TMCBlog.com – Bro sekalian, renderan CAD paten untuk motor yang disinyalir kuat sebagai update dari BMW S1000RR hadir pekan ini dan boleh dibilang penampakan desainnya sangat sangat mendetailĀ  . . Saking detailnya kita bisa melihat dengan jelas seperti apa bentuk part patt kecilnya seperti kaliper dan baut bautnya.

Iseng TMCBlog membandingkan dua gambar seperti di atas dimana yang atas adalah desain S1000R yang baru . . Terlihat ada banyak banget perubahan. Sobat bisa lihat pada sasis utama yang menjadi tempat menopang mesin memiliki bentuk yang sama sekali berubah, dimana untuk S1000RR yang baru terlihat sasis lebih meliuk ke atas.

Lalu sobat bisa melihat bahwa Subframe di S1000RR yang baru sudah mengadopsi bentuk jalinan Tralis dan telihat sengaja diekspos. Ini berbeda bila dibandingkan dengan S1000RR lama atau yang ada saat ini dimana sasisnya merupakan besi kotak yang posisinya lebih disembunyikan. Konsep bentuk swing armnya juga berubah sob dari yang awalnya melendut ke atas, menjadi ke arah bawah ( underbraced swingarm ), seperti yang jamak kita lihat pada motor-motor balap MotoGP ataupun WSBK.

Soal Mesin dikabarkan BMWS1000RR yang akan menjadi Model Year 2019 nanti ini akan memperoleh mesin yang lebih bertenaga dan ditambah dengan beberapa State of The Art Technology seperti pengaplikasian Counter/Backward Rotating Crankshaft dan Variable Valve.

Bila soba mau kepoin sedikit ke arah bawah BMW mengaplikasikan semacam dua pos Catalitic Converter di bawah mesinnya pada desain S1000RR MY 2019 nanti . . Sepertinya ini ada hubungannya dengan pesiapan BMW menyambut keharusan lolos standar emisi Euro 4 . .

Menarik melihat Headlamp depannya yang keluar dari pakem motor BMW dimana bentuk lampu kanan dan lampu kiri biasanya dirancang asimetris . . Lampu depan calon BMW S1000RR sepertinya akan menggunakan lampu LED dengan bentuk yang simetrik kanan dan kiri. Motor ini diperkirakan akan mulai diperkenalkan dalam penampakan full produksi massal diĀ  ajang pameran Intermot 2018, Jerman pada Oktober mendatang.

Taufik of BuitenZorg

37 COMMENTS

    • kan ini masih desain mentah bro, tetep pake rante ko. itu kan gir belakangnya masih keliatan lancip lancip begitu bro.

      Guest
    • rantai lah bro..hhe. karna renderan mkanya ga gt jelas. bisa dikatakan wajib hukumnya motor superbike pake rante karna tuk aksel.. saat race. btw mmng untuk varian superbike, bmw satu”nya motor produksi mreka yg pake rantai.

      Guest
  1. Lebih berkarakter s1000rr yg lawas,lampu asimetris dan kisi kisi fairing kayak insang ikan hiu itu keren pake banget

    Guest
  2. Mirip TVS Akula
    Berarti TVS akula ,konsepnya TVS r310 itu udah tau bocoran desain next BMW s1000rr

    Atau kebalikannya BMW yg Ngikut corporate design dgn TVS

    Guest
  3. di superbike dlu yg mngawali Underbraced Swing Arm adalah R1 karena mgadopsi teknologi M1(juga pioner swing arm serupa). sekarang malah R1 ga pke swing arm model bgtu. pdhal d WSBK semuanya pke model underbraced (pdhal versi productionnua g pke).

    Guest
  4. Sebenarnya saya lebih suka yang model sekarang. Tapi entah kenapa kalo liat superbike BMW S1000RR lebih mirip motor Jepang dibandingkan motor Eropa.

    Guest
  5. request wak : buat artikel tentang swing arm belakang model underbraced swingarm dan kebalikannya. sisi positif dan negatif nya. terimakasih

    Guest
  6. Kalo Saya jauh lebih suka yg lama… Greget.. Garis siku yg tegas dan runcing, gak kaya Motor kekinian yg cenderung ‘cembung dan gendut’… Apalagi Head Lamp Asimetris yg lama itu lho, ciri khas banget… Karena itu idah Iconic, layaknya 2 buah grill depan Mobil BMW yg memang simetris tapi selalu ada di semua tipe Mobil BMW.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.