TMCblog.com – Bro sekalian, satu pekan sebelum Kegiatan MotoGP 2018 mulai berlangsung dimulakan dengan test Privat di sepang ada berita mengejutkan hadir dari Kubu Yamaha dimana salah satu pembalap di team Satelit/ Independent Rider Yamaha Tech3 yakni Jonas Folger Mundur dari MotoGP 2018. Herve Poncharal team manager mengakui ia pun baru menerima Informasi ini Hari selasa 16/1/2018  dari Boob Moore Manajer personal Jonas Folger.

Menurut Herve, Jonas Folger menyatakan bahwa ia memutuskan untuk tidak mengikuti MotoGP 2018/ mundur  karena ia merasa tidak siap 100% baik secara Mental dan fisik. Herve merasa kaget dan hampir tidak mempercayai hal ini khususnya karena Jonas bagi dirinya adalah rider dimana ia menaruh banyak kepercayaan. Herve menyatakan bahwa ia akan segera mencari solusi dan pengganti dari pembalap yang menggunakan Nomor start #94 untuk berdampingan dengan Johann Zarco di atas Yamaha M1 Musim 2018 ini.

Tidak dinyatakan secara Official mengenai penyebab spesifik dari alasan Folger mundur dari MotoGP 2018. Namun kabar dan sinyalemen menyeruak ke arah penyakit yang menghinggapi Folger musim 2017 lalu dimana ia didiagnosa mengalami permasalahan genetik langka ( hanya sekitar 2%-5% terjadi di populasi dunia )  Yang kerap disebut Gilbert’s Syndrome ( Bukan Epstein Barr virus seperti yang di perkirakan di awal ) dimana penyakit ini menghinggapi liver ( hati ) nya, menghalangi hati untuk menghasilkan bilirubin yang benar sehingga menimbulkan gejala mudah lelah dan pusing.

Dengan masalah ini pun Folger mundur dari suzuka tahun lalu, tidak bisa melakukan 4 race terakhir MotoGP di tahun debutnya dan digantikan Kohta Nozane, Broc Parkes dan Michael Van Der mark  . . namun jelas Bagaimanapun Juga Penampilan Folger di Sachsenring 2017 yang terus membayangi Marc Marquez tidak akan terlupakan . .

Taufik of BuitenZorg

28 COMMENTS

  1. benar2 masa masa sulit tech3 setelah digoyang kabar bakal di cerai Yamaha,sekarang pembalapnya terserang penyakit langka sampe harus mundur.
    karna waktunya mepet bgt palingan saran dari Yamaha suruh pake kohta,kalo ane jadi Poncharal bodo amat mending pake Ben spies gambling sekalian
    GWS,hoping the best for Folgass

  2. sandro cortese aja masukin tuh. dia juga kasian kebuang dari kiefer racing gara” ownernya meninggal di gp sepang kemarin rencananya timnya jadi berantakan. nyari” investor yg punya dana melimpah gak dapet, akhirnya dapet yang pas”an dan hanya sanggup menurunkan 1 pembalap doank si agerter dan cortese nganggur. rencananya mau pindah ke supersport si cortese.

    • dia sudah kontrak bareng agerter bro buat tim kiefer sampe 2019 apa 2020 gitu saya lupa. nah itu pake motor suter, namun kan suter mengundurkan diri dan memutuskan pake ktm. entah ktm lebih mahal biaya sewanya atau gimana, tiba” investor yang siap membiayai tim mundur. setelah dinego akhirnya dia mau membiayai tim dengan catatan hanya mau pake 1 pembalap. nah apesnya pas cortese diputus kontrak, semua tim sudah full sama kontrak pembalap. jadi yak kasian si emang seorang juara dunia harus terbuang gitu karena kontraknya diputus gara” kesulitan financial tim di menit” akhir.

    • wah susah ya, moga aja dapet tempat di tech3
      andai aja federal Gresini milih Cortese dibanding rookie ga jelas kek navarro,sebenernya dia bertalenta tapi sayangnya pake sasis yg jarang update macam Suter jadinya underperformance,giliran di-push malah dlosor

  3. kalau saja dari awal jonas dikabarkan tidak bisa ikut full satu musim, mungkin tech 3 akan mengincar Morbideli, siapa yang akan menggantikan mungkin Kohta Nozane

  4. Besar kemungkinan pensiun dini, atau kalaupun kembali balapan paling beralih ke WSS pakai dana sendiri karena udah susah dapet tim, 2019 hampir semua pembalap kontraknya abis dan kebanyakan tim satelit pilih lulusan moto2. Semoga yang terbaik buat Folger kedepannya entah karir disirkuit ataupun diluar sirkuit.

  5. CS27 mau gantiin ga ya ????… biar bisa bikin rekor baru, juara dengan 3 jenis motor berbeda, plus juara dengan team satelit. rekor yang tidak mungkin bisa digoyang lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here