Tmcblog.com – Diluar prestasi finish TOP 3 di akhir musim dan tampil sebagai pembalap Yamaha terbaik, Baru musim 2018 ini Valentino Rossi menyelesaikan Musim balap MotoGP tanpa sekalipun juara seri. Sedangkan bagi Yamaha baru musim 2018 ini baru sekali mengantongi kemenangan dengan menjuarai GP Australia 2018 via Maverick Vinales.

Sementara itu Kontras dengan Rossi, Marc Marquez tampil sebagai Juara dan mengantongi Catan Juara  ke 5 di kelas primer pada Tahun ke-6nya. Termasuk di tahun pertama dimana Alberto Puig berperan sebagai pengganti dari Livio Suppo di HRC sehingga walaupun di tahun dimana Dani pedrosa tidak terlalu bisa banyak membantu Honda dan repsol Hodna alam perebutan Point akhirnnya baik repsol Honda dan HRC akhirnnya bisa menggenapkan dua raihan sehingga Hodna secara umum di 2018 sukses merengkuh triple Crown . . Sungguh menarik melihat Opini dari Manager team Alberto Puig mengenai Raihan Marc di tahun ini dimana Alberto sedikit banyak menyangkut Pautkan dengan Rivalnya Valentino Rossi Yang menurut Alberto sempat menebarkan ‘ Perang psikologis ‘ terhadap Marc di awal dan di pertengahan Musim

Dimulai dari Clash di termas, sampai akhirnnya kejadian ‘uluran tangan Yang tak bersambut ‘di beberapa seri setelah itu  . ..  Secara Lugas Alberto mengatakan bahwa ia menaruh respek yang tinggi terhadap Rossi, namun yang di hadapi Oleh Rossi sekarang Bukan Orang yang mudah down ketika dipressure Mentalnya ” Marquez tidak perduli sama sekali dengan apapun opini yang dibangun oleh lingkungan valentino “ begitu Kata Alberto ketika diinterview oleh La Vanguardia yang dilansir oleh motorsport.com sembari menegaskan bahwa selama ini yang dilakukan Marc kepada valentino tidak pernah jahat, kejadian kejadian tersebut selalu merupakan Insiden racing menurut kaca Mata Alberto.

”  . . . he is having a hard time accepting that his moment has passed “

Khusus Untuk Valentino, Alberto Puig Punya opini tambahan ” Valentino telah menjadi Pembalap hebat, saya sangat menghormatinya, dan dengan usianya ia terus bisa mempertahankan keinginan dan ketidak terimaannya terhadap Kondisi Kalah dari pembalap lain. Dengan talentanya valentino tetap bisa cepat, Namun Valentino Rossi cukup sulit menyadari bahwa masanya sudah habis. Kadang jalan yang ia lakukan Bukanlah sesuatu yang baik. Saya Menghormati Rossi, Namun dalam Hidup semuanya memiliki masa, suka atau tidak, Marc adalah Nomor satu  . .”

Taufik of BuitenZorg

144 COMMENTS

    • PROFILE:
      Alberto Puig
      Born: Barcelona 16 january 1967
      Nationality: Spanish

      Motorcycle Racing Career Statistics:
      First race: 1987 250cc
      Last race: 1997 500cc
      First win: 1995 500cc
      Last win: 1995 500cc
      Team : Honda
      Championships: 0
      Starts: 125
      Wins: 1
      Podium: 9

      Guest
    • Si Puig ada benernya kalau : VR di race selalu di luar 10 besar, klasemen di luar 10 besar.
      lah ini VR konsisten klasemen 3 besar, di race aja masih fight buat juara/podium.
      kalo ngikut logika si Puig, para rider di belakang VR harus pensiun semua. krn gak kompetitif.
      jadi apa disampein ama Puig saat ini justru mentah, malah keliatan jd pecundang, maksa saingan buat pensiun dini.

      terkait penjenjangan rider pengganti Yamaha, si FM udah disiapin buat pengganti VR, tinggal liat performa FM di yamaha tahun 2019.

      Guest
    • @mata kali dan lawannya (dovi dan marquez) konsisten podium.. yg kayak gitu mau dilawan pakai “konsisten klasemen 3 besar” atau”MASIH BISA fight juara/podium?

      Oh again.. ini semua ttg VR yg di masa tuanya berambisi meraih jurdun bukan pembalap muda yg lagi masanya meniti karir..

      Pengen juara? Konsisten raih poin tertinggi..

      Guest
    • Rossi masih akan masuk di 5 besar sampai 2 tahun mendatang dengan yamaha. Mungkin target yamaha mmg bukan juara dunia tapi cukup 5 besar sehingga cukup mengontrak Rossi saja

      Guest
    • Yah KLO sekedar balapan buat penggembira sih GPP
      Tapi KLO buat bertarung untuk perebutan gelar kayaknya udah ga mungkin.
      Boro2 jurdun, buat menang 1 seri aja udah ga sanggup

      Guest
    • @HRC duitnya gak ber seri @Hamon
      oke kalo ngikut logika ente, berarti VR + rider di belakang AD & MM harus pensiun semua, krn gak pernah podium atau poinnya jauh dari MM.
      Semua rider top termasuk factory juga pernah krisis podium, termasuk MM sendiri. liat klasemen di 2015, berapa jarak poin MM vs VR vs JL? terus apa LJ nyuruh MM pensiun?
      MM skrg lagi di puncak karir, gak ada yang bantah.
      tp pernyataan Puig gak relevan biar VR biar pensiun pas msh kompetitif

      Guest
      • Sakit hati ni ye….terima kenyataan bro…rossi masih balapan cuma untuk nyenangin penggemarnya yang nggak bisa move ON seperti ente…rossi itu pembalap yang sifatnya sangat buruk, nggak pernah mau terima kenyataan….nonton grand prix baru lima tahunan ini ya??

        Guest
    • Yg bilang puig nyuruh vale pensiun kayanya matanya perlu diperiksa, puig cuma bilang masanya vale udh habis tolong digarisbawahi masa habis belum tentu pensiun, kemampuan vale udh gak kyk dulu lagi. Cuma dia masih merasa dirinya spesial dengan segala permainan medianya menekan marquez tapi mohon maaf this is not your era, vale

      Guest
      • @hoib Baru ngerti motogp kmrn sore ya ini. Yg bikin hidup motogp ya krn permainan media VR. Emg cukup gt talenta MM ngidupin motogp? Dorna aja seneng dgn permainan media dr VR. Ini bkn lg mslh era VR/kemampuan racenya tp lebih kpd kemampuan menghandle media,menaikkan reputasi. Semua bisnis,tp ttp mengedepankan sportnya. Emg peduli gt dorna siapa yg juara? Klo toh bsk2 gulung tikar?

        Guest
    • Tipe tipe valeban akut sok lebih tau motogp dari org lain ngmg bisnis bla bla bla, sok merasa no rossi no party, sorry bro life goes on jangan merasa rossisentris mulu, lagian konteksnya dsini puig blg masa rossi udh habis bkn nyuruh pensiun jadi gak udah melenceng ke bisnis bla bla,
      Ps : jangan sok tau kalo blm ngefans rossi dari jaman nastro azurro

      Guest
    • Klw stigma pabrikan ‘mnekan’ blogger2 piye yo? Udh brakhir jg kh? 😅
      Krn alasan smkin masif opini krg baik & brimbas k pnjualan… Drpd mghadirkn produk2 lbh baik y mnding jln lain dr HRC lh, ‘njiwit’ blogger2 ae.

      Kaborrr…. Wkwkwk…

      Guest
  1. yapp terima kenyataan aja. bang rossi udh lewat masanya, kedepan dia masih bs menang race sesekali tapi klo mau jurdun ya jgn harap krn era jayanya udh lewat. ibarat om schumi wkt comeback ke F1… dan itu juga yg gak bs diterima para fumiyem

    Guest
  2. lah Padahal Rossi aja sudah menyadari …

    Rossi slalu bilang akan Try Try Try next year…secara tidak langsung Rossi sadar akan masa nya…tapi dia tak mau tahu trus mencoba balap …

    Guest
  3. Ada benernya juga.
    Era Rossi sekarang sudah habis, saatnya Era Marquez begulir sampai nanti masanya juga habis dan digantikan oleh Era pembalap baru yg lebih bertalenta lagi dibanding Marquez dan bukan balik ke Eranya Rossi lagi

    Guest
  4. ya sejak patah tulang di Mugello itu sebenarnya udah waktunya,sama kayak Puig dulu bedanya Puig emang sadar udah waktunya
    atau sebenarnya Puig dulu kayak Hudson hornet pas balik ke pit timnya udah ga mau terima dia lagi karna udah ada anak baru yg gantiin dia,sedangkan Rossi dgn nama besar dia Yamaha masih dgn senang hati menampung sebelum akhirnya goyah ke Ducati

    Guest
  5. Sebelumnya, bukan maksud saya merendahkan sang legenda tapi apa yg dikatakan Alberto Puig memang betul.
    Masa sang legenda memang perlahan memudar tapi karisma yg ada pada beliau memang susah untuk hilang. Rossi tetap lah Rossi, motoGP tanpa Rossi memang terasa hambar.
    Namun bagi Yamaha, sebaiknya Rossi menjadi ibarat kata maskot saja. Karena memang daya jual Rossi masih tinggi dan akan tetap tinggi untuk beberapa tahun kedepan.
    Sebaliknya bila kita berbicara balapan, lebih baik fokus ke talenta lain yg lebih meyakinkan. Sudah saatnya Rossi sentris sedikit dihilangkan.

    Guest
    • MotoGP tanpa Rossi hambar? Jgn ngimpi…!
      Tp ada benernya jg sih, g ada yg buat drama klo rossi g ada wkwkwk
      Maaf cuma mengingatkan 🙏

      Guest
    • Hambar disini bukan karena balapannya tapi karena penontonnya. Pasti kita semua bisa lihat mau di sirkuit manapun bendera 46 itu pasti ada dan lumayan banyak itu maksud saya mungkin akan terasa hambar. Meski MM itu punya skill yg mungkin lebih dari Rossi namun karisma 46 masih belum bisa terganti. Ingat, ini bukan semata-mata balapan tapi Dorna pasti memperhitungkan untung rugi.

      Guest
    • Motogp tanpa rossi hambar??. Ya kamu benar, itu kalau dilihat dari sudut pandang penggemar rossi, kalau bagi saya penggemar marquez juga akan berkata motogp tanpa marquez terasa hambar. Kamu bisa bersedia kaga membenarkan pernyataan saya?
      Kalau kamu ga bersedia berarti kamu hanya seorang bocah yg maunya menang sendiri dengan opini sendiri.
      wkwk dan haha serta xixi, dll
      Terima kasih.

      Guest
      • @orgen inilah cth bocah teriak bocah. Hambar yg dimaksud tdk ada gosip” d sirkuit/dluar sirkuit yg menjual,blpn yg monoton (krn blp,menang,pulang). Liat dek wsbk skrg,krg seru apa cb aksi salipnya? Tapiii ya itu td (blp,menang,pulang).

        Guest
    • Rossi itu ibarat maskot Motogp,mau paling belakang jg yamaha dan dorna suka dr segi bisnis(penontonnya rame/fansnya paling banyak). Makanya yamaha sdh siapin FM dan MV buat jadi top gun buat hadapin pembalap muda lainnya. Btw sy bukan fbr tapi salut ya, vr bisa juara rally monza,punya murid hebat bahkan jadi lawannya ntar dimotogp. kurang ke wsbk saja biar komplit juara juga tuh.kayaknya arahnya kesana.aplgi wsbk redup tuh g ad gosip” hangat.

      Guest
  6. diajak salaman aja gak mau apalagi nrima kenyataan?pasti lebih gak mau

    apa hak saya mengomentari dia?,prestasi saya apa?kok berani2nya ngomentari dia,penghasilan pun beda jauh sama dia (tenang komen saya udah saya counter sendiri,saya orang yg mandiri kok :v)

    Guest
    • bhuahahaha.. biasanya yg komen begini valeban a.k.a fumiyem yg uda putus asa ga mampu bales komen sesuai topik, lalu dialihkan nyerang pribadi. namun mereka sendiri doyan nyinyirin prestasi marquez pake dalih menang berkat teknologi, elektronik, blablabla. padahal prestasi mereka juga ga ada seujung kuku nya marq. harap maklum valeban kaum standar ganda, mahabenar lagi baperan..

      Guest
  7. Logika macam apa itu Alberto puig?
    Membangun opini keliru disaat ada masalah di mesin YZR-M1 crossplane crankshaft?
    Begini saja cobalah Marc ngetes motornya Rossi atau MV, bisa ngak kompetitif?
    Jadi ini bukan masalah pembalapnya, Kalo mesin V4 bisa lebih stabil & powerfull dari mesin inline4 itu benar…
    bukan begitu Alberto puig?

    Guest
    • Benar…
      Cuma sepertinya anda lupa, motor dibangun atas dasar pembalap.
      & pembalap yg memaksimalkan motornya.
      Nyalahin motornya?
      Dulu katanya yg terpenting pembalapnya?
      Hayooo….
      Pembalap hebat memang butuh motor yg bisa memberikan performa baik.
      Motor top butuh pembalap jempolan.
      Mungkin pembalap kurang dikasih motor bagus hasil sedikit lebih bagus.
      Tapi motor top pun dikasih pembalap kurang ya hasilnya tidak akan maksimal.
      Butuh ke2nya, sayangnya masa sekarang ada rival rosi yg punya ke2nya.

      Guest
    • mas Pengamat silakan baca opini nya engineer di pitbox (klw ga salah engineer tech3 Yamaha) yg menangani inline 4 saja
      pernah diulas di blog ini, saya kutip secara bebas
      -siapapun yang mengatakan inline 4 tidak memiliki kecepatan yang cukup untuk tampil kompetitif di track, tidak benar2 tahu bagaimana sebenarnya inovasi teknologi di balik setiap mesin di MotoGP.-
      sekarang itu persaingannya ada dalam hal kekompakan team work, research, sumberdaya research (manusia, modal ), strategi, engine and body work dev, lalu tentu saja ridernya sendiri
      jika Yamaha sedemikain terpuruk jangan salahkan siapapun,
      hitung berapa banyak selisih pendapat, opini berseberangan antara jarvis, iwata rossi dan maverick dalam 2 tahun terakhir.

      Guest
    • Saya rasa baik Rossi maupun MV sudah bekerja dgn baik memberi masukan agar kompetitif, namun masalah utama M1 crossplane crankshaft adalah kurangnya traksi saat memasuki tikungan itu yg harus dirubah.

      Tidak ada yg meragukan reputasi rossi didunia balap, lalu bagaimana jika Rossi ingin menggunakan mesin V4, tp sepertinya yamaha enggan memberikannya.

      Marc masih muda cobalah test pake motor M1 apa bisa kompetitif? Usia tidak sepenuhnya relevan dengan prestasi balap.
      Jadi artinya Rossi pembalap top, motornya payah. itu saja masalahnya… xixixi

      Guest
    • valeban garis keras dengan segala kebodohannya, oke rossi jelek karena motor dan nyuruh marquez nyoba M1. nah rossi juga nyoba rcv yak, apakah bisa sekompetitif marquez pas pake rcv.

      Guest
    • valeban garis keras dengan segala kebodohannya, oke rossi jelek karena motor dan nyuruh marquez nyoba M1. nah rossi juga nyoba rcv yak, apakah bisa sekompetitif marquez pas pake rcv ?

      Guest
    • @pengamat
      Terima kasih atas analisanya… mantapppp… namun rasanya akan lebih bermanfaat kalo analisanya disampaikan langsung ke YFR.. bisa lewat email atau apalah.. atau mungkin apply utk bisa masuk ke crew YFR..😊🙏🙏

      Guest
    • Franco morbideli naik honda hasilnya selalu di belakang, naik motor yamaho langsung 5 besar. Artinya motor yamaho adalah motor termudah dipakai. Marc pakai yamaha ? Juara dunia terus sampai pensiun.
      Lorengzo pakai yamaho juara dunia 3 kali, naik ducati perlu setahun lebih baru bisa menang. Yamaho ada masalah ? Mungkin masalahnya krn ridernya memang kalah skill dgn pembalap lain.
      Motor masalah tuh kayak aprilia atau ktm.
      Menurut saya loh

      Guest
    • Haduuhh ni orang mempertanyakan logikanya Alberto Puig tapi pakai argumen imajiner seandainya seandainya jikalau coba andai saja seumpamanya bila mana mungkin nanti Marc disuruh coba motor M1. Sejelek jeleknya M1 bisa dibawa MV buka puasa di PI, Rossi yang masih puasa nunggu bedug

      Guest
    • M1 memang jele ya tahun ini tapi bisa dibawa MV buat buka puasa di PI, Rossi yang masih ngabuburit aja nih gimana ehehe. Sebelum mempertanyakan logika Alberto mungkin bisa mengurangi untuk memakai argumen imajiner seandainya seandainya jikalau coba seumpamanya bila mana mungkin nanti dsb. Maaf sekadar mengingatkan 🙏

      Guest
    • Kayanya ada yg lupa ni marc dikasih rcv 2016 yg masalahnya akut bisa juara dunia dan dia gak pernah nyalahin motornya tuh, kalau kalah ya kalah aja jgn nyalahin motor anu mesin anu itu ya urusan tiap tim bisa nyiapin motor yg bagus gak, motor bagus pun belum tentu bagus kalo pembalapnya juga gak bisa ngeluari semua kemampuan motor itu

      Guest
  8. klo memang rossi harus pensiun karena lambat maka di MotoGP seharusnya yg balap cuman 3 orang,,,krna fakta rossi no 3 di klasemen akhir (apalagi tnpa pernah juara seri)

    Guest
    • Espektasi sama tekananya jelas beda ndan ,rossi ditim sekelas yamaha n sbgai pembalap utama pula ,dengan fans yg begitu massif target ‘kompetitif’ diposisi 3 aja gak cukup deh kayaknya .apa lg raihan podium dan poinya jauuhhh uh uh dengan juara 1nya .

      Guest
  9. menghambat perjenjangan di Yamaha juga sih, contoh aja kayak pol,Zarco cuma bertengger di tim satelit dgn mesin lebih usang tanpa bisa naik ke Yamaha factory yg akhirnya lari ke pabrikan lain

    Guest
    • beruntung Ben spies waktu itu juara sbk bareng sterilgarda,terus ke tech3,dan saat Rossi minggat ke Ducati jadi bisa ngerasain di pabrikan,walaupun abis itu prestasinya nge drop dan hilang dr dunia balap

      Guest
    • bisa jadi sih ada benarnya,
      Puig mungkin ngebet agar Dani segera keluar / pensiun agar ada opsi Lorenzo untuk masuk ke Repsol membantu dgn segera development RCV serta otomatis mencegah Ducati memiliki 2 rider yg siap Jurdun 2019 secara mental & fisik karena Desmo terkini bisa dikatakan udah nyaris sempurna, mampu sangat kompetitif disegala trek dan kondisi (sesuai regulasi saat ini) siapapun ridernya.

      Guest
  10. Apa kaaagh…… harus mundur total? Mungkin performa motor n team bisa jadi pertanda juga. Apapun yg terjadi di sekitar kita bisa kasih signal utk ambil keputusan.

    Guest
  11. Ah.. Pendapat itu biasa.. Palagi Dari kubu lawan…kl itu yg ngomong team Yamaha sendiri.. Aku bakal percaya… Kl Rossi bisa kalah Kan Vinales saja itu sudah lebih Dari cukup pembuktian bahwa Rossi masih hebat.. Untuk juara dunia Dan naik podium itu hal yg berbeda.. Butuh motor Dan pembalap yg sempurna.. Dan bukan Berarti Masa Rossi sudah berakhir dengan tidak podium.. Yg lebih jelek Dari Rossi banyak… Kenapa Harus punya niat jatuh in Rossi segala Puig?? Puig ngga di team Rossi Dan artinya Dia hanya komentator seperti Kalian Para netizen..sebaiknya menunggu Rossi pensiun boleh lah Puig ngomong macam macam itu… Penistaan atas usaha keras Rossi itu namanya… #unrespectpuig

    Guest
    • bener juga,puig tuh kasar dan iri.DP mgkn digituin tuh hahaha. Cba suruh dia balapan paling paling belakang. Rossi gtu”‘juara 3 yg lain kemana? brarti msh kompetitif dia. juara rally monza lagi. yg lain bisa.

      Guest
  12. Bodo juga tu PENGAMAT. ya gal mungkinlah ngetesbmotor tetangga, ngapain repot-repot, berkompetisi dg fair play lah, semua punya karakteristik masing-masing, stoner bilang semua punya kelebihan dan kelemahannya

    Guest
    • HRC kemaren juga ngomong begitu ke lorenzo untuk test RC213V, supaya apa??
      supaya ngak kebanyakan ngawur kaya ente bro…😂😂✌✌

      Guest
  13. Rossi Keras Kepala!

    1.) Tanpa sadar sudah mengganjal rider muda untuk Yamaha
    2.) Menghambat pengembangan Yamaha M1, lah gimana gak ngehambat dia pilih motor yang pas sama Dy, sedang doi udah gak tajem yaaa ketinggalan lah M1 dari kompetitor.

    Siapa saya? sudah berani dan lancang komentari Rossi!, apa prestasi saya? berapa penghasilan saya? berapa total harta saya?.

    apalah saya hanya serpihan debu dikusen jendela tua.

    Guest
  14. Mngkn mmang msax sdh hbis Tpi msh bisa mengalahkan byk rider2 muda berbakat dn dbuktikan finis posisi 3 klsemen jdi tdk prlu kita mmaksa rossi untuk bru2 pensiun, krna mtogp jg msh btuh ssok rossi

    Guest
  15. Rossi sebenarnya udah gak cocok jadi pembalap…karena memang benar setiap olahragawan itu ada masa Ke Emas sannya…Rossi sebenarnya lebih cocok jadi R & D moto Gp..dan test rider…pasti team pabrikan yg baru berkembang banyak yg minat kayak macam Aprilia & KTM

    Guest
  16. MM memang lebih baik itu wajar. Tapi coba kita lihat dari point view yg lain sama satu timnya hasil point keseluruhan masih lebih baik bisa posisi 3. Walau Vinalez bisa juara 1. Dan di 2 race terakhir rossi terlihat masih bisa konsisten lap by lap sebelum akhirnya jatuh. Ditambah masalah motor yg mendera Rossi masih menakutkan bagi pembalap lain khususnya setiap sunday race day . Selama Rossi masih bisa kompetitif kenapa ada yg minta dia mundur, fansnya pun dan dorna masih mendukung Rossi Race. Saya Kira Alberto ini takut diera keemasaan MM si Rossi masih bisa mencuri jurdun Malunya kayak apa. Karena Jurdun Bukannga Karena memanf juara aaja taping konsisten Mensa pat Nilai

    Guest
    • Kalo mm kehailangan jurdun memang kemungkinan bisa terjadi,tp rossi mencuri jurdun…masih ada dovisioso,mvk,alex rins

      Guest
    • nah, logis juga. mungkin puig sudah mencium kebangkitan YFR dengan hadirnya 3 motor spek pabrikan, 3 pembalap kompetitif, divisi khusus elektronik, dan test rider sirkuit eropa. jadi resourcesnya sudah menyamai Ducati dan Honda. seperti apa malunya kalau rider 25 tahun di masa keemasannya dengan motor yang paling kompetitif dikalahkan oleh pembalap berumur 40 tahun.

      Guest
    • Lebih baik dari Vin tapi Vin bisa P1, konsisten per lap tapi jatuh, juara ga cuma menang tapi konsistensi mendapat poin. Banyak tapi tapi dan kontradiksi boyyy

      Guest
    • nah, logis juga. mungkin puig sudah mencium kebangkitan YFR dengan hadirnya 3 motor spek pabrikan, 3 pembalap kompetitif, divisi khusus elektronik, dan test rider sirkuit eropa. jadi resourcesnya sudah menyamai Ducati dan Honda. seperti apa malunya kalau rider 25 tahun di masa keemasannya dengan motor yang paling kompetitif dikalahkan oleh pembalap berumur 40 tahun

      Guest
    • Setuju om Boot.
      okay kita persempit sudut pandang kita dari komentar Puig. Saya lebih melihat komentar Puig itu ke arah perebutan juara dunia, bukan ke prestasi Rossi secara keseluruhan. Yg akhirnya hambar klo yg kita debatkan posisi 3 udah gak layak untuk balapan lagi, balapan cuma buat juara klasemen akhir 1 & 2 aja, yg lain ampas (seperti yg diperdebatkan komen komen di atas)

      saya termasuk penggemar berat Rossi. dan sangat tau, saya tak akan berharap dia meraih juara dunia ke 10nya.

      yg bilang ga ada Rossi pasti hambar. mungkin sudut pandang yg mereka rasakan adalah. mana ada sih komentar pembalap yg sepedas Rossi waktu di Sepang 2015 sebelum clash??
      itulah bumbu yg sangat dinikmati selain prestasi dimotoGP. tp jujur, saya tak suka drama itu.

      #HanyaPenggemarRossi
      #SudutPandangLain
      #NikmatinLewatTVGratis

      Guest
  17. MM memang lebih baik itu wajar. Tapi coba kita lihat dari point view yg lain sama satu timnya hasil point keseluruhan masih lebih baik bisa posisi 3. Walau Vinalez bisa juara 1. Dan di 2 race terakhir rossi terlihat masih bisa konsisten lap by lap sebelum akhirnya jatuh. Ditambah masalah motor yg mendera Rossi masih menakutkan bagi pembalap lain khususnya setiap sunday race day . Selama Rossi masih bisa kompetitif kenapa ada yg minta dia mundur, fansnya pun dan dorna masih mendukung Rossi Race. Saya Kira Alberto ini takut diera keemasaan MM si Rossi masih bisa mencuri jurdun Malunya kayak apa. Karena Jurdun Bukannga Karena memanf juara aaja taping konsisten Menda pat Nilai. Siapa yg setuju

    Guest
  18. sama kayak valeban ga bisa menerima kenyataan lalu pake dalih marq menang karena bantuan teknologi/elektronik. mereka lupa esensi balapan motogp itu sendiri yaitu untuk riset dan mengaplikasikan teknologi² baru sebelum dipakai di motor produksi masal. valeban juga seakan lupa kalo di masa jaya kakek legend pun menggunakan motor dengan teknologi paling baru di jaman nya, malah tanpa pembatasan dan penyeragaman seperti saat ini. intinya kalah mah kalah aja ga usah banyak kambing hitam..

    Guest
    • gelar “the Doctor”nya itu yg overrated (imo). Terbukti, begitu Burgess dan Furusawa ga ada, yg bisa dilakukan kakek legend saat ini cuma mengandalkan konsistensi (manfaat menjadi rider paling berpengalaman yg masih aktif saat ini).

      klo alesan cuma perlu motor bagus (alias saat ini cuma kalah motor), berarti sama aja dengan mengatakan levelnya kakek legend sama aja dgn levelnya dovi. Kaga guna tuh gelar “the Doctor”.

      Bahkan mungkin Lorenzo yg lebih layak memiliki gelar “the Doctor” karena inputnya sangat berharga

      Guest
    • @makimaki : di masa jaya ya terserah sih dia mo mengklaim ini itu, atau menjuluki dirinya sendiri dengan sebutan the doctor. tapi di masa sulit pasti penonton yg bebas dari fanatisme bakal mempertanyakan ulang ucapannya dulu. dan fakta terbaru bikin si legend kemakan omongannya sendiri. dulu pongah bilang faktor pembalap lebih penting daripada motor, tapi beberapa tahun belakangan selalu nyalahin motor dan menekan tim yamaha untuk dibikinin motor yg kompetitif. valeban juga terlalu mendewakan skills idolanya, melupakan jasa besar jeremy burgess ataupun furusawa dalam membangun motor kompetitif. kan valeban punya pedoman baku, kalo motor kompetitif dan juara itu berkat input dan pengembangan kakek legend, tapi kalo motornya impotent dan melempem yg bakal disalahin adalah pihak insinyur dan mekanik tim. pokoknya kakek legend mahabenar dan mahasempurna. kalo gagal juara pasti karena dicurangi, seperti komen seorang fanatikan yg bilang konspirasi agar segera pensiun.

      Guest
  19. Faktanya Pak tino Masih dapet klasemen ke tiga musim 2018 meskipun lawan2nya Banyak yg Masih muda, Faktanya Masih Banyak fans kuning2 pas race meskipun fans merah juga ga kalah Banyak. Tapi no rosi no party itu bukan fakta😂😂😂

    Guest
    • Yes rosi emang pembalap hebat, bisa sampai di posisi 3 krn skill juga hebat dan jangan lupa motor yamaho juga hebat.
      Coba suruh pakai aprilia/ktm pasti dibelakang juga.
      Buktinya saat pakai ducati melempem.
      Akhirnya balik lagi ke motor dewanya, dan tetap saja msih belum juara dunia karena memang skillnya kalah dgn marquez, dovi, lorenzo dan mungkin juga kalah skill dgn rins.
      Bukan krn motor walaupun emang motor sangat pengaruh, buktinya lihat morbideli naik honda dibelakang terus saat pakai yamaho langsung di barisan depan.
      Pakai motor termudah saja masih belum bisa juara dunia gimana disuruh pakai motor yg susah ?

      Guest
  20. Ini sudah konspirasi tingkat tinggi bro…
    ada yg sengaja terus menjatuhkan reputasi seseorang, sebelum orang tsb “dipaksa pensiun” dan para fans terpaksa menerima. Ini cara keji yg umum dilakukan di dunia kerja.
    Objektif aja, saya rasa Rossi akan profesional dan mungkin memutuskan pensiun dengan sukarela kalo musim 2019 yamaha tidak bisa memberikan motor yg kompetitif…

    Guest
    • Lalu apa bedanya dgn kejadian 2015? Sepang pre race conference, seorang legend dgn kejinya menuduh MM menghalang2i doi saat race di PI. Padahal kita semua yg nonton tau kalo di race tersebut tidak terbukti sama sekali apa yg dituduhkan sang legend.

      Giliran bnr2 dihalangin oleh MM saat race. Jurus tendangan keji keluar.

      Untung aja Dorna bisa bujuk HRC untuk ga rilis data telemetry motor MM. Kalo engga, udah tamat karir si legend saat itu. Bahkan mungkin lisensi balapnya dicabut. Kaya yg dialami mantan anak didiknya sekarang.

      Saat ini kalo lagi diserang secara keji (melalui pembentukan opini publik), ya mau ga mau harus terima. Wong selama ini dia yg sering gitu kok. You play drama, you get karma

      Guest
  21. Udah biarin aja rossi ikut balapan…yg perlu dikomentarin ya si empunya penyelenggara…mau sampai kapan berfikir bahwa cuma ada 1 orang yg bisa membuat menarik motogp?

    Guest
  22. Post power sindrom.
    Hal biasa aja sih Rossi kaya begini.
    Di dunia kerja juga kadang nemuin yg kelakuannya kaya begini.
    Dunia Uda berubah, skill perlu upgrade. Tapi dia nya ga mau upgrade…nyalahin anak buah Mulu kalo ada masalah.
    Wassalam kalo ketemu tipe kaya begini.

    Yah ga enaknya…diketawain aja sama yg junior2 dibelakang.
    😂

    Guest
    • junior yang cuma klasmen 4 ke bawah maksud lu? 😅 kok aneh ya menertawakan pembalap yang lebih hebat dari mereka 😅😅

      Guest
  23. ” . . . he is having a hard time accepting that his moment has passed “

    Mungkin Puig tidak bermaksud minta Rossi pensiun. Tapi kasih tau Rossi kalo “masa-masa Rossi sebagai kontender utama kejuaraan” udah lewat.

    Udah gitu aja.

    Guest
    • Bagian mananya bro VR gak terima masa keemasannya sudah habis??? Adakah pernyataan VR yg mengisyaratkan demikian?? Hayoooo…wkwkwkwkwkwkwk

      Guest
  24. Sya sndri pribadi masih sangat respek sma rossi mau balapan atau dbalik layar tak perlu d ragukan lg prestasi d aspal atau off dia uda hebat sekali. Mungkin sebenernya dia punya ua motivasi trsndri selain di motogp yaitu melihat anak didiknya podium 1 dan juara dunia menjungkal dominasi Spanyol di kala dia masih jd peserta motogp itu suatu kebanggaan trsndri, mungkin stlah itu dia bakal pensiun

    Guest
  25. MahaBenar Rossi

    Toyor marshal benar-benar tidak profesional

    Sebenernya bodo amat Rossi mau kapan pangsiun! tapi yaa mbok sadar diri, pindah ke team lain atau team sendiri. janganlah kamu ngejogrok di YFR, GANGGU !

    1.) Menutup pintu rider muda potensial.
    2.) Mengganggu Pengembangan M1 secara Frontal,karena standar perubahan harus melalui QC Rossi yang sudah tidak sensitif karena bertambahnya umur.

    Apa prestasi saya hingga komentari Rossi? berapa harta saya, apa yang saya buat untuk dunia? apalah saya hanya serpihan debu di kusen pintu tua

    pppfffftttttt 😰😨

    Guest
  26. waktunya memang sudah hampir habis utk VR secara umur, tapi utk prestasi memang tidak begitu saja habis, dengan motor yang bermasalah sepanjang musim, masih dapat peringkat 3 klasemen, sesuatu yg tidak mudah diraih

    tinggal sisa waktu 2th ini, kalo motor dan hal2 teknis membaik, sptnya utk masih juara seri dan konsisten podium sangat bisa diraih

    untuk juara dunia mgkn VR perlu usaha sampai lebih dari 120% sesuatu yg pernah dia lakukan di masa lalu

    Guest
    • Setuju.. di masa lalu, di masa jayanya, vale bisa juara bukan krn dia yg paling berusaha keras dr pbalap lain, tp krn level skill dan talentanya diatas rata2 pembalap lain.. vale sendiri pernah bilang dulu abis balapan dia msh bs party atau skedar kumpul sama orang2 terdekatnya, sejak era 10 thn terakhir tiap abis balapan, malamnya fokus buat next race,, ditambah skrg makin bny yg punya level skill dan talenta setara dia wkt muda..
      Tp bagaimana jg vale gak sepenuhnya terjebak di masa lalu, dia ikut membina bibit2 muda, bikin tim, artinya dia sadar masanya hampir selesai, ditambah obsesi utk bantu italia kalahin dominasi spanyol..

      Guest
  27. semua ada masanya,dan musim depan masanya MV dan Morbidelli. Rossi cukup main aman sajalah jurdun bakal ketat tahun dpn lagi.

    Guest
  28. Satu satunya cara membuktikannya ya MM pindah Yamaha, dan Rossi balik ke Honda, dengan motor 2018 atau 2017
    Apakah MM bisa juara? Kalau iya, berarti Rossi harus mengakui kehebatan MM
    Kalau MM gak juara, berarti Yamaha emang gagal bikin mesin yang kompetitif

    Balapan adalah kombinasi antara Pembalap, motor, dan team support.
    Jika salah 1 lemah dan salah dalam saling mengartikan (saling kurang paham), ya hanya ada masalah dan ujung-ujungnya kalah.

    MM memang hebat didukung oleh faktor usia dan tentunya fisik yang prima dan berada pada team yang mampu dan kaya
    Sedangkan VR sudah cukum berumur, dan mungkin saja faktor nyali dan fisik sudah tak sehebat dulu. Ditambah komunikasi team yang kurang paham dengan elektronik dan keinginan pembalap.

    Guest
    • banyak yang bilang karena masalah motor VR ga jurdun
      ingat ga 2015, 2016, 2017 Yamaha lebih unggul dari Honda
      2015 MM lebih niat jatuh daripada tidak podium 1
      2016 belajar dari kesalahan 2015
      2017 top speed Honda dibawah Yamaha
      jadi yang bilang 2015, 2016, 2017 Yamaha ga bagus benarkah??
      liat tu Zarco bisa podium beberapa kali pakai tahun yang lalu2
      intinya 2015, 2016, 2017 yang jurdun siapa???

      Guest
  29. Yg bilang puig ngomongnya agak kasar. Adat disana justru bagus malah diapresiasi karena bicara jujur dan sesuai kenyataan yg terjadi.
    Puig ini mungkin tipikal kaya hohe dia ya bicara apa adanya. Tp kalo direspon dari kubu sebrang ya menganggap kasar

    Guest
  30. Fbh yg komen disini kok ya kurang cerdas ya… Rossi disuruh pensiun… Lah kalo Rossi pensiun ntar bakat baru masuk Yamaha dong… Malah buruk buat Honda kedepannya.

    Harusnya Rossi balapan terus, jadi top5 klasemen. Ini pedrosa udah pensiun. Lorenzo jelas bukan tipe wingman. Harusnya Rossi yang dipakai Marc sebagai wingman. Kan mantap tuh… Rossi jadi the next Pedrosa

    Guest
    • Nah, ini baru cerdas. Justru akan lebih bagus bagi marquez dan HRC kalau bakat2 muda terhalangi oleh keberadaan rossi. Makin mudah me dominasi.

      semua hal kecil di motogp dihitung, tidak perduli 1 sentimeter atau 1 kilometer, menang tetap menang

      Guest
  31. Apapun kata orang, saya tetap dukung rossi terus balap sampai benar2 gak mampu secara fisik.

    Btw ini tumben artikel pendek tapi komennya panjang dan rame 😂

    Padahal intinya puig cuma bilang rossi sulit menyadari masa jayanya sudah habis. Tidak ada kalimat yg menyatakan rossi harus berhenti balap. Udah gitu aja.

    Memperjuangkan sesuatu yg anda cintai meski harus menderita, masih lebih baik dari hidup tanpa tujuan 😂😂😂

    Guest
    • Iya… ane juga bingung…
      Padahal di artikel kan maksud nya puig bahwa rossi sudah tidak di masa emasnya
      sehingga bisa legowo menerima kekalahan
      Lha ini koq malah nyambungnya puig nyuruh rossi pensiun

      Guest
  32. Wak haji sdh liat Pernyataan Dani Pedrosa soal komentar alberto puig soal kenapa dani pensiun dn pindah ke KTM. Baru aja di wall fb dani 26.

    Guest
  33. secara ga langsung puig sedang melakukan perang psikologis, sesuatu yg wajar di lakukan terhadap orang yg dirasa msh bisa mengalahkan team atau pembalapnya

    Guest
  34. ah si piig sih ketakutan roci come back strike dgn motor lebih powerpul, ntar org tau tim bakal ancur kalo menejernya dipegang eks pembalap tak minim prestasi macam piig wekawekaweka

    Guest
    • VR46 udah habis bro. Hampir menang itu bukan suatu kebetulan, tetapi menunjukan stamina yg sudah tidak mendukung. Tapi memang tanpa VR46 di motoGP akan terasa beda. Seperti madrid tanpa CR7. Penerusnya harus bisa ekstra kerja keras untuk menyamai level mereka, bukan cuma skill, tapi semarak yg di hasilkan.

      Guest
  35. Klo gue respek sama orang yg punya dedikasi tinggi di dunia yg dicintainya seperti Rossi di motoGP, Sumi di F1, Maldini di sepak bola dll. Memang usia ga bisa bohong, tapi menjaga stamina di level kompetitif di usia yg sudah bisa dibilang tua, merupakan pencapaian yg sangat luar biasa. Yg lain belum tentu bisa. Juga jangan cemen kaya CS27, motoGP diangkat tinggi trus dibuang, tipikal worker, bukan lover. Semoga muncul penerus VR46, mungkin MM93 yg tidak sekedar bekerja, tapi mencintai motoGP. Sayonara DP26, welcome bagnaia dll

    Guest
  36. Ane malah seneng rossi diyamaha n jadi pembalap utama terus ,ntar begitu rossi pensiun yamaha baru sadar gap ktertinggalan mereka dengan pabrikan lain udah jauuuhh . .

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.