TMCBLOG.com – Bro sekalian, Yamaha Nmax meraih penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2018 untuk kategori transportasi sepeda motor dari Kementerian Perdagangan. Desain Nmax mendapatkan apresiasi itu dan menjadi satu-satunya sepeda motor yang memperoleh predikat Good Design Indonesia di tahun ini.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Arlinda, mewakili Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Juli 2018.

Nmax dinobatkan sebagai motor dengan Good Design Indonesia karena memiliki konsep desain “Active & Comfort Style” yang memberikan gaya berkendara baru. Nmax memiliki posisi berkendara yang nyaman dan enjoy yaitu dua posisi berkendara. Kapasitas tangki yang besar (6,6 liter) ditempatkan di tunnel tengah. Mempunyai bagasi yang super besar dimana dapat menyimpan helm dan berbagai macam barang-barang lainnya.

Penghargaan ini tentunya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Hal ini membuktikan Nmax sebagai motor dengan desain terbaik di Indonesia. Konsumen pun dibuat bangga atas penghargaan ini.

98 COMMENTS

    • Kenapa jgn lihat dari belakang? Fine fine aja kok nmax kalo dilihat dari belakang, elegannya dapet, desainnya pas, harmonis sesuai dgn bodi dan kaki2nya. Bandingkan belakang picek yg ga pas melebar kebawah dan ga sesuai dgn kaki2nya.. Memang nmax lebih unggul dari segi konsep desain, mesin, dan kualitasnya..????????

    • NMax itu Euro Style. Kalau PCX aliran Jap Style. Zaman Now, konsep desain Jap Style udah ditinggalin. Lihat aja Forza 300 udah gak pake desain model PCX tapi ambil basis desain Forza150. Makanya kubilang AHM salah pilih. Mestinya yg dilokalin Forza 150, bukan PCX Ngejeber gitu.

  1. Gak kayak nmax kawe sebelah alias pxc design dan kualitas alakadar. Warna putihnya cepat kuning kalo ketemu dijalan ???

  2. Memang bagus desainnya. Meski sudah cukup berumur tapi masih sedap dipandang.. Untuk kedepannya Yamaha harus bener2 berhati2 sama versi All New nya.. Kalau bisa tetap dipertahankan spot2 yang sudah bagus dari NMax dan perbaiki sedikit2 saja bagian yang masih agak kurang. Jangan berlebihan! Jadikan Eropa sebagai referensi.. Yamaha Europe, Ducati, MV, BMW, itu yang dicontoh! Atau contoh disain sleek nan dynamic ala mobil Audi atau Volvo juga gak apa2! Didiklah konsumen kita dengan selera disain yang bagus nan long lasting ala Eropa. Stop cari referensi dan riset dari India. Orang India memang adat istiadatnya suka dengan printilan2 yang heboh, makanya nyawa disain motornya pun heboh2. Stop gaya kardus lipet tajem2 yang hanya wow di awal dan boring kemudian.. Yamaha punya nyawa sendiri, punya bahasa disain sendiri, tidak perlu ikut2an.. Orang2 sudah tau “That’s Yamaha!” begitu lihat siluetnya. Jangan kaya sekarang ada pabrikan yang jadi tajem2 ke-Kawasaki2-an. Memang jadi keren, but sorry to say, nyawa dan bahasa disain humanismu yang melegenda hilang

    • Email Lo berapa sih? Apa disengaja typo ya,kayak ane kadang salah huruf satu tapi tetep masuk tapi beda Avatar ??

    • @Spy : setuju dgn ente dan 2 jempol buat ente.
      Àne paling respek sm komentator yg santun spt ente.
      Mdh2an ke depan blog ini dipenuhi komentator2 yg smart, santun, dan konstruktif buat perkembangan roda dua Indonesia.

  3. menurut saya aspek penilaian nya gak adil, kalo yg dinilai juga dari segi kenyamanan dan akomodasi jenis motor sport gak bakal dapet penghargaan good design sampe kiamat sekalipun.

    • Ada yang panas, ngah ngah ??
      Fitur shock visualisasi dikata nyaman ?
      Yg ada was was, sewaktu waktu bisa celaka.
      Klo user yg mleyot celaka si gpp, klo orang lain yg gak tau apa” kna patahan shock. Kan kasian.
      Ngah ngah ?

  4. Klo sebelah dinobatkan mongstor paling Joss gandos versi nGotomotif dan kroni2 nya
    Ngoahahaha…
    Ngeriihh..
    Lirik pas launching ??

  5. Nmax desain mengalir banget wak. Enak dilihat dari depan samping maupun belakang. Ergonomi juga nyaman.

    Saran buat yamaha, buat all new nya nanti jangan banyak dirubah, perbaiki lampu yg masih bohlamp jadi LED,speedometer kasih tachometer,desain lampu belakang dirubah agak sporty dikit aja, dan konsol penyimpanan kasih tutup+power outlet.

    Sama satu lagi, shock breakernya diempukin dikit.

    Wis, andai keturutan boyong 1 yg ABS. Hehe

  6. nmax emang keren sih apalagi yg biru itu

    kalo pcx yg sekarang emang jelek kebanyakan kosmetik,kalo yg punya kobay sebenarnya ga buruk2 amat masih elegan lah,tapi yg paling bagus kayak punya chisame Nakanobyg masih bohlam itu keren elegannya dapet garangnya juga masih dapet

  7. NMax itu Euro Style, kalau PCX aliran Jap Style. Zaman now, Jap Style udah ditinggalin. Lihat aja Forza300 yg ikut garis desain Forza150 ketimbang Forza 300 lawas. Makanya kubilang AHM salah pilih lokalin maticnya. Mestinya Forza150, bukan PCX yg dilokalin. Kasihan FBH dikasih model yg out of date… Bjeber pulak!

  8. dulu baca berita kalo gak salah N Max yang design Yamaha Japan bukan ya ? Cuma dipusatkan di Indonesia untuk produksi global dan lokal ..

    Beritanya copy paste style nih, kalimatnya baku bener .. ?

  9. Penghargaan dr mentri perdagangan, lo ya jelas , nmax kan pasar lokal dan exportnya bagus, nanti klo udah nyungsep ya , penghargaanya pindah ke motor yg lain , X ride misalnya ?

  10. Dulu kan ane pernah bilang(entah di warung ini atau sebelah) kalo desain NMAX itu lebih mengalir. Dan NMAX itu sebenernya bukan ke arah sporty tapi lebih ke elegan. Kalo yang sporty banget itu XMAX, kalo disini sih memang yang masuk XMAX 250 tapi di luar sana ada XMAX 125 yang lawan utamanya adalah Forza 125. Makanya kadang ane bingung sama orang yang bilang kalo desain NMAX itu sporty, padahal garis bodynya aja banyak yang melandai (cenderung ke arah elegan) dan dari depan hingga belakang tetap konsisten. Dan karena itulah lawan utamanya NMAX ya PCX karena PCX itu versi elegannya (Forza versi sporty).

    Tapi desain PCX itu kurang mengalir. Dari depan okelah kalian yang melihatnya akan mendapatkan kesan mewah elegan futuristik (apalagi kalo malam) tapi maaf, sampai ke belakang itu kurang sesuai dengan depannya. Belakangnya malah sporty banget, dan kalo lihat ke depan lagi, maka kesan mewah elegan futuristik malah jadi ilang. Apalagi bila melihat stangnya yang telanjang tanpa ada cover, membuat sebagian orang jadi terlihat wagu(bahasa Indonesianya apa ya? cenderung ke aneh kali ya?).

    Maaf, ane bukan mau BC atau menjelek2an, beda orang pasti beda selera. Tapi berhubung pada artikel ini sedang membahas tentang desain maka ane mengutarakan pendapat ini.

    Dan kalo ane boleh saran ke petinggi Yamaha untuk NMAX facelift, pertahankan desain yang mengalir harmonis ini. Penjualanmu makin seret karena kalian kurang berhasil mempertahankan desain yang sperti itu. Buat mengeluarkan kesan elegannya, coba terapkan spion yang ada lampu seinnya juga. Ini membuat spion jadi lebih besar dan makin kelihatan elegan nan mewah. Untuk facelift desain, ane akui itu bakalan sulit tapi ane akan coba percaya kepada bagian RnD nya sekali lagi untuk bisa memberikan desain yang baru tapi tetap utamakan desain yang mengalir harmonis tersebut.

  11. mungkin karena gaya selonjoran Nmax bisa lebih full dibanding PCX, PCX kaki hanya bisa lurus sedikit ke bawah mirip2 Lexy tapi lebih tinggi dikit, bandingin Nmax, kaki bener2 bisa lurus.

  12. ga ngebosenin liat NMAX, giliran liat PICEX saya teringat motor VIAR 3 roda yang dikutuk !
    uang saya tetap dipegang nunggu NMAX yang baru.
    Mengenai design, saya dulu pernah emal ke Yamaha Indonesia mengenai usulan – usulan perubahan design.
    Eh entah kebetulan atau tidak, usulan saya itu muncul di produk Yamaha yang baru. Watu itu yang Jupiter Z dan Vixion yang ganti lampu setelah model pertama dengan lampu bulat.

  13. standing applause 4 yamaha. berhasil mewariskan desain xmax series ke motor yg lebih kecil. kedepannya jgn coba2 eksperimen desain aneh2. contoh kasus new vixion

  14. emang sih nmax bagus motornya
    cuma image rusak karena oknum celup yg suka tot tot uwiw uwiw minggir lu semua :mrgreen:
    #oknum kok banyak
    #kabuurrrr…..

  15. Awalnya menggunakan PCX terasa lebih nyaman dan lembut, namun lama kelamaan koq terasa terlalu lembut bantingan di jalanan panjang dan terasa borring, seperti tenaga terlalu lembut dan tidak powerful saat melibas tanjakan perbukitan. (mungkin juga karena karakter kami aggresive, terbiasa pakai sport 250cc / moge 600cc). Rasanya gimana ya, susah digambarkan…. semacam memaksa gadis muda belia untuk main kasar lah kira kira. Berbeda dengan NMAX, rupanya karakter NMAX saat di paksa bergasing terus pada putaran tinggi terasa powerful, medan berupa bukit bukit landai, naik turun tidak menghalangi NMAX untuk menunjukkan kebengisannya, lebih binal dan cocok untuk menghadapi tantangan touring jarak jauh meurut Gue. Bedanya memang tipis secara power, tetapi di feeling terasa beda githu loh, semacam greget saat gas dipelintir dan terasa ada tenaganya. Jadi untuk jalanan aspal perbukitan naik turun NMAX dapet skor lebih. 8vs7

    Masuk jalan perbukitan yang berkelok kelok, naik turun, kiri kanan, kanan naik, kiri turun dll. NMAX lebih pas buat diajak main betot gas saat tikungan, lebih menancap di aspal saat diajak miring miring mengikuti kelokan jalanan. Kestabilan NMAX lebih terasa. Bukan berarti PCX tidak stabil, akan tetapi saat bermaneuver dengan PCX seperti pengemudi harus ada sedikit extra fokus untuk menjaga kestabilan motor. Ekornya seperti ngebuang mendal mendul. Sebaliknya bermaneuver dengan NMAX terasa Firm dan mudah aja diajak mengikuti toring line path saat kelokan. (bukan race line ya ? ) tanpa perlu ektra konsentrasi untuk menyetabilkan kendaraan gambot ini. Jadi NMAX juga memiliki skor lebih, yaitu 8.5vs6.5

    Diakhir perjalanan kami, yaitu jalanan lurus lurus panjang dan datar. Kami coba geber habis motor-motor ini, mungkin karena sebelumnya sudah naik turun naik turun terus, rupanya ngoss ngosssan juga. PCX nampak kecapekan, sudah tidak responsive diajak geber geberan di jalanan lurus yang datar. Namun NMAX masih dapat di bejek bejek buat menyalurkan tenaganya yang rada binal ini. skor kami masih untuk NMAX 7.5vs6

    Memasuki perkotaan, cape memang, tapi setelah kami istirahat makan siang sebentar, kami coba puter puter kota. PCX memang terasa lebih elegant dari pada NMAX yang binal. PCX kali ini yang mendapat skor 8vs7. copas artikel Mind Genesis

  16. Kali ini AHM memang harus akui kehebatan mesin 150+VVA nya Yamaha… Terlalu maksain Vario 150 dibajuin PCX. Bajunya gedombrangan, bikin mesin kedodoran. Tapi AHM gak usah khawatir, sepanjang logonya tetep Sayap, dijamin bakalan laku.

  17. Pendapat pribadi di setiap kelas yg good design:
    250cc ya cbr250rr
    250cc naked TNT25
    250cc cruser inazuma
    150cc R15 new
    150cc maxi nmax
    150cc matic vario150
    150cc bebek mx king
    150cc ayago sonic
    150cc naked CB150r
    125cc matic Lexi
    125cc bebek suprax helmin
    110cc metic scoppy

    Padahal sy penunggang Fit S…?

  18. Salah nih. Motor paling sempurna kan PCX. Cuma PCX yang sanggup bikin penggunanya mengalami halusinasi bengkok. Sampe ada workshopnya AHM, yg jelasin klo pengguna harus terima PCX apa adanya, penggunalah yang salah. Bukan AHM nya. Salah nihh..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.