TMCBLOG.com – Bro sekalian, pemilik ekuitas dari Brand MotoGP terindikasi bersiap menjual MotoGP paling dekat di tahun 2019 nanti . . Yap info ini tmcblog peroleh dari Financial Times dimana di sana hadir info bahwa Bridgepoint sang pemilik Ekuitas MotoGP telah meminta Lazard financial experts untuk menghitung dan Me-review Value dari Brand yang digawangi Oleh Dorna Sports ini  . . 

Mau DIjual kemana ? menurut info lanjutan yang bisa tmcblog baca, kemungkinan calon pembelinya adalah pemilik awal MotoGP sebelum dijual sebesar 500 juta Euro ke Bridgepoint tahun 2006 silam Yakni CVC Capital Partner. Waktu itu ( 2006 ) CVC Capital Partner menjual MotoGP karena kebelet ingin memiliki dana untuk proses kepemilikan F1 Yang kalau kita runut lagi akhirnnya dikual kembali tahun 2016 kepada Liberty Media perusahaan konglomerasi asal Amerika Serikat Senilai 8 milyar dollar

Namun Sobat harus perhatikan dan garis bawahi Bahwa perpindahan kepemilikan ini tidak serta merta akan’ mendepak ‘ Dorna sebagai pemegang hak (rights holder) atas MotoGP. So harap dibedakan antara pemilik ekuitas dengan Pemegang hak  . . . Secara umum Dorna sendiri sudah menjadi pemegang hak MotoGP semenjak 1999 dan menurut info sampai 2041 nanti . . cmiiw

Namun Jika sobat sekalian mengikut tmcblog sejak lama pasti sudah ngeh bahwa semenjak awal tahun 2018 pun tmcblog sudah mengabarkan bahwa dorna sudah mulai CLBK dengan CVC Capital Partner

Karena Baik Bridgepoint dan Lazard menolak untuk berkomentar, Menurut Orang orang yang begelut di bisnis ini, hadir perkiraan Bahwa Jikapun proses penjualan ini jadi, maka disinyalir Management  Dorna memberikan prefrerensi / Prioritas Kuat kepada CVC berdasarkan Sejarah yang sudah mereka lalui bersama dahulu . . .

Sinyalemen preferensi Dorna Ke CVC ini menurut tmcblog kemungkinan dimaksudkan agar Jikapun Fix nanti terjadi perubahan kepemilikan, maka di tataran teknis Championship tidak terjadi efek domino lanjutan seperti perombakan besar besaran terhadap regulasi MotoGP Yang sepertinya saat ini sudah Mulai settle  . . atau hal hal teknis berbau bisnis lain seperti hak siar . Semoga bisa menambah informasi sob . .

# Asli nulis beginian Buat saya effort banget secara bukan Bidangnya 😀 Jika ada salah dan penempatan kosa kata Mohon dimaklumi 😀

Taufik of BuitenZorg

Catatan Pinggir:

Bridgepoint is a major international private equity group focused on investing in market-leading businesses, working with management teams to create and realise value within its portfolio companies.

Dorna is an international sports management business and holds the exclusive global rights to organise the FIM Road Racing World Championship (MotoGP) until 2041, and the FIM World Superbike Championship (SBK) until 2036

72 COMMENTS

    • Ya bisa dibilang stakeholder lah..
      Seperti halnya kalau kita beli polis asuransi lalu dinominal dalam ekuiti tertentu setara nilai uang yang berlaku dan digunakan. Ekuiti tersebut bisa diperjual belikan.

      Guest
  1. Yap info ini tmcblog peroleh dari Financial Times dimana di sana hadir info bahwa Bridgepoint sang pemilik Ekuitas MotoGP telah meminta Lazard financial experts untuk menghitung dan Me-review Value dari Brand yang digawangi Oleh Dorna Sports ini . .

    brarti klo suruh menghitung sama mereview hampir pasti diindikasikan mau dijual ya? kirain cuma mau pamer XD

    Guest
    • Iya kalo sudah sewa advisor sekelas Lazard biasanya serius mau lakukan corp action.. kalo nggak mah ngapain? Costnya terlalu besar kalo nggak ada ujungnya..

      Guest
  2. Timbul kebingungan dalam memahami ya, apakah bridgepoint sebagai pemilik tunggal atau salah satu pemilik saham di motoGP?

    Preferensi awalnya kalau bs di jelaskan siapa saja pemilik saham/interest di motoGP ini lalu siapa yg menjual dan brp persen bagian nya yg di jual

    Sepertinya Dorna tetap pemilik majority ya pak?

    Guest
    • kalo menurut yg saya Pahami, Dorna Bukan pemilik ekuitas, Dorna Hanya pemilik hak penyelenggaraan . .
      dan Jika merunut artikel sumber, sepertinya Bukan pemik tungga seperti ada tulisa dipecah jadi 3 , silah telusuri di Linknya bro

      Administrator
  3. semoga bisa mengubah regulasi motogp menjadi balapan yang free for all
    keren pastinya wak…
    biar suichiro2 muda bebas berkreasi

    Guest
  4. Perumpamaan :

    Ada sebidang Lahan-tanah dimiliki beberapa ekuitas, lalu dikelola oleh si Dorna untuk bercocok tanam jagung, lalu hasil panen di sistem bagi hasil ke pemilik ekuitas.

    Karena pemilik ekuitas bisa bebas menjual sebidang Lahan-tanah ke beberapa orang, tapi tidak mengusir si pengelola alias Dorna.

    Gitu bukan ?😂😂😂

    Guest
    • 😂 nih..gua punya kambing( ekuitas ) ente kebagian meliharanya sampe beranax pinax , nah nanti ada bagi hasilnya..bagaimana cara ente bikin tuh Kambing beranax pinax, gua kaga mau tau…yang penting ente ( dorna ) usaha saja sendiri..😂
      Kalau ada yg titip kambing juga ke gua…gua terima, tetap gua minta ente peliharanya dan berkembang biak..gua untung ente untung dan orang2 pun untung 😂

      Guest
  5. Sederhananya mungkin seperti ini ; bridgepoint pemilik brand Motogp, dorna sebagai produsen/distributor. Bukan begitu wak?

    Guest
  6. andai ada konglomerat nasional atau konsorsium nya yang agak dan cukup “gila” untuk membeli saham majority, mungkin indonesia bisa gelar 3 race sekaligus, jakabaring, sentul dan mandalika.

    Guest
    • Kalau saya lebih berharap konglomerat nasional atau konsorsiumnnya buat bikin 3 sirkuit di jakabaring, sentul, mandalika.

      Percuma punya saham mayoritas di MotoGP tapi negaranya gak punya sirkuit.
      hehe..

      Guest
  7. semacem sistem SC dan OC, CVC sebagai steering committe dan Dorna sebagai Organizing committe..
    gampangnya lagi Dorna tu EO nya motogp

    Guest
  8. Bahasa simpelnya gini
    Saya yg punya rumah (cvc)
    Tapi yang ngontrakin orang (dorna)
    Tiap bulan jatah bagi 2
    Kalaupun saya mau jual rumahnya saya punya hak

    Guest
  9. MotoGP tuh bentuk badan hukumnya apa donk kalo gitu? Kalo ada ekuitas, berarti mestinya ada badan hukumnya, kalo di indo kan PT, CV, Firma misalnya..

    Guest
    • Yg ber-badan hukum itu justru si Bridgepoint-nya.
      Bridgepoint ini sekarang punya barang berupa merk (brand) “MotoGP”.

      MotoGP itu objek, sementara Bridgepoint itu subjek

      Guest
    • Haha bukan masalah subjek atau objeknya.. motogp sebagai brand, entitasnya berupa apa? Hanya trademark, business entity, legal entity, atau apa gitu loh.. PE semacam Bridgepointnya sih pasti badan hukum, bisa LLC, bisa inc. bisa plc, dll..

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.