TMCBlog.com – Assalamualaikum bro sekalian.. Jujur aja saya penasaran melihat postingan Instagram Johann Zarco sekitar 3 hari lalu, dimana dirinya melakukan wheelie dengan motor yang secara dimensi tergolong kecil. Mirip-mirip dengan motor kelas Moto3. Begitu melihat foto lebih jauh lagi, ternyata saya mengenali motor apa yang Zarco pakai untuk latihan fisik di sela-sela jadwal balap MotoGP nya. Itu motor bisa dibilang ‘Hybrid’ bro, dan bukan berasal produsen baru serta memang spesialis di bidangnya. Cek penjelasannya di bawah ini yah…

Motor tersebut semi prototype, buatan Be On Automotive asal Spanyol yang sudah gape bikin motor balap berbasis mesin motorcross atau Special Engine. Itu sebabnya saya katakan motor Hybrid, karena mesin motorcross yang terkenal punya torsi badak dipasangkan ke frame motor grand prix on road. Jika kalian penggemar balap, pasti paham dengan Moriwaki MD250H yang pernah diboyong ke Indonesia puluhan unit untuk balap GP Mono kan? Nah ini bagian dari evolusi motor GP Mono jaman baheula. 43 Racing School binaan Muhammad Fadli juga pakai motor tersebut untuk latihan.

Nah ,, yang Zarco pakai untuk latihan itu adalah produk terbaru dari BeOn. Motor tersebut mereka kategorikan sebagai 450GP. Karena yang dipakai mesin dari motorcross special engine kelas 450 cc. Unik yah, dan selain 450GP ada juga Moto4 yang pakai mesin special engine 250 cc 4 tak, pun demikian di CEV sendiri ada loh kategori balap Moto4 ini, dan pastinya dibawah kelas Moto3 yang lebih kencang.

Okeh kita fokus ke motor 450GP ini,, Zarco adalah rider Yamaha Tech3, entah kebetulan atau memang disiapkan oleh BeOn yah, motor yang dia geber tersebut ditenagai oleh Yamaha. Lebih detil lagi, BeOn menggunakan mesin Yamaha YZ450F 2018/2019 yang sudah pakai electric starter dan posisi inlet port menghadap depan seperti Honda NSF250R/RW di Moto3, dipadu sasis dan keseluruhan bodywork buatan BeOn. Tenaga yang dihasilkan pun beringas, 60 Hp dengan hanya membawa bobot motor yang ringan abis.

Dimensinya cukup ringkas seperti motor Moto3. Dengan panjang 1880 mm dan lebar 670 mm dan tinggi 1240 mm, motor ini seperti sport 150 cc produksi massal yah. Ban yang dipakai berukuran 120 di depan dan 160 di belakang. Kalo sobat jeli, motor yang Zarco pakai itu menggunakan ban Michelin special Supermoto loh. Selain alur yang berbeda dari ban balap lainnya, bobotnya pun super enteng karena basis motor Supermoto kan dipakai di trek aspal namun juga ada lompat-lompatan selayaknya motor grasstrack.

Tuh ada yang ditelanjangin, lebih terekspos mesin dan sasisnya. Sokbreker depan sudah upside down pastinya dengan diameter as hanya 35 mm dan spek travel nya 120 mm. Sedangkan di buritan BeOn memasang swing arm aluminium berdimensi cukup besar dengan linkage yang ditopang sokbreker tipe 3-way. Yup, 3-way maksudnya adalah bisa di-adjust seberapa compression-nya, rebound dan seberapa keras pre-load nya.

Ini kalo dijual di Indonesia kira-kira bakalan tembus berapa yah harganya? GP Mono Moriwaki saja kabarnya seharga 120 juta per unitnya. Mainan mahal.. hehehehe.

Berikut TMCBlog suguhkan foto-foto dari BeOn GP ini yang diambil dari instagram mereka dan beberapa website balap. Semoga bermanfaat ya, wassalamualaikum.

Nugi TMCBlog

Main frame BeOn

78 COMMENTS

  1. yamaha hebat jg ya,,motor hybrid buat balap trus ada motobot yg bsa melawan VR46 disirkuit. Kedepan bakal ada balapan robot jadi gak perlu gaji penbalap.

    • la…sy kan cma blg sesuai brita di internetlah,yt byk videonya ttg motobot.gak pernah buka yt ya. hahahaha.

    • Karena ente nyinggung nama vr, pasti kena bully deh…
      Meskipun mereka malah lebih sering komentar lebih kagak nyambung dari tema.
      Disini banyak haters vr. Aki2 tua bangka.

    • Bukan soal vr, tapi soal yg buat, yg buat bukan yamaha, cuma yg buat ni motor ngambil gelondongan mesin yamaha..

    • Hahaha…salah mreka pke mesin yamaha ya xixixi.ntr salah penyanyinya diiringi musik dgn merk yamaha trus slh nelayan klo mesinnya pke yamaha. waduh fanatik banget neh.

    • @bikers jaman now Ngerti ngga maksud hybridnya gmn?bkn hybrid kaya pcx loh ya maksudnya.kliatan bgt tukang bc baca judul doang

    • USMAN sy g perduli hybrid ke pcx kek,kek bmw kek kyk motor listrik yg dites di motogp kek. sy cma komen kemajuan smakin pesat ttg teknology motor kedepan.mau selft assist bike,motobot,bmw Selft assis,kawasaki J concep kek…..biker yes fanatik jangan ya. hahaha…

    • hahaha..orang komen bebas lo. bro bikers jgn singgung merk. ntar ad fb kojel” mau samplok sandal swallow sampean.mueeeeheheeeeee

  2. padahal kan pake mesin Yz yg notabene lubang knalpot itu ada dibelakang, kenapa masih melingker dulu ke bawah yah? secara kan bisa langsung aja ke belakang

  3. ini mah motor jadul usianya sudah sekitar 7 tahun. motor ini pertama kali diperkenalkan disirkuit montmelo catalunya tanggal 1 juni 2011 ??

    • yang moto4nya itu sudah dari 2011 bro. 2011 itu ada proyek besar dorna buat merubah gp125 ke 250 4 tak (moto3) pada tahun 2012. saat itu ada beberapa proyek mesin special engine yg dirubah untuk memenuhi regulasi moto3. saat itu ada 4 mesin motor yg berasal dari 4 pabrikan yaitu honda, suzuki, yamaha dan ktm. honda memakai mesin crf250, suzuki pake rmz250r, yamaha yz250 dan ktm saya lupa tipe mesinnya.
      akhirnya honda yg menang tender lahirnya nsf250r dengan mesin berbasis crf250 yang dipakai awal moto3. sekarang ini motor dipakai eropa talent cup, asia talent cup, thailand talent cup dan untuk ktm sendiri sekarang motor tersebut dipakai redbull rookies cup. kalo beon bermesin yz250 ini sendiri saya lupa kenapa saat itu tidak jadi dipakai, apakah efek kalah dengan kekuatan HRC atau apa.

      lolosin yak komen ini.

    • coba lolosin komen saya dulu donk, saya sudah menjelaskan dan mempertanggung jawabkan komen saya kenapa saya bilang sudah ada dari 2011. saya biasanya komen berdasarkan data kalo informasi gini gak main asal komen.

    • Honda gak pernah pakai mesin CRF250R buat basis awal NSF250R. Dari platform mesin aja udah jauh banget, dan diakui Honda saat itu mesin NSF250R pakai model terbalik yang mirip YZ450F karena kejar CoG yang mirip RS125. Crankcase, jalur oli, sampai isi silinder beda semua. Coma kebetulan aja bore x stroke mirip CRF250R itupun mulai 2015 dirubah jadi 81 x 48.5

      Dan BeOn gak cuma sekali duakali bikin motor ginian berbasis mesin SE. Jadi yang elu liat di 2011 beda sama yang sekarang. Bahkan hampir tiap tahun BeOn bikin update rangka baru. Silahkan cek website ataupun akun IG BeOn, biar tau mana yang 2011 mana yang baru 2018. Bukan belain yang punya warung, tapi cuma mau bilang yang punya warung sama sekali gak salah sebut motor baru. Karena memang baru

      Lagian Moto4 itu pakai mesin SE 4 tak 150cc, bukan 250cc. Kalau yang pakai SE 250cc sebutannya preMoto3 atau di Jepang dan Indonesia disebut GP-Mono.

    • bukannya basis awal itu pake crf250 yak ? sebelom akhirnya honda membuat murni pakai mesin yg bener bener baru ?

      lah kan saya cuma ngasih tau kalo ini motor pertama kali diperkenalkan tahun 2011. kalo tiap tahun beda yak saya gak menekankan kesitu, yang saya tekankan PERTAMA KALI DIPERKENALKAN DI SIRKUIT MONTMELO CATALUNYA TAHUN 2011 MOTO3 DAN MOTO4. jadi bisa dibilang ini bukan motor baru yang lahir tahun 2018. KARENA PERTAMA KALI LAHIR 2011 dan sempet ikut demo dalam pameran sebagai calon moto3 dengan beberapa motor 250cc yg basisnya diambil dari mesin SE 250cc

      • Setau saya sih Honda nelorin Moto3 pertama kali NSF250 itu gagal akibat mesin baru tapi sasis pake RS125 (kode NX4)
        Nah setelah dihantam KTM di taun pertama, mereka berbenah lalu muncul NSF250RW.

        So memang dr awal sudah pakai model slanted engine Moto3 mereka.

        Kalo soal ‘motor lawas’ atau ‘motor baru’ , itu masalah persepsi. Dan tulisan ente sebelumnya keliru dgn menulis ‘ini motor lama’.
        Klarifikasi di atas sama analoginya kayak ngomentarin Mio M3 dengan komentar “Ini kan motor lama, pertama kali matic dikenalin taun 2004”.

        Ente menilai Moto4 dari jenis sedangkan artikel menilai motor tsb dari unit nya.

        Sudut pandang Bro Darso lebih tepat.

    • kalo saling sharing gini kan enak, jangan dikit dikit komen bener dikarungin komen rusuh dilolosin wkwkwk ?
      gak ngaruh sama nickname karena yg gak lolos komennya, pake nickname lain itu komen tetep kena jaring terus.

      • Itu otomatis.
        Sepeti Thai Lan Cung dan rdy/wdy/ddy dan selainnya yg terus masuk karantina dan trash akibat komentar terdahulu dikarungin.

        Saya emang suka beresin komentar yg menyulut supaya gak berlarut.

        Enjoy aja

    • Pantas aja komen disini gk terlalu anarki ternyata d jaring dulu to,y baguslah kalo gitu(yang punya warung peduli perdamaian)

  4. zarco latihannya greget juga ya..boleh ditiru
    torsi badak biar sulit dikonntrol,,curve torsi&powermeletup letup biar greget,,vibrasi gede bikin kesemutan tingkat semut api,,pake ban supermoto biar geal geol..wahh pasti benar benar menguras fisik tuh
    tinggal musim depan pake ktm+sasis truss framenya

  5. moto4 nya bermesin 250 berbasis special engine. motor ini pertama kali diperkenalkan 2011, waktu itu ada proyek besar perubahan kelas gp 125 2 tak ke 250 4 tak. nah dicoba beberapa motor special engine yang mesinnya dipergunakan untuk proyek moto3 ini. waktu itu ada honda, suzuki, yamaha dan ktm mesinnya itu sendiri ada crf250, yz250, rmz250r dan ktm saya lupa jenis mesinnya yg pertama kali digunakan. sampe akhirnya HRC memenangkan tender motor ini dan lahirnya nsf250r generasi pertama yg sekarang ini dipake buat balap eropa talent cup, thailand talent cup dan asia talent cup. untuk ktm generasi pertama sendiri saat ini dipake untuk gelaran redbull rookies cup

    • wkwkwk sudah ganti nickname tetep gak lolos juga. tolong wak jaringnya dilepasin, saya komen disini ada beberapa info yang saya tau dan mencoba mengshare info tersebut agar bisa saling berbagi info dan sharing. tapi kenapa komen saya kena jaring terus, saya mencoba komen rusuh pake nickname lain malah tembus langsung gak kena jaring.

      # salam manis komentar setia
      ttd kucing

    • wkwkwk kalo artikelnya tentang AHRT masih saya wajarin sih bro tp kalo artikel umum gini rada jengkel juga dikarungin terus wkwkek

    • waduh hehehehe berat itu mah bro, ilmu saya masih cetek belom seberapa hehehe.
      kalopun saya mau juga sudah bikin warung sendiri bro, cuma karena iseng ngisi waktu luang aja ikut komen komen gini hehehe

    • hahahahaha tapi lucunya justru komen komen yang berisi informasi yang malah kena jaring. kalo komen komen biasa malah lolos gak kena jaring.

  6. Harga jual 120 jeti rupiah?? 450cc SE 60Hp
    De hell murahh gilaa, mengesampingkan maintenancenya yg nyusahin dibanding belinya ??, btw klo moto4 ada di CEV, positioning ini dgn CEV moto3 gmn?? Jelasin lg moto4 dalam bentuk artikel bisa kl ya wak ?

  7. Ini baru motor perjenjangan menuju world gp. Harus diaplikasikan di indonesia. Jangan main bebek melulu. Ngga bagus buat asah bakat dan balap.

  8. Moto4 itu kelas junior utk seumuran anak SMP dan hanya ada di CEV. dimensinya kecil, 125cc 4T atau 85cc 2T. tapi kurang tau mesinnya pake trail special engine apa bukan

  9. Jadi inget temen saya di Jogja tahun 2015 bangun motor beginian pakai rangka CBR150 thailand + swing arm YZ85, dipasangin mesin Suzuki RM250, rangka dipotong2 sadis cuma buat kejar wheelbase pendek biar kayak GP125. Kayaknya sampai sekarang belum selesai2 juga, kabar terakhir mesinnya dia jual lagi buat biaya kuliah?

    • Apa ga pengaruh ke handling gan?. Kan masalah sasis hitungannya rumit buat dapet yg stabil dan sesuai keinginan.

    • Di ITS (Indonesia trackday series) boleh. Dulu pas saya main ke rumahnya pertengahan 2016 dan mesin udah naik rangka sempat nyoba handling gak jauh beda sama CBR asli, cuma bedanya motor terasa ringan, belokin dikit langsung nurut beda sama CBR asli yang agak ngelebar. Mungkin efek wheelbase super pendek dan rake yang udah dirubah. Cuma jambakan mesin SE 2 tak 250cc nya itu yang bikin minder?

      • Kelanjutan kasus panitia ITS tau gak bro?
        Agak disayangkan club event serapih itu (yang bisa dilihat dari luar yah, bukan manajemennya) hilang tiba-tiba..
        Padahal kita butuh wadah meskipun trek nya mau gak mau Sentul lagi dan lagi

    • Kurang tahu sama hal begituan, cuma setahu saya itu event hilang secara tiba-tiba. Denger2 sih ada tikus didalem, tapi ya namanya desas desus susah dipercaya?padahal seru kelasnya cuma dibatasi kapasitas. Jadi serasa adil, yang punya motor mahal sama murah punya wadah sendiri2 dan gak repot ngurusi regulasi. Karena yang bikin biaya bengkak ya regulasi yang ketat, kalau bebas justru bisa dibuat murah?

  10. Btw baru sadar, itu muffler-nya ada 2 ya? 1 yang ketutup underbelly 1 lagi di ujung. Gak kebayang gimana renyahnya suaranya, back pressure dari 2 muffler dalam 1 batang knalpot pasti lembut banget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.