TMCBLOG.com – Bulan kedua Market sepeda motor indonesia sudah keluar angka Distribusi penjualannya sob. Secara umum penjualan sepeda motor di bulan Februari 2019 tercatat sebanyak 531.824 unit. Angka ini sedikit turun dibandingkan raihan Distribusi Penjualan Domestik pada Januari 2019 sebanyak 569.126 unit Namun naik bila dibandingkan dengan raihan Distribusi Penjualan Domestik pada Februari 2018 yang torehkan 439.586 unit.

Jika ditotal, selama dua bulan pertama (Januari-Februari) 2019 Dirtsibusi Motor baru dari 5 anggota AISI tembus lebih dari 1 juta unit, atau tepatnyaΒ  1.100.950 unit. Angka penjualan tersebut naik 19,4 persen Jika head to head dibandingkan dengan periode yang sama Januari-Februari 2018.

Data Distribusi Penjualan motor baru Anggota AISI 2019

Jan 19Feb 19
Honda441.165407.728
Yamaha110.110102.487
Suzuki9.1008.560
Kawasaki8.60613.002
TVS14349

 

Untuk Februari 2019 sendiri seperti bisa sobat lihat di data atas Honda berhasil mendistribusikan penjualan Motor baru sebanyak 407.728 unit disusul Yamaha 102.487 unit. Kawasaki menyusul di posisi ketiga dengan 13.002 unit lalu hadir suzuki dengan 8.560 unit dan TVS sebanyak 49 unit.

Ini mengartikan bahwa pada Bulan februari kemarin Hodna emnguasai sekitar 76,67% Pangsa Pasar diikuti Yamaha 19,27%, Kawasaki 2,44%, Suzuki 1,61% dan TVS sebanyak 0,01 %.

Sementara Itu seperti yang sudah kita tulis di paragraf sebelunya, Jika digabung Januari – Februari maka Total Sepeda Motor baru yang telah di distribusikan secara Whole Sales adalah 1.100.950 unit dan dari angka ini 77,11% dikuasai Honda dikuti Yamaha 19,31% disusul Kawasaki 1,96%, Suzuki 1,% dan TVS 0,02%

Taufik of BuitenZorg

72 COMMENTS

    • Yang mulai dari 2018 akhir greget launchang launching new produk kok malah makin mengkeret yak.sisa 19.xx% bisa bisa Mbah Darmo di alam sana gak tenang.

      Guest
    • Gak di indo…gak di thai…
      H miliki 70 an Persen 😁
      Yang lsin cuman dijabani sama Jualan kampazz rem beat 😁

      Guest
      • Pantesan produksi Y Global dipusatkan di satu pabrik (Indo), karena prod di luar sdh ga efisien lagi karena ga sebanding dg penjualannya.

        Guest
    • kayanya bukan konsumtif deh, tapi masih banyak orang2 yang belum punya skutik, jadi setiap hari ada aja orang baru yang beli skutik. enggak mungkin juga kan kita ganti skutik/motor tiap tahun πŸ˜… 267 juta penduduk coy, maklum berflowerπŸ˜…

      Guest
    • Blm pny skutik y? Mghina org Indonesia ato loe sndr yg emg ‘trtinggal’ y? πŸ˜œπŸ˜‚
      Sskli buka mata, liat sktr… Stiap rmh skrg pny brpa motor? Di rmh ni ja da 4 skutik, & aq ykin msh mw nambah ato gnti lg 🀭

      Guest
    • Msh ora mudeng y? & Dr dl jawabanny g gtu2 ja… Kredit kek second kek mnding kek πŸ˜‚
      Emg smua org loe samain dg drimu? Smua dlm ‘btas’ pmikiran loe? 🀣🀭

      Guest
    • Skutik adalah salah 1 dari sekian produk H yg larizzz 😁
      Maklum…skutik 110 jauh lebih ngacir dari 8 aneka 125 .
      Sport H juga naik..namun yg mentereng sekarang adalah kenaikan penjualan Pcx yg udah bersaing dg Skupih 😁
      Wueeediaaan

      Guest
  1. jadi sebenarnya data AISI boleh dipublish atau enggak ya? mungkin cuma penjualan per motor yang tidak boleh dipublish?

    Guest
  2. keadaan seperti ini pgen bebas macet…??
    ngiah..ngiahh…ngiahh

    ntu kawatkaki greget amat, gudang masih sisa space kah??
    ngiahh.. ngiahh..ngiahh

    Guest
  3. Saya prihatin, makin tahun bukannya makin berkurang kendaraan pribadi malah makin banyak. Gimana ga penuh sesak, pantesan negara ini begitu bergantung sama minyak. Yang seneng pun saya rasa cuma Jepang dan mereka yang kena dampak langsung (blogger, sales, pemilik dealer), tapi tetep Jepang yang paling diuntungkan. Orang Jepang sendiri mah bodo amat sama harga minyak dunia dan kemacetan jalan raya juga polusi yang ditimbulkan, yang mereka pikirin cuma gimana caranya ga telat naik kereta, kerja mantap biar gaji mantap. Orang sini malah ribut saling caci antar supporter pabrikan Jepang.

    Guest
    • Tetep kita butuh kendaraann byat dagabgan / ooerasional

      Walaun kendaraan makin banyak negara ttep untung dari pajak
      Karywan ahm
      Karyawan sparepart semua berputar.
      Lagian mana ada semua kendaraan di pake semua 100% berbarengan gak mgkin
      Trafik paling padat ya pas lebran / liburan

      Bisnis cuci motor , servis motor , pedagang ban asesoris semua jadi ikut dpet berkah.

      Jalan macet , itu hanya konsekwensi yg masih bisa d atur kondisinya
      * itu opini saya sih *
      Cmiiw

      Guest
    • yg seneng ya yg pegang saham mayoritas honda corp, toyota corp, yamaha, suzuki, kawat, dll… orang mamarika n wahyudi sono, bukan org jepang,.. ntulah knapa yen cuma seharga 90 perak… ngiah.. ngiahh.. ngiahh.. forbes 40 jepun,pemilik corp. otomotif g da yg masuk,krn saham. e emg udah dipegang n dimainin hedge fund mamarika… ngiahh.. ngiahh.. ngiahh

      Guest
    • @jasa paspor gmna klo saham ahm dikuasai aja sama org indo? Jd gk ada uang yg ngalir ke luar. Tp tidak semudah itu ferguso

      Guest
    • Disakui atau tidak..pake motor jaauuhhhh lebih irit dan hemat waktu dripada kendaraan umum bis atau kereta angkot dll 😁
      Dan diakui atau tidak..hasil jualan ngahaem masuk ke kantong sendiri..bukan kek yg lan, masuk kekantor pusatnya d jeppun 😁

      Guest
    • Masa elu nyalamin diri elu sendiri? Sekolah yang bener yak, biar ada gunanya dikit jadi ortu elu ga malu2 amatπŸ˜‚

      Guest
    • betul itu beat yang kayak kacang goreng larisnya. kapan ya liat moge lokal. mgkn level pasarnya kebanyakan itu.

      Guest
    • Matik kelas teri ,untungnya kelas Pauss 😁..
      Yang lain cukup dijabani sama jualan kampaz rem beat 😁

      Guest
      • Saya jadi ngerti kenapa avatar ini orang di klon sama bencong, ternyata pinter nusuk dan si bencong pembenci Hoonda ketusuk dan berusaha matiin karakter yang dia benci, eh malah karakter dia yang makin ancurπŸ˜‚

        Guest
  4. pajak tahunan dan stnk diberlakukan aja kaya gini, yak walaupun ada saja yg masih gak bayar. lah ini ada yang mau ngapus pajak tahunan & stnk, apa gak mikir dampaknya kaya gimana yak wkwkwk

    Guest
    • Sebenarnya ada progresif juga, tapi konyolnya yang hobi gonta ganti motor biasanya sengaja ga bayar pajak, nanti pas kredit dia selesai atau garansi resmi abis dia jual kemudian dp lagi matik baru. Gitu terus sampai Jepang makin jadi negara majuπŸ˜‚

      Padahal pola hidup begini rugi sendiri, tapi ya gimana lagi ganti motor adalah keharusan bagi kalangan bawah buat naikin prestige mereka. Biar seolaj duit ga berseri, padahal Ariel aja malah masih pake Shogun kalau pulang ke Bandung.

      Guest
  5. Market share memang gede tapi yg gagal bayar kredit banyak banget krn asal di acc aja sama salesnya, yg masa depan keuangannya gak jelas aja lolos. Liat aja di lelang2 motor, merk anu pasti paling banyak.

    Guest
    • Pabrikan apapun baik Honda, yamaha, suzuki dan kawasaki ga peduli dengan leasing bro..
      Mereka bayar cash ke dealer dan dealer juga bayar cash ke produsen…
      Masalah motor dilelang ato kemudahan acc, itu urusan pihak leasing, ga ada hubungannya dengan dealer ato produsen..
      Yang jadi pertanyaan, jika Honda bisa mudah lewat leasing, kenapa pabrikan lain engga….?
      Padahal kan sama2 dipermudah tuh accnya, bahkan sama2 dengan modal ktp dan dp 0%, kenapa motor Honda yang banyak….?
      Brarti kan emg yang dicari konsumen itu motor Honda dan didukung dengan kemudahan leasing…
      Just opini sih…

      Guest
    • Bilang aja merek hondut..susah amat..gana ga macet..dp asal2an..siwee emang perusahaan leasing..harusnya kayal tahun 2004 kebawah..ketat persyaratannya
      .

      Guest
      • Wkwkwk ya gitu deh, yg penting target terpenuhi, lunas gak lunas bodo amat.

        Beda sama sebelahnya, Y sekarang gak boleh nolak orang mau beli cash krn bikin konsumen kabur kesebelah krn merasa terhina, kalo S benar2 ketat kalo jual kredit krn takut gagal bayar di sebelum pertengahan.

        Guest
        • analogi orang pe’A..yg gelontorin uang tuh pihak leasing..pabrikan/dealer cuma jual putus,masalah ditarik/telat2 bayar itu udah urusan leasing..

          Guest
    • gagal bayar semua Merk coy, buka mata buka telinga.

      Berhubung Merk Honda MS terbanyak di negeri ini maka itu berbanding lurus dengan motor yang ditarik.

      Sama seperti Penjara penuh oleh orang beragama (X) di suatu negara.. bukan berarti agamanya yang rusak mengahasilkan penjahat. Tapi memang hukum populasi begitu adanya. Dan penjara beda-beda setiap negara penghuni lapasnya agama apa yang dominan berbanding lurus dengan agama mayoritas di suatu negara tsb.

      Guest
    • Ya begitulah,dulu kakak mau ngambil motor pas survey ke rumah liat keadaan bokap sakit jadi ga di acc,padahal struk gaji dll pake punya kakak ane
      Untung ada tetangga yg baik,jadinya atas nama dia dulu dan harus balik nama deh,vangsat emang!!
      Sekarang modal foto copy KTP DP 0% udh bisa bawa pulang πŸ˜‘

      Guest
    • Untuk urusan itu pabrikan masa bodo karena sdh lunas terbayarkan…!!! yang rugi bandar ya pihak leasing…….., tapi anehnya pabrikan yang lain meskipun di sokong leasing kok jualanya makin sini makin mengkeret, meskipun produknya bejibun…..!!!, padahal di tahun 2008 an hampir bisa menyalip penjualan H tuh… kenapa bisa begitu jawabannya simple karena fb nya cuman bisa jas jes jos doank tapi belinya kagak….!!! Kalah sama fb militannya H meskipun di media produknya banyak yg bully tapi pada ga peduli dan tetap di beli. yang akhirnya ms makin menjadi dan pihak lawan banyak yg frustasi plus bau terasi, mudah mudahan komen saya gak di moderasi…….salam one heart.

      Guest
    • Nih sales target gak terpenuhi kog nyalahin kompetitor yg laris manis ya?? Harusnya koreksi knapa tetangga laris knapa jualanmu seret!!

      Kenapa tetangga bisa dibantu leasing dg mudah knapa merk lu kagak laku di mata leasing ..

      Mo yang kredit motor nunggak mo kagak penghasilan si dealer tuh tetap untung karena yg nanggung kredit macet dr pihak leasing!

      Guest
    • Wahh gara2 nulis seles lising masuk jaring deh…
      Padahal merk Y juga pake depe miring semiring matic yg ngebut 80km/jam

      Guest
    • Kasus ini bisa jadi sama dengan kasus ketika pemotor dianggap tidak disiplin lalu lintas di banding pengguna mobil
      Let say pengguna motor ada 10jt
      Pengguna mobil ada 1jt
      Krn faktor penduduk anggap orang yg tidak disiplin 20%
      Nah maka pengguna motor yg tidak disiplin 2jt sedangkan mobil 200rb
      Maka sah pengguna motor dianggap paling banyak yg tidak disiplin

      Guest
      • Gimana pemobil mau gk disiplin juga? Wong jalurnya kirikanan dah diisi mobil lain 😁 pemotor hanya cari celah dimana bisa masuk..disiplin itu tergantung keaadaan dan bagaimana menjudgenya 😁

        Guest
    • Urusan macet kredit bukan urusan pabrikan yg jual tow😁 apapun pabrukannya yg macet ya macet saja 😁
      Tapi tentang Larisss??? Itu Mutlak urusan Pabrikan 😁

      Guest
  6. Karena transportasi belom terkoneksi, terintergrasi maka itu masyarakat butuh kendaraan roda dua untuk menunjang aktivitas nya! Dan Indonesia itu luas bukan Jakarta doang, dibeberapa daerah malah jalanan lenggang kakung aspal mulys., Hidup lu harus banyak piknik…

    Gitu mbro.
    Ribet amat lu mikirnya.

    Guest
  7. Dan masih syukur lu, ada pabrikan perakitan motor disini, sodara sebangsa setanah air bisa kerja. Ekonomi berputar…

    Bandingkan dengan itu motor didatangkan secara CBU… itulah sebenar-benarnya KONSUMTIF tanpa terdapat Simbiosis mutualisme.

    PAHAM?

    Guest
    • Ya begitulah buat menutupi rasa malu karena target tak terpenuhi .. klo pas artikel segmen laris mereka lupa dan menyombongkan diri

      Guest
  8. kalau di kolom komentar gerombolan 19% ini rame banget yaa..tapi begitu dilihat by data gerombolan ini cuma 19%..mungkin sama seperti isi otaknya..xixixxi

    Guest
  9. sebaran distribusi terbesar masih di ibu kota ya wak, makin penuh aja dgn kendaraan bermotor. polusi jg semakin tinggi

    Guest
    • Itulah bagian dri hidup πŸ˜‚ barang baru ada terus..mampu beli ,kalau gk mampu ya nyengir aj πŸ˜‚

      Guest
  10. Kalo satu org punya bbrp motor, juga gak semua dipake.

    Bisa aja tiap hari beda motor. Atau beda tempat tujuan ya beda motor.

    Gak ada masalah dg jualan motor. Kalo kredit macet, ya risiko itu. Yg penting NPL rendah.

    Jalanan macet? Org yg bilangan jalanan macet juga pasti pake motor.
    Nikmati aja. Itu salah satu tanda ekonomi masih jalan.

    Guest
  11. wak haji, bahas juga dong jebloknya ekspor kipas2 dollar yimm, di bulan pebruari, biasanya ekspor yimm +/- 2 kali lipat ahm, dari januari 37.000an unit ke pebruari kmrn cuma 22.600an unit, sementara ahm mampu ekspor 20.000an unit, selisih tinggal 2.600an unit.

    emang cm fby yg bisa ngemis artikel?

    Guest
  12. Saya menduga PCX melesat wak, Nmax banyak terkoreksi.. MS Yamaha bisa di atas 20% kan disokong Mio dan nmax.. Kalo salah satunya memble ya pasti terkorekso keseluruhan

    Warning Yamaha.. Kalo Nmax facelift gagal, siap2 terjun under 15%

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.