TMCBlog.com – Bro seklaian, per kemarin, Secara resmi Michelin yang merupakan Pabrik ban berbasis di Clermont-Ferrand di Prancis telah resmi memperpanjang kontrak suplayer / penyedia ban sebanyak 5 tahun untuk Kelas MotoGP Mulai Musim 2019 sampai 2023.

Kalau tmcblog lihat apa yang diambil oleh Michelin ini adalah sebuah langkah Maju dan Positif. Butuh sebuah upaya jangka panjang yang konsisten dalam sebuah riset produk. Dan Dengan MotoGP, Michelin harusnya memperoleh tambahan sebuah Laboratorium riset lapangan Yang sangat mahal harganya bisa mau dinilai dengan mata uang. Dengan menjadi suplayer Ban Kelas MotoGP, artinya seakan akan Michelin sekarang ini memiliki banyak sekali ‘test rider’ yang mengetest dan memberi masukan terhadap produk mereka . ..

Dan para ‘test rider ‘ ini bukan lah test rider sembarangan,  ..  Mereka adalah Manusia manusia tercepat dan paling terampil di atas sepeda motor ini sob . ..  belum lagi masukan masukan dari Pabrikan Pabrikan yang tentunya memiliki pasukan riset yang menjadi bekingan mereka dan siap dengan berbagai data telemetri yang dipastikan sangat berguna bagi Michelin . . Nahhh akan ada pertanyaan ini . ..  lha terus Posisi Michelin sebenarnya apa sih sob di MotoGP

Pemilik dari Ban dan Velg yang tersedia saat race ?

Semua Ban yang dialokasikan ke riders MotoGP adalah milik Michelin. Sedangkan Semua Velg  adalah Milik Team. Di sirkuit Team akan membawa Velg yang mereka miliki ke Tire Fitting Area utuk dipasang ban. Sepanjang Akhir pekan Balap Dimana Ban dilepas dari Velgnya dan dipasang Ban baru, Michelin berhak mencatat semua kegiatan ini dan hanya boleh di lakukan di Tire Fitting Area.

Siapa Yang membayar penggunaan Ban?

Di gelaran MotoGP Semua ban yang disuplay ke team dilakukan hanya Oleh Michelin dan Michelin tidak memperoleh Bayaran apapun untuk Proses ini dan team tidak harus membayar atas suplai Ban yang mereka Peroleh karena team memperoleh Suplai berdasarkan Kontrak Resmi Michelin dengan penyelenggara MotoGP ( Dorna)

Taufik of BuitenZorg

18 COMMENTS

  1. kasus meledaknya ban michelin loriz baz pas tes awal musim ditrack lurus sirkuit sepang dengan kecapatan 200km/jam lebih gimana tuh wak kelanjutannya.

  2. Saya mau tanya kang di motoGP ini kan banyak tim yg memakai shock depan dri ohlins tali tim tim tersebut semuanya beli independ ke ohlins… Kenapa ohlins nya tidak menjadi supplier atau kontrak tetap sebagai penyedia shock depan utk tim tim motogp yg pakai shok mereka dari pada tim tim tersebut beli putus begitu..

  3. Ntu semua jenis ban dipasang ke velg para tim wak?? Apa sebelumnya setiap tim kasih list ban jenis apa aja yanh mau dipake??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here