TMCblog.com – Bro sekalian, Jangan kaget kalo kedepan angka penjualan pasar Domestik untuk varian Yamaha NMAX melesat melebihi dari yang sekarang bisa di supply Oleh Yamaha Indonesia saat ini . . . Yap seperti yang sudah pernah tmcblog ceritakan walaupun notabenennya hadir Aerox 155 dengan segala kelebihan dan possitioningnya yang menawarkan bandrol harga Lebih rendah, Namun NMAX seperti tidak tergoyahkan . . Pangsa penjualannya tidak terlalu stabil sih, Namun konsisten berada diantara 10 ribu sampai 20 ribu unit . . ini jelas Lumayan

Jika dilihat dari data Distrbusi yang dirilis Oleh AISI disepanjang semester 1 2017 ini Rata rata Perbulan NMAX bisa terdistribusi sekitar 17.400 an unit perbulan  . . . Performa terendah NMAX berada di Bulan februari dengan angka 13 ribuan Unit dan paling tinggi di Mei 2017 dengan hampir 21 ribu Unit ..

nah Balik Lagi  ..  . ke tema . .  tmcblog memperoleh selentingan informasi yang akan membuncahkan Harapan bahwa angka distribusi penjualan NMAX kedepan akan lebih besar dari angka angka di atas itu . . . Penyebabbya adalah kemungkinan besar akan hadir perluasan line Produksi Yamaha NMAX dari yang awalnya Hanya di Plant PuloGadung entah full pindah atau sebagian pindah ke Plant Karawangnya YMMWJ . . .

namun Menurut tmcblog hal ini logis logis saja, melihat bahwa Plant YIMM di Pulogadung sudah terlalu penuh, sedangkan Plant Karawang yang dikelola oleh YMMWJ itu kapasitasnya Gede banget sob . ..  Kalo nggak salah detik pernah bilang bahwa menurut informasi HRD Departement Training & Development Staf bahwa Pabrik yang berlokasi di Jalan Permata 1 Lot BB- 1 Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat ini merupakan Plant Yamaha terbesar seDunia ini punya kapasitas Produksi Yang cukup bengis . . 2 Juta Unit Pertahun . . .

Atau . ..  Apakah ini merupakan bagian dari strategy baru Yamaha jepang yang seperti Bisa sobat sekalian baca di artikel sepekan yang lalu bersumber dari Nikkei bahwa Yamaha Jepang akan secara bertahap Mulai 2017 sampai nanti full 2019 juga akan memindahkan unit produksi mesin bigbikenya di Plant Plant yamaha di Indonesia ? Jadi Konsentrasi Plant YIMM Pulo Gadung akan Produksi BigBike sehingga mau nggak mau ada yang harus geser ke YMMWJ ? hmm silahkan dikomentari sob . ..  Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

129 COMMENTS

    • @ekekekek itu kpasitas maksimal produksi dari plant tersebut, bukan brarti sebulan yamaha produksi motor segitu bnyak.
      Tp sebulan bner segitu wak? Gde bgt ya brti

    • Padahal dari dulu yg laku jualananya n lahan nya blom di garap serius sama honda cuma n max.
      Malah produksinya di kebiri. Toh jualan matik yamaha lainnya ga laku2 knapa ga fokus di nmax. Malah keluarin aerox segala. Wes pokoknya motor atau skutik yg keliatan bantet terlalu segmented pembelinya. Mendingan focus di nmax aja. Kalo bisa modif kepalanya biar ga kaya hydrosepalus (penyakit besar kepala pada bayi)

    • Kapasitas produksi 2 juta perbulan
      Tapi penyerapan pasar cuma 100 ribuan/bln

      Kasihan banget ya…

      Padahal udah diobral tanpa DP cuma modal foto kopi KTP, diskon sampai jutaan rupiah, hadiah langsung HP Android, hadiah R25 tetep aja ga laku..

      Nasib klo jualan motor buosoook..

      Ekekekekk

    • Waduh, gak bisa ngebayangin gmn jadinya transportasi di Indonesia terutama kota2 besar kalo penjualan sepeda motor semakin meningkat dari tahun ke tahun

      Semakin jauh harapan memiliki transportasi massal yg aman, nyaman, dan terjangkau.

    • emang betul….kata temen yg kerja di yamaha plant pulo gadung thn depan akan menjadi basis produksi moge export …..sedangkan di karawang akan memproduksi matic,sport 250cc ke bawah…saya pernah kesana dan memang menurut sy inilah pabrik motor paling canggih melebihi pabrik merek sebelah…..udah sistem robotik ngerakit mesinnya…..canggih …

    • nabung 2 tahun syukur bisa beli nmax atau minimal bisa beli avanza,eh kobalak apa ya?
      Helm mas bro bermasalah??kunjungi kondangservice.blogspot.co.id

    • alamat ga fokus nih penjualan lokalnya
      mudah-mudahan dengan masuknya divisi perakitan moge, managemen-nya lebih perhatian, terutama konon terkait upping price dan wajib kredit walau saya ga pernah ngalamin setiap beli motor yamaha.
      saya sebagai konsumen sih ga peduli laku berapa banyak, yang penting layanan mulai dari pemesanan sampai after market-nya memuaskan

    • Dari jepang honda di tugasi khusus motor matic,sport

      Yang produk biasa recall di serahin ke pabrik Y,,,

      Buahahahahahaha

    • Jadi ingat Mio jaman dulu, saat jaya2nya kapasitas produksi selalu ditambah dan ditambah..

      Puncaknya sampai 150rb / bln

      Habis invest besar2an itu langsung digebuk Honda Beat, sekarang bisa laku 30 ribu unit sekutu aja udah syukur

      Yg 120rb / bln ga tau buat apa

      Apa dibiarin buat sarang nyamuk jg ga ngerti

      Ekekekk

  1. Hmm… Bagus sih, tapi buat yamaha. Jika tren seperti ini terus ( penjualan motor naik ) Indonesia wajib ikutin vietnam u/ larang motor di kota besar, karena jalanan terlalu penuh dengan motor & mobil lcgc. Jepang makin kaya, indonesia cuma jadi ladang transfer teknologinya mana ? Paling banter rekrut anak smk jadi mekanik…

    • Gw setuju brohhhh….produksi kendaraan udah gila-gilaan. Indonesia bentar lagi macet total khususnya kota2 besar. Semoga transportasi massal digalakkan sbg alternatif meredam orang beli motor. Indonesia emang kaya-kaya, satu keluarga bisa punya kendaraan lebih dari 2 loh….

    • hahahah kaya begitu dibilang nyinyir. entah ente punya pemikiran ape?

      dengan logika simple aja 10 tahun tanpa ada LRT, MRT, BUSWAY ente perjalanan 5Km dikota besar akan makan waktu 2 Jam dengan motor kebanggan ente yang uda naek trotoar plus lawan arah. ga percaya?

      manusia makin lama makin banyak. bayangin itu transport kalo 1 orang makan space sebesar motor dibanding Ribuan orang sebesar kereta. sementara jalan ga akan bertambah lebar.

  2. Joss kualitas memang berbicara wak mangkanya maennya ke eropa
    beda sebelah cuma modal kibul kibul
    jadi mentoknya ya muter muter di timor lestong
    Ekekekkkk

    • Intinya yamaha tembus negara2 di eropa dengan standar yg sangat tinggi, kalo honda AHM nembus negara dunia ketiga dimana sinyal aja masih disupplay telkomsel…ironis memang.

      #QualitasEmangGakBo’ong

    • Emangnya dollar di makan,dollar buat biaya infrastruktur,,,

      Bikin plant misalnya,minimal 10 plant,,,
      Honda juga menghasilkan dollar cuma ngga norak seperti FBY,,,

      Buahahahahaha

    • ‘Dollar’ alias Euro beda mas ama ‘Dollar ‘
      Timor Leste.
      Jadi inget dulu denger temen2 operator bangun tower disono, bener2 jauh dr peradaban…mau mandi aja susah, trus minta anak kecil asli sono buat nunjukin lokasi sungai, sebagai ucapan terima kasih sama temen ane di kasih duit, si anak geleng2, ternyata minta ditraktir jagung rebus…OMG…(buat makan aja susah)

    • Atas ane curhat + cerita masa lalunya yg hidupnya susah,,,
      Sekarang hidupnya tetep tambah susah,,,

      Buahahahahaha

    • Memang ngeri bro bahkan “super ngeri”….. Punya pabrik dengan kapasitas produksi mncapai 2juta unit perbulan tpi memenuhi permintaan pasar yg hanya d bawah 200ribu ( gak nyampe)/bulan sudah keteteran, mlhan kta blogger lain produksi ny sudah maksimal pdhal permintaan pasar hanya 10% dri kpasitas produksi pabrikny,…… Bloggernya kah yg terlalu “berlebihan” atau memang ini merupakan “siasat” pihak tertentu agar praktek “ready to credit” berjlan mulus,…..???
      Hanya mereka dan Tuhan yg tau,….

    • Pabrik Y pulogadung tanah masih ngontrak,cuma bangunan doang bikin sendiri,,,
      Percuma dapet dollar lahan masih ngontrak

      Buahahahahahaha

    • Konsumen itu tau nya produk berkualitas bro dan yg di akui eropa
      bukan ngurusin tanah kontrakan,.
      lucu looo
      Ekekekkkk

  3. Setelah baca artikel ini sya jdi Tau ” siapa sebenarny blogger yg sering melakukan pembodohan artikel”,…..
    Ngomong ny kapasitas produksi dri plant yg ad sudah maksimal(mentok/mendekati batas) mkanya produk2ny banyak indent yg mengular,… pdhal angka distribusiny perbulan gak nyampe 130 ribuan unit, sedangkan salah satu plant ny memiliki kapasitas produksi mencpai 2juta unit perbulan,…

    Dan dengan keterangan ini, saya jdi berpikir berarti bukan kapasitas produksiny yg tidak mencukupi tpi “karyawan-nya yg sudah terlanjur d berhentikan/pecat akibat jualan ny beberpa tahun blkg ini meresot tajam klau d bandingkan dengan tahun kejayaan metik ny(tahun 2007-2012 klau saya tidak salah),….

    Sya bukan fansboy yg buta brand, tpi sya sangattt tidak suka melihat blogger yg suka membodoh2kan dan menuduh blogger lain melakukan pembodohan sedangkan dia(blogger tsb) masih d pertanyakan tingkat “kedewasaanny sbg blogger”

    Colek#triatmono blog

    • @antibra dicerna lg komennya, yg jd batasan bukan kapasitas produksi plant tp jumlah kryawan. Jd inden itu bukan msalah pbriknya gk mmpu ngimbangi prmntaan, tp jumlah kryawan yg mmbatasi

    • yang jadi masalah bukan pada pabrikannya tp dari dealer2 nya yang jahat.
      saya pernah tanya ke teman saya yang kerja di salah satu dealer (bukan dealer flagship) yamaha di bandung, mereka sengaja memaksa konsumen untuk membeli NMAX secara kredit supaya untung mereka lebih besar karena dapet bonus dari pihak leasing jadi mereka membuat kebijakan kuota untuk konsumen kredit.
      Di dealer tempat teman saya bekerja kuota untuk nmax kredit 80% dari jatah perbulan nmax baru yang diterima, sedangkan cash hanya 20%. GEDE gak tuh untungnya. bunga setaun ampir 25% kalo kredit. jadi dealer berlomba-lomba jualan kredit .
      belum lagi praktek UPPING price, untuk nmax tambah 2.5jt (ngomongnya buat biaya adm) padahal kalo beli mio gak ada loh biaya tambahan ADM
      emang yamaha pusat gak bisa nindak yah yang beginian?? terus terang yang asalnya tertarik jadi keburu males…..
      mungkin ada pengalaman serupa di kota lain, teman2?

    • Om 2juta/bulan ntu YIMM mo pakai teknologi ap? Itu sama aj 0.31detik/motor lho klo hitungannya hari kerja normal, klo full dipakai 30hari 24jam 1.3detik/motor, hebat canggih banget lho itu bikin 1 unit motor cmn 0.31 detik, serius? Ngencengin baut 1 aj bisa 1detik bahkan lebih

    • Mau bli cash koq ma sales, temuin langsung owner or pimpinannya, manager, kacab, kl bs bargaining mah malah dapet diskon, dikasih plat uji, mgkn malah ditawari plat nomor cantik, sales ntu klo mo kredit

  4. Hati2 Yamaha.. jangan lupa kejadian tahun 2011 saat YIMM yg tengah perkasa dan sangat confident, memutuskan membangun plant Karawang.

    Lihat polanya.. 2008-2011 yamaha dibiarkan Honda menguasai segmen LPM.. Tapi setelah bangun plant karawang, 2012 s/d sekarang digebuk sampe nangis darah..

    See? Honda selalu nunggu saat2 dimana Yamaha kembali berani meringsek, untuk kemudian dihajar..
    karena cara begitu efek psikologisnya dahsyat berupa rasa putus asa..

    Jadi, siap2 aja saat Nmax yg berkuasa sejak 2015, dinaikkan produksinya. Di saat itu pula Honda habis2an menggempur segmen maxi skutik sampe Nmax jadi Next Mio dan Aerox jadi Next Soul

    • Cuma keledai yg jatuh 2 kali dan cuma tupai pandai yg juga akhirnya jatuh juga.. era digital tp jam analog tetep berlaku bro

    • AHM sengaja nunggu moment itu bro

      Disaat Yamaha udah invest besar2an langsung dipukul habis

      Ingat Mio jaman dulu, saat jaya2nya kapasitas produksi selalu ditambah

      Puncaknya sampai 150rb/bln

      Habis invest besar2an itu langsung digebuk Honda Beat, sekarang bisa laku 30 ribu unit sebulan aja udah syukur

      Yg 120rb/bln ga tau buat apa

      Apa dibiarin buat sarang nyamuk jg ga ngerti

      Ekekekk

  5. ya maklum lah,, dapet gelontoran modal dari jepun buat menghidupkan lg plant tersebut…
    klo gini kan enak,, permintaan bisa terpenuhi dan gak inden berbulan2… biar konsumen gak “dipaksa” kredit… udah waktunya itu miong series dturunkan angka produksinya… masak miong yg baru,, lebih sedikit nampak di jalanan daripada enmex… padahal angka distribusinya miong series paling gede…

  6. Bagus buat genjot diler yg nakall.
    Stock di banyakin biar gk inden
    Klo gitu kan mau gk mau barang harus laku saat itu juga.

  7. Kapasitas produksi 2 juta perbulan
    Tapi yg laku cuma 100 ribu / bln.

    Kasihan banget ya …
    Ngenezzzzz….

    Padahal motor2nya udah diobral tanpa DP cuma modal foto kopi KTP, diskon sampai jutaan rupiah, hadiah langsung HP Android, hadiah R25 tetep aja ga laku ..

    Nasib klo jualan motor buosoook ..

    Ekekekekk

    • Pabrik yg katanya go internasional,ntar kalo kena recall internasional juga balik ke habitat aslinya,,,

    • Sirik aja ente. Mending dorong pabrikan AHM supaya eksport lebih banyak. Gak cuma ke Philipine dan Timor Leste !!! Soal Recall, itu sih biasa. Barusan jutaan mobil Honda aja kena program recall, bukan?

    • To : DEALER YAMAHA

      Yamaha ga gembor² buat bikin mobil, orang mesin mobil balap Toyota, Subaru, Ford, 2000GT aja dari Yamaha .. Ga pernah gembar-gembor kan supplier tunggal mesin balap, catet mesin balap !!!

      Goldwings aja yg dari Honda Jepang kena Recall berapa puluh ribu ???

      Recall Tanggung Jawab dari Perusahaan. Pekok jangan di pelihara. Inden 3bulan cuman parts kecil doang ?? Suruh tutup aja plant 5nya wkwk asu ngakak gua

  8. sayang pabrikan udh bagus dealernya setan semua
    dealer pusat juga gak bisa berbuat banyak gara2 diserbu jadi ngantrinya indentnya panjang banget

  9. Habis ini dijiplak pula ..
    Slurp jilat ludah sendiri kalo aq jadi petingginya kemana mana pakai topeng malu pakek bnget
    Ekekekkk

  10. Salut buat yimm, biar rakyat indo gk byk yg nganggur dan makin sejahtera…tp klp bntar2 demo ya nmnya kurang ajar…

    • ekekekekek
      ngahaem kurang ajar cuy masa 5plant jualan matic low kastro recehan
      body daur ulang bantar gebang
      wkwkwkwkwkwk

    • Motor produksi lokal yimm yg temahal saat ini adlh r25 lakuny hanya 100an unit doang perbulanny(tahun ini), motor produksi lokal ahm termhal saat ini adlh cbr250rr yg penjualany (Rata-rata) 900an unit perbulan pluss penjualan big bikeny 150an unit(januari-juni)….._.. jdi silahkan simpulkan sendiri fby atau fbh yg doyan motor produksi lokal yg low kasta

    • Mending 5 plant jualan beat series hasilnya ada,sebelah penghasil dollar plant ngga nambah,,,

      Lebih baik mana,,,

  11. Tanggung jawab pabrik Y biasanya terbuka,ini buat matic ngga terbuka,takut MS nyungsep

    Recall sebelum berkembang,,,

    Buahahahahaha

  12. Bikin moge mau di taro plant mana,mau di satuin sama plant khusus motor bebek,terus di kasih batas papan triplek,sebelah motor bebek sebelah moge

    Buahahahahaha

  13. ngahaem canggih
    fiturnya cuy
    malahan fiturnya
    sering buat jajan
    -autho klotok klotok
    -autho geter
    -auto ger rompal

  14. Asep menjelaskan, pabrik Yamaha ini kenapa dibilang terbesar di seluruh dunia karena kapasitas produksinya bisa mencapai 2 juta unit dalam 1 tahun.

    • Klau dari bocoran “kode produk”, honda sudah mndaftarkan 3 produk matik sekaligus yg d sinyalir maxi skuter bro ….
      Kbar2 angin doang sih, tpi klau kode produkny udah d daftarkan, jarang sih yg gak jdi d masspro

  15. Maksudnya kesanggupan Plant Karawang itu 200-an ribu per bulan. 2 Jutaan setahun. Itu wartawan Detik mbok mikir napa?

    • Kl digabung dg Pulogadung mungkin sanggup 300 rb an…. Cukuplah untuk memenuhi kebutuhan domestik dan eksport

  16. Asep menjelaskan, pabrik Yamaha ini kenapa dibilang terbesar di seluruh dunia karena kapasitas produksinya bisa mencapai 2 juta unit dalam 1 tahun.

  17. Lebih baik dim aja dah cuman salea aja pada kbanyakan protes.kerja yg bener gk usah takut daganganya tersaingi,rejeki mah gk bakalan ketuker jadi gk perlu panik sampai saling menjelek2an

  18. setau saya Pabrik yamaha karawang itu dibagi 2 .

    1.YMMWJ itu pabrik perakitan

    Nah yg ke 2. itu YPMI ini pabrikan pembuatan part SPM . Casting plant disini tempatnya. Nah dan itu msh satu kawasan. ga jauh2 amat lah .

    jdi wajar kapasitas produksi 2 juta unit per TAHUN Bahkan bisa lebih

  19. Ahaem…tolong supiernya std tengah dibenahi dong, itu bhn dr seng apa gembreng….mosok..standart tengah diinjek mleyot…aya2 wae….disuplai jgn dr cino atu….

  20. Berarti ymha indo pernah “hampir bangkrut” nih,…klau ngak ngpain coba plant segede itu tidak d pakai????
    Pntsan blogger ASUhan-nya pda genjot artikel ttg keunggulan produk ymha sebanyak2nya, plus mengalihkan semua kemampuan “bersilat lidah” ny untuk membuat produk hnda itu tdk layak beli,…

  21. Atas ane pekok banget yah? Dah ketauan pabriknya busuk banget masih aja dibelain.
    Matic honda banyak ngorok, AHM dah terbukti nipu konsumen pasang mindaset bilang CB150R motor powerfull pake embel2 DOHC padahal DOHCnya Overstroke. ???
    Tensioner kendor aja gak direcall padahal bahaya, stoplamp Vario mati juga gak direcall padahal bahaya bikin kecelakaan.. Belom masalah lain2…
    Astaaagaaaa terlalu banget FBH atas ane

  22. Cmn dimari FBH takut recall/dibenerin jd lbh baik nanti dikira barang bosok, mereka lebih seneng motor cacat dan dibiarin aj dianggap itu adalah bagian dr feature,
    Klo cmn motor lu yg cacat minta garansi, klo yg cacat gak cmn lu doank/masif minta recall, jgn mo dibodohi emg lu beli motor pakai daun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.