TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Honda baru saja mematenkan satu lagi sistem yang lumayan menarik yakni sistem Pengendali/ Kontrol temperatur dari jok/ Seat sepeda motor. Dalam desain Paten yang didaftarkan, terlihat Honda menggambarkan sistem tersebut di sebuah superbike Yang ditengarai adalah CBR1000RR FireBlade MY 2012-2016. namun begitu sistem ini jelas sangat mudah diapalikasikan hampir untuk jenis Motor apa saja, dan bahkan merek apa saja 😀

Sistem pengatur temperatur dari Jok Sepeda motor ini terinspirasi dari apa yang pernah di lakukan di Kendaraan roda empat. Seperti yang bisa tmcblog kunyah kunyah dari gambar di atas, Jadi ada sebuah Pipa Penyalur udara dari depan menuju ke daerah Jok, Bahan dari jok pun dibuat Khusus yakni berupa Mesh Plastik untuk membuat Jok jadi berasa dingin ataupun hangat

Jadi Rider bisa menyeting apakah Joknya mau diHangatkan atau didinginkan Via Tombol Pilih ( switch Button ) yang ada di handlebar Kiri. Jika Tertekan Tombol cool maka udara sejuk akan mengalir langsung dari RAM AIR dimana biasa di RAM AIR mengalir aliran udara bertekanan tinggi yang sejuk.

Sebaliknya, Jika pengendara ingin menghangatkan Jok Maka tombol warm/ hot Yang dipilih akan membuat Valve membuka Jalur udara hangat yang berasal dari aliran udara di belakang Radiator.

Bukan Hanya Hot dan Cold Saja namun juga kemungkinan untuk mencampur udara panas dan dingin sampai tercapat suhu yang diinginkan oleh Riders. Honda menyatakan bahwa sistem ini telah mereka coba di windtunnel secara real dan Berhasil / sukses. tapi menurut tmcblog mungkin lebih pas jika dihadirkan di motor motor cruiser seperti Mungkin Honda Rebel, Honda Vultus maupun Honda Goldwing.

Taufik of BuitenZorg

38 COMMENTS

  1. Jepang punya, gakmau kalah sama toilet Jepang yang bisa hot n cold, bidetnya juga bisa pelan or kencang, ada musiknya pula…hahaha. Always unique.

  2. ini kenapa motor jadul yg jadi aib HRC malah ditambah fitur yg aneh2 saja,
    Alamat Long lasting produksi ini motor,
    Bad news nya VFR1000 aka RC213VS pahe bakal hanya jadi angan-angan semu FBH,
    Kasihan FBH hanya bisa proud di balap prototipe,,
    ?

  3. teknologi apalagi ini? wkwkk jujur aja ini fitur kurang berguna. tapi klo sekedar iseng2 insinyur honda ya gpp lah

    • Sejarah yg mgkn skrg pengen d hpus Ducahati… ?
      Liat Desmo’ny Om Febs jd k inget NR750… Pinang yg d photokopi ?

  4. Setiap motor itu punya kelebihan kelemahan, seandainya tidak inovasi inovasi kecil yang bisa dibuat atau dishare, mana mungkin inovasi besar bisa dicapai. Atau bisa juga inovasi kecil itu jadi motivasi untuk membuat inovasi besar.
    Aneh juga sih, kok ada ya orang yang seakan-akan nggak menghargai inovasi yang udah dibuat untuk menambah nilai produk.

    • Sepertinya tidak hanya sebagai pengatur suhu jok saja, inovasi ini tentu bisa dimanfaatkan untuk hal teknis lainnya.

  5. Perlu juga di pahami, klo paten belum tentu di gunakan. Kebetulan pabrikan kendaraan malah banyak mempatenkan produk dengan teknologi biasa yg sangat mudah di tiru tapi bisa sangat bermanfaat. Tetapi klo teknologi yg jadi rahasia justru ga bakal di buat paten, karena pengajuan paten sama aja mengumbar teknologi kepada pesaing.

  6. Buat yg nyinyir nyinyir teknologinya ga kepake,sebenernya ini kepake banget di negara negara 4 musim,kalo lagi musim panas yg panasanya kelewatan jadi jok bisa didinginin atau kalo lagi musim dingin itu joknya dihangatkan,jadi kepake banget,kalo setau saya skrg itu yg ada pemanas grip,jadi kalo musim dingin org kuat bawa motornya

  7. Jawaban nyata dari Honda atas keluhan konsumennya terhadap Jok motor2 buatannya yang rata2 banyak bikin pantat pengendara jadi panas, tepos dan tidak nyaman pada saat melakukan perjalanan jauh, dengan adanya fitur ini maka pantat dan selakangan rider tidak akan kepanasan dan keteposan lagi bisa mendapat semburan angin segar yg bikin suasana jadi nyaman, yg membuat dua bola ajaib lelaki akan sangat berterima kasih dg adanya fitur ini, mengingat mereka berdua adalah “penerus dari generasi dimasa depan” yg tentunya harus dijaga kondisi kesehatannya 🙂

  8. Wak,bicara masalah hak paten,sejauh mana suatu karya teknologi dianggap tidak meniru hak paten? Ambil contoh di motor honda ada ACG STARTER,lalu yamaha punya SMG. Apa menurut anda kedua sistem starter ini sistem kerjanya tidak sama?

    Yang kedua,apakah hak paten punya masa kadaluwarsa? Sehingga setelah masa itu maka orang/pabrikan lain boleh menirunya? Atau yang meniru membayar royalty selamanya?

  9. Emmm saya jaman pake vixion dulu pernah bikin semacam RAM gini pake selang di iket pake ties dan buat nangkep udara pake potongan botol tujuannya buat ngademin selangkangan..eh di patenin sama honda skrg ???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.