Harley-Davidson Livewire 2020

TMCBlog.com – Halo bro sekalian, tren sepeda motor nampaknya akan memasuki masa transisi teknologi nih sob. Kini banyak produsen yang serius menggarap motor bertenaga listrik. Sebut saja pabrikan besar Jepang yang sering banget menebar teaser lewat motor konsep di tiap pameran. Kini, pabrikan motor super legendaris asal Amerika Serikat ikutan nimbrung main mesin listrik.

Senin waktu Amerika Serikat, Harley-Davidson merilis video yang berisikan beberapa produk masa depan mereka. Selain motor bermesin bakar dengan konsep terbaru, hadir pula realisasi atas project jangka panjang HD yaitu motor listrik yang diberi nama Livewire.

Livewire sendiri sudah dipertontonkan keoada publik sejak lama. Bahkan sempat jadi motor tunggangan superhero Black Widow di film Avengers Age of Ultron tahun 2014 silam. Harley-Davidson sendiri menginvestasikan banyak dollar untuk proyek ini. Sebenernya motor listrik HD dibuat bukan untuk menggantikan mesin bakar mereka yang legendaris itu, melainkan sebagai opsi lain bagi para calon konsumen mereka karena perubahan zaman yang dirasa berlangsung cepat.

Untuk spesifikasinya sendiri sih belum ada resmi, namun pada proyek awal Livewire, motornya menggunakan mesin induksi listrik AC 3 fase, bertenaga 74 hp pada 8.000 Rpm dan torsinya 70,5 Nm. Klaim top speed sampai┬á148 km/h. Untuk mengisi full baterai hanya butuh waktu 3,5 jam dan langsung dapat menempuh jarak 85 km sekali charge sampai full. Ngiiiiinngg….!!!

Harley-Davidson Scooter Listrik?

Beralih ke produk lainnya yang menarik pada video tersebut, terpantau ada sebuah desain motor unik yang sepertinya akan menjadi motor kecilnya Harley-Davidson nih sob. Mungkin gak sekecil Honda Monkey yah, namun HD juga dulu pernah bikin motor mini loh.

Kalaupun bener-bener akan diproduksi massal dengan tenaga dari motlr listrik, motor ini akan menjadi pilihan yang baik untuk biker pemula di negara-negara yang memberlakukan sistem perjenjangan SIM/license.

Flat Tracker Elektrik

Berikutnya ada sosok motor berbentuk Flat Tracker. Jika diperhatikan dimensinya tidak besar dengan rasio suspensi-setang dan lingkar roda. Ini bisa jadi ada hubungannya dengan proyek HD yang akan menghadirkan varian motor berkubikasi mesin 150-250 cc untuk pasar Asia.

Atau, konsep flat tracker listrik tersebut benar-benar akan direalisasikan demi menghadang pabrikan Alta Motor yang serius bikin Dirt Bike electric pada semua line-up jualannya di market Amerika utara. HD sudah mulai melek nih sama perubahan zaman, akankah akan hadir kembali APM yang memegang merk dagang Harley-Davidson di Indonesia mengingat HD sudah tampil All out dengan produk-produk barunya?

Nugi TMCBlog

6 COMMENTS

  1. Pernah muncul tuh di film Avengers Age of Ultron,dikendarai black widow
    Dan bs ditebak suaranya ngiiiiiing doang,nggak seru

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.