TMCBLOG.com Bro sekalian seperti sobat sekalian tahu saya ada rencana kembali mengunjungi Jepang dalam waktu dekat ini. Nah namun semenjak sabtu kemarin saya sempat mumet dikarenakan masalah Visa Jepang. Jadi gini, Visa Jepang yang saya miliki bertipe Multiple Entry dengan masa berlaku 5 tahun sampai 2020 nanti. Saat proses pembelian Tiket pesawat ke Jepang dari Indonesia (dan juga pada umumnya ke luar negeri ) kita butuh No Paspor, dan Jika paspor kita sudah masuk masa tenggang ( 6 bulan sebelum masa akhir ) maka secara Otomatis kita tidak bisa membeli tiket dimana pun .. katanya sih itu adalah kesepakatan asosiasi penerbangan international ..

Dan kejadian di saya adalah Travel Agency yang membelikan tiket berhasil issued tiket karena saat pembelian tiket, paspor saya terhitung belum masuk masa tenggang, mungkin hanya kurang 6 bulan beberapa hari saja sebelum masa berlaku passpor berakhir. Patut dicatat Paspor Yang saya pegang bukan berjenis e-paspor.

Masalah mulai ketahuan ketika saya hendak beli tiket ke Malaysia untuk Sepang GP sepekan setelah Pembelian tiket pesawat jepang … nahhh saya ditolak sama sistem …dengan alasan Paspor saya masuk masa tenggang, woalahhhh … Positif Thinking Alhamdulillah karena ini semacam alarm. Kalau saja saya tidak berniat beli tiket pesawat ke Malaysia saya tidak tahu kalau efek paspor masuk masa tenggang itu sedemikian besar.

Dan parahnya, jika saya berangkat ke Jepang esok dengan Paspor yang berada di masa tenggang ini maka saya akan ditolak ke luar negeri mulai dari Imigrasi di Indonesia .. wihhh bisa mimisan sedih. Oke jadilah akhirnya saya melakukan proses perpanjangan masa berlaku Paspor di imigrasi Bogor. Singkat cerita paspor baru pun jadi Dasftar senin, kamis selesai. HORE bisa berangkat …

Namun setelah itu malah baru inget bahwa Visa Multipe Jepang saya masih nempel di Paspor lama. Dengan nomor yang tertulis di Visa adalah no Paspor lama. Sedangkan Paspor baru hadir dengan No baru lagi .. wah gimana ini? Bisa dibayangkan itu terjadi di hari sabtu kemarin, sedangkan berangkat Selasa ..

Cek cek ke website kedutaan jepang memang ada Proses transfer Visa dari paspor lama ke paspor baru. Gratis namun butuh waktu 4 hari kerja .. bahhh, mana bisa saya berangkat kalau githu .. mulai stress .. keingetan muka Irfan pertamax7 yang jadi tandem liputan di Jepang karena dia bakalan sendirian alias Lost in Tokyo nanti wkwkwkwk.

Alhasil pikiran saya terpecah banyak, liputan ARRC jadi nggak bisa All Out karena masih ada yang ganjel hehehe. Akhirnya Senin pagi tadi saya kuatkan Niat berangkat ke kedutaan Jepang Jalan Thamrin Naik Commuterline sampai stasiun Gondangdia. Skip skip ceritanya saat menunggu antrian dari no 19 sampai no saya di No 51 ada info whatsapp yang mengatakan konfirmasi dari Travel Agency bahwa visa multiple lama di passpor lama bisa dipakai asal paspor lama dibawa .. ahhh agak legaaa, namun butuh firm dari kedutaan ahhhh..

dan akhirnnya No Ganjil 51 itu pun dipanggil setelah 45 menit nunggu .. Mbak mbak di counter kedutaan saya ceritakan runut masalahnya dan dia hanya berkata ” Kalau mas nya urgent, Visa lama bisa dipakai asal paspor lama dibawa, namun jika nanti luang bisa dilakukan transfer menggunakan form transfer visa yang ada plus foto 4,5 x 4,5 dengan menyertakan paspor lama dan baru … byarrrr, Alhamdulillah, lega, seperti ada berat beban yg hilang dari punggung ini …

Real story ini saya tulis dengan harapan bisa membantu sobat sobat sekalian memperoleh solusi jika berhadapan dengan masalah yang sama. Soalnya saya tidak memperoleh solusi saat googling kemarin . . Patut dicatat ini kasus Untuk VISA jepang, di beberapa hasil googling beberapa kasus Visa negara lain Juga sama perlakuannya seperti Visa Australia . . Namun Better firm ke Kedutaan deh sob . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

36 COMMENTS

  1. Betul wak haji untuk masa tenggang Paspor mmg 6 bulan harus di perpanjg lgi di perusahaan saya bkrja pun gitu malah 8 bulan seblm masa tenggang paspor habis harus di perpnjg dulu dgn catatan juga visa juga masih berlaku ..saya sudah 4 kali ganti paspor kerja luar negri hehee ..klo ga buru buru perpnjg walau visa / permit masih berlaku akan kesusahan sendri nantinya .jgn sampai nunggu 4/5 /3 bulan paspor mati repot sendiri ujung ujungnya suruh nunggu bbrpa bulan untuk bisa bikin paspor lgi jdi untuk paspor yg lama harap di bawa saja Wak haji buat pengecekan nanti semasa di bandara sewaktu cop paspor kadang akan di tanyakan paspor lama alias data data paspor lama ! Wlpun sudah ada paspor baru gunanya untuk kesamaan data saja yah wlpun tiap bandara manapun cop paspor tinggal klik nomwr paspor sudah terbaca di komputer imigresen bandara tsb biasanya masih juga mencocokan dgn paspor nya pengalaman saya aja .

    Guest
  2. wak,dulu saya kmana2 pasport rangkap 3+1 seamanbook,,tebel dah itu kaya kamus,,skr mah 1 aja cukup kok,,yang penting itu US visanya,,wkwkwk

    Guest
  3. Saya ngalamin wak.. tanggal 19 agustus ada meetinh di malaysia sudah beli tiket tapi gak boleh berangkat sama maskapai. Paspor tinggal 5 bulan.. akhirnya dari 3 orang saya gak jadi berangkat

    Guest
  4. Ya emang seperti iti bro Taufik. Passport tidak seperti KTP. Saat ada passport baru, passport lama pun tetap harus dibawa. Ke negara manapun kita akan pergi.

    Guest
  5. Ya emang seperti iti bro Taufik. Passport tidak seperti KTP. Saat ada passport baru, passport lama pun tetap harus dibawa. Ke negara manapun kita akan pergi.

    Guest
  6. dear mr Taufik

    visa jepang saya juga multientry 5thn, jadi artinya jika ganti passport harus isi form transfer supaya visa jepang bisa ditempel ke passport baru ? Bagaimana jika passport baru adalah epassport

    Terimakasih
    Budi

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.