460x110-indent-now

 

2014_mt07_pistons-are-90-de

TMCblog.com – Bro sekalian, setelah mengenal sedikit mendalam mengenai konfigurasi Mesin Honda Vultus terlihat memang secara Style dan Tone suara, Mesin twin Inline Dengan konfigurasi Crank/ Firing order 270 derajat memang lebih pas untuk jadi base mesin motor motor Cruiser dengan gaya gaya chooper dibanding Mesin twin Dengan Firing Order 180 derajat . . Dentuman suaranya, secara kasat mata mirip mirip dengan dentuman suara dari Motor harley Davidson yang memang jadi Acuan standar yang iconic dari Suara Motor Cruiser . . . Saat Keluar Kawasaki Vulcan 650 dan Honda  Rebel 500 ..  terlihat memang keduanya masih dibekali mesin Twin Inline dengan Firing Order 180 derajat . .

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

2017-honda-rebel-500-300-lifestyle-22

vulcan-s

Mesin Twin Inline dengan Firing Order 180 derajat  ini, mau dikasih muffler bentuk kayak apapun Tone Naturalnya akan mirip mirip dengan suara yang dihasilkan oleh Mesin Ninja 250 Twin, R25 ataupun CBR250RR  . . . ya githu deh, sobat sekalian pasti sudah paham jika mendengar dentuman stereo khas motor motor ini terutama saat diberikan muffler sport/ racing . . .

2014_mt07_sport-touring_clean-combustion-torque

Nah Oleh karena itu seperti yang sobat baca di Judul Artikel ini, tmcblog memberanikan beropini bahwa Jika dilihat dari spesiikasi mesinnya, Yamaha Sebenarya Punya Potensi Asik Bikin Cruiser 700 cc Jika mau membuat Cruiser dengan basis Mesin Yamaha MT07 . . Yap Seperti Kita ketahui yamaha MT-07 punya emsin dengan firing Order pengapian 270 derajat yang mirip mirip dengan Karakter pengapian Mesin mesin V-twin dimana peledakan terjadi pada interfal pertama 270, selanjutnya pada 450 derajat.

straight-twin_engine_with_different_crank_shaft_angles

nah bila di tuliskan dalam grafik akan seperti ini :

firing-order

terlihat bahwa jarak antara dua pembakaran di Mesin twin 270 adalah persis 270 derajad. berikut juga untuk mesin berfiring order 180 dan 360 derajat.  Nah sekarang coba lihat Mesin twin Dengan konvigurasi V Twin 90 derajad . .  atau biasa disebut L twin

l-twin

Nah sekarang tmcblog coba gabungkan diagram L twin di atas dengan inline twin 270 :

l-twin-270

Terlihat bedanya secara mendasar bahwa Jika 2 silinder sejajar maka butuh dua Bandul Crank / Kruk as untuk dua setang seher piston, sedangkan untuk V Twin/ L Twin hanya butuh satu unit Krukas untuk dua setang seher piston. Dan di diagram atas bro bisa lihat ada kesamaan firing order antara Motor dengan mesin twin inline 270 derajad dengan firing order ( urutan pembakaran ) dari mesin twin V 90/ L twin . ..  nahhh artinya jika urutan pembakarannya sama, maka efeknya di suara yang dihasilkan pun sama  . ..

Saat tmcblog tanya mas Imam dari pengasuh blog bengkelsepeda motor . . menurut mas Imam, Motor twin Inline dengan firing order 270 derajat akan menghasilkan getaran yang lebih kuat, memiliki balancer yang berbeda untuk mengatasi getaran tersebut dan menghasilkan torsi bawah yang lebih mantab  . ..   Motor motor 750 cc twin nya Honda dengan konfigurasi 270 derajad biasannya akan menghasilkan torsi bawah dan menengah yang lebih baik

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

26 COMMENTS

  1. MT-07 sendiri sudah jadi tiga varian (MT, Tracer, XSR) bahkan jadi 4 kalau nanti Tenere sudah diluncurkan. Kalau ketambahan cruiser berarti bakal menyandang nama SCR seperti SCR950 yang juga belum lama diperkenalkan. Mengingat basisnya dari motor best seller bukan tidak mungin. Tapi 5 varian dari satu mesin dan frame untuk sebuah motor sepertinya cukup ekstrim. Ini saja belum ada varian R yang sepertinya memang tidak dikeluarkan dengan basic MT.

  2. Kalau wak haji udah buat artikel kayak gini, 70% pasti udah dapet bocoran kalau yamaha bakal buat motor cruiser dengan konfigurasi mesin 2 silinder pakai fairing order 270. Ayo ngaku wak? Hahaha

    • Nanti powernya ga setinggi yg 180°, malah tambah dicaci maki..
      Kecuali kalo yamaha mau bikin mesin khusus buat mt, atau cruiser.cocok make crossplane.
      Tapi kayanya ga bakalan, biayanya gede.

      Susah emang konsumen indo.. harus perfect.

  3. ekekkekeke

    Sedappppnyaaaaa

    MT – 07 Bandel serta liar tapi mudah dijinakan…xixixixix

    kalau misal next ada pada 250 cc gimana tuh ??

    hayayayayaay

  4. lagi zaman satu mesin digangbang beberapa varian, memang menarik sih kalo mesin turunan MT/FZ-07 apalagi kalo modelnya dibuat seperti Bolt,,,…

  5. Wak haji tehnologi crossplane 2 silinder itu gimana….setahuku crossplane butuh 4 titik ( cylinder) kalo tiga silinder gak cross tapi bintang …kalo dua cylender …? Lah terus untuk 3 cyl dan 2 cyl ..tehnologinya cross plane di mana?

    • engga lah om, diluar 180° firing order itu namanya uneven interval firing order. ato nama yamaha nya crossplane
      jd gak bergantung sm jumlah silinder, kalo firing ordernya diluar konvensional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here