperti jauh lebih luwes menekuk motornya kiri dan kanan di beberapa tikungan saling Balas  berbentuk S . .  Namun seperti apakah sebenarnya Rossi di Kualifikasi Assen 2015 ini dan bagaimana Pula Aleix yang notabenenya underpower dan punya top speed biasa biasa aja selama latihan dan kualifikasi sampai bisa naik ke posisi 2 dan tentunya Bagiamana Performa Marc Marquez dengan sasis 2014 Plus juga Ducati . . . Tanpa bermaksud mengabaikan rider lain, di artikel ini kita akan ambil sampel 6 rider Yakni Rossi, Aleix, Marquez, Pedrosa, Iannone dan Lorenzo . . . cekidot analisa sederhana kita sob

AHM2015-Banner-440x100px

MBtech Riders-APR
Sirkuit Assen

Assen-circuit2

Sirkuit Assen di Belanda adalah salah satu Sirkuit paling spektakuler dan paling teknikal dari seluruh gelaran Race MotoGP. Namun Juga Sirkuit paling rendah tingkatan levelnya ( baca=mudah) dilihat dari kacamata pengereman. Sirkuit ini punya panjang 4,542 km dan Seluruh rider motogp akan muter muter selama 26 lap saat Race nanti, terdiri dari 18 tikungan,  . . . sebenarnya soih, kalo lihat wikipedia, jumlah tikungannya termasuk small corener, jumlah total ada 21 tikungan  . . . buanyakk bener yah . . . Namun di kebayang deh betapa teknikalnya sirkuit ini . . . memang butuh motor luwes mas bro

Sektor 1 Sirkut Assen

Assen-circuit-sector1

Sektor satu dimulai dari 2/3 bagian straight utama , masuk ke R1 dengan top speed umumnya sekitar 314 km/jam . . . disana rider akan ngerem sampai kecepatan 154 km/jam selama 3,8 detik sepanjang 215 meter, padahal Straightnya sendiri hanya 400-an meter doang sob . . . rider akan mengalami Deselerasi sekitar 1,5G. Dari R2 Rider akan masuk ke R2 yang speed corner, hampir nggak ngerem, lalu baru deh di R3 ngerem lagi di kecepatan 238 km/jam ke 121 km/jam sehingga G Force deselerasinnya sekitar 1,2 GR4 adalah Tikungan parabolic, biasanya rider pada nge-gantung rpm, kenaikan speed hanya sedikit disini. di ujung mendekkati R5 kecepatan sudah 154 km/jam dan akan ngerem sampai kecepatan 83 km/jam . . .Bagaimana performa 6 rider ?

Sector1-Q2

Bro bisa lihat di atas . .. walaupun Start dari Posisi 8, Jorge Lorenzo punya Laptime yang sedikiiiiiit lebih cepat dari Valentino Rossi . . . namun dari Grafik di atas terlihat banget bahwa Yamaha M1 yang telah di support Sasis Baru sangat cepat di sektor ini .. . Sektor satu itu Boleh dibilang sektor patah patah, memang kenceng di straight, namun setelah straight . . . cobain deh di Game MotoGp15 . . . susah banget ngembangin speed, nikung terus, butuh motor dengan sasis luwes di R2, R3, R4 dan R5  dan sepertinya sasis M1 yang baru cukup mantab untuk sektor slow penuh tikungan tikungan kayak gini

Marc Marquez  beda sekitar 0,8 detik lebih lambat dari duo Yamaha . . .  walaupun banyak, namun dengan sasis 2014 sepertinya cukup . ..  ia bisa lebih cepat dari Pedrosa, Aleix dan Iannone . . .

Sektor 2 Sirkuit Assen

Assen-circuit-sector2

Sektor dua boleh dibilang cukup simple di mulai dari pasca R7 menuju straight kedua melewati R6 yang speed corner. . . masuk R7 sedikit Rider akan Ngerem sbelum masuk tikungan kiri disana Rider akan ngerem dari kecepatan 306 km/jam sampai kecepatan 108 km/jam . . . rider akan menglami GForce deselerasi sebesar 1,3G karena pengereman ini . . . lalu Rider akan masuk ke Sektor 3 . . . Performa rider di sektor ni ?

Sector2-Q2

Ini yang aneh . . . Rossi bisa beda jauh banget dari Lorenzo ( rossi lebih cepat) . . . bisa beda 0,2 detik keduanya disini .  . dari ke 6 rider yang kita bahas di artikel ini Rossi termasuk cepat, namun Lorenzo belum bisa lepas dari Laptime 13,9 sekian semenjak FP3 dan FP 4 kemarin . . mungkin ada setingan yang beda . . . Ini jelas adalah PR bagi Lorenzo dan team di Warm up dan Race nanti di sektor ini, karena rider lain dah pada bisa lebih cepat  . . . koq lorenzo belum bisa ?

Marc Marquez adalah Yang tercepat di sektor paling simpel ini  sob, namun hanya beda 0,02 detik saja dari Rossi . . . Iannone juga kenceng disini . . . Yang aneh kedua adalah Marquez dan Pedrosa cukup jauh berbeda nih . . . beda Racing line atau karena beda sasis ?

Sector 3 Circuit Assen

Assen-circuit-sector3

Sektor 3 diawali sebuah tikungan R8 dimana rider biasanya akan ngerem sekitar 258 km/jam ke 132 km/jam juga dengan G-Force deselerasi sebesar 1,3. Lalu ada R11 dimana rider akan menurunkan speed sebanyak 70 km/jam dari 197 km/jam ke 127 km/jam . . . Performa rider ?

Sector3-Q2

Aleix Espargaro adalah yang paling mengkilap di sektor ini . . . aneh Marc Marquez boleh dibilang paling rendah laptimenya dibanding 5 ride lainnya yang dibahas . . . setelah tmcblog lihat di FP3, FP4 dan Q2 . . . Marc Marquez memang nggak pernah menorehkan laptime 27,1 di sektor ini . . . jelas PR Besar bagi Marquez untuk menganalisa dan mencari solusi laptimenya di sektor ini sob. Anehnya Pedrosa malah bisa lebih cepat bahkan bisa torehkan 27,02 detik . . . 0,15 detik bedanya dari Marquez. Lorenzo, Iannone, Rossi boleh dibilang merata

Sector 4 Circuit Assen

Assen-circuit-sector4

Sektor 4 kalau mas bro pernah mainin di konsol game PS atau X box atau yang lain, termasuk Sektor speed di awal sektor . . .  seperti misalnya di tikungan 14 ngerem dikit dan tikungan 15 gambar diatas itu tikungan ke kiri yang cepat sekali tanpa ngerem kalo tmcblog mainin di game konsol Xbox 360. Baru deh di ujung nya yakni R16 Rider akan bersiap memasuki sebuah Chicane teknikal pendek dimana di R16 tersebut Rider akan ngerem dari kecepatan 261 ke 127 km/jam . . . sebelum bersiap memasuki straight Utama

Sector4-Q2

Dari data diatas, 3 rider terdepan Rossi, Aleix Espargaro dan Marc Marquez cukup kencang dengan Rossi menjadi yang paling kencang. Di Sektor yang dipenuhi speed corner dan chicane technical ini  Ducati P15 agak Meradang. Jorge Lorenzo juga . . . selama FP3, FP4 dan Q2 paling kencang di angka 21,525 detik . ..

Overall, Valentino Rossi Boleh dibilang hampr merata performa cepatnya di semua Sektor Sirkut TT Assen Balenda ini . . . Marc Marquez punya PR di Sektor 3, Jorge Lorenzo Punya PR di Sektor 2 dan 4 . . . Suzuki sebenarnya cukup bags, cuma biasanya ada dua kendala  . . . Start nggak secepat Honda, Yamaha dan Ducati plus kompon ban yang lebih lunak mudah habis .. . namun biasannya cuaca di Assen umumnya cukup dingin dibandingkan dengan seri lain . . . so apakah ban factory 2 suzuki dengan Compound yang satu tingkat lebih soft dari tim factory bisa jadi keuntungan Aleix . . . kita simak nanti saat Racenya sob . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga beguna

Taufik of BUitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

38 COMMENTS

  1. Boleh juga nih suzuki.. motornya udah kompetitif bahkan sebelum menggunakan gearbox seamless
    Tinggal skill raider yang menentukan.. semoga bisa podium tiga pabrikan
    Yamaha Suzuki Honda

    Guest
  2. Tapi kayaknya pas fp dab kualifikasi cuacanya panas kang.. Tuh yang nonton di sirkuit banyak yang buka baju (laki2 nya)
    =(

    Guest
  3. Marc Marquez menilai motornya masih lebih lambat dibanding pesaing utama di atas lintasan MotoGP saat ini. Untuk balapan di Sirkuit Assen dia memprediksikan akan terjadi duel yang sengit dengan Valentino Rossi.

    Markonah aja mengakui motornya lbh lambat dari pesaing utama!

    Guest
  4. diamfut.. markes mau nyenggol rossi supaya dlosor ke gravel untung gk jatuh “rossi juara”, nyeruduknya kyk celeng aj, denger2 rencauna hrc mau protes (tahu diri gak?)

    Guest
  5. masih ga paham soal warm up,,
    cm 1 lap gt,,
    gmn bs keliatan kompetitif atw gmn,,
    kan biasa jg pada ga terlalu cepet bw motornya,,
    cm buat pemanasan aja..
    trs apa hub nya sama
    ” Ini jelas adalah PR bagi Lorenzo dan team di Warm up dan Race nanti di sektor ini, karena rider lain dah pada bisa lebih cepat . . . koq lorenzo belum bisa ?”
    kok cek nya di warm up? ga ngerti..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.