TMCBLOG.com – kaget bener sob ketika membaca Status twitter dari CEO ducati Motor Holding Claudio Domenicali. Beliau berkata bahwa walaupun Misano sudah berlalu satu pekan yang lalu namun emosinya masih terasa tinggi. Departement Racing Ducati ( Ducati Corse ) meningkat banyak dan belajar banyak hal. Beliau pun mengekspresikan ketidak -sabarannya untuk menunggu perilisan fitur fitur yang ada di Ducati Desmosedici GP18 ke versi masa depan dari Motor V4 Produksi massal Ducati.

Domenicali menuliskan contoh contoh fitur yang bisa jadi akan dibenamkan di Versi masa depan dari  Ducati Panigale V4, yakni Kekakuan Frame, Konstruksi Swing Arm, Kontrol Traksi dan Paket Aerodinamika  . ..  Ini jelas menarik, kenapa Domenicali mengarah ke 4 fitur di atas ?

Frame stiffness . . Yap Domenicali menyebutkan dengan jelas sifat kekakuan dari Sasis, dan Domenicali tidak menyebutkan Sasis ..  Yap kalau kita mau sedikit detail Sasis dari Ducati Panigale V4 itu berbeda dengan sasis dari Ducati Desmosedici GP18 . . dimana sasis dari Panigale V4 tidak langsung ketemu dengan swing arm dan menjadikan sebagian Bongkahan mesin menjadi Bagian dari sasis. Sedangkan sasis dari GP18 itu berjenis perimeter ( twinspar ) dengan bahan alumunium dimana bentuknya lebih ke bentuk sasis mainstream motor balap pada umumnya . .

Yang ditekankan adalah Kekakuan dari sasis . . perkiraan TMCBLOG ducati akan melakukan penguatan sasis Panigale sehingga menjadikannya lebih kaku ( tidak membuat Sasis baru ). Ini bisa dilakukan tanpa mengubah bentuk sasis, namun dengan pengubahan material dari sasis, maupun penguatan dari Luar seperti ‘membungkus sasis’ dengan Carbon seperti yang dilakukan di motor motor prototipe MotoGP.

Kosntruksi Swing arm dari Ducati Panigale yang Mono arm, sangat berbeda dengan Sasis Desmosedici GP18 yang dual Arm dengan bentuk melendut ke bawah . . apakah Panigale Versi Ultimate akan menggunakan Konstruksi Dual Swingarm ?

Penulisan ‘Traction Control’ atau Kontrol Traksi sepertinya untuk menyederhanakan apa sebenarnya yang mau Domenicali maksud. Ini bisa jadi adalah sebuah teaser dari Domenicali bahwa Panigale V4 masa depan akan menggunakan sistem elektronik yang jauh lebih canggih . . entah kayak apa nanti, bisa jadi management setingan elektronik di MotoGP akan diturunkan Juga

Paket Aerodinamika. Yap Ducati memang punya Image yang konsisten dan sebagai pelopor dalam hal pemberdayaan part aerodinamika di starting grid MotoGP   . . melihat beberapa Motor motor superbike saat ini, Part Aerodinamika sudah mulai menghadirkan  . . . seperti yang telah dikerjakan oleh Aprilia, maka bukan tidak mungkin Ducati akan menghadirkan Entah winglet, inner winglet atau bahkan sampai hammer head wing di Next Panigale V4 . . .

Taufik Of BuitenZorg

20 COMMENTS

  1. aplikasikan aja teknologi mesin listrik Formula-E nya Audi. klo winglet mending gak usah dulu supaya tidak mengurangi estetika “Ferrari”nya roda 2. hehehe

  2. Panigale V4 udah cantik emang sih ngedepanin estetika di banding teknikal, tapi kalo Ducati nantinya bisa kembangin V4 ke arah yang lebih advance dari sisi teknikal tapi gak ngurangin estetikanya the real beuuh dah, hehe

  3. Berarti benar benar beruntung/ diuntungkan ya ducati bahkan dari sisi elektronik bisa menurunkannya ke mas pro. Pabrikan lain mungkin rada sulit mengembangkan elektronik turunan motogp kalau pake magneti, tapi ya bisa saja tidak masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here