TMCblog.com – Bro sekalian, sabtu ini di Mugello Dorna sport secara resmi mengumumkan bahwa Mulai Musim Moto2 2019  . . . Triumph, sebuah perusahaan yang memperoduksi sepeda motor asal Inggris akan menggantikan Honda sebagai penyuplai Tunggal Mesin Moto2. Kontrak penyedia mesin Moto2 dengan triumph ini akan berlangsung 3 tahun sampai akhir Tahun 2021

mesin yang akan dipakai adalah mesin 3 silinder segaris 765 cc Bore x stroke = 78 x 53,4 mm yang telah dituning Siap Race dan merupakan mesin yang akan dipakai di all-new 2017 Triumph Street Triple.  . .  Sebagai bayangan Untuk Triumph speed Triple RS sendiri Power yang dihasilkan mesin ini tembus 123 ps @ 11.700 rpm dan torsi maksimum 77 Nm @10800 rpm . ..  Mesin ini merupakan pengembangan dari mesin Daytona 675R yang telah memenangkan beberapa race balap seperti Isle of Man TT, Daytona 200 dan British Supersport Championships pada tahun 2014 a- 2015.

Dan untuk Moto2, Mesin 675 cc 3 silinder Triumph ini mengalami modifikasi sebagai berikut :

  • Kepala silinder yang dimodifikasi dengan port masuk dan knalpot yang direvisi untuk aliran gas yang optimal
  • Klep/Katup titanium dan pegas katup lebih kaku untuk meningkatkan rpm
  • Alternator Output rendah untuk mengurangi inersia
  • Rasio gigi 1 yang lebih tinggi
  • Race dikembangkan Kopling Licin ( Slipper clutch ) yang akan bisa diseting
  • ECU race
  • Cover  mesin yang direvisi untuk megurangi lebar
  • Perbedaan jenis sump dibanding versi produksi massal

Spesifikasi lomba Moto2 dari mesin Triumph 765cc telah dikembangkan lebih jauh untuk memungkinkan mesin bernafas lebih bebas dan rev (putaran mesin ) lebih tinggi daripada motor produksi, meningkatkan performa secara keseluruhan.

Taufik of BuitenZorg

44 COMMENTS

    • Kalo ikut pakai mesin mereka sendiri ya ga bisa gan, kecuali Suzuki/Yamaha mau pakai mesin Triumph kaya KTM yg pakai mesin honda tahun ini

    • Ini kan pabrikan netral. Honda,yamaha dan lainnya bisa ikut.
      Kalo kemarin kan yamaha ga ikut, mungkin karena ada faktor gengsi.
      Yamaha kok pake mesin honda?
      Sekarang netral

  1. 3 silinder ya. minusnya adaptasi ke motogp lebih sulit. btw kok moto2 make basic motor maspro. kalah sama moto3

    • connoco.. pertanyaan lu bermaksud ngejek.. padahal ente yg salah tafsir..
      pertanyaan mas sam jelas, kenapa moto2 pake mesin berbasis produksi. mas sam jelas2 ngerti mesin cbr600rr/triump sama2 berbasis maspro. sdng mesin moto3 itu prototype..

      pertanyaannya sekarang kenapa moto3 pake mesin prototype yg notabene jauh lebih mahal dr moto2, tp tetap banyak peminatnya?? malah sekarang banyak pabrikan yg ikut terjun

    • Nunu
      Untuk kasus moto3 saat baru berubah namanya dari gp125cc 2tak, hanya 2 pabrikan saat itu yg sudah mengembangkan 250cc dohc 4 tak dohc (KTM & Honda ) ga heran jadi balap prototype juga. Kasus moto2 beda, jelas2 regulasinya 1 jenis mesin untuk semua. Klo cbr600 di jadiin prototype untuk kelas ini dan itu bakal jadi PR yg sangat susah ama honda. Atau honda membuat mesin 600cc tersendiri untuk moto2.
      Kenapa merek2 lain ga mau ikut meramaikan moto2? Mo dijadikan balapan prototype juga gitu?? Bisa mikir pengeluaran tiap pabrikan atau tim yg ikut brp?? Biayanya bisa saja sama besar dgn mesin prototype 1000cc. Jadi semua sudah dipertimbangkan matang2. Ketika masih bernama gp250cc 2 tak tiap2 pabrikan macam honda yamaha aprilia derby dan suzuki sudah ada basic engine 250cc 2 tak mereka yg sudah meluncur masspro sama kyk kelas moto3 skg.

    • Tengok tuh brand motor yg ikut kompetisi lebih dari satu jenis motogp contoh motogp dan wsbk.
      Sama2 modal tim pabrikan tapi hasil nya? Jd ga maksimal hasil nya. Cth yamaha, honda, dan brand lain nya yg double fight di 2 kejuaraan yg berbeda.
      Wahh pasti pd bilang kan tim, manajer, dan lain2 nya berbeda di 2 kejuaraan itu. Harus nya ga pengaruh.
      Iya mereka emang ga jd satu pit. Tp apa di pikir mereka ga sama2 bernaung di satu pabrikan yg sama cth rcv dan cbr. Sama2 honda begitupun m1 dan r1 sama2 di yamaha. Di pikir reset motor dan kerja r n d ga pake modal yg besar?
      Ducati pun masih blm maksimal di motogp nya walaupun si panigle mampu fight habis2an sama pabrikan yg cuma fokus sama satu kompetisi (wsbk) yaitu zx10rr nya kawasaki. Knp kawasaki ga mai turun di gp? Gp itu balap yg mahal. Buat apa ngeluarin dana besar2an dgn hasil yg ga pasti dan konsen r n d pabrikan terpecah. Lebih baik ikut satu kompetisi tp punya taring di kompetisi itu.
      Jd masih nanya kenapa pabrikan berat turun di semua class motogp dalam artian bikin mesin dan motor plus tim dan pembalap hebat di tiap class moto gp? Ga cuma uang. Tp research and development nya yg berat blum lagi memenej setiap tim yg ada di tiap class berbeda. Honda yg fokus di 2 class motogp aja pontang panting. Bikin nsf 250 biar bisa ngalahin ktm rc250 hasil nya lumayan tp liat rcv nya jd ga fokus kan? Blm lg develop si legend cbr untuk wsbk yg makin susah masuk.barisan depan.
      Gitu loh masbro.
      Ambisius bgt2 jg resiko nya besar.
      Kita liat nih ktm yg lg kerja keras + ambisius tingkat tinggi untuk ngalahin honda di semua kelas. Motogp. Moto2. Moto3. Bahkan sampai mxgp jg di geber. Tp hasil nya blm maksimal dan cenderung susah. Itu pun ktm ga turun di wsbk

  2. kenapa kagak dibebaskan aja sih mesinnya?? bukannya kata fby moto2 itu hasil lobi-lobi honda ke dorna biar selalu menang di moto2.

    sekarang honda udah lepas tangan kenapa kagak dibebasin

    • Bukan lepas tangan emang basic mesin moto2 skg yg dari cbr600 itu udah mentok risetnya, lap time aja 3 tahun terakhir sama saja ga da peningkatan signifikan. Makanya putus kontrak ama dorna.

  3. Berarti brita yg cuma ganti pihak maintenance dari Externpro ke Geo Technology tapi mesin tetep cbr600rr kalo jaga2 triumph nggak jadi ikut,cuma rumor apa emang buat plan B?

    Pengen tau suara deruan mesinnya apa mirip kayak agusta f3

  4. ini baru seru jadi jenjang nya dari moto2 basic mesin nya beda dari motoGP.. dulu 4 silinder segaris di moto2 adaptasi ke motoGP yg pabrikanya dgn konfigurasi yg sama bakal menguntungkan adaptasi yg lbih cepat .. sekarang 3 silinder masuk ke moto GP harus adaptasi lagi..

  5. 765 3silinder?
    Hmmmm… jadi sedikit lebih banyak gap antara moto2 dg motoGP. 4 vs 3 piston.
    Tapi moto3? Masih terlalu jomplang..
    Iya memang dg 1 silinder pun bisa lebis cepat dari 2 silinder motor produksi masal.
    Tapi dari 1 silinder 250cc ke 3silinder 765cc sangat jauh.
    Sebenernya cc bagus kaya dulu, 125 – 250 – 500. 4tak ya dijadiin 250 – 500 – 1000cc.
    Naik 2x lipat terus..
    Mungkin akan lebih menarik 250cc 2silinder, 500cc 3silinder, 1000cc 4silinder. Berjenjang terus.
    Atau kalau mungkin dg 500cc 2silinder akan berat mematahkan rekor 600cc moto2 sekarang ya teruskan 750cc,3 silinder.
    Tapi Moto3 yg naik jadi 500cc 2 silinder.

    Bagus jg pembibitan ky arrc jadi awal 250cc 2 silinder, berjaya naik moto3 500cc 2 silinder.
    Masa iya mau 250cc 2 silinder terus ke 600cc 4 silinder, pas kepentas dunia malah 250cc 1 silinder.

  6. emang ngga ada rencana pake mesin prototipe yang dikembangkan dengan aturan biaya seminimal mungkin ya kang…

  7. bunyinya bakalan swing swing gak ya secara keunikan mesin inline riple nya triumph agak whistling mesinnya

  8. Aku kira moto2 2019 open brand ..makin seru …pembuktian siapa brand terbaik,honda,yamaha,kawasaki,suzuki,triump dll …fans boy bakal rame klo omr g seru g beda ma yg di alun2 wk wk wk

  9. Kura2 dot com : bro td lihat ss600 nggak? Tuh yg juara 1 & 2 CBR600RR ya ..masak iya R6 motor ngebul bisa juara…mustahil !!!!!!!

  10. Saya rasa ini langkah yang bagus, selama ini pembalap masuk ke zona nyaman dengan stabilnya mesin 4 inline yang lebih “ramah” buat manuver, well seperti yang kita ketahui mesin 3 inline itu ada di ciri khas torsi yang lebih gede dan vibrasi khasnya drpd 4 inline yang lebih anteng, yaaa.. itung2 buat bekal pembalap yang pengen loncat dari moto2 ke motogp yang lebih gede tenaga sama variasi mesinnya..

  11. Moto 2 sejak dibikin 600cc memang serba salah kalo dibikin mesin prototype 600cc biayanya mahal banget ,hampir menyamai motoGP itu sendiri. Dorna masih nyusun format yang pas nih dari taun ke taun, mantep sih kalo maen di 600cc 3 or 2 cylinder

  12. Ane kira mau pake spec diameter bore 79mm & stroke 52mm. Pas banget tuh ukuran segitu utk 765cc. Semakin mendekati ukuran diameter bore mesin motor MotoGP.

  13. Ane pernah nyoba speed triple….suaranya bikin eargasm….serak2 gmnaaa gitu.
    Kenapa moto3 gk 2 silinder? Karena mesin 250cc 1 silinder lebih banyak dan lebih murah untuk dikembangkan. Kenapa moto2 gk open brand? Biar gk ngebunuh WSS; biar murah; biar pembalap lebih fokus sama pengembangan skill.

  14. oom taufiq, apa ada info lebih ttg kedepannya nanti kemana arahnya Moto2 ini? Krn toh basisnya motor 1 merk mass pro yg dimodifikasi. Pasti nanti owner ZX6R blng motornya juara WSS, sdngkan owner Triump 765 blng juara Moto2, yg mau beli 600cc an cuman mbatin “sekelas tp ga ketemu..trs saya mau beli yg mana..??”
    Saya pikir dulu pakai CBR600 gara-gara waktu persiapan yg tdk ada utk event pengganti 250 lalu WSBK WSS dan STK ga mau gantikan 125 & 250, lah kok skrg Moto2 jg masih tetap pakai mass pro? Skrng kan WSBK sdh milik Dorna, dan WSS/Moto2 sama” ada di tingkat tengah, knp ga digabung aja biar lebih rame & beragam..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here