TMCBLOG.com – Divisi balap MV Agusta, Reparto Corse meluncurkan varian F3 yang ditujukan untuk keperluan balap namun bisa dibeli oleh setiap orang (bagi yang kepingin dan yang mampu). Diberi nama MV Agusta F3XX, namun dengan banyak sentuhan baru sehingga dekat dengan versi WSS-nya dengan memberikan dan meningkatkan beberapa fitur yang sudah ada pada F3 800 RC. Sehingga menghasilkan sebuah sepeda motor yang lebih bertenaga dan memiliki bobot yang ringan.

Mengusung mesin 798 cc 3 cylinder dengan, kini F3XX dibekali dengan 12 klep/valve yang terbuat dari material titanium dan ECU dari MecTronik terbaru yang memungkinkan mesinnya menghasilkan tenaga hingga 160 hp pada 13.000 Rpm. Peningkatan dalam mesin F3 800 ini juga disebabkan oleh saluran gas buang dari SC Project SC1-R konfigurasi 3-1 yang identik dengan motor yang digunakan pada versi 675 cc di kejuaraan World Supersport.

Bagian suspensi juga telah ditingkatkan dengan hadirnya front fork kompetisi merk Marzocchi dengan diameter as 43 mm yang di dalamnya tersembunyi cartridge Öhlins NIX di dalamnya. Shock belakang standar digusur dan diganti dengan Öhlins seri TTX36, beserta steering damper dari Öhlins di bagian kemudi. Perangkat pengerman depan dilengkapi dengan kaliper radial Brembo monoblock dan cakram T-Drive 320 mm.

Penggunaan fairing berbahan full serat karbon, baterai lithium-ion 12Ah dan penerapan rim velg yang lebih ringan bersama dengan penggunaan titanium dan aluminium dalam berbagai komponen menjadikan F3XX ini salah satu motor sport teringan di dunia. Dengan bobot kering 145 kilogram, atau sekitar 20 kg lebih ringan dibandingkan dengan versi F3 RC.

F3 XX mengubah dashboard panel dengan unit AIM MXS1 berikut dengan data logging dan juga fungsi GPS, yang juga memungkinkan untuk mengontrol semua pengaturan Traction Control, Launch Control dan besaran Engine Brake yang ditawarkan oleh unit ECU MecTronik.

MV Agusta belum memberikan informasi tentang harga F3XX yang dikembangkan secara eksklusif oleh departemen balapnya tersebut. Namun jika kita bisa mengira-ngira dengan patokan dari F3 RC yang sudah memiliki harga lebih dari € 21.000, estimasi harga dari F3XX ini akan melampaui € 25.000. Harga yang W O W untuk sebuah motor 3 silinder 800 cc, dimana sudah menyamai kelas Superbike 1000 cc di pasaran pada umumnya.

Nugi TMCBlog

21 COMMENTS

  1. Wak, tanya dong, disaat regulasi EURO yang makin ketat, kenapa pabrikan motor gak ada yang manfaatin turbo ya?

    Guest
    • Turbo dipake di mesin motor emang sangat mungkin diaplikasikan,namun tentu ada pertimbangannya dari pabrikan.lagipun tanpa turbo pun dari segi power dah termasuk besar,karena mesin motor emang rpm nya tinggi dari mesin mobil

      Guest
      • high rpm + forced induction? terlalu bahaya. 600 cc N/A aja gampang wheelie, apalagi 1000 cc + Turbo

        Guest
        • Disini bukan power yang saya bicarakan, tapi pengaplikasian turbo seperti hal nya isuzu panther demi lolos EURO 2

          Guest
        • apa gunanya traction control dll bro.. lagian wheelie per wheelie an cukup di prototype allbike di motogp aja, kalo motor massal dicangkokin teknologi apa aja bole masuk, tinggal duitnya aja ntr mau dikasi harga brp..

          Tp emang sih ane setuju, utk saat ini NA udah cukup lah buat motor maspro dgn segala pertimbangan (termasuk harga)

          Guest
    • Bukankah insinyur pabrik cerdas dan jenius,tinggal bkn turbo dengan tenaga yg lebih rendah dr mobil,sy kira itu hal mudah bagi pabrikan???

      Guest
    • Mungkin seperti ini:
      Mesin dengan forced induction butuh material yg sangat kuat, dan juga part-part pun akan bertambah banyak, semua ini akan berdampak pada biaya produksi.
      Tidak sesuai dengan konsep sepeda motor yg target pasarnya adalah kelas menengah bawah.

      Sejauh ini dengan manajemen bahan bakar yg efisien, sistem pembakaran, plus catalytic converter sudah cukup untuk memenuhi regulasi emisi kendaraan tanpa mengorbankan power yg terlalu besar. Ini saja sudah cukup memberatkan dari sisi biaya.

      Tp jika yg dibicarakan adalah superbike/hyperbike, entahlah siapa yg bakal menyusul h2r.

      Guest
  2. motor kalo diliat kayak udah motor juara dunia gitu ya…tampangnya serem, pernak pernik racing berotot keluar semua…ngeri ya mas Nugi.
    coba bandingin sama motor2 japan (kecuali kawasaki)…tampang culun, boro2 serem, wong motor dangak! ga ada serem2nya blas, kesannya motor sayur banget! DAMN….tapi juara dunia terbanyak sepanjang masa!!!
    eh..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.