TMCBlog.com – Bro sekalian, mengambil momen Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 Astra Honda Motor secara resmi menjual Forza 250 di Indonesia. Keran inden sudah bisa dibuka, namun sampai pada terbitnya artikel ini, pihak AHM belum membeberkan harga jual matic bongsor terbarunya tersebut. Daripada manyun, mending kita intip sedikit banyak detil dari Honda Forza 250 yang akan meramaikan jalan kota-kota di Indonesia. Ceilahh.. Yuk cekidot!!

Secara tampilan tidak ada yang berbeda dengan Forza 250 yang pernah TMCBlog tulis dengan mengambil referensi dari Young Machine beberapa hari lalu. Hari ini kami jadi saksi bahwa Forza yang dipamerkan di GIIAS 2018 ini memang Forza 250 yang persis dengan yang di Jepang sana. Manteb banget emang materialnya kalau Honda CBU, greget abis sob.

Mulai dari melongo ke bagian wajah, gak ada yang beda sama Forza luar negeri yang foto-fotonya sudah kalian download dari sana sini. Headlight LED 3 cluster dengan DRL (Daytime Running Light) memanjang ke atas. Windshield juga dibekali dengan motor elektrik untuk menaik-turunkan ketinggiannya lewat tombol yang ada di saklar stang sebelah kiri. Eropa banget cuyy… Ente gak perlu copat copot baut boddy buat adjust windscreen nya. Dan yang menarik dari fitur ini adalah berapapun ketinggian yang sobat mau bisa diatur sesukamu, jaadi bukan hanya 2 ukuran ketinggian windshield yah, tapi beragam. Kayak nyetel kaca pintu mobil gitu deh bro.

Masih di bagian depan, spion menempel di tebeng depan dan lampu sein ada di spion. Mirip dengan CBR1000RR Fireblade. Cerminnya disetel manual yah, gak ikut-ikutan elektris seperti windshield nya.

Beralih ke buritannya, Forza ini bohay banget tapi elegan, tidak seronok. Ada kemiripan dengan PCX150 dengan lampu stand by-nya berada di atas dan bawah lampu rem. Semua sudah LED sob, seperti Honda Honda yang lain.

Temen-temen media sudah jajal boncengan dan impresinya nyuaman pol. Ya wajar karena jok beda dari Honda pada umumnya. Soft euy!!

Ngomongin dashboard Forza, terdapat dua cluster panelmeter seperti pesaingnya, XMax 250 dengan perpaduan analog-meter dan digital pada MID nya.

Selain gauge-meter selayaknya standar dari sebuah sepeda motor, fitur lainnya ada penujuk jam, suhu mesin, tripmeter yang mungkin ada Trip A dan Trip B, voltmeter, lalu ada Air Temperatur (?) Kalau ini maksudnya pengukur suhu udara di sekitar mah keren abis, udah mirip mobil sedan modern ini nih.

Keyless sudah pasti jadi fitur standar Forza 250 dan hampir tidak ada bedanya dengan motor matik Honda yang sudah Keyless lainnya. Jadi owner gak perlu membiasakan diri lagi sama fitur keyless yang anyar.

Saklar/switch sebelah kiri rame banget sob. Salah satunya ada tombol pengatur ketinggian windshield, lalu untuk memilih informasi yang diinginkan pada MID dan… tombol HSTC jangan lupa untuk mengatur bedaran torsi ke roda belakang alias traction control.

Yup, letaknya ada di depan hand grip, mirip posisinya dengan pass beam motor jenis sport.

Beralih ke bagian kaki-kaki. Velg nya pincang mas bro, sama kayak XMax. Dengan lingkar roda 15 inchi di depan dan 14 inchi di belakang. Ban depan 120/70-15 dan belakangnya 140/70-14. Sudah ABS dan yang cukup berbeda dari kompetitor adalah suspensi depan belum full suspension seperti XMax. Apakah akan inferior atau tidak pengaruh? Kita kudu tes ride nih. Suspensi belakang dual shockbrraker dengan derajat posisi yang lebih miring ketimbang kompetitor.

Bagian mesin belum di release spesifikasi resminya dari AHM, tapi disinyalir kuat tidak akan berbeda ketimbang yang ada di Jepang sana.

Waktu booth agak sepi, langsung coba cek kapasitas bagasinya.

Gedenya wajar dan jujur aja gak terlalu kaget karena sudah seharusnya motor sebongsor ini punya kapasitas muat banyak begini.

Tapi ada yang unik ketika Honda menyematkan kompartemen khusus untuk meletakkan botol minuman di samping dan tidak menggangu jika owner memuat 2 helm full face di sana.

Lalu ada plastik tambahan untuk memisahkan barang bawaan di dalam bagasi supaya tidak bergeser atau memang dimaksudkan untuk dipisah. Dipisah jangan jauh-jauh takutnya kangen. Eaaa…

Cakep loh Forza 250 ini, kalian kudu liat langung nih ke GIIAS di ICE BSD Tangerang karena impresi lihat dari foto dengan lihat langsung tuh beda.. Kami agak terkendala dengan luasnya Booth AHM yang ada dipinggir Honda Prospect karena harus berbagi lahan dengan mobil-mobil Honda terbaru ditambah tingginya antusia pengunjung dan awak media yang berkerumun di Forza 250 ini.

Sempet naikkin Forza 250 ini dan impresinya yahud banget broh.. Jadi kalau Weekend ini kalian ada rejeki lebih, bisa mampir kemari buat liat-liat motor yang keren-keren. Ada new CRF1100 Africa Twin juga di sebelahnya yang bisa dikepoin loh. Salam dari ICE BSD..

Nugi TMCBlog

43 COMMENTS

    • ga mungkin lah bro kalo produk CBU ane yakin banget kualitas honda mantap… kalo yang di sini kan ente tau sendiri buatan A** ya kualitas tau sendiri kan beda jauh ama CBU

  1. Mantabz ya wak Taufik?
    Kata-kata reviewnya begitu tendensius, memuji, dan takjub. Saya yakin memang demikian keadaannya, tanpa dibuat-buat.
    Namun, ketika motor tersebut di lokalkan, akankan AHM bisa membuat dgn kualitas & kepresisian yg sama?
    entahlah, kita lihat sj nanti

  2. Mantabz ya wak Taufik?
    Kata-kata reviewnya begitu tendensius, memuji, dan takjub. Saya yakin memang demikian keadaannya, tanpa dibuat-buat.
    Namun, ketika motor tersebut di lokalkan, akankan AHM bisa membuat dgn kualitas & kepresisian yg sama?
    entahlah, kita lihat sj nanti.

  3. cakep forza kayanya sama kompetitor … tapi biarlah konsumen yang memilih semoga semua senang semua menang

  4. kalimat ini menarik disimak: “Manteb banget emang materialnya kalau Honda CBU, greget abis sob.” (kalimat terakhir pada alinea ke dua)

    ayolah em ngahaem, mosok kau ngga pengen meningkatkan built quality produk²mu?

  5. Bukan FBY Sekedar Mereview kemarin liat di Booth
    Body depan asli kek liat pcx lokal
    Dari samping sexy abis
    Belakang lebih sexy xmax (maaf)
    Area dashbor kirain full digital
    Taunya sama kek xmax (maaf lagi) lebih elegan xmax
    Buildquality emng manteo cbu
    Bandingin sama kabuki di rumah malah kalah tebel (maaf)

  6. emang mantep inih si forja250

    yuk mampir di chanel youtube saya
    https: //www.youtube.com/channel/UCIc1MzzVuvi-5zQYKwXyANg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.