TMCBlog.com – Yes bro sekalian, judul artikel di atas memang pantas disematkan untuk pabrikan Harley Davidson yang memiliki rencana ambisius dengan berani keluar dari zona nyaman mereka selama ini untuk produk-produk terbarunya di tahun 2020 mendatang. Gimana gak bro, HD yang selama ini memproduksi motor besar bermesin V Twin dengan karakter cruiser, mulai merambah ke segmen lain. Setidaknya ada 3 motor selain motor listrik mereka yang akan dipasarkan di tahun 2020 nanti dan 2 diantaranya memiliki genre yang keluar dari ciri khas sebuah Harley Davidson. Satu model Streetfighter, lalu Tracker Bobber dan yang paling mengejutkan adalah sosok ADV bike atau motor adventure-touring. Weleh..

HD Streetfighter Concept

Proyek ambisius ini sepertinya memang telah dirancang oleh Harley-davidson sejak bertahun-tahun yang lalu. Terlihat ambisius memang karena HD selama ini jarang [ atau mungkin tidak pernah? ] bermain di segmen motor Streetfighter. Rumor yang berhembus adalah motor Streefighter milik HD ini akan memiliki range varian mesin dari 500 cc hingga 1.250 cc. Wow..

Untuk yang foto di artikel ini, motor tersebut diberitakan memakai mesin DOHC berkubikasi 975 cc dengan konfigurasi V-Twin dan sudah berpendingin air (water cooled). Meskipun HD telah lama membuat beberapa varian motor mereka dengan mesin berpendingin air, namun yang ini terlihat istimewa dengan jauh dari kesan klasik dan sedikit hilang ciri khas Harley Davidson yang lekat dengan image ‘Bapak bapak’.

Yang masih kental dengan ciri khas Harley Davidson pada motor concept ini ialah lekukan jalur pipa knalpot yang identik dengan mesin V-Twin cruiser pabrikan asal Milwaukee AS ini. Lalu transfer tenaga mesin ke roda tetap mempertahankan pemakaian Belt bukannya rantai. Tentu ini sebuah diferensiasi sang Streetfighter atas rivalnya.

Pada beberapa angle foto memang ada kemiripan dengan Sportster XR1200, motor yang disebut sebagai superbike-nya Harley Davidson tersebut memang lincah dan tenaganya besar dan sensasi berkendara seperti sebuah Superbike. Gak heran cuma Sportster XR1200 yang dipakai balap di lintasan road race Amerika.

Riding position dari Streetfighter concept ini memang lepas dari posisi berkendara sebuah cruiser dengan stang kemudi yang rendah dan jok yang tinggi serta bagian buritan yang pendek, seperti mengincar Center of Gravity di bagian tengah.

Pada video yang dirilis Harley Davidson Senin waktu Amerika Serikat, tertulis Lean, Nimble yang bisa diartikan bahwa motor tersebut dirancang Ramping secara dimensi dan Gesit ketika dipakai berkendara. Wajar sih, 975 cc dengan mesin konfigurasi V sangat memungkinkan untuk dibuat ramping. Lalu HD memilih roda lingkar 17 inchi di depan dan belakang yang sudah pasti akan membuat motor ini lincah.

HD Bobber Custom 

Kalau yang satu ini konsep motornya sudah pasti Harley buanget atau american Style banget. Genre Bobber yang diusung memang kental dengan aura HD selama ini dan Bobber sendiri adalah model motor yang sering dijadikan referensi modifikasi biker jaman perang dunia kedua. Pemakaian ban besar di depan dan belakang serta minimnya aksesoris menjadikan model Bobber sebagai motor yang kencang pada era-nya.

Dan Harley Davidson merancang HD Bobber Custom concept ini dengan mengambil latar belakang tersebut dan dipadukan dengan kenyamana motor Cruiser pada Bobber Custom satu ini.

Tampak depannya masih mirip dengan HD Fat bob yang ada di pasaran saat ini, Headlamp LED bar light yang menempel di suspensi depan yang pendek serta setang model roadster yang rendah dengan posisi spion berada di bawah handlebar memang mengesankan kepadatan pada area kemudi. Padat dan gagah bener ni motor.

Sedangkan urusan mesin, Bobber Custom ini dibekali mesin V Twin DOHC generasi paling anyar dengan kapasitas 1.250 cc berpendingin cairan. Bisa jadi akan masuk ke jajaran keluarga Sportster nih nantinya..

Lanjut ke bagian buritan, clean/rapih/simpel banget tapi gak kehilangan aura elegannya. Swing arm lebih panjang ketimbang Streetfighter Concept sebelumnya dengan posisi mesin yang rendah merapat ke permukaan tanah, dan cpba kalian lihat deh sob posisi titik as roda depan dan belakang segaris sejajar dengan pivot swing arm-nya. Kuat dugaan bahwa motor ini akan nyaman dan anteng ketika diajak bermanuver melibas kelokan jalanan pegunungan dengan kecepatan cukup tinggi.

HD Pan America Concept

Kalau yang ini TMCBlog rada speechless sih waktu pertama kali liat. Pertama karena sebuah Harley Davidson kok mgeluarin motor ADV Bike (sebutan motor di kelas adventure-touring) begini terlebih dengan basis mesin V Twin yang super besar dan berat. Apa gak susah ketika di ajak touring jauh di jalur light off road yah? Nah yang kedua, modelnya out of the box bangettt… Saya bilang sih aneh, unik tapi rada jelek tapi lama lama terbiasa sih. Kebanyakan ‘tapi’, Hahaha..

Terus terang motor yang dinamakan Pan Ameria Concept ini terlihat gagah, menyajikan satu model yang keluar dari jalur Harley Davidson demi mengikuti perubahan zaman namun tidak kehilangan karakter sebuah Harley Davidson. Ada kemiripan dengan Road Glide perpaduan dengan Fat Bob pada headlamp yang pakai LED Bar light pada bagian muka. Sedangkan di buritan bener-bener sebuah motor ADV yang minim dengan cover body dan lebih menonjolkan sub-frame besi turbular begitu yah sob.

Jok yang rata antara depan dan belakang dan knalpot yang panjang menjulang dari bagian bawah tengah motor seperti sudah melengkapi syarat sebuah motor ADV. Hadirnya crash bar pada bagian depan juga mempermanis tampilan Pan America Concept ini nih, selain pemanis tentu saja berfungsi melindungi radiator ketika motor terjatuh  saat dipakai berkendara jarak jauh.

Dapur pacunya 1.250 cc V Twin DOHC water cooled generasi terbaru dan sangat logis ketika pada nantinya Harley Davidson akan memperbanyak pilihan untuk konsumen di segmen ADV bike dengan mengadopsi mesin yang lebih kecil kapasitasnya untuk Pan America mereka yang lain. Ingat kan HD sedang membangun mesin berkubikasi kecil dibawah 400 cc? Nah cocokologi nya memang ke arah sana sob.

Informasi yang didapat memang benar-benar minim, TMCBlog hanya mampu melihat dan mendengar video berdurasi kurang lebih 3 menit untuk semua motor concept Harley-Davidson untuk 2020 ini. Namun Pan America ADV ini dirancang untuk bisa bersaing dengan rivalnya di kelas ADV bike seperti Yamaha Tenere, Honda CRF1100 Africa Twin, Ducati Multistrada, BMW R1200GS, dan Triumph Tiger 1200.

Melihat dari sektor kaki-kakinya sih sudah cucok banget buat main tanah nih, roda depan 19 inchi dan belakang 17 Inchi dibalut dengan karet ban dual purpose dengan alur ban yang lebih ke peruntukan di off road. Benar-benar keluar dari zona nyaman nih Harley Davidson, peranti pengereman pakai Brembo loh. BTW, guede bener ni motor yahh..

Semua motor pada artikel ini memang baru sebatas konsep, maka jangan kaget ketika di launching akan sedikit berbeda dengan apa yang ada di artikel ini ya sob. Hmmm,, Jadi kepikiran, HD bikin motor se-radikal ini yang keluar dari zona nyaman mereka selama ini apakah masih akan menjadi pilihan para penggemar Harley Davidson gak yah?

Nugi TMCBlog

20 COMMENTS

  1. karena segment motor cruiser sudah stuck jadi mencari alternatif segment yg lain wak, dan moderinasi mesin jadi keharusan karena style saja gak cukup untuk HD dimasa mendatang, V Twin tapi dgn tambahan part kekinian wkwkwkwk

    Guest
  2. Bkn keluar dr zona nyaman tp lebih tepatnya kevevet mau gg mau ya cari opsi biar dapur ttp ngebul….
    #prefer to choose european / japanese bike

    Guest
  3. Wak haji .. Ini keren bgt suerr!!
    Bayangin aja motor adventur tapi exhaust soundnya VROD

    Beuuuuuhhhh… eargasm just to think about it

    Guest
    • Betul bro… Estetik banget menurut ane tuh yang PAN AMERICA, masih kelihatan ciri khas HD nya kok itu dari tangki, shroud sampai muka depan mirip Road Glide. Mungkin diperbanyak aksen-aksen krom nya juga gpp kali ya biar makin kental aura HD nya. Retro Modern American Muscle hehe.. nice

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.