460x110-sep

Indonesia-road-racing-championship

iridium

torductor-suzuki-MCN

Bro seklian, Masih ingat soal Sensor Torsi TORDUCTOR nya Honda RC213V MotoGP? Torductor adalah sebuah sensor Torsi yang akan mengukur torsi yang dihasilkan pada output shaft sebelum disalurkan ke final drive ( rantai ) . ..  dan hasil yang diperoleh Oleh Torductor ini akan dibaca oleh sistem ecu untuk kemudian dihitung sedemikian rupa sehingga mesin akan bekerja melakukan pembakaran dan menghasilkan power yang sesuai, plus memberikan data pada actuator dan sensor elektronik lain seperti sistem Traksi dengan tujuan saat dipadukan kerjanya dengan seamless gearbox akan meyakinkan setiap milimeter gerakan ban Motor yang ditunggangi Pebalap bisa sempurna baik sedang akselerasi maupun deselerasi . . . Nah ternyata Bukan Hanya Honda Yang mengunakan Sensor torsi dengan betuk Torductor-Like . . . Suzuki pun sempat menggunakannya sob . . . wow beneran ?

banner-440x100-v110

MBtech Riders-APR

Yap Suzuki ternyata sempat menggunakan ALat sensor Torsi yang menyerupai bentuk Torductor nya honda di test GP Jerez Mei 2015 lalu. Namun tidak seperti Honda yang membenamkan secara permanen torductor di RC213V, Suzuki hanya menggunakan Torductor selama sejam saja saat Pengetesan. Sensor torsi yang digunakan Suzuki GSX-RR MotoGP pada test Jerez dimaksudkan untuk mengumpulkan data karakter dari Suzuki GSX-RR dan menjadikan data tersebut sebagai dasar perbaikan dan pengembangan Next GSX-RR . . .

RC213V-detail-2

Jadi Torductor yang dipakai di Honda RC213V tersebut menurut beberapa pendapat kolumnis dan penulis motoGP bisa dikatakan sebagai Dynamometer / Mesin dyno berjalan yang dipasang secara permanen pada RC213V/ GSX-RR . ..  bro bisa bayangkan .. .mesin dyno terintegarsi di motor uuy, bener bener canggih  . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

foto : MCN Neil Spalding

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

30 COMMENTS

    • Selama msh blm ada yg punya hak paten dr torductor ya bs di plagiat,di samping itu jg meskipun ada yg punya hak paten tp bikin torductor dengan beda konstruksi jg ndak apa2,contohnya mesin motor yg cr kerjanya sama tp beda konstruksi mesin dan ndak ada yg saling claim..

      Guest
  1. Tetep aja Honda kalah sama yg blum pakai Torductor….hahaha
    jadi kelihatan mubadzir Torductornya Honda.

    Guest
  2. Tanjidor nya yg sbelah mana sih wak… Yg bulet nutupin gir itu ya?

    Eh… Bner kah, Ktanya gsx-rr sijuki basisnya dari gsx yg di produksi masal itu ya wakk ??
    Klo bner Koq kyaknya kebalik ya. Bukannya mtor di moto gp itu biasanya prototype
    Lha koq ini motor masal di bawa ke gp..

    Guest
  3. Yg sebelah kagak perlu pake Torbletakduoor..

    Mesin sdh canggih.. Smooth aman terkendali…

    Ngowekwekwekwek..

    Guest
  4. sayang sekali wak haji gak nunjukin pake arrow di manakah torduktor tsb menempel,kalo bagi yang paham sih udah paham wak, tp bagi yang awam atau pengetahuannya minim pasti bingung n bet
    rtanya2 “kaya apa sih torductor tsb?dan dimana letaknya??” semoga bisa membantu. trims

    Guest
  5. sesuai penjelasana…torductor itu..ky dynamometer..ngukur tenaga

    hrc dipasang di gir depan…item2 bulet kluar kabel..
    yg suzuki..gir depan yg bnyk bautny itu..
    atas ny ada buletan trus kluar kabel..

    CMIIW

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.