TMCBLOG.com -FIM Eropa dan Dorna memutuskan bahwa kejuaraan Dunia 2019 European Superstock 1000 Bukan Lagi menjadi bagian dari MOTUL FIM Superbike World Championship. Dan ini tentunya membuat Musim 2018 menjadi Musim terakhir dari total 19 Musim STK1000 yang menghasilkan 17 Orang Juara berbeda dari 6 pabrikan berbeda.

Menurut Dorna Dan FIM, Keputusan untuk tidak meneruskan STK1000 ini lebih disebabkan Karena evolusi dari regulasi teknis dari WorldSBK ditahun tahun terakhir yang boleh dibilang semakin beririsan dengan regulasi STK1000.

Melihat dari Dihapuskannya Kelas STK1000 dari Paddock SBK, maka  menurut Martin de Graaff, FIM Europe 1st Deputy President Diharapkan kejuaraan Kejuaraan balap STK nasional di tingkat negara ataupun regional seperti yang akan hadir di ARRC tahun tahun mendatang menjadi lebih memiliki Value Tersendiri.

Jadi seakan akan Kejuaraan STK di Tingkat Nasional dan regional akan bisa menajdi batu Loncatan ke tingkat Dunia World Superbike. Daniel Carrera, WorldSBK Executive Director mengatakan Bahwa dengan dihapuskannya STK100, maka Dorna dan Penyelenggara akan lebih fokus ke 3 Kelas yang ada WSSP300, WSS dan WSBK.

Taufik of BuitenZorg

24 COMMENTS

  1. mungkin Yudhistira karna dengar itu jadi ya yaudah kalo disuruh pulang, dan nggak terlalu memperdalam ilmunya disitu juga dan memilih tetap fokus di SuperSports yg masih terbuka

    eh…sebentar,tapi tahun depan kan ARRC ada asb1000,dan ss600 belum tentu berlanjut

    Guest
  2. RIP superstock 1000. sayang banget udh kelas lama malah dihapus. makanya WSBK itu jauh lebih bagus pas dikelola FG Sport, mana regulasinya makin mendekati standar lagii. kacau dahh

    Guest
    • pdhal Seru bgt bro..justru ini lahannya balapan beda dr yg lain…
      Stk 600 pun ada …

      kalau dihilangin penikmat balap jd kehilangan tontonan …

      Guest
    • Kelas superstock biar jd balapan lokal, jd tim2 privateer lbh banyak yg berminat turun ngetrek dan jd filter utk rider2 potensial utk menuju wsbk

      Guest
    • justru sayang lahh dihapus bro. STK kan jd kelas alternatif utk rider yg budget blum cukup ke WSBK atau rider2 muda…
      btw kontrak rider2 STK utk musim dpn gimana?? ajangnya dihapus tiba2 pd kemana ya mereka?

      Guest
  3. Dulu STK600 dihapus dan balapannya jadi di gabung wss tapi levelnya cuma Eropa, sekarang STK1000 juga dihapus. Keliatan banget Dorna berusaha jadiin WSBK selapis dibawah MotoGP. Jaman dipegang Infront Motorsport dulu malah sebaliknya, WSBK seru banget dan hampir setara MotoGP karena Infront Motorsport mati2an buat saingi MotoGP sampai2 beberapa race best time nya lebih bagus dari MotoGP yang masih era 800cc dan peserta di MotoGP cuma 19 sementara WSBK hampir 30.

    Guest
    • Sependapat, dan sangat disayangkan. Scr spek motor mmg ada beda, namun gelaran WSBK pny pesona dan dunia sendiri yg bisa bersaing dng GP. Entah bgmn pola pikir Laverty, padahal dia kan termasuk yg merasakan atmosfir WSBK sebelum Dorna. Bahkan mungkin bbrp thn kedepan SBK & WSS akan dibuat sbg pengganti Moto 2 & 3 mengingat Dorna dulu pernah menawarkan hal tsb.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.