TMCBLOG.com – Bro sekalian, Punten pisan baru bisa kasih sedikit catatan hasil analisa tmcblog terhadap hasil gelaran MotoGP austin texas 2018 yang hasilnya tetap mempertahankan Nama Marc Marquez sebagai King of CoTA .. menang disana pada kelas MotoGP untuk yang ke-6 kalinya berturut turut . . Analisa pertama yang akan kita simak adalah seperti apa perbandingan data laptime MotoGP tahun 2018 ini dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya . . cekidot deh . .
Data Grafik di atas memperlihatkan laptime Marc Marquez di race day MotoGP tahun 2014, 2017 dan 2018 di tempat yang sama Yakni Sirkuit CoTA . . terlihat laptime 2014 ketika itu MotoGP masih mempergunakan ECU In-House pabrikan Laptime Marc Marquez di atas Honda RC213V boleh dibilang edan . .. berapa perbedaan laptime antara 2018 dan 2014 ? cekidot deh . .
Yap data diatas kalo bisa ngomong dia akan bilang gini : ” Laptime Marc Marquez di CoTA tahun 2018 itu LEBIH LAMBAT sekitar 1 sampai 1,7 detik . . atau dengan rata rata lebih lambat sekitar 1,35 detik “ . . . banyak yaaaa . . .?
yap kondisi Track Circuit of The america ( CoTA ) yang bumpy walaupun sudah di ‘sisir ‘ sebelumnya merupakan salah satu sinyalemen penyebab dari turunnya laptime ini selain perubahan regulasi teknis seperti penggunaan ECU dan software Yang seragam saat ini yakni dari Magneti Marelli. Oke done untuk perbandingan data 2014, 2017 dan 2018 . .. sekarang masuk lebih spesifik, cek Grafik ini sob . .
Yap itu adalah dua Grafik Marc Marquez di sirkuit yang sama Tahun 2017 dan 2018 . . ada perbedaannya ? Yap Grafik Laptime Marc Marquez di awal awal dan bahkan dipertengahan Lomba terlihat lebih stabil, lebih mature dibandingkan Laptime Marc Marquez tahun 2017 yang lalu . . ini artinya apa ?
Yap Tahun ini atau mungkin ( kita akan bersyukur bila) hanya untuk di seri CoTA ini Marc Marquez melakukan Pola pendekatan Yang baru terhadap racing MotoGP . . Gampangnya dia berusaha Fokus untuk mempersiapkan setup terbaik Honda RC213V dan terutama soal ban untuk bisa mengunci posisi pimpinan Race semenjak awal dan seterusnya berusaha kabur dan menghindar dari tekanan rival rivalnya . . . apa Yang membuatnya berubah ? tmcblog cuma pikir dua hal :
- Bisa jadi ada kaitannya dengan omongan dahulu dahulu Cal Crutchlow bahwa ( mudah mudahan pas ) ” kalo Marc Marquez mau, ia bisa sangat mendominasi lomba ” . Cal Crutchlow ini diyakini merupakan orang yang cukup tahu soal potensi performa Marc marquez di atas Honda RC213V . .. gimana nggak? Karena di Hire-langsung oleh HRC bisa jadi Cal crutchlow bisa melihat data data performa ( telemetri ) marc Marquez sampai ke hal hal detail sehingga ia bisa mengetahui secara detail seperti apa potensi maksimum seorang marc marquez terutama apabila problem Motornya sudah tidak terlalu membuatnya pusing .
- Bisa jadi dikarenakan suasana sepekan terakhir pasca #TermasClash dimana ia dianggap sebagai ‘ olahragawan perusak sport ‘, ‘ berbahaya ‘ , dan bahkan seruan ‘ booooo ‘ oleh Fans kepada dirinya di Track CoTA yang dilaporkan masih terjadi oleh Jurnalis yang meliput langsung di CoTA seperti Simon Patterson menjadi semacam Pressure khusus . . Marc Marquez mengambil jalan elegan untuk menjawabnya yakni menguasai Jalannya lomba secara absolut.
Nah ini yang tmcblog ‘khawatirkan’ . . tmcblog khawatir termasClash jadi semacam titik balik pemicu bahwa kedepan MotoGP akan ‘membosankan’ apabila Marc Marquez masih mempertahankan mentalitas Fighting yang sama yakni kabur duluan di depan tanpa mau sedikit ‘having fun‘ . . . touring kata banyak pembaca . . . boring men 😀
Tapi namanya Juga anak Muda masih demen lucu lucuan , gesture gesture di akhir Lap dari Marc Marquez seperti Melambat 4 detik dibandingkan Laptime standarnya dan melakukan Selebrasi ‘ala Pogba’ memang terlihat sepertinya merupakan Jawaban Pamungkas terhadap tekanan yang melanda sepekan terakhir . .
Marc Marquez Pantas jadi King of CoTA
Marc Marquez memang pantas jadi king of Cota, bukan hanya menjadi juara di sana untuk yang ke 6 kalinya .. namun jika sobat seklaian lihat Grafik di atas maka akan terlihat bahwa Marc Marquez memang untouchable dan menguasai Balap secara absolut. Dengan kondisi tarck yang tidak lebih baik dari tahun tahun sebelumnya pun rata rata Laptime Marc Marquez lebih cepat baik dibandingkan dengan Duo Yamaha Maverick Vinales maupun Valentino Rossi dan Juga Pembalap Suzuki Andrea Iannone . .
Ducati terlihat paling inferior di CoTA ini dibanding Honda dan Yamaha dan bahkan suzuki. . apakah karena layout Tracknya yang panjang dan banyak sekali tikungan balas yang membutuhkan perpindahan arah yang cepat ? entahlah . . . namun yang satu pantas untuk di waspadai oleh marc Marquez ke depan adalah potensi membaiknya performa Baik Vinales maupun Yamaha M1 . . . Kurang dari 10 Hari lagi, MotoGP akan menyambangi track track klasik di daratan eropa . . . Jerez here they come
Taufik of BuitenZorg
Sesuai prediksi rossi awal seri, jika rcv bisa kuat di qatar dimana dulu tdk begitu bagus maka seri-seri selanjutnya dan khususnya di track yg biasanya M1 kuat maka Rcv jg akan kuat
KLO Marquez terlalu dominan entar regulasi dioprek lagi nih spt tahun 2014
Karena rcv yg terlalu tangguh hanya punya marc, maka racing suit marquez perlu ditambah barbel 10kg apa ya hahaha
JLEB sekali @Udinsastro, FBH fans karbitan MOTOGP yang asal njeplak mah ngak paham!
cal crutclow jug bisa juara pake rc213v, gimna itu?? apkah fby gak sadar klau dlma 12 seri terakhir ymha blum pernah juara seri, klah dengan honda yg bhkan tim satelitnya pun bisa juara seri
Comment:yes
Ini yg ditunggu2 dr hari senen wak ?
buset dah,, yg laen kudu bebenah ini,,
kalo ga ya itu diasepin terus,,
mudah2n bener ya di eropa m1 bs lebih unjuk gigi,,
Unjuk kumis kali hahahahahaaaaa…..
Yup pada akhirnya Marc jadi “perusak” motogp dikarenakan omongan si tua bangka yang takut dogfight dengan Marc. Tua bangka lovers.. inikah yang kalian mau? Motogp kembali ke masa Doohan dimana lomba turing masih mendominasi?
Diluar faktor keselamatan..pada akhirnya “drama” lah yg membuat kita ingat moment2 tertentu….beberapa waktu kedepan mungkin kita gak akan ingat seri COTA kemarin..tp termas, sepang clash pasti masih akan selalu diingat.
Benar kata wak haji..setelah COTA kemarin marc bisa bnar2 merusak motogp..tidak akan merusak rekor marc yg mungkin akan terus bertambah..tp merusak kenikmatan menonton..mudah2an gak bner2 terjadi ?
@didot
Merusak bukan dalam arti yang sebenernya tapi lebih pada dominasi mutlak yang bisa jadi berefek jadi 2 sisi, secara kemampuan dia yang terbaik disisi lain motogp akan jadi membosankan dan kalopun ada fight itu bakal terjadi 123 ato 4 kali aja selama 1 musim
@rian
Kan saya jg udah jelasin diatas…
“Merusak kenikmatan menonton” mas bro..?
jiwa muda mark dan nekat naik motor gaya motocross membuat dia bsa naklukin mesin V4 meski kadang dlosor. tapi klo tdk dlosor dia bakal jd yg tercepat…Yamaha tak mau nurutin rossi utk sewa ahli ecu sprri honda. lin jarvis msh PD klo yamaha bisa nanganin ecu sendiri. last….kita lihat di jerez apakah yamaha bakal lbh kompetitif? sprtinya yamaha butuh JL99 yg terbukti bisa nandingin MM93.Atau MV25 bakal jenggah akan ikut gaya marquez ini,secara dr kecil lawan marq adalah lorenzo dan vinales.Last…smoga ada moge lokal,biar berasa wsbk dan motogp dijalanan.
wkwkwkwk marquez sebelom ada dimotogp gak pernah 1 lintasan sama lorenzo. beda generasi, lah wong beda 5 tahun antara marquez dan lorenzo. itu artinya ketika lorenzo 5 tahun marquez belom lahir jadi lorenzo bukan musuhnya marquez waktu kecil. yang sering 1 lintasan sama marquez dari anak” sampe sebelom ke motogp dan sekarang ke motogp itu pol espargaro & vinales doank.
Seangkatan dari langit po wkwkskskwkk
Jorge tu seangkatan sama casey dani dovi, mereka jebolan dari 125cc 250cc dan jadi rider terbaik di generasinya, buktinya skarang mereka masih bertahan dan semua pernah juara dunia di luar kelas motoGP..
Kecuali casey yang udah pensiun
maaf..maksudnya vinales yg lawan tangguh drv kecil..klo lorenzo emg lawan tangguh saat msh diyamaha. Klo.Vr46 taulah..semua pembalap mengidolakannya.tp disirkuit semua akan bangga bs ngalahinnya. secara faktor umur jg rossi bkl g bs segarang wkt muda. Last Moge lokal masih jd harapan.hehe
Yg seangkatan marquez vinales, pol, dan folger.. Serta alex barros eh wkwk..
??????alex barros..?????? Sekalian sj max biaggi
Dominasi absolute aja dimusim ini. Biar dioprek regulasinya tahun depan sama ducati….
Yamaha jarang mewek kalo dikelas motogp, tapi kalo kelas receh beda…
Kalo Rossi menanggapinya dgn kepala dingin bahasa halusnya,Kalo bahasa kasarnya dgn lebih dewasa/nggak terlalu lebay di media
Kayak si ayrton Senna,kejadian yg sudah ya sudah
Moga aja masih ada tontonan menarik nggak kayak Jhoni rea di SBK beberapa taun silam,dan MotoGP 2014
Ducati terlihat paling inferior di CoTA ini dibanding Honda dan Yamaha dan bahkan suzuki.
###################################
wah yang bener ducati inferior wak ? padahal kata joni t7 kalo lapnya lebih lama lagi, dovi bisa duel lagi sama marquez. dengan catatan para pembalap membawa bensin cadangan digalon wkwkwk
opini apa saja boleh diterima namanya juga opini orang, namun kalo melihat dari data Grafik
IMHO : kayaknya kalaupun ditambah laptimenya , Kecil kemungkinan Dovi deketin Marquez apalagi Duel
WKKK…NUMPANG NGAKAK… GALON OH GALON
hahahah tapi kalo opini tanpa data lucu wak ?
nah kalo wak haji kan disertakan data, jadi bukan main asal ngomong aja ?
Opini tanpa data artinya mengarang bebas..
imho si kalo emang feeling motornya dapet, mm bakal gampang mendominasi, kasus argentina kan karena dia kena banyak pinalti jadi grasa-grusu, dari lap time juga udah keliatan, misal ga kena kasus juga dia udah didepan & bakal jauh gap nya
performa rcv juga sudah semakin membaik, liat aja CC bisa menang di argentina, dan daped yang cedera bisa posisi 7…, bisa terlihat behaviour rcv sudah lebih bisa dikuasai pembalapnya, gak cuma MM. kalo trio hrc ga apes, mungkin mereka bisa menguasai, at least 5 besar kalo ga podium
buat yamaha sendiri, masi warning karena 2 pembalapnya masih mengeluhkan kendala yang sama…, feeling di bagian depan
Bukan itu sih masalah yamaha…masalah utamanya, kedua pembalapnya angkuh pengen jadi no 1 jd pengembangan ga fokus, apalgi yg tua, ga sadar eranya sdah hampir habis, harusnya yamaha prioritaskan yg muda krena eranya masih panjang
Yess … Setuju ama Ed.
Harusnya mikirin masa depan. Itu Vinales dibegituin masih mau nambah kontrak. Harusnya Yamaha belajar dari Juni 2017 keatas. Kalo harus split development ya split aja. Jangan maksain masa depan ikut masa lalu.
Masa lalu biarlah masa lalu kata Inul
Hahaha
@ed
Bukan hampir habis, tapi emang udah habis eranya..
Bagusnya vale pensiun setelah di ducati, kalopun lanjut 2014 maksimal 2016 vale pensiun..
Makin kesini vale makin gak karuan, bukan bicara di track tapi malah koar2 di media, vale yang dulu bukan vale yang sekarang
Melihat performa sesungguhnya Marquez di Argentina, sebetulnya di Qatar pun sebetulnya Marquez bisa juara wak..keliatan gak ngotot banget waktu di Qatar, masih mau main2 ama Dovi dan cukup happy P2
2018 ini aksel, top speed dah setara Ducati.. Long Corner Speed dah menyamai Yamaha.. Tapi kemampuan brakinglah yg jadi keistimewaan Marquez yg gak bisa disamai siapapun..
Coba liat saat Crutchlow late braking di T1 Austin kemaren/ Iannone saat mau overtake Marquez.. Baru sekali coba aja langsung crash lowside.. Lha Marquez melakukan di setiap lap kayak gitu, apa gak edan tuh
nah itu, kemampuan late braking tiap orang beda2, meski motornya support tapi feeling rider lah yg selanjutnya nentuin
late braking marquez, lihat aja lengannya “lebih besar” dari kaki
wahhh…betul sekali ini bro, ini aku copas dr yg komen di artikel Mat Oxley:
I was blessed to be able to go to COTA for a great MotoGP race weekend. The wind at the turn 12 grandstand gave my lips quite a chapping.
Friday, I walked the whole track and watched the spectacle at every corner. Interestingly, I observed Marquez braking into turn 12 later than most of the other riders. While most of the riders sat up at the 250 marker, (including Marquez) Marquez carried more speed into the corner and scrubbed off his momentum at the last possible moment. His extra speed gave the illusion that he was going to blow the corner and run wide—he never did.
Kalo Qatar Marquez emang ga bisa ngejar Dovi. Bukan sekedar main main.
Marc udah digituin Dovi dua kali. Dia sangat ingin menang. Kalo emang bisa ya ga bakal ngototnya di last corner. Karena udah dua kali dia gagal.
Motegi 2017 Salah satu race paling seru. Kayaknya semua ingat deh ?
at rian
terus yg juara dunia 2017 siapa ?
ah hasil condom bocor kok bisa kmentar disini sih
nahh ini baru aja kemarin saya baca nih. ada 1 hal yang perlu diwaspadain musuhnya marquez yaitu jumlah catatan crash marquez dari latihan 1 – kualifikasi dari qatar – austin kemarin. tahun ini jauh menurun dan berkurang dibanding tahun lalu. hal ini sempet ditanyakan sama wartawan kenapa marquez jarang jatuh di 3 seri awal ini. apakah lebih berhati hati ? atau mengubah gaya balapnya ?
marquez bilang : sama seperti tahun lalu tidak ada yang berbeda dari gaya balapnya, dia selalu berusaha ngepush hingga limit. dan rcv tahun ini lebih mudah untuk disetting sesuai kemauan dia dengan menyesuaikan karakter sirkuit. jadi (marquez) gak harus susah payah kaya tahun kemarin sampe harus sering jatuh untuk mencari settingan yang cocok dan pas.
dan sepertinya rossi pun selaku rival sudah membaca potensi dari rcv tahun ini.
http://m.republika.co.id/berita/sepakbola/arena-olahraga/18/04/25/p7qew4438-valentino-rossi-waspadai-tim-honda-yang-selalu-kompetitif
https://m.detik.com/sport/moto-gp/3985239/rossi-benar-benar-khawatir-dengan-honda
Rossi bukannya ngurusin tunggangannya sendiri malah lebih perhatian sama si resikV ,orang Iwata bisa demo tuh ???
Mungkin bukan ngurusin sih bro *IMHO…
Tp mengenal kemampuan lawan sm pentingnya lho..
Untuk bisa mengalahkan musuhmu, Kau harus mengenali musuhmu seperti mengenal dirimu sensiri
Ender’s game
Perusak dari Perusak yg sesungguh nya ya s aki2 itu lah,dgn menuduh s MM itu aja udah merusak sportifitas..menggiring Opini ke smua media bhwa MM pemblp kotor,,,pdhal kalo dtarik kbelakang gya blp dia g jauh bda sama s0MM serng bikn ulah tp g pernah seheboh ini,,ketika pemblp lain melakukan manuver ekstrim dia blng berbhaya,kotor tp pas s aki2 melakukan hal serupa dia bilang wajar karna blapan,jd ni orng udah stress wak kalo menurt saya ,dgn kta lain dia sudah tdk pnya harapan bwt nglawan MM d track,makanya dia mlakukan serangan BC supaya MM down mental nya…yg g trima dgn opini ane mangga d reply
@pro
Yapp tulll, tulll beetttttt
Sepemikiran sama ente nihh
Vale emang udah saatnya pensiun, terlalu lama dan sekarang jauh mengedepankan, ego, nafsu, dan keangkuhan karna dia bintang, tapi makin kesini tingkahnya bukan seperti rider jaman dia muda dulu..
Vale sepertinya gak rela kalo namanya bakalbtergantikan oleh marc, makanya dia bikin gimana caranya nama marc hancur dan menggirung opini publik..
kalo ga salah namanya post-power syndrome 😀
Austin,Sachsen,Aragon, Catalunya…dalam genggaman MM93. Akankah dominasi 2014 terulang?
Phillip island juga klo gak crash
Buriram juga, valencia juga…wah wah…sudah dpt 175 point dari situ, tinggal yg lain ngejar podium, udah deh.
Bisa jadi. Dulu waktu dites di sepang ane udah curiga sama rcv mm93 sama cc35. Soalnya digarasi mereka adem ayem seperti duc diawal 2017 dgn salad Boxny. Apakah swing arm carbon memberikan kerigidan waktu long corner atau mungkin ada teknologi yg lain yg belum terungkap. Atau mungkin software asimo yg dulu kata FBY dipasang di ecu inhouse sekarang bisa diterapkan di ecu magneti marrelli? Apakah pneumatic valve honda sudah maju melebihi desmodromic ducati? Mungkin di track lurus masih kalah. Tapi secara mengejutkan top speed honda terutama cc35 sangat tinggi hingga mampu menyaingi ducati. Dengan regulasi sekarang harapan saya adalah honda bisa juara dimusim ini dengan absolute. Karena saat honda sudah mewujudkan Mimpinya maka kompetitor bisa dibilang akan bermimpi buruk…
Jerez mugello san marino motegi ceko juga marc bisa dominan walaupun rider laen bisa nyaingi macem dani juga kuat di 5 sirkuit itu, sepang juga marc bisa ambil podium, yang dominan biaa dani dovi ato yamaha kalo motornya okee kaya jorge dulu
nah, itu… jadi master of touring iki…
Fitur tersembunyi speedometer PCX: https://wp.me/p7LBn5-4e8
Wah… bakalan jadi Moto Touring nih…
Krna Marc Udah ogah buat sdkit fight dgn pembalap lain… krna gak mau kena kontroversi lagi… gara2 si pembalap cengeng dgn fans2nya….
Klo dipikir ap yg di lakukan marc gak jauh beda dgn yg di lakukan aki2 tua pada masa lalunya…
Dan dgn kasus termas kmarin manuver marc sma dgn pembalap lainnya… zarco dan petruci….
Bahkan zarco memnuat pedrosa cedera…
Klo aki2 tua jatuh karna nginjak rumput bukan aspal…. motogp sekarang seru di dominasi oleh aksi fight MM93…
Diajak fight ga ada yg mau, ya udah, pada siap2 nonton mototouring ala paduka hohe aja.
Mv 25 kenapa selalu melakukan start yg ga bagus, padahal udah di front row??
Udah penyakit dia itu. Jarang sekali start bagus. Baru ngejar diakhir akhir
Lama” hilang respect sama rosi, sama cara “perang mentalnya” dia, klo di runut kebelakang, tiap pembalap yg kompetitif pasti dibuat masalah sm dia, motogp berkembang ga cmn dia aj, awal” nonton suka, klamaan jd biasa, skarang ilang respect, disayangkan prilaku seorang icon kya gtu
Icon Yamaha ya om? Wkwkwkwk
Secara kan dipertahankan cuma buat dongkrak prestasi penjualan doank, doi mah sales skrg di Yamaha ??
Marquez sama RCV udah SatuHati banget lah, apalagi kalo pake ECU HRC lagi, udah itu mah jadi DuaHati
Efek termas clash berlanjut, sepertinya akibat komentar negatif VR46 kepada MM93 membuat MM93 tertekan dan ogah menambah kontroversi lagi. Mending kabur sejauh-jauhnya saat memimpin race. Bagus juga sih untuk menurunkan friksi antar pembalap. Yah kalo VR46 takut balapan lagi, jadi aja pegawai bank (Giacomo Agostini) 😀
Fans motogp karbitan..
Dr dlu yg dtunggu tiap nonton motogp ya aksi salip menyalipnya vr46 yg lbh halus dr mm93
Walaupun kadang sebenernya doi bs moto touring tp dy keliatan suka mainin laptimenya (diperlambat)
Makanya vr46 bkn cm pembalap tp jg enterainer dlintasan lwt aksi duel sm lawan2nya
Beda sm marq yg sbnrnya pnya skill pembalap yg bagus tp ga bs skaligus jd entertain
Target doi pecahin rekor2 yg ada & next rekor jurdun vr46
Entertainer mbahmu mending jadi bintang sinetron kalau gitu atau sekalian kerja di bank. Pakai alasan memperlambat emang gak bisa cepat aja
Dr dulu itu aja yg dbanggain, penbalap entertain, iya sih memang rossi sampe skarang masih pembalap entertain (mewekan kayak sinetron)
lha philip island 2015 marc kurang halus gimana mainya?
tapi tetep aja di psy war sama ai rossi kan?
Balapan kok memperlambat, ya kena penalty lah iki piye logikane ilang nengdi??? Ini fan siapa sik kok kurang cerdas malu2in idolanya saja hadeeeh
Lap time yang mana??? Yang wak haji tunjukin apa bukan nic.. Wkwkwk
dan turunnya stefan bradl sebagai wildcard di sirkuit brno ceko bisa jadi kartu as honda untuk memasuki paruh musim kedua nanti. inget sirkuit brno penutup paruh musim pertama motogp dan bakal libur balap sebelom masuk ke paruh musim kedua. nah disaat libut balap ini lah insinyur” pada puyeng mengembangkan motor, dengan masuknya bradl bakal menambah data tentang rcv. inget honda selalu tampil lebih gila di paruh musim kedua ?
Boring….sepi …kekeke …touring yuk…wakwakwak
Dalam perbincangan yang alot, Marc Marquez melontarkan serangan ke Valentino Rossi.
“Kami belajar semuanya darimu,” kata Marc Marquez kepada Valentino Rossi.
Maksudnya, Marc Marquez mengatakan bahwa apa yang terjadi dan kondisi para pembalap saat ini karena mencontoh Valentino Rossi.
Seketika Valentino Rossi langsung menjawab apa yang dikatakan Marc Marquez.
Jawabannya makjleb banget sob.
“Mau membandingkanmu denganku? Aku melakukan kesalahan empat kali selama 20 tahun, kau lima dalam satu balapan,” kata The Doctor.
====================
Kalo mnurut saya….. justru jawaban marques yang makjleb …. marques njawab dg kecerdasan …. nagh kalo rossi menjawab dengan emosii …..
rossi terguncang sama counteran markes…
Ekekekek..
wah.. bisa jadi jawaban dari pertanyaan Kevin Schwantz klo ga salah, yang menanyakan “MM belajar di kelas balap mana”… jawabanya adalah kelas balap VR 46 wkwkwk
Comment: sebenarnya apa yg membuat marquez bisa juara terus di austin wak, padahal pembalap lain seperti agak kesulitan disini
imo
Faktor konsistensi di Sektor 1 dan 2
Serta Dominasi di Sektor 3 Austin
walau sebenarnya Marc ga bagus2 amat di Sektor 4
kayanya masalah skill bro ?
austin termasuk sirkuit kidal alias lebih banyak tikungan ke kiri mirip kaya sanchsering jerman. entah kenapa pembalap kaya pedrosa dan marquez justru gampang menaklukan sirkuit model ini dibanding pembalap lain. sebelom ada marquez, dulu pedrosa terkenal jago naklukin sirkuit kidal.
Seorang pembalap… selain harus punya tunggangan yang oke … juga harus punya akilll yang mumpuni…. mental yang tangguh dan kecerdasan emosi dan intelegensi…. marques nampaknya sudah memasuki kriteria ini …… tinggal konsistenainya…
marquez gagal ngalahin rossi waktu di honda 4 tahun di honda. rossi 3x jurdun 1x posisi 2. marquez 3x jurdun 1x posisi 3…..
Gw malah nunggu lorenzo bisa P1…?????
Justru kalo runner-up lebih makjleb,karna ibarat satu tangan udah nempel di trophy di akhir2 kena tabok rival terdekatnya
Berarti honda oke ya, peluang juara nya besar
Selama ini marques menjalankan fungsinya sbg pembalap dan entertainer….. kalaulah mm gak ngejalanin fungsinya sbg entertainer…. mungkin dari dulu sudah ngaciiirrr……
Perubahan strategi memang selayaknya dijalankan marquessss hingga beberapa rice ke depan ….. ini sbg shock terapi…. jika keadaan sudah membosankan ….. mm bisa balik lagi ke strategi semula…..
Inilah indahnya balapan …. bukan sekedar adu otot… kecerdasan emosi dan intelegensi harius berperan….
Mantap
mungkin aja wak sengaja , kalau kamu tau kekuatan lawanmu maka kamu bisa melebihinya, jika tidak kamu tak akan pernah bisa bersaing dengannya. Makjleb
Semenjak era 4 tak, belum pernah ada seorang rider pu yg mampu untuk jurdun 3x
dalam 3 musim berturut-turut menggunakan 1 merk motor.
Apakah Marc mampu menembusnya ? Atau kembali tertahan.
Kalo ngincer laptime kenceng terus namanya time trial wak, bukan race hahaha
Namanya aja race,harus cepet cepetan kalo nggak bs ngikutin ya bye-bye
MEMANG HONDA DAN MARQ SANGAT MENDOMINASI DAN BAKAL JADI ANCAMAN TAHUN INI BAGIA SEMUA PABRIKAN DAN ITU FAKTA, HANYA SAJA DENGAN SKILL DAN KEMAMPUAN MOTORNYA HARUSNYA TETAP BISA FIGHT DENGAN BERSIH TANPA HARUS BERMAIN SEPERTI TERBURU-BURU DI SAAT TERTINGGAL DI BARISAN BELAKANG
Capslocknya JEBOL bro?
@Mat, jangan baper ah
pake analisa lah dari lap time saat race sepertinya ga bakal ada yang bisa di over lap bro
Sombong
Jhurr
Ya sudah mm yg guabngefens dr sejak dia dimoto2 hingga saat ini, saran gua strategi lo utk tahun ini ngacir ja dluan lo buat spt lorenzo yg terbirit2 dikejar tikus klo didepan, biar smua pemvalap dan fans yg gk suka sm lo terutama rosi pada mlongo dan gk bisa ngomong pa2, tunjukin bahwa motogp saat ini gk da lo duel mka gk seru walaupun da si rosi yg katanya legend tp mewekan, gua yakin potensi rcv 2018 sgt ok krn gua pengamat lo sejak dimoto2 2012 kmudian hijrah ke motogp dr fans kecil hingga fans insaf dr rosi…dan menurut gua 2014 bakal terulang lagi …
Justru rosi & fans lah perusak motogp sebenarnya, tdk mau menghormati lawan marq juara diteriakin boooo…giliran rosi yg pa pernah fans mm bertindak spt itu..? Yg ada mm sll senyum dan optimis ok next race giliran gua…fans rosi yg blm tobat slhkan bertobat mmpung rating rosi blm turun drastis…hehehe
Klau mau bagi marquez utk bikin balapan bosan gampang apalgi dgn tunggangan nya yg semakin membaik dia bisa tinggalkan rider lain nya hnya dalam 6 lap tp itu dia tdi bos hrc blg slow biar race terlihat menegangkan dn menjual bygkn wak aji tnp inerwinglet segede gaban macam m1 pun rc213v melesat bagaikan roket ????
cuma Vinales yg bisa mengimbangi performa Marquez, dari laptime kemarin keliatan, itupun dengan kondisi M1 yg msh blom sempurna, jika settingan elektronik M1 sudah pas, pasti duel MV dan MM akan jadi kenyataan, dan ini bakal bikin motogp jadi rame, tanpa mengesampingkan performa VR tentunya
Touring touring dah, ga begitu peduli dengan entertain2 an sekarang, bagi ane yang penting MM race dan menang atau minimal finish 5-10 besar.
Start ngacir dah, biar yang belakang aja yg cucuk-cucukan.
Paling2 cuma denger fanboy pada bilang balapan membosankan lah, ini lah itu lah..peduli amat huehuehuehue.
Mm93 wlaupun d sabotase oleh statemen2 lawan, dia akan terus fight, krn mm93 ramah n rendah hati.
Bnr dugaanku klo Marc bakal denger masukan dr fans sejatinya utk tak main2 dlu dlm wktu dekat ini,krn rivalny lg PMS akut,jd sensi skali ? Hasilnyaaaa ya race yg mmbosankan krn trlalu dominan. Aq sbenarny kasian sm mulut para haters yg brsorak boooo, tp dgn mukany yg melasss, tatapan kosong n putus asa ? psti mreka lelah skali ?