TMCBLOG.com – Pasca race day yang dimenangkan oleh Marc Marquez kemarin, test Resmi MotoGP Catalunya langsung digelar dihari Senin ini. dan diikuti boleh dibilang olehΒ  emua kekuatan pabrikan temasuk Para test Ridernya. Walaupun Marc memimpin Championship, Honda sepertinya tidak mau berhenti berkreasi dan melakukan riset. Riset pun dilakukan terfokus pada mesin 2019. Yes RC213V 2019 bukan 2020 karean biasannya dari pengalaman tahun tahun sebelumnya, mesin Untuk Dipakai di tahun berikutnya hadir bermula di Test Brno. Nah Kepo apa saja yang ditest Oleh HRC di test Catalunya ?

HRC mempersiapkan 3 Unit Motor Honda RC213V Untuk Marc Marquez. Satu Motor standar yang ia Pakai di Race Catalunya kemarin, satu lagi dengan Sasis dengan Model Carbon-Cover ( Juga dipakai Oleg Bradl Saat test hari ini) dan satu lagi RC213V 2018 dengan meminjam sebagian Body dan Mungkin sasis-mesin dari Motor yang dipakai Oleh Taka Nakagami. Khusus mengenai mesin 2018 tmcblog rasa dipersiapkan sebagai pembanding atau mungkin titik referensi bawah dari Proses Test Catalunya Kali ini.

pict : MCN

Namun yang menarik adalah Sasis Carbon-Cover yang dipakai Oleh Marc Marquez berbeda dengan sasis Serupa yang dipakai sebelumnya. Cover Carbon/ Carbon wrap tidak secara keseluruhan menyelimuti Sasis RC213V pada test Catalunya. Sobat Bisa lihat bahwa pada bagian Pivot sasis dari RC213V tidak di-wrap menggunakan Carbon.

Pict : MCN

Jorge Lorenzo sempat Jumpalitan di jam jam awal Pengetesan dan membuat RC213V yang dikendarainya sampai terpelanting naik ke atas tumpukan ban yang biasannya berguna sebagai bantalan peredam Crash.

Pict: Cormac

Meskipun motor RC213V dengan sasis carbon strengthened milik Jorge mengalami kerusakan yang lumayan banyak, beruntung Jorge bisa keluar tanpa cidera apapun.

Pict : Offbikes

Yang bikin kepo adalah Jorge Lorenzo memperoleh Front Cowl dengan warna Hitam, Mungkinkah dengan desain aerodinamika yang berbeda dibandingkan dengan yang biasa Dipakai Oleh Jorge ? Jurnalis Thomas Morsellino mensinyalir ada perbedaan pada desain dari aero wing yang dipakai Di Motor Jorge, terlihat lebih tebal pada Bagian bawah menurutnya.

Pict : Offbikes

Yang juga menarik dari garasi Honda adalah HRC mempersiapkan RC213V dengan PAKET swingarm Deflector. Yap tmcblog tulis dengan Hurup Kapital PAKET karena disinyalir HRC Juga menghadirkan Part yang mendukung penggunaan swingarm Deflector yang dipakai. Part tersebut adalah Desain undercowl baru. Mungkin desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga akan lebih banyak/ efesein udara / angin mengalir Untuk kemudian di ‘pantulkan’ untuk kemudian digunakan untuk Mendinginkan ban sesuai dengan tujuan awal desain Swingarm Deflector yang sejatinya sudah dicoba HRC semenjak Seri MotoGP CoTA 2019

Pict : Peter McLaren

Sementara itu dari Box LCR, terlihat taka Nakagami memperoleh kesempatan Mencoba Honda RC213V MY2019 ini dapat dipastikan dari bentuk aero wing depan yang berbeda dan Juga kehadiran Wire bridge antara Cover Fuel tank dengan fairing samping. Namun Patut sobat catat bahwa itu belum mengartikan ada kemungkinan Taka menggunakan Mesin 2019 untuk sisa race di Musim 2019 ini. Menurut tmcblog taka akan tetap menggunakan mesin 2018. FYI Laptime saat Test Bukalah sesuatu yang official tercatat karena segala part part yang dipakai Saat test Belum tentu disetujui oleh Race direction ..

Pict : OffBikes

Impresi Singkat Nakagami terhadap RC213V 2019 saat di rekam oleh Jurnalis Peter McLaren adalah Ia menyukai Power dari Mesin terbaru ini. Namun Nakagami juga memberikan Catatan Lain bahwa Motor 2019 lebih menguras tenaga saat meakukan perubahan arah (more physical to ride in change of direction). Sebuah feedback yang boleh dibilang Mirip dengan apa yang selama ini di sampaikan Oleh Cal Crutchlow mengenai Mesin 2019 dibandingkan dengan mesin 2018. Oh Ya satu lagi, Alokasi Mesin yang digunakan saat test itu diluar alokasi mesin yang dipakai saat race weekend.

Taufik of BuitenZorg

48 COMMENTS

    • Wak kaji..tolong dong penjelasan dari SKY VR46 milik rossi sama SKY Q di aprilia…ko dikit mirip itu

      Guest
      • sky VR46: tim balap rossi yang disokong sky italia, imho, cmiiw
        sky Q: saluran TV berlangganan
        keduanya sama2 milik sky plc, IMHO, CMIIW

        Guest
    • Sepertinya fairing hitam baru lorenzo ada perubahan di windshield mikanya lbh tinggi, dan lbh panjang , sepertinya lorenzo menginginkan view mengendarai kayak M1 dimana M1 punya windshield panjang untuk lebih menutupi kepada dr terpaan angin,

      Guest
  1. Wak jelasin gear rantai dari semua motor sama aja apa gmana motor tersebut. Apa ada peraturan juga. Nuhun

    Guest
  2. cal dan nakagami gak ada perubhan kah? atau mungkin motor yg d test marc khusus buat nakagami supya bisa lbih kompetitif melawan rider independen lainny? kan hrc ingin sapu bersih 5 glar juara motogp(rider team konstruktor indepent rider dan independent tim)

    Guest
  3. harusnya kalo Marquez pinjam motor nakagami,nakagami juga di suruh test MY2019
    jadi testimoni nya lebih lengkap,apakah 2019 lebih susah dibanding 2018 apa nggak,karena dia hampir setengah musim pake 2018 pasti sangat familiar,jadi kalo ada perubahan dikit pasti kerasa

    kalo Marquez doang kan kadang feeling-nya bukan kayak orang bumi kebanyakan πŸ˜‚

    Guest
  4. Edan itu motor jorge bisa nangkring di atas tumpukan ban,untung jorgenya gak ikut kebawa terbang.wk wk wk

    Guest
  5. Nakagami juga memberikan Catatan Lain bahwa Motor 2019 lebih menguras tenaga saat meakukan perubahan arah (more physical to ride in change of direction).

    ~~~~
    mungkin karena itu mereka coba kasih cover deltabok abon,biar agility menyamai v. 2018 tapi tetap punya power yg lebih besar
    tapi kayaknya masih belum jadi solusi tepat buat permasalahan itu

    Guest
  6. Nakagami juga memberikan Catatan Lain bahwa Motor 2019 lebih menguras tenaga saat meakukan perubahan arah (more physical to ride in change of direction).

    Sama ama keluhan hohe, cuma sama alien doang ga berasa

    Guest
  7. lorenzo tukang ngejur motor!
    nanya wak?? apa motor yg sudah dibuat crash masih layak pakai? contoh seperti sasis dll. tu sasis pasti berubah dari bentuk yg aslinya kan..klu sudah dibuat crash..pa lg klu sampai crash yg tergolong parah? atau mlh ganti yg baru? kebayang kan klu ganti? secara semua bahan kelas wahid..dan harganya pun bikin geleng”? dan kasian jg tim satelit ya?? klu itu menimpa mereka wak? 😁

    Guest
  8. Artinya motor test yang ini emang lebih celeng, wak? Sesulit itukah mengubah riding style dari normal (halus ala kebanyakan pembalap) ke powerslide ala Stoner dan MM93? Menurut ane, karena ini kelas pro, riding style termasuk micro-adjustment yg butuh membiasakan diri namun memberi pengaruh besar terhadap handling kepada motor.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.