TMCBLOG.com – Guna meningkatkan semangat dan memotivasi para tenaga penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mengadakan ajang Suzuki Salesman Competition 2019 pada 25 – 27 Februari 2019 di Hotel Santika, Kelapa Gading. Kompetisi ini diadakan dalam rangka memberikan penghargaan kepada Salesman Senior (pengalaman lebih dari 2 tahun), Salesman Junior (pengalaman kurang dari 2 tahun) dan Salescounter terbaik di seluruh jaringan penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia. Sebanyak 83 peserta terpilih yang berasal dari 30 jaringan di Indonesia berkompetisi di Jakarta untuk membuktikan siapa yang terbaik.

Tema Tunjukan Nyali & Prestasi Terbaik menjadi penyemangat bagi para peserta, ditambah dengan sambutan penyemangat dari Seiji Itayama, President Director SIS, Berada di dalam ajang kompetisi ini membuat saya mengingat pengalaman Saya pribadi sekitar 20 tahun lalu, dimana saat itu Saya masih menjadi seorang Salesman seperti rekan-rekan peserta Suzuki Salesman Competition ini. Berkat kegigihan, semangat dan konsistensi di bidang penjualan Suzuki inilah, jalan karir Saya bisa menggapai posisi seperti saat ini. Pesan Saya kepada para peserta, tetaplah semangat dan tunjukan prestasi kerja terbaik setiap saat agar bisa mewujudkan cita-cita yang diinginkan. Saya sangat berterima kasih atas kinerja rekan-rekan sekalian yang terus setia untuk membangun penjualan Suzuki yang lebih baik.”

83 orang Salesman Senior, Junior dan Salescounter yang lolos ke babak grand final telah berhasil melalui babak penyisihan sebelumnya yang terdiri dari dua periode, yaitu periode Juli-September 2018 dan Oktober-Desember 2018. 3 Salesman Senior, 3 Salesman Junior dan 2 Salescounter yang mencapai data penjualan terbaik terpilih untuk mewakili setiap region penjualan Suzuki Motor.

Dalam proses pencarian pemenang, seluruh peserta diseleksi melalui tiga tes. Pertama, seluruh peserta mengerjakan soal ujian tertulis mengenai produk-produk Suzuki. Selanjutnya, 25 peserta terbaik dipilih untuk mengikuti interview mengenai keunggulan dan proses pembelian produk Suzuki yang dinilai oleh para Sales & Marketing 2W Section Head yang menjadi juri. Kemudian, 13 peserta yang berhasil memperoleh poin tertinggi berhak lanjut mengikuti tes terakhir yaitu role play, dimana peserta diminta untuk mempresentasikan pemaparan produk Suzuki NEX II dengan metode LPSP (Lima Posisi Sudut Pandang) kepada calon pembeli. Poin-poin utama yang dinilai antara lain bagaimana para peserta bisa menjelaskan tentang product knowledge, product advantage dan transaction process. Khusus pada tes terakhir tersebut, setiap peserta langsung menghadapi dan diuji oleh Management SIS 2W yaitu Bp. Yohan Yahya, Department Head of Sales & Marketing 2W.

Pada penghujung Suzuki Salesman Competition 2019, peserta yang keluar menjadi pemenang telah ditetapkan berdasarkan hasil penilaian para juri. Para pemenang juga berhak membawa pulang hadiah istimewa serta kebanggaan tersendiri bagi lokasi kerjanya masing-masing.

Kategori Juara Nama Salesman Lokasi Dealer Hadiah
Salesman Senior 1 Indra Aristiawan Indo Sunmotor Gemilang (Pekalongan) Suzuki GSX-R150
2 Hairil Affandi Samekarindo Indah (Balikpapan) Suzuki NEX II
3 David Sinaga Suzuki Center (Lampung) Smart TV 32”
Salesman Junior 1 Koderi Indo Sunmotor Gemilang (Purwokerto) Suzuki GSX150 Bandit
2 Susilo Indojakarta Motor Gemilang (Surabaya) Suzuki NEX II
3 Agus Wiyanto Mitraindo Sejahtera Utama (Ciledug) Smart TV 32”
Salescounter 1 Christian Rondonuwu Sinar Galesong Mandiri (Manado) Suzuki NEX II
2 Venny Kurnia Zein Sejati Unggul Persada Padang) Smart TV 32”
3 Ferry W Insan Sarana Maju (Tasikmalaya) Smartphone

 

Tidak hanya berkompetisi, seluruh peserta juga diberikan kesempatan city tour di Jakarta sebagai bentuk hiburan dan merayakan kesuksesan para sales terbaik. Ketua Pelaksana Suzuki Salesman Competition 2019, Sutisna Senjaya – DND & Logistic 2W Section Head SIS mencanangkan untuk terus mengadakan kompetisi khusus bagi tenaga penjualan sepeda motor Suzuki di tahun-tahun berikutnya, dengan tujuan terus memupuk semangat dan prestasi mereka dalam memberikan solusi produk sepeda motor bagi konsumen Tanah Air

Based on SIS Info

13 COMMENTS

  1. Bedanya SIS, SMG, Sinar Roda Kencana Mas, dll apa ya? Kenapa gak satu induk aja kaya AHM/ Yamaha? Atau Honda & Yamaha ada gitu juga?
    Sorry masih awam.

    Guest
  2. saya pernah ngobrol dg sales szki pas mereka mampir ke warung saya, ada yg beli rokok sama minuman. ternyata metode kerjanya kalau sales lapangan, mereka muter-muter kampung atau pemukiman pakai pick-up ngangkut 3-4 motor beda jenis. seolah-olah motor mereka laris banyak yg ngambil. ternyata itu promosi produk. kadang saya kasihan sama sales yg perempuan, sampe kepanasan dan keringetan.
    metode ini jg dipakai sama indoalpamarat. para karyawan salesnya di bak pick-up, setel dangdut, sebar brosur sambil joget-joget. saya sih suka-suka saja sama lagu dangdutnya, tapi tidak dg brosurnya. harga di warung saya lebih bersaing. hehe..

    Guest
    • sales emang gitu pak bangun. biasa ke kampung2 nganvass sebar brosur. biasanya mirip tukang pos masuk2in brosur ke rumah2. nah biasanya suka ngincar toko2 atau tempat rame kayak alun2. bahkan hari libur aja masih nyales.
      resiko pekerjaan tapi enaknya tidak terpatok gaji. jualan banyak = tajir. jualan seret = kere
      #pengalaman

      Guest
    • namanya usaha pak…metode itu dipakai oleh kanvasing springbad obat tanamana dll…banyak kok, kebetulan sekali banyak sodara jadi sales…saya sih karyawan biasa saja,,,,asal jgn kaya sales oppo, kalau g jualan laku keras suruh mamam terasi

      Guest
    • Poo, Antigra; kadang saya lihat mereka sampai larut malam. apalagi kalau pas lagi konser dangdut, pasti ramai. sampai ada yg dari pagi sampai malam jaga sten. biasanya mereka ini saya ajak ngobrol mas. haha..

      Darso; saya memang di jogja mas Darso. mbantul mesti mentul-mentul. haha…

      Guest
  3. Saya melihat Suzuki sekarang ini masih terlalu kurang masif di sisi sales & promotionnya, terumata untuk promosi pada media cetak dan elektronik. Beda seperti Suzuki tahun 2013 kebawah kita masih sering banget melihat iklan produk mereka di TV, launching produk+product knowledge di TV bersama band-band papan atas ataupun acara kuis-kuis sampai setiap hari. Kemudian di koran-koran dan majalah. Lebih keren lagi dulu ada OMR Suzuki hampir tiap satu tahun sekali. Okelah untuk saat ini hal itu membutuhkan biaya yg tidak sedikit, sekarang kan ada sosial media, bisa gandeng artis-artis Youtube sbg endorse, bikin acara live (re)launching dengan, blasting via sosial media secara masif dan yang paling penting intinya perbaiki 3S, percepar inovasi produk, banyakin pilihan, dengarkan dan ikuti maunya konsumen. Dah itu aja karena ane termasik fans Suzuki (dulu).

    Guest
  4. Sepintar apapun sales,tergantung juga dengan produk yang dijual,apik murah=lakukeras…apikharga mahal=wajar,pasti masih laku …elek,harga murah=wajar masih ada yang minat….elek,harga murah tetep orapayu,masih menyalahkan/mengumpat pembeli produk tetangga,anda sehat?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.