460x110

Indonesia-road-racing-championship

iridium

aragon_circuit

Bro sekalian, Aragon Motorland track yang sangat jauh berbeda dari Misano. Sirkuit Aragon tergolong kategori sirkuit cepat  dengan kombinasi beberapa tikungan lambat dan tikungan yg luar biasa cepat. Track lurusnya hampir sepanjang  1 km. sementara track lurus di belakang pit atau biasa disebut backstraight juga menjadi keunikan karena karakternya yg menurun (Downhill) dan sector akhir dari track cenderung mendaki atau (uphill). Sector yg mungkin sangat di takuti oleh Suzuki.

banner-440x100-v110

MBtech Riders-APR

Yg menjadikan balapan Aragon semakin menarik adalah Aragon merupakan homerace dari tiga tider papan atas. Siapa lagi kalau bukan Lorenzo, Marquez dan Dani. Khusus bagi Lorenzo Aragon merupakan moment kunci dari kelanjutan perburuan gelarnya.  45 menit sesi latihan pagi berlangsung dalam kondisi cuaca yg sempurna. Lorenzo, marquez dan Rossi di awal awal sesi menggunakan kombinasi ban soft untuk memastikan seberapa kuat grip dari aspal.
lorenzo
Lorenzo mencatatkan waktu 1:48:249 di awal awal sesi. Catatan waktu yg lebih cepat dari rekor lap saat balapan. Tentu saja dengan kombinasi ban yg lebih lunak di awal sesi.
Sementara sang Rival utama dan Pemimpin klasemen Valentino Rossi terlihat kurang nyaman di awal awal sesi hampir satu detik lebih lambat sari lorenzo. Rossi kemudian mulai menemukan ritme positif di paruh ke dua sesi dan mencatatkan Waktu tercepat ke tiga. Meski masih lebih lambat setengah detik Dari Jorge lorenzo. Marquez yg menjadi rider honda tercepat mengakhiri sesi di posisi dua 0,4 detik lebih lambat dari Lorenzo. Pedrosa kemudian melengkapi empat besar.
Sector akhir dari Aragon sendiri terbukti jadi momok bagi team Suzuki. Kondisi yg menanjak semakin menambah penderitaan mereka yg masih berjuang mencari tambahan tenaga kuda di mesinnya.
Marc
Sesi latihan pagi terbukti masih milik Yamaha. Meskipun Marquez menorehkan waktu tercepat ke dua. Lorenzo sendiri nyaris tak tersentuh sementara Valentino terlihat sangat solid. Meski di atas kertas Aragon merupakan sirkuit Honda tapi untuk sementara di atas aspal Yamaha berkuasa.
Sesi latihan sore tak jauh berbeda. Lorenzo lagi lagi menjadi yg tercepat. Hampir 0,7 detik lebih cepat dari Rossi di posisi ke dua smith melengkapi ke digdayaan Yamaha di sesi ini dengan menjadi tercepat ke tiga. Pedrosa dan Marquez melengkapi lima besar.
Kondisi panas di sore hari memaksa sebagian  besar rider mencoba ban belakang bertipe Hard tak terkecuali lorenzo dan Rossi di awal awal sesi. Lorenzo dan Pedrosa juga terbukti sangat cepat dengan ban belakang bertipe hard sementara Rossi tercatat rider yg paling banyak mengitari sirkuit dengan ban Hard.
Di akhir sesi demi mengejar catatan waktu terbaik semua rider menggunakan tipe ban terlunak yg dimiliki. Rossi sempat menjadi tercepat sebelum akhirnya Lorenzo mencatatkan waktu yg menakutkan di akhir sesi. Sementara Marquez dan Pedrosa tak beranjak dari posisi empat dan lima.
Pilihan tipe ban belakang menjadi topik yg menarik perhatian. Kondisi cuaca yg sangat panas di Sesi sore tampak membuat pilihan ban tipe Medium tak bisa menjanjikan performa yg bertahan sepanjang balapan.  Rossi sendiri terlihat sudah menjalankan simulasi balap di pertengahan sesi latihan bebas sore. Meskipun pada dasarnya Lorenzo kurang sreg dengan pilihan ban Hard. Tapi catatan waktu Lorenzo dengan ban Medium maupun Hard benar benar tidak tersentuh. Sementara dari kubu Honda meskipun sempat mengimbangi Yamaha dengan ban Hard terlihat sedikit keteteran ketika Yamaha Melaju dengan Ban Medium sedangkan Honda saat itu masih menggunakan Ban Hard. Logis Ban Hard akan kurang nyengkram grip saat panas, namun mungkin tujuan Honda adalah untuk mempelajari tingkat durabilitas dari Ban Hard ketika dipakai di Long run
CombinedPracticeTimesFP1-FP
Sejak dari Awal Honda yang Di prediksi akan menguasai Aragon tampak masih punya banyak Pekerjaan rumah. Sampai saat ini Yamaha terbukti sangat kuat Di Aragon. Di atas kertas mungkin Honda punya catatan yg apik di Aragon. Tapi di atas Aspal untuk sementara Yamaha mungkin bisa bermimpi menyapu bersih podium di Hari Minggu  . . . namun Kita akan lihat dulu perjalanan FP3, FP4, Kualifikasi baru Race di esok ahad . . .
Reza Fahrezy on behalf of TMCBlog.com

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

59 COMMENTS

    • dalam sejarahnya aragon, lorenzo selalu cepat di awal, dan mlempem di akhir. suka disalip marquez dengan mudah.

      kalo cuaca bisa sangat panas. lor juga khawatir ga biza bertahan hingga lap akhir. lalu ros menyalipnya.

      pokoke di aragon akan melancarkan jurus ngacir. haraoan dou bisa jauh sekali dari ros. hingga ban menipis.

  1. setujuuuu bangeeeet sama kang Taufik…
    honda itu cuma MACAN KERTAS
    diatas kertas akselerasinya ok
    diatas kertas top speed mumpuni
    diatas kertas DOHC segala macem
    pas dipake balapan?
    ya oli rembes lah
    ya kabel gas putus lah

  2. yg juara tahun ini semoga bukan juara hibah ngumpulin poin karena lawan terkuatnya sering disuruh adegan dlosor smpe 4x NGOAHAHA
    kebangetan dah kalo nanti seri 15 belum ngunci juara

    go 93_46 ngoahaha

  3. untung motogp pake Dohc,karna trek lurusnya disinyalir bikin sohc mleduk,karena hi-rpm, sohc cucoknya dipake kandang bebek yg sempit aka pendek . ngoahaha jlub

  4. betul sekali, buat apa motor harian kok DOHC? gak keliatan! motor harian tuh lebih pas DELTABOX, keren, gagah, buat apa DOHC gak keliatan? tapi sasisnya cungkring?

  5. dalam rekam jejak gimana?
    judul sengaja memihak apa gmana? bahwa yg fakta lap time FP sementara ini dipegang garpu ya itu utk nentuin posisi start
    hasil akhir
    lihat misano deh
    garpu kocar kacir
    prihal faktor luck, faktor x, cuaca and everything else
    well all racers are influenced by such things

  6. sekali kali kejurnas pake sirkuit ini.biar tau mana motor yg di geber di 8000 rpm mleduk duluan, ai ngibrit dulu ya wak bonceng sijuki ternoda Gsx100.ngoahaha

  7. misano itu garpu bukan kocar kacir
    tapi sayap kepak saking jauh ketinggalan (championship pointnya) sampe engga dipeduliin lagi
    misano itu lorenzo cuma merhatiin rossi, rossi cuma merhatiin lorenzo, mereka udah gak peduli lagi sama yang laen, yang penting bisa finish di depan rival championshipnya
    beda ama marquez, dia udah gada harepan championship, jadi mau ambil risiko sebesar apapun ga masalah

  8. wuidiiiih jangan sampe sirkuit begini buat kejurnas.
    yang RCV aja oli rembesss…
    yang CBR seribu cc aja kabel gas putusss….
    apalagi kalo cuma CBR-CBRan bikinan cikarang itu widiiiih jangan dah, malu maluin entar.
    Ngadain OMR di sentul aja ampe 2 rider kecelakaan parah (bukan salah sirkuitnya/ridernya tapi salah PANITIANYA yg gak becus)

    • maksudnya torehan laptime terbaik di sirkuit aragon masih dipegang honda…

      😀

      sok pinter padahal dungu
      emangnya motor rombengan25 diatas kertas 40hp disirkuit jadi abu (aka gosong) disembur knalpot cbr jomblo…

      😀

      • Rombeng25 yg ngangkut barbel itu ya?
        Terus lawannya cbr yg mana dulu nih?
        Cbr250 yg nol unit atau cbr300 yg kagak dijual dimarih..
        Tolong ente yg paling pinter jelasken.. :mrgreen:

  9. Lorenzo bahaya sekali..
    mengingat tahun lalu doski menjuarai sirkuit ini..rasa optimisnya tinggi sekali..
    Rossi mesti ekstra kerja keras

  10. Minggu ini gerombolan sengkleh rupanya masih kaing kaing…
    Sing semeleh jadi konsumen mbing…kepala boleh panas, tapi ampela harus dingin…

  11. Judulnya punya makna yang sangat dalam nih. Persis seperti gambaran pas kejurnas 150cc. Sonic yg di atas kertas DOHC 178kmj 20dk dikepretin di atas aspal sama MX King SOHC 5 speed.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.