TMCBLOG.com – Menyambut musim balap 2019 yang sebentar lagi akan bergulir, Yamaha Indonesia dengan bangga mengumumkan komposisi tim balap pabrikannya di ajang Yamaha Indonesia Motorsport Conference 2019 yang digelar pada Jumat (1/3), di Yamaha Flagship Shop, Jakarta. Dengan semangat “Untuk Merah Putih Semakin Di Depan”, acara tersebut menampilkan para pembalap dan team Yamaha yang siap berjuang mengukir prestasi di berbagai level kejuaraan balap nasional.

 

Dalam tataran kejurnas balap Motoprix tahun ini, Yamaha Indonesia melalui para pembalap bertalenta yang menggunakan motor MX-King 150 dan Jupiter Z1 akan kembali mempertahankan dominasinya di semua Region. Total terdapat 14 tim yang akan bertarung, dimana untuk wilayah Sumatera (Region 1) terdapat 4 tim, wilayah Jawa (Region 2) terdapat 5 tim, wilayah Kalimantan (Region 4) terdapat 2 tim dan wilayah Sulawesi (Region 5) terdapat 3 tim.

Pada strata kejurnas Indospeed Race Series (IRS), Yamaha menurunkan 5 tim yang akan berlaga di kelas Sport 150 dan Sport 250 dengan menggunakan motor All New YZF-R15 dan New YZF-R25 yang merupakan produksi dalam negeri.

Menuju ke kancah balap Internasional, Yamaha Indonesia kembali menunjukan komitmennya untuk membawa para pebalap lokal ke kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC). Pada musim ini, Yamaha Racing Indonesia akan menurunkan empat pembalap andalanya yaitu M. Faerozi dan Anggi Setiawan yang keduanya merupakan jebolan Yamaha VR46 Master Camp dan akan turun di kelas Asia Production 250 (AP250) menggunakan motor New YZF-R25 generasi terbaru.

Sedangkan dikelas Under Bone 150 (UB150), dua pembalap belia Wahyu Nugroho dan Aldi Satya Mahendra yang juga merupakan adik kandung dari Galang Hendra Pratama siap bertarung menggunakan motor MX-King 150. Pemilihan dua pembalap muda untuk bertanding di level kejuaraan Asia merupakan gambaran atas proses penjenjangan yang dilakukan oleh Yamaha Indonesia terhadap para rider-rider muda berbakatnya, agar kedepannya, ketika mereka melangkah ke kejuaraan dunia, para pembalap tersebut masih dalam rentang usia yang muda sehingga lebih kompetitif baik dari segi fisik maupun mental.

Di level kejuaraan dunia ada nama Galang Hendra Pratama yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pembalap asal Yogyakarta tersebut kembali dipercaya oleh Yamaha Indonesia untuk berlaga di kejuaraan World Supersport 300 (WSSP300) dengan menggunakan motor New YZF-R3 generasi terbaru yang merupakan produksi Indonesia dan bergabung kedalam tim Yamaha Moto X Racing.

Tahun ini adalah tahun ke-2 bagi Galang untuk kemabali menjalani balap satu musim penuh dan berupaya kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Seperti yang sebelumnya telah dilakukan pada musim 2018 dimana ia berhasil merebut podium pertama di sirkuit Brno, Republik Ceko dan sirkuit Jerez, Spanyol saat berstatus sebagai pebalap wild card di tahun 2017.

“Baik di tahun 2017 dan 2018, Yamaha MX King berhasil merebut gelar juara Motoprix di kelas 150cc, terima kasih Yamaha Team  untuk kerja kerasnya!, dan selama tiga tahun terakhir, YZF-R15 telah mendominasi titel juara di gelaran IRS untuk kelas Sport 150. Tahun ini Yamaha Indonesia akan tampil di kategori tersebut menggunkanan All New YZF-R15, dan New YZF R25 di kelas Sport 250. Hal tersebut turut berlaku di Yamaha Sunday race & Yamaha Endurance Festival. Dengan semangat YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN, Galang Hendra menunjukan performa luar biasa di World Supersport 300 dengan menjadi pembalap Indonesia pertama yang memenangakan 2 seri balap menggunakan YZF-R3 buatan Yamaha Indonesia. Kami berharap dapat kembali meraih hasil yang baik di 2019, melalui tim serta pembalap terbaik kami, dan YIMM yang selalu memberi dukungan penuh kepada mereka,” ucap Minoru Morimoto selaku President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg

based on YRI Info

FORMASI TIM YAMAHA INDONESIA 2019 :

MOTOPRIX

Region I (Sumatera)

  1. Yamaha Suhandi Padang 88 RT
  2. Yamaha BTKS RT
  3. Yamaha Canasta RT
  4. Yamaha Alfa Scorpii RT

Region IV (Kalimantan)

  1. Yamaha Aditama RT
  2. Yamaha Rivaco RT

Region II (Jawa)

  1. Yamaha Bahtera RT
  2. Yamaha Oryza RT
  3. Yamaha BKS RT
  4. Yamaha Bintang Centula RT
  5. Yamaha Semoga Abadi Zyrof 47

Region V (Sulawesi)

  1. Yamaha Akai Jaya Motor RT
  2. Yamaha Adhi Motor RT
  3. Yamaha PRS RT

INDOSPEED RACE SERIES

  1. Yamaha Rey Racing Speed RT
  2. Yamaha Bahtera RT
  3. Yamaha Oryza RT
  4. Yamaha HDS RT
  5. Yamaha Akai Jaya Motor RT

ASIA ROAD RACING CHAMPIONSHIP

1. Yamaha Racing Indonesia

  • M. Faerozi Toreqottullah (AP250)
  • Anggi Setiawan (AP250)
  • Wahyu Nugroho (UB150)
  •  Aldi Satya Mahendra (UB150)

WORLD SUPERSPORT 300

1. Yamaha Moto X Racing a. Galang Hendra Pratama (WSSP300)

20 COMMENTS

  1. wkwk kipas kipas dollar eh tjm sama snd dilepas begitu aja. efek tahun lalu kah ? di AP250 pembalap pabrikannya diasepin terus sama topan ? lalu di ub150 wahyu aji diasepin gupita kresna ? wkwkwkwkwkk

    Guest
  2. Ekekekek….gw klu lihat si reot25 pengen ketawa jungkir balik….jueelleexxxnnyyyaaaa….minta ampuuunnnnnn…….!! dangak matane mondol…?????????

    Guest
  3. Siap siap cbr250rr akan kalah karena r25 sudah setara dg kaki kaki yg sama.
    Ini baru balpan yg setara.. Imo.. Kemaren cbr menang cuma karena usd!

    Guest
  4. Wak saya mau nanya nih, utk kejuaraan balap dalam negeri kok R25 pake fairing custom ya? knp ngga pakai fairing standart?

    Guest
  5. matiin aja uda perjenjangan wek2.

    ga ada masa depannya jenjang bebek. kluarin sport 100c – 150cc – 250cc baru bisa masuk event eropa dan dunia.

    Guest
  6. tetap saja kelas 250cc Yamahmud kemungkinan masih akan berada di bawah bayang2 CBR250, walaupun mungkin kemampuan engine bisa mengimbangi, namun di sektor lain CBR punya 3 keunggulan mutlak yg tidak dipunyai R25, yaitu adanya Link Monoshock System, Diameter Valve in yg lebih lebar, Chassis (yg walau teralis pager) namun bentuknya sudah mengambil filosofi chassis Twin Spar a.k.a Deltabox, mirip2 Chassis MV Agusta/Brutale F3 675/800, mengenai apa faedahnya semua itu saat dipakai balapan, seharusnya semua sudah paham 🙂

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.