TMCBLOG.com – Helm dengan brand JP merupakan salah satu merk helm dari produsen PT. Jaya Plastik Mandiri. Serupa dengan JPX, namun JP lebih menyasar ke segmen pasar harian dan juga retro/classic. Seperti helm JP Retro Carbon yang baru saja diluncurkan ketika pameran GIIAS 2019 kemarin. Helm yang juga disebut-sebut sebagai helm ‘cakil’ ini menyasar pasar pengguna motor retro atau klasik, namun helm ini mengususng teknologi modern pada bahan shell-nya dengan menggunakan serat carbon.

Secara fisik, helm JP Retro Carbon ini ada kemiripan dengan helm retro JP lainnya, yaitu JP Signature. Tetapi jika diperhatikan lebih lanjut perbedaan antar keduanya terlihat jelas pada bagian ventilasi depan, yang terdapat di dahi dan juga dagu. Dengan menyematkan beberapa aksen krom pada bagian list helm cakil ini, JP Retro Carbon terlihat lebih eksklusif dan terasa kesan mewahnya. Desain helm dari JP ini secara keseluruhan memang mengingatkan kita kepada Shoei Ex-Zero, bukan menduplikasi namun secara tampilan memang helm-helm retro dengan model ‘cakil’ ini akan terlihat mirip mirip. Bisa banget nih dijadikan pilihan helm untuk pengendara motor retro ataupun temen temen sekalian yang termasuk anak Vespa.

Berbeda seperti JPX Fox 2 Carbon, pada helm JP Retro Carbon ini tali pengikatnya malahan sudah mengadopsi model DD Ring (Double D ring). Padahal peruntukkanya bukan untuk balap. Dengan tali pengikat model DD ring tingkat proteksi helm lebih baik, meskipun untuk yang belum terbiasa mengikat tali DD ring akan membutuhkan waktu untuk adaptasi. Sedangkan untuk bagian busa bagian dalamnya lembut dan sepertinya akan sangat nyaman ketika dipakai, dan bebas gerah serta mudah untuk dicuci.

Oh iya, helm JP Retro Carbon ini tidak terdapat visor ataupun goggle saat sobat sekalian membelinya. Jadi harus siapkan dana ekstra untuk membeli goggle yah. Sementara untuk grafisnya, hanya ada beberapa pilihan grafis dan minimalis karena JP retro Carbon ini lebih mengekspos corak anyaman serat carbon-nya. Kalau soal sertifikasi, JP Retro Carbon sudah mengantongi ECE dari Eropa dan juga SNI. Satu yang jadi kekurangannya adalah tidak terdapat pin di bagian dahi untuk menempelkan cap atau topi yang biasanya hadir di helm helm half face dan full face retro. Sehingga untuk menghalau sinar matahari berlebih yang masuk mengenai mata/pandangan rider praktis hanya dengan cara menggunakan goggle yang memiliki visor rada gelap.

Sementara itu berat dari helm cakil retro ini cuma 900-an gram, gak sampai sekilo sob. Bener bener enteng, jadinya kepala kita serasa tidak punya beban ketika riding pakai helm ini. Cocok banget untuk dipakai oleh para pengguna motor retro/klasik seperti Honda CB tua ataupun pemilik Kawasaki W175 nih. Nah kalau untuk urusan harga, helm ini dijual resmi seharga 1,95 juta Rupiah dan sudah bisa didapatkan sejak GIIAS 2019 kemarin, sementara waktu dekat ini sih belum tersedia di toko-toko helm sob.

Nugi TMCBlog

11 COMMENTS

  1. Masih sederhana bentuk nya. Gak ada lekukan berotot robotic yang bisa mengenambahin nilai jual

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.