TMCBLOG.com – Dalam file Patennya terkuak bahwa Kawasaki sedang kembangkan Versys yang dilengkapi Radar. Radar-assisted safety systems merupakan salah satu fitur yang jadi perbincangan hangat dalam percaturan motor motor baru jelang 2020. Ducati dan KTM telah terlebih dahulu mengkonfirmasi bahwa dalam waktu dekat mereka akan mengahdirkan varian varian enduro seperti Multistrada menggunakan radar depan maupun belakang. Namun pabrikan Eropa tidak sendiri, paling Tidak kawasaki berusaha Hadir menyaingi dengan ide Yang sama.

Pada dasarnya, Radar-assisted safety systems yang digunakan Kawasaki sangat dekat jenis teknologi dan cara kerjanyanya dengan apa yang banyak dibenamkan di Roda empat. Di bagian depan ( No 61 ) ada semacam Chipset sensor Tranceiver Yang akan mengirimkan gelombang yang kemudian digunakan untuk mengukur jarak Motor dengan Kendaraan di depannya.

Lalu dengan hasil pengukuran jarak dan juga speed dipadukan dengan Throttle Ride By Wire, ECU ABS, sistem rada depan ini dapat menghadirkan setingan cruise control yang akan menjaga dengan konstant jarak aman dan speed aman riding / Cruising dengan kendaraan depan, dan Juga membuat Motor bisa mengambil alih keputusan melakukan pengereman saat diketahui ada deselarasi tiba tiba pada kendaraan di depannya sehingga hadir fungsi mitigasi kecelakaan.

Radar juga ada di Bagian belakang desain paten dari versys di atas ( No 62 ). Fitur ini tidak telalu populer di Mobil, namun tetap dihadirkan di desain Paten Kawasaki versys. seperti Juga radar depan, radar belakang ini memonitor jarak dan kecepatan antara motor dan kendaraan dibelakang. Tidak seperti sistem rada depan, radar belakang ini tidak berhubungan Langsung dengan cruise control maupun sistem pengereman. Radar hanya memberikan warning kepada pengendara jika ada kendaraan yang mendekat dengan sangat cepat misalnya.

Sistem secara detail masih rahasia, namun jika melihat kedekatan Kawasaki dengan Perusahaan Pihak Ketiga Bosch, Maka sangatlah mungkin jika Radar-assisted safety systems ini juga merupakan hasil kolaborasi keduanya . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

10 COMMENTS

  1. kmrn ada yg joknya pake pengatur suhu, aneh2 aja teknologi skrg hehehh skalian pake radar anti pesawat, radar anti tank

  2. Apakah ketika motor melaju dg keadaan cpt tiba” kendaraan di depan berhenti mndadak saat motor ini dg jarak dekat. Dan sipengendara reflek lupa rem? Apakah ni motor bisa otomatis ngerem sendiri wak????

    • Seharusnya sih sudah di set jarak minimal yg sudah di respon oleh motor. Jadi jarak minimal itu memungkinkan motor memberikan respon yg cukup melakukan pengereman secara otomatis. Gue malah agak bingung jika sensornya aktif bagaimana respon dari alat itu ketika si pengendara akan melakukan overtake.
      Gue rasa sistemnya bekerja hanya jika semacam cruise controlnya diaktifkan, dimana Pengendara hanya berkendara secara konstan, tidak bisa agresif melakukan overtake. Fitur yg sudah ada di beberapa mobil di Indonesia, namun tidak begitu sukses di kondisi jalanan yg ada

  3. Ntar ada jg pabrikan yg bikin anti radar wak..mode siluman stealth gk kedeteksi ??
    Plus peluru kendali pintar..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.