TMCBLOG.com – Marc Marquez sukses Merengkuh Gelar GrandPrix Ke 7 nya Bukan dengan sebuah hal yang ujug ujug, bukan Juga Karena Dovi Crash lalu seakan akan Marc dapat Champion Hibah ..  Semua ini diperoleh Dari kerja keras yang sangat sistematis. Marc itu Cerdas, tidak pernah mengeluh, Mentalnya Kuat dalam menghadapi teror psikis apalagi Mind War, Fisiknya sekuat Baja untuk menghadapi Teror fisik, Ototnya lentur sudah seperti Kucing Yang walaupun jumpalitan tetap bisa mendarat dengan cantik dan Minim cidera – walaupun akhirnnya ketahuan Titik lemahnya yakni Shoulder 😀 , Marc tidak pernah berhenti bekerja, Cermat dalam membangun kedekatan yang sangat dengan Para Mekanik dan Insinyur Yang bekerja di Garasinya, karena kedekatannya dengan team Ia Dengan sangat Bisa mengaplikasikan karakter bunglon Yang dapat dengan Mudah berubah dan Sangat beradaptasi terhadap Perubahan . . . Nah di artikel ini kita akan membahas soal karakter Bunglon dari Marc ini sob . .

Jika Kita Mau Flashback beberapa race yang lalu dan Juga tahun lalu, terutama saat race dideclare Flag To Flag. MotoGP Seri Brno 2017. Marc Marquez Start dari posisi pertama diikuti Rossi dan Pedrosa sementara itu Dovizioso, Crutchlow, dan Lorenzo berada di Row kedua. Pasca Start Marquez terlihat Struggle dan dibuly banyak Pebalap, dia pun melorot sampai ke posisi 12 di akhir lap ke 2 . . . dan Tanpa diketahui banyak Lawan lawannya Marquez masuk ke Pit lane berganti Motor dengan ban Slick dan akhirnnya kita tau bahwa akhirnnya strategi ini adalah stragi sangat Jitu yang sudah disiapkan Oleh Ia dan team

Jika Kita tidak cermat Menonton, Mungkin ada yang bilang bahwa ini adalah strategi aneh . . Namun Jika dilihat lebih dalam, INi semua sudah sistematis disiapkan dan mengahsilkan kemenangan Marc yang finish 12 kecamatan eh 12 detik dari Finisher kedua saat itu ( Dani pedrosa ) . . ini semua terukur, dan disiapkan berdasarkan Banyak hitungan hitungan dan konsideran seperti keadaan Track, kondisi Ban dan Juga kemampuan pembalap ( Marc Marquez ). Benar ini adalah Kerja team, Bukan Kerja Marc Sendiri  . . namun Tidak ada team yang bisa mengerjakan hal seperti ini jika Pembalapnya tidak memiliki Karakter seperti Bunglon.

Menurut Bos team Repsol Honda Alberto Puig seperti yang tmcblog nukil dari tulisan Mat Oxley : ” Marc adalah pembalap yang tidak kenal Kompromi, Ia dewasa dan terus belajar . . Menurut saya ia masih terus akan belajar dan mengahsilkan ebberapa langkah langkah baru lagi. Ia  sekarang berada di Level yang sangat tinggi, Mungkin satu atau dua langkah di depan yang lain. Ia terus belajar mengatur dirinya sendiri dan ini membuatnya Kuat “

Namun kenapa Bisa Marc Itu seperti Bunglon ? Marc Bilang Motocross lah Yang membentuk sifat Mudah beradaptasi tersebut . . Kepada Mat Oxley Juga, Marc Mengakui bahwa Sifat Bunglonnya itu salah satunya adalah karena Latihan Motocross. Marc Bilang bahwa di Motocross Kita tidak pernah menggunakan Jalur yang sama di setiap Lap, disetiap Run dan di setiap saat. Terutama saat Track-day berbarengan, Keadaan Permukaan Tarck Motocross Pun bisa jadi selalu berbeda setiap Lapnya karena Tanah selalu berubah saat di geber oleh ban ban pacul rider Yang melewatinya . . . oleh karena itu Saat latihan motocross kita akan mengalami hadirnya perubahan yang butuh adaptasi dan dari sinilah Karakter Bunglon Marc Marquez hadir dan makin terus terasah. ( Taufik of BuitenZorg )

89 COMMENTS

    • Marc itu Cerdas, tidak pernah mengeluh, Mentalnya Kuat dalam menghadapi teror psikis apalagi Mind War, Fisiknya sekuat Baja untuk menghadapi Teror fisik, Ototnya lentur sudah seperti Kucing Yang walaupun jumpalitan tetap bisa mendarat dengan cantik dan Minim cidera – walaupun akhirnnya ketahuan Titik lemahnya.

      Ia dewasa & trs bljr… Jd bkin malu ??

      Guest
  1. permasalahnnya rossi dan rider lain juga tidak sedikit yg menggunakan motocross untuk melatih insting balap dan beradaptasi. tp toh tetep markez yg lebih unggul.

    Guest
  2. sifat atau gaya ini masih bisa Pede MM lakukan karena belum pernah cedera parah kayak JL dan lainnya.dulu JL jg agresif,Rossi juga kita tak bisa memungkiri itu sbg penonton motogp awal” ditayangkan trans7. Nah kemarin MM sdh mengalami dislokasi bahu…dan kalau memang cedera serius ,pasti MM akan tidak seagresif sekarang.

    Guest
    • Memang cidera merupakan hambatan terbesar untuk meraih jurdun, tahun 2011 marc pernah gegar otak sehingga menggangu penglihatannya dan menggagalkannya jurdun moto2 karena harus absen sampai akhir seri.

      Guest
    • 2011 digp malaysia pas dimoto2 dikira marquez akting kali ? gelar juara dunia didepan mata harus pindah ke tangan bradl karena marquez harus absen diseri sisa. untung kagak buta permanen itu marquez.

      Guest
    • Oalah jadi inilah sebab banyak haters berharap Marquez Crash wkwkwk supaya dia tidak agresif lagi. Saya berharap hari di mana Marquez berhenti menjadi agresif, tidak akan pernah datang. Mau nonton apa kita? Kalau lihat pembalap lain di paddock masih belum ada yang riding style nya bikin dag dig dug dueer

      Guest
    • bro…marquez pernah hampir buta lho…
      gelar juara dunia di depan mata melayang gara-gara dia ga bisa ikut balapan di sisa seri akhir…

      Guest
    • sabar bikers,,,MM tuh biarpun cidera bakal tetap paling kuat tak terkalahkan oleh siapapun. mentalnya gak akan turun krn cedera atau lainnya. meski nanti ada rookie lebih hebat gak akan bisa ngalahin dia.dia bermental baja loh..kayak ksatria baja hitam kata fansboynya

      Guest
    • Iya bro,,baca dulu komen saya. ada kata kalau dia memang cidera serius dan akan.itu belum pasti..memang susah sama fansboy fanatik.dikira sy FBR hahaha.

      Guest
    • tuh kan fansboy micin… ngerti yg dbhs dirt bike style gak. itu gaya memerlukan kekuatan bahu dan tangan. bukan mata,aplgi matanya sdh sembuh. ada aqua???? sok pinter tp paling g prnh balapan aplgi naik motocross.

      Guest
    • sepertinya saya males komen, kebanyakan jd silent reader saja kyk kmrin”. komen klo g dblg fby,pasti fbh,fbr,fbm… anjay. yg bikers sejati gak usah komen. wak lolosin komen ini ya. biar gak dikira saya lari g bls komen kyk diatas.

      Guest
  3. Mantap.. gak heran banyak pembalap Motorcross seperti Tim gasjer, kenrozen, jorge predo dll, ngajak latihan atw malah ngajak MM93 ikut kejuaraan & MM93 gk sungkan2 belajar dari mereka. Liat aja di Ig MM rata2 follow crosser jempolan. Emang Motorcross itu adalah basis dasar dan rata2 pembalap Motogp pernah dasarnya dari motorcros atw trail.

    Guest
    • Pernah baca tah dimana kalo legend2 motogp rata2 berawal dari motocross, minimal dirt atau flat track lah.
      Kenny Robert
      Freddy Spencer
      Alex Criville
      Casey Stoner
      Bahkan Valentino Rossi
      dan sekarang marc marquez..

      Guest
  4. Marc itu Cerdas, tidak pernah mengeluh, Mentalnya Kuat dalam menghadapi teror psikis apalagi Mind War, Fisiknya sekuat Baja untuk menghadapi Teror fisik

    Semoga pembalap kita ada yg seperti “si semut” itu aamiin..

    Guest
  5. masih ingat Marquez out wide ke gravel Sachsenring 2016,langsung berubah jadi kayak naik motocross dibanding Dovi di Valencia yg saat masuk gravel langsung dlosor

    Monster tuh anak!!

    Guest
  6. namanya jg manusia lek ada yang iri. takjub. segan. bangga. dengki. baperan. itu dh sifat dri sosnonya. tinggal qta menyikapinya.

    Guest
  7. wak kenapa tidak ada balap kelas standar ya, padahal dari tenaga cuma beda dikit, bukannya lebih murah jika ada balapan kelas standar (cuma cukup ganti knalpot, foot step, ban dan main mata gear depan belakang), kaga perlu sampe ganti ECU, noken-as dan suspensi belakang.

    Guest
    • Eeewww nanti yang ada malah para rider jadi bersaing ketat buat nurunin berat badan supaya PWR naik. Kompetisi diet begini mana seru, ditonton aja ga bisa

      Guest
    • Lagian kalau seperti itu pabrikan mana mau ikut wong ga ada kesempatan buat menunjukkan kapabilitas mereka. Superstock aja sekarang ga jelas nasibnya gimana

      Guest
    • Banyak. Itu OMR . Sunday race ..khan balap standard ..

      Lhabkalo beda merk mo standard an ya susah… coba. Bayangin R25 vs Cbr250rr mo kaya apa klo balap standard an. …
      Ya gak imbang lah ..

      Guest
    • Motogp kan Prototipe bro, kasta tertinggi para insinyur berkreasi. klo mau yang seragam ya ikut OMR atau ajang pencarian bakat aja. ATC (Honda), Red Bull Rookies Cup (KTM) dan kawan2

      Guest
  8. Kemampuan adaptasi yang baik wak haji, sadar pada paruh ke 2 ducati begitu superior sering kali kita lihat markes jarang leading lap dan sering mengikuti rider ducati factory di belakang, dan baru attack pas lap lap akhir, kenapa? Karena apabila memimpin didepan dan beusaha membuat gap adalah sia2 karena superioritas akselerasi, braking dan top speed ducati. Pushing hard malah berisiko ndlosor, jadi lebih ke wait and see

    Guest
    • Ya memang lebih baik gitu karena kalau push mulai dari awal nanti ada yg nyinyir balapan kok ngacir duluan, takut di overtake, gak mau battle dll, dkk, etc, dsb

      Guest
    • Marc pernah bilang bahwa Relatif cukup susah untuk melawan Rider Ducati Pabrikan ketika kondisi ban masih Baru (Fresh Tyre).
      Untuk Attack, perlu menunggu ketika mereka mulai kehabisan grip ban.

      Guest
  9. emang marquez itu kaya bunglon, apalagi kalo follow ig nya marquez dan liat instastori dia. lucu lucu instastorinya kalo lagi sama si alex banyak becandanya, mirip mirip kaya anak SMP ekekekek.
    tapi begitu balapan berubah 180 derajat langsung menjadi monster.

    Guest
  10. Satu lagi wak…jan jannya non teknis tapi penting….dan barangkali bisa jadi artikel tersendiri wak…

    Marquez itu anaknya humble dan nothing too loose…lha itu lho wak…mongsok CEO Honda Motor. Co…pak siapa itu namanya…diajak loncat loncat bersama tim…kok ya mau tho bapaknya itu…?

    Kalo ndak menang…asal dah berusaha…ndak papa…pokoknya dah berusaha maksimal…

    Saya kira ini pelajaran berharga bagi kita semua

    Guest
  11. Oohhh pantes kalo marc udah nyemplak RCV kesannya jd kayak 1 kesatuan ma motor ‘jd mirip warnanya sama motor’,rupanya pake modus bunglon .jgn2 matanya bisa stereo kek bunglon lg . .’anabel’analisa gembel .wkwkwkw

    Guest
  12. disaat bersamaan lawannya pada mulai menuai …
    Michelin harus Berterimakasilah pd MM krn pernah menang pake ban soft ??

    Guest
  13. Gak sia2 ane demen ma marc ini dari moto2 .kalo HRC gak punya marc ane yakin banget single ECU bikin ducati juara .

    Guest
  14. Marquez hebat mau diakui atau tidak.

    tapi, hebatnya Marquez didapat secara alamiah.

    kalo Marquez jadi mentor belom tentu muridnya bisa terapkan apa arahan Marquez. Buktinya Alex Marquez tidak sehebat Marc Marquez.

    Jadi dsini bisa kita simpulkan sementara Rossi lebih hebat dari Marquez soal mentor mentor .. . .Walau Rossi belum nikah sudah bisa melahirkan bakat semacam Franky Morbidelli, peco, dkk.

    Guest
    • ga appple to apple lah, yg satu lg nyiapain masa pensiun, yang satu lagi ganas ganasnya bikin rekor, fokusnya juga beda. lagipula rossi itu udah kyk perusahaan, dibelakangnya udah banyak yg manage dari mulai sekolah pembalap, merchandise dll. mungkin klo mo apple to apple diliat nanti klo MM udah umur 33 tahun, dan udah mecahin semua rekor (itu doa saya) hihihihihihihihihi..

      Guest
    • Betul walo gue fans rossi,tp emang umur gak bisa bohong,motor cepat rider hebat jadilah juara,..selamat datang era marquez,bye bye era rossi

      Salam vrl46

      Guest
  15. Haahha iya tuh…
    Di fp facebook ttg motogp…
    Isinya bgtu doang…
    Nyinyirin marc krna fansnya udah paceklik jurdun

    Guest
  16. pada akhirnya yg bisa menang dan selamat didunia ini bukan orang yg memaksakan keadaan sesuai dgn gayanya, tp orang yg bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yg ada…

    Guest
  17. Hmm pantesan pembalap roadrace yg ngawalin karir dari MX macem Irfan, Rheza, Mario, Adenanta skillnya pada diatas rata”.

    Guest
  18. wkwkwk gw jg suka iseng bro main main terus gw ledekin dah entah di fp facebook atau di instagram. lucu entah abis race gp eh yang diupload video rossi yang jaman dulu, iseng nanya. woy bro ngapa gak diupload video rossi yang terbaru ? efek gak pernah menang kah ? eh gw langsung diserbu hahaha.
    atau cek instagram wak haji dah yg postingan rcv repsol dari generasi ke generasi, wakakak valeban ngumpul dan berandai andai wkwk

    Guest
  19. Menurut saya dia kuat mental wak, contoh pas lawan jorge atau stoner dlu selalu ada mindwar rossi ke mereka, nah yg marquez ini gak mempan wak, menurut saya marquez ini komplit untuk era sekarang, sama komplitnya rossi di era nya, mick doohan di eranya dan giacomo di eranya.

    Guest
  20. Ah gak mungkinkah rookie baru ada yg lebih hebat dr MM.biarpun dia cedera atau tua kyk rossi bakal hebat terus kok .

    anjay

    Guest
  21. oke wak, jadi kesimpulannya pembalap MotoGp yg punya basic dari motorcross itu jos markojos, sprti stoner dengan karakter powerslide nya, dan marq karakter rear steering ban belakang ngesot2 sampe ngangkat tujuannya sama utk cari sudut putar tercepat di tikungan

    Guest
  22. Kita liat aja rossi lebih dulu dapat ‘zonk’ yg ke 10 th atau gelar juara yg ke 10 .kalo menurut ane sih lebih dekat ke ‘zonk’ yg ke 10 th .

    Guest
  23. Udh confirm 30 okt si bunglon mlipir k jkt lg n lg tiap tahun, tp tetep aja cm bs liat lwt TV. Siapa tau mncul lg d acara sjenis kyk ini talkshow ato hitam putih. Mayan mnghibur kekonyolannya tch,enak dkerjain ??

    Guest
  24. saatnya era bagi legenda baru, legenda lama sudah lemah syahwat sebaiknya disuruh kawin sadja, apa ga malu dapet podium hibah terus ha ha ha ha

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.