TMCBLOG.com – Seperti yang sudah TMCBlog tuliskan sebelumnya bahwa Euro 5 sepertinya memang jadi salah satu moment dimana banyak update update mesin sepeda motor hadir. Tujuan utama nya tentu membuat motor yang bertenaga, namun tetap bisa lolos regulasi emisi yang dipastikan lebih ketat ketimbang Euro 4. Dan salah satu solusi yang memang semenjak kini sedang di dekati oleh pabrikan adalah solusi Variable Valve. Via konjintekibikematome hadir patent mesin motor skutik dari Honda yang sudah menggunakan sistem Variable Valve.

Yap jika kita bicara Honda, Sistem variable valve yang dikembangkan oleh pabrikan ini memang bernama VTec (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) yang sebenarnya jika kita lihat dari akronimnya menghadirkan timing dan bukaan valve yang bervariasi berdasarkan seperti apa profil dari Lobe Camshaft yang dipakai. Melihat foto pertama memang bentuk skutiknya jauh dari bentukan asli Honda Forza. Namun tenang yang sedang di patenkan disini adalah sistem mesinnya, bukan bentuk fisik motornya.

Namun memang sih artinya masih ada kemungkinan malah PCX yang sedang di maksud oleh patent Honda ini. Yap PCX lebih butuh VTec ketimbang Forza karena PCX head to head dengan NMAX yang notabenennya sudah memiliki sistem Variable Valve sebelumnya. Namun untuk sementara kita anggap saja untuk model Honda Forza yaaa . .  Lalu gimana melihat sistem dari bagan di atas? Tentu pusing bukan, Ok silahkan simak gambar ketiga sob . .

Nah pada gambar atas lebih jelas bahwa di Valve Intake ada dua sistem rocker arm (49 dan 50) yang masing masing mengenai dua profil camshaft berbeda ( High dan Low ) sistem koneksi kedua rocker arm ini digerakkan / ditonjok oleh sebuah sistem aktuator selenoida (80) yang bekerja bisa jadi berdasarkan RPM mesin dan indikator lainnya yang diperintah kan oleh ECU berdasarkan program yang sudah di buat oleh pabrikan.

Diperkirakan paling cepat model yang entah Honda Forza ataupun Honda PCX dengan teknologi VTEC ini akan hadir di 2021 . . So masih ada banyak waktu sob . . . Silahkan share komentarmu dan semoga berguna . .

Taufik of BuitenZorg

 

64 COMMENTS

    • uda kapok beli honda, part indennya lama harganya mahal, masa cuma HL 2,5jtan lah matic selonjoran sebelah cuma 800rban, part lainnya jg mahal2

      Guest
      • kalo yang beli PCX lokal di semester akhir 2019 ya bakalan gigit jari nanti, karna motornya mereka yg belom genap 3 tahun/baru 3 tahun udah keluar aja model yang lebih baru lagi, atau mungkin akan disamakan kasusnya kayak peralihan cb150 overbore ke cb150 overstroke dulu itu.

        Guest
        • Lah sama aja yg baru beli nmax doff merah rilis kemarin.. eh tau taunya akhir tahun rilis nmax baru… gimana sih?

          Guest
        • nmax mungkin akan mundur lagi, toh jadwal lunching juga belom pasti. lebih ngaplo pembeli pcx lah ane kira, kalo keluar model baru ini karna bisa dipastikan mesin berbeda banget dg current.

          Guest
        • @lah emang harus 5taun? Gua mah ogah disodorin produk yg udah bikin bosen dan btw ga cuma honda doang yg lifecylce produknya selama itu..ya kalonua lo mau nyari tau ?

          @reiju
          Lah ya sama.. ini next pcx juga belom jelas launchingnya kapan.. 2020 cuman tebakan wak haji..wong batang hidungnya aja belom jelas…

          Guest
    • kalo gak update dibilang pelit, kalo cepet update dikata melukai yg lama. biarlah dinamis pergerakannya yg penting bkn cm ganti striping ala honda dahulu. harus disyukuri skrg bnyak inovasi. trutama maticnya. kalo sportnya masih nanggung. cuma cbr 250 rr aja yg mantab

      Guest
      • Gak usah ditanggepin. Emang tuhborangbstandard janda.. alias mencla mencle klo komen … Makanya klo komentator lama pasti masih inget sama lasus 27nickname klonengan hanya karrna pengen ngebunuh 1 karakter lawan

        Guest
        • dengan ente bilang hal semacam itu, artinya ente juga turut membaca komentarnya, katanya gak usah ditanggepi? klo gak ditanggepi ya skip saja komentarnya, oh ya jangan lupa skip saja komen ane ya??

          Guest
  1. Yg perlu di perhatikan.dr motor honda sy penguna honda pcx.apakah sdh sempurna mtor honda forza hilang dari dredet……??karna motor pcx sy bru masih 1bln sdh mengalami dredet. Di puli atau roller tersebut.klo honda sdh bisa menghilang kan ciri khas deedet dr motor tersebut.forza bru bs di bilang sempurna.

    Guest
    • black campaign? punya rental motor di stasiun tugu jogja. keluhan dredet itu malah di nmax bukan dipcx. mungkin krn pcx masih agak baru. aku rasa.kalo.gak fit smw.motor matic bs gt

      Guest
      • wahh bro sanjaya pengusaha rental motor distasiun jogja ? jangan jangan saya pernah nyewa ditempat si bro lagi nih. hahaha

        Guest
      • Nmax dredet yang kek gimana gan? Saya ada nmax juga, mungkin boleh bro sanjaya sharing, apalagi punya rental lagi kan, jelas lebih banyak makan asam garam tentang keluhan motor, ditunggu, trims

        Guest
        • Nah berati ga semu pcx gedeg dan juga ga semua nmax gredeg
          Kalo saya si paham apa yang musti diganti kalo kaya gitu
          Ngeluh pun cuman buang waktu
          Bongkar sendiri pasang sendiri beress gausah ke bengkel

          Guest
    • ente salah tempat gan, di dalam forum ini jangan coba2 untuk sekali2 membahas keburikan daripada produk factory penguasa, karna ya you know lah…, “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” itu berlaku dimari.

      Guest
    • @DenBagus Mayoritas semua pabrikan di motor matic nya mah dredet mas bro. Cuma ada yang cepet timbulnya ada yang lambat meskipun pada varian yg sama. Kalo gak mau gredek, bisa ambil opsi beli motor bebek atau sport.

      Konyol ah kalo belain merk A B C , padahal fakta di lapangan semua matic gredek. 😀

      Editor
    • Matic gredek mangkoknya kotor banyak debu,ganti mangkok aftermarket yg sudah di design bolong bolong biar debu ngga diam di situ

      Guest
  2. Ah Honda selalu ngekor sebelah. Yg pasti utk produk yg di jual di Eropa dulu. Bisa PCX dulu, karena forza kan baru di Eropa juga. Tapi bisa saja dua duanya.

    Guest
  3. termasuk pengaturan overlap camshaft kayak yg ente bilang dulu itu gan? ente kan bilangnya kalo motor2 yamaha pada umumnya punya pakem tuning overlap noken as yang lebar, lalu dikombinasikan dengan knalpot yang punya backpressure besar (ber catalytic converter), jadinya mampu menekan emisi gas buang sekalipun itu motor yg punya karakter high-rev macam R6, tapi dampaknya bikin mesin cepat panas, bitu kayaknya yg ente bilang saat itu :v

    Guest
  4. Emisi itu tujuan utamanya biar kandungan gas karbon berkurang, ngirit bbm itu bonus. Kalo mau mesin lama juga bisa di bikin euro 6, tapi potensinya bakalan ke sunat habis2an dan ujung-ujungnya gak guna.

    Guest
  5. Progress big matic nya Suzuki gmn wak? Udh pertengahan tahun skrg.. Penasaran dgn progress n perkiraan peluncurannya.

    Guest
    • Bukan harga motor yg naik, cuma rupiah yg makin ancur, coba pake dinar dan dirham, anti inflasi boy

      Guest
    • menurutku harga motor makin murah bro. cuma keliatannya makin mahal karna uang kertas makin gak bernilai. makanya kalo dalam islam, uang ya harus dalam bentuk emas atau perak. atau minimal uang kertas yg dijamin emas atau perak. bukan cm kertas printer dicap ditanda tangani

      Guest
      • hhmmm….semoga komen macam gini gak ada yang sinis, karna hal seperti ini tergolong sensitif (munhkin)

        Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.