TMCBLOG.com – Di hari ke 3 Honda PCX Luxurious trip 2018 tmcblog dan rekan rekan riders event ini di pagi hari berkesempatan langsung riding menggunakan Honda PCX mengunjungi Perkebunan Kopi Arabica Bajawa dimana disana selain untuk melihat bagaimana kehidupan masyarakan Yang memproduksi salah satu Kopi Indonesia yang terkenal  seantero Dunia ini Juga untuk melakukan CSR di Desa Beiwali, Kecamatan Bajawa – Ngada. . . . Jarak Desa beiwali ini hanya sekitar 4 km saja dari hotel Eidelweis tempat kami menginap . . dan karena kepagian, belum banyak masayarakat Yang mayoritas Katolik hadir karena mereka masih sibuk beribadah di hari ahad ini. So Untuk mengisi waktu Kami meng-eksplorasi kehidupan di desa ini sembari menyeruput Kopi Bajawa yang terkenal itu  . . yes SUNMORI kami kali ini cjkup greget  . . ke Bajawa sob

Sedikit mengenai Kopi Flores Bajawa, Kopi ini adalah kopi yang berasal dari Kabupaten Ngada. Kopi ini tumbuh di dataran Flores yang subur dimana ternyata tanahnya mengandung andosols subur dari abu gunung berapi yang ternyata sangat baik untuk menanam kopi. Namun Sayang koperasi dan petani disini baru bisa menyajikan penanganan Dark Roasted dimana efeknya agak menyingkirkan rasa asam yang sebenarnya merupakan Nature dari jenis kopi jenis Arabika … namun buat lambung memang agak friendly … Buat yg demen asam, silahkan bisa membeli biji kopi Yang masih medium roasted untuk bisa di grind sendiri di rumah . .

Kopi ini sudah tembus ekspor, namun sayang untuk ekspor, Kopi bajawa harus dikirim ke Jawa dulu untuk Proses persiapan ekspor dan ini tentunya memakan waktu dan proses yang lebih lama nahhh . . ini sebenarnya Kopi istimewa, namun masih ada  celah celah pengembangan yang bisa membuat masyarakat Bajawa khususnya petani kopi ini bisa lebih maju . .. dan tmcblog pun sudah membeli dan membawa setengah kg kopi bajawa untuk diseruput nanti di rumah . . . hmmm

Selesai Mengunjungi sentra Produksi Kopi Bajawa di Desa Beiwali, Kami ngegas PCX kami ke arah timur lagi menuju kota Ruteng . . . dan ternyata sepanjang perjalanan dimana Kami harus melalui kembali ribuan Tikungan, Hujan deras terus menghampiri dan Bahkan Hdir semenjak awal perjalanan sampai ke Ruteng . . . Namun sebelum kami mencapai ruteng . . Rombongan sempat singgah ke Padang Sabana Mausui . .

Jadi dari Jalan Trans Flores menuju ruteng, Rombongan belok kiri menuju Perkampungan Mausui, Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur. Penduduk di sekitar Mausui punya kemampuan hebat dalam berkuda. Sebagian besar masyarakat Mausui berprofesi sebagai penggembala kuda, sapi, dan kerbau. Di waktu tertentu, seperti saat kami semua sampai di Mausui terlihat sekawanan Kuda kuda  dilepas dan dibiarkan berlarian di sabana . . hmmm mungkin seperti ini Afrika yaaa heheheh

Sobat bisa membawa Sepeda motor jenis apapun ke puncak Bukit di padang sabana Mausui ini . . . Bahkan sekelas Hodna beat Sekalipun Karena jalanan asphal walau kasar sudah disiapkan sampai Puncak Bukit ini . . Walaupun kondisi Kami hujan dan Jalur Basah sebasah basahnya Namun Sabana ini tetap Keren abis deh Pokoknya . . kalu sobat sempat ke Trans flores silahkan singgah . . diperkirakan hanya butuh spare waktu 1 jam untuk masuk – pulang  ke dan dari sabana  . . . etrgantung pula waktu yang disiapkan sobat setelah sampai Sabana sih . . . Kayaknya bakalan lebih dari 1 jam soale Keren banget.

Selesai dari Sabana Mausui Kami begegas menuju Ruteng . . . Waktu menunggu penduduk Di Bajawa membuat kami dikejar waktu malam untuk bisa smpai diruteng . . . yap Kondisi full Basah . . dan di basahnya Jalan ini tmcblog cukup impresif melihat performa ban standar PCX yang Buatan IRC ini  . . . nempel sob, gripnya pas buat berjalan di Track basah dan Bahkan sedikit cornering di ribuat tikungan antara bajawa dan ruteng walau dengan kecepatan 40-50 km/jam . . . good work IRC deh  . . .

Sampai Di ruteng, Semua basah sob, Kami pun bersiap istirahat walaupun buat tmcblog  . Nggak ada istirahat karena kami di tmcblog ingin sobat merasa bahwa Kayaknya tmcblog lagi nggak turing . . karena Artikel di Blog ini akan terus Banyak yang megudara memenuhi ruang baca sobat sekalian . . . Semoga Cerita di Etape ketiga ini bisa berfaedah . .. tmcblog rencanannya nanti akan buatkan VLOG khusus pejalanannya jika waktu sudah lenggang . .

Taufik of BuitenZorg

16 COMMENTS

  1. joosss sekali wak, gak kebayang nikamatny daerah dingin, suasana pagi yg sejuk, nyeruput kopi panas dengan cita rasa agak asam.. wah segaaarr

  2. Jangan lupa ke Komodo, Padar, Pink Beach, Taka Makasar, Gili Lawa, Manta Point, Pulau Kalong, kalau sudah sampai di Labuan Bajo pak Haji. Flores memang indah. Saya siap jadi guidenya. wkwkwkk.

  3. Sayang ane kurang cocok dengan arabica bajawa. Kurang tahu kenapa, lambungnya ga mau kompromi. Padahal bajawa ga terlalu acid.
    Khas kopi indonesia timur, aciditynya cenderung tinggi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here