TMCBLOG.com – Bro sekalian, tenyata, Christope Ponsson itu telah memiliki deal 4 kali race dengan Avintia Racing Ducati untuk bisa race di kelas MotoGP sebagai pengganti dari Tito Rabat yang cidera. Ponsson menjelaskan bahwa deal antara pembalap muda berusia 22 tahun tersebut dengan Avintia Racing Ducati itu termasuk race di Misano, Aragón, Buriram dan Motegi 2018 . . Namun seperti yang sobat sekalian ketahui bahwa Avintia Racing Ducati telah mengumumkan bahwa untuk seri Aragon 2018, nanti pembalap yang akan mengendarai Ducati GP16 adalah Jordi Torres . .

Ponsson mengatakan bahwa klausul deal antara dirinya dan Avintia Racing Ducati untuk tampil di 4 seri MotoGP tersebut tidaklah memiliki klausul pembatalan ( Exit Clause ) .. Namun menurut Posson di hari Jumat pekan lalu, pimpinan Team Avintia Racing ( Raul Romero ) menginformasikannya via telefon ketika ia sedang latihan bersama Ruben Xaus, bahwa ia tidak perlu datang ke GP Aragon karena Dorna telah memilih salah satu pembalap Spanyol sebagai pengganti Tito Rabat.

Ruben Xaus pun merespon dengan mengingatkan Avintia Bahwa mereka masih memiliki kontrak 4 kali race, namun Romero mengatakan bahwa perubahan ini harus diambil karena tekanan dari pembalap lain ( Cal Crutchlow dan Jack Miller ) yang bersikeras dan mencoba meyakinkan pembalap lain bahwa Ponsson tidak sepatutnya ikut race lagi. Walaupun sudah memperkirakan bahwa hal ini karena adanya tekanan dari pembalap lain, saat ini Ponsson masih menungu penjelasan official dari Dorna mengenai alasan keputusan yang menimpanya ini karena ia merasa berhak tahu dan mengerti tentang situasi yang sebenarnya terjadi . .

Gimana Sebenarnya Regulasinya ?

Di race weekend MotoGP Misano memang Cal Crutchlow dan Jack Miller sempat merilis kekhawatiran keduanya akan Pace dari Christope Ponsson ini walaupun memang faktanya laptime Posson Masih masuk dalam Bracket Time 107% dari laptime tercepat yang terjadi. Yap secara umum memang selama ini lontaran kekhawatiran dari pembalap lain masih berada dalam tataran kemungkinan, Ponsson mengaku ia sendiri merasa tidak penah membahayakan pembalap lain jika memang lap time-nya dianggap masih lambat

Di regulasi disebutkan pada pasal 1.15.5.B.ii tertulis bahwa untuk bisa berpartisipasi pada kualifikasi, pembalap harus torehkan lap time paling lambat 107% dari lap time tercepat di sesi yang ia kerjakan dan ini harus dilakukan minimal salah satu dari 4 kali sesi Latihan Bebas yang diberikan ( FP1,FP2, FP3, atau FP4 ) . . Dari memlihat regulasi ini Christope Ponsson lolos karena FP2 ia bisa menorehkan laptime lebih kecil dari bracket 107% ( 5,956 detik dari Lap time 1’32.198 Dovizioso kala itu ~ 1,068% dan ini lebih kecil dari 107% Bracket time )

Lanjut, untuk bisa mengikuti race, seorang pembalap harus bisa menorehkan lap time kurang dari atau lebih kecil dari Bracket Time 107% atas catatan waktu pembalap tercepat saat sesi Q1 . . Lap time tercepat saat sesi Q1 GP Misano lalu adalah 1’32.389 ditorehkan Dani Pedrosa. Sedangkan lap time milik Ponsson adalah 1’37.180 atau yang bisa diartikan Ponsson lebih lambat 4,791 detik dari Lap time terbaik di Q1 milik Pedrosa. Atau dengan kata lain Ponsson hanya 104,9% ..  Yes, dari regulasi ini Ponsson memang punya hak untuk mengikuti balapan kelas MotoGP . . Yap TMCBlog panjang lebar jabarkan semua ini beserta regulasinya biar kita semua cerdas dalam menilai suatu masalah dan menyandarkan pada regulasi yang ada dan bukan pada opini opini belaka . . Semoga berguna..

Taufik of BuitenZorg

26 COMMENTS

  1. mendingan ikutan di wsbk aja dulu son… di motogp kamu udah tertinggal sekian detik dan di overlap,kalo udah lebih jago baru dah ikutan motogp lagi. ok son?

    • Passon yang balap pake 1000cc aja di protes apalagi cm yudhis yang tua di 600cc… Itu pun ga pernah juara, tampil bagus cm kadang² doang… Apa hebatnya yudhis?

    • Yudhistira pembalap ss 600 terbaik dari Indonesia tong 3 besar se Asia,selain itu cm Hendriansyah,emang ada pembalap indonesia yg lain ,sebelah aja bertahun2 di arrc gak juara mlh ikut cev tambah gak juara LG deh,cm penggembira 4 Thun gak pernah juara

  2. Tapi memang perkataan Crutchlow terlalu menusuk dan seolah men judge Ponsson gak layak di MotoGP sama sekali, padahal itu cuma opini dia. Sama kayak dia bilang winglet Ducati bisa jadi pisau kalau crash, tapi dia sendiri akhirnya juga pakai winglet dan paling sering crash. Gitu juga waktu salahin Marquez disaat dia gak bisa pegang RC213V sekenceng Marquez. Bagi Crutchlow lebih mudah komentari pembalap lain ketimbang fokus sama diri sendiri. Kalau Miller sih, ya dia rasain sendiri pertama kali naik MotoGP tanpa pernah naik 600cc apalagi 1000cc sebelumnya sama sekali, jadi bisa dimaklumi opini dia. Toh Miller sendiri buktiin di debut dia gak selambat Ponsson padahal pakai RC213V-RS

  3. Yg buat regulasi gk taat sama regulasinya? Kasian si ponsson

    Kalau masih dikasih kesempatan tunjukkan kemampuanmu, minimal gk sampe dioverlap lah. Kemaren pas balap dia jg tau diri, minggir pas dioverlap.

  4. buseddd gak salah umur 22 nih pembalap ? mukanya tua amat ??

    sebenernya yang bikin membahayakan kalo dioverlap gamau minggir kaya kasus lorenzo sama pembalap crt di valencia 2012 siapa yak pembalap crtnya lupa saya. mau dioverlap sama lorenzo dia gamau minggir alhasil lorenzo highside ?? nah buriram sirkuit pendek, bisa aja kejadian kaya lorenzo terulang diburiram.

    oiya padahal yang cuma komen gak cuma crutclow sama miller, ada juga rossi, marquez dan beberapa legenda motogp juga pada bilang avintia memilih pembalap bukan karena skill tapi karena uang. wkwkwk cuma kenapa hanya crutclow sama miller aja yang diperpanjang yak ? apa takut dia sama yang lain ? wkwkwk

    • Karena miller dan crut doang yg perkataanya trll nusuk, kl yang lain cm bilang karena uang tp ngga merendahkan pembalapnya, dan pada kenyataanya avianti memilih passon karena uang kontrak 4 serinya susah di tolak,..

    • @kejepit sleting
      nahh dulu 2016 mike jones dtng ke motogp latar blkng sama dgn ponsson sama2 buta pengalaman. nahh dulu rider2 diam tutup mulut, knp baru skrg koar2 membahayakanlah, gak safety lah.
      kamprett ?? mungkin mereka takut sm om bayliss yaa??? soalnya jones itu anak didik bayliss di ducati australia

  5. Tp memang si crut kalau memberi opini terlalu blak²an,trll nusuk,..
    Biasanya sih komentar² crut selalu di percya sama fumiyem, terutama kalau lagi mengomentari honda…

  6. Orang Avintia nya yg kucluk gak bisa nyari rider yg kompeten, ujug2 langsung disodorin kontrak 4 race dgn tambahan kalo kondisi Tito belum juga membaik bisa jadi sampe Philip island bahkan Valencia

    Namanya rider muda dikasih kesempatan naik motor prototipe dikejuuaraan nomor 1 ya Yas yes Yas yes
    Sama kayak yg dikata Aleix,kalo dia disodorin Ferrari untuk balap F1 pasti dgn cepat dia bilang YA

  7. TMCBlog panjang lebar jabarkan semua ini beserta regulasinya biar kita semua cerdas dalam menilai suatu masalah dan menyandarkan pada regulasi yang ada dan bukan pada opini opini belaka
    _______
    Menarik nih nukilan di atas..mudah2an bisa ngobatin para fb garis keras..yg beropini cerdas boongan

  8. Saat Marc ditanya tentang Ponsson di press conference, dia nanya balik “Who?”, habis itu baru jawab. Pun Rossi menanggapi hal yang sama yang initnya. Mengendarai motor kelas utama, berbeda dengan balapan mengendarai motor super biasa. Dan, Hasil Race krmn, dia satu-satunya pembalap yang gapnya sampe 1 lap. Sampai Misnao kemarin, rasa-rasanya g ada pembalap yang gap dengan P1 sampe 1 lap. Wajar sih kl banyak yang bertanya-tanya kapabilitas Ponsson menunggangi motor MotoGP. Masalah komentar Cal, yah biarpun omongannya banyak benernya tapi kemampuan Cal mengendalikan mulutnya sebelas dua belas sama kemampuan Fenati mengendalikan emosinya…..

  9. belum paham gimana maksudnya “minimal 107% dr laptime pembalap tecepat saat itu”
    yg dipikiran saya 100% dr laptime pembalap tercepat berarti sama plek dengan pembalap tercepat, kalo 107% malah yg saya pikirkan harus lebih cepat dr pembalap tercepat, haduh bingung wak.

  10. dulu mike jones dtng ke motogp latar blkng sama dgn ponsson sama2 buta pengalaman. nahh dulu rider2 diam tutup mulut, knp baru skrg koar2 membahayakanlah, gak safety lah.
    kamprett emang ?? apa mungkin mereka takut sm om bayliss yaa??? soalnya jones itu anak didik bayliss di ducati australia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here