Ohvale GP-0

TMCBLOG.com – Beberapa waktu yang lalu pernah TMCBlog tulis via artikelĀ Cita-cita SND Racing membuat sendiri GP-0 dimana SND Racing sedang mempersiapkan sebuah mini moto buatan lokal yang mengambil basis dari Ohvale GP-0. SND Racing yang digawangi oleh pak Haji Sandy Agung memang merupakan salah satu team privateer papan atas di Indonesia yang memiliki peralatan canggih dengan serba komputerisasi, maka dari itu tidak heran selain SND mampu menghasilkan parts aftermarket balap yang berkualitas, mereka pun kini mampu untuk memproduksi sasis motor kecil yang mengambil basis dari Ohvale GP-0. Dan via postingan pak haji Sandy di Instagram, sepertinya cita-cita SND Racing untuk menciptakan motor mini dengan harga yang lebih terjangkau sejengkal lagi akan terwujud nih Sob.

SND Racing GP-0

Pihak SND Racing yang diwakili oleh sang owner, kang Sandy Agung memang dengan lugas menyatakan bahwa SND membeli satu unit motor Ohvale GP-0 utuh dari Eropa sebagai bagian dari rencana SND Racing sebagai bagian riset dan study menuju kehadiran motor serupa namun nantinnya akan buatan lokal dengan brand SND. Kini, sekitar 1 bulan berlalu sejak TMCBlog hubungi saat itu, ternyata progress dari copy Ohvale GP-O buatan SND Racing telah memasuki tahap produksi loh sob. Via unggahan kang Sandy nampak sebuah desain 3D sasis dan swing arm beserta model velg/rim dari motor buatan SND nampak jelas.

Sasis yang digunakan pada unit Ohvale di desain untuk mengakomodir mesin Daytona 150 cc hingga 190 cc dengan mounting mesin yang serupa dengan mesin C series milik Honda Cub. Jadi akan ada banyak pilihan penggunaan mesin di dalam satu sasis, jika low budget atau untuk menyesuaikan tenaga mesin motor agar bisa dipakai oleh pembalap cilik karena pembeli juga bisa menggunakan mesin buatan China dengan kapasitas silinder beragam mulai dari 50 cc – 125 cc.

SND Racing GP-0 on progress

Bahkan bongkahan aluminium yang disinyalir kuat sebagai aluminium billet yang tampak sudah siap dibentuk dengan mesin CNC menjadi sebuah velg 10 inci untuk motor mini moto SND nanti. Kalau dilihat-lihat dari apa yang ada di unggahan instagram kang Sandy ini sih memang secara desainnya, motor cebol buatan SND nanti plek banget dengan Ohvale GP-0. Dari model sasis yang juga menganut tipe trellis tubular frame, swing-arm, triple clamp sokbreker depan serta model palang velgnya yang punya 6 palang membentuk huruf V dengan tingkat kemiripan yang ‘persis’ banget.

 

Kalau Ohvale GP-0 dengan mesin Daytona Anima 190 cc saja harganya sudah sekitar 100 jutaan Rupiah di Eropa sana, diharapkan SND Racing sanggup memproduksi motor yang mirip ini dengan harga bisa ditekan. Apalagi SND juga menjual mesin ZS190 190 cc made in China dengan harga 9 jutaan tuh, dan bisa diaplikasikan ke motor ini. Buat yang tertarik bisa nih nabung dari sekarang, siapa tau nanti mau beli untuk anaknya belajar balap atau untuk olah raga sekaligus menyalurkan hobi balap kalian di sirkuit, dengan cara yang benar dan baik.

Nugi TMCBlog

Ohvale GP-0 milik SND Racing

52 COMMENTS

    • Justru klo di paten mudah dijiplak. Pilihannya kasih difrensiasi atau bayar biar ga melanggar. Makanya produk hitect yg banyak membutuhkan kemampuan teknis jarang di paten. Karena dengan dipaten sama aja bocorin teknisnya. Nah klo mudah di duplikasi harus dulu-duluan di paten.

      Guest
    • bener…
      jepang awal2 juga meniru produk dan teknologi dr barat… lalu cina meniru produk dan teknologi jepang.. lalu mereka bisa berdikari bahkan bisa memimpin di dunia teknologi…

      Guest
    • Memang harus dimulai dengan meniru. Zaman now apa ada yg 100% original? Ayo dukung ploduk anak bangsa. Maju terus SND

      Guest
  1. Nggak apa2 tuh nyontoh mentah mentah ohvale? takutnya nanti pihak ohvale nggak terima dan menggugat kan berabe

    Kecuali kalo dirubah dikit2 jalinan teralis nya atau fairing nya di redesain mungkin bisa lolos ?

    Guest
  2. Sasis kandang ayam ini ciamik cantiknya kalau yang mendesain itu pintar. Lebih kekar daripada deltabox di motor CC kecil.

    Guest
  3. Semoga minimoto SND hasil pengembangannya nanti tidak sama persis dengan Ohvale GP-0. Ada pembeda di tampilannya, untuk menghindari masalah dg pemilik patent dikemudian hari. Tentunya pihak SND Racing tahu hal itu. Kecuali kalau SND sudah beli desainnya juga untuk tujuan dikomersilkan.

    Guest
  4. “Sasis yang digunakan pada unit Ohvale di desain untuk mengakomodir mesin Daytona 150 cc hingga 190 cc dengan mounting mesin yang serupa dengan mesin C series milik Honda Cub.”

    Berarti apakah bisa mesin daytona / SND ini dipasang ke motor cub honda semisal honda supra 100 wak???

    Guest
  5. satu lagi, lagi mesin C honda bakal harganya naek nih, udah jadi kolektor item yg pake mesin C, juga bisa buat balap, pasti masih bnyak pilih mesin seken dg kualitas pabrikn macem honda dong dri pada mesin china…

    ngaworrrr

    Guest
  6. Mantap, harus diapresiasi.. Karena ada buktinya toh…
    Moga setelah ini bisa aja masuk jualan motor massal ala ala GPX.. Wkwkwk

    (Maju terus kang haji, sok lah cing lancar sagalana.. Aamiin)

    Guest
  7. Kenapa ya wak, marq sekarang kalo masuk tikungan ga begitu memperlihatkan teknik ekstreem rear wheel steeringnya kayak tahun 2013-2015 dulu.. Padahal itu ciri khasnya pembeda sama ridrer lain
    Apakah karena faktor ban?

    Guest
  8. Bukannya mau menyetujui design copycat seperti itu, tapi memang copycat seperti itu mungkin ada tujuannya
    Engineeringnya mungkin gak cukup waktu dan tenaga buat ngitung ergonomi riding motor yang pas buat balap jika pakai design mulai dari 0

    ini bukan masalah gimana bikin fisik motor, melainkan gimana caranya bikin motor yang secara dimensi dan ukuran bisa pas dengan gaya balap anak2.
    Daripada trial &error untuk menemukan dimensi yang pas (yang notabene butuh biaya yang sangat besar) mending langsung copy aja dari motor yang dimensinya sudah diriset oleh orang lain

    Dimensi: termasuk segitiga ergonomi, jarak sumbu roda, ground clearance, lebar velg, ukuran ban, besar tangki bahan bakar, center of gravity, dan masih banyak hal lain.
    kalau dimensinya salah, maka ergonomi riding bisa kacau balau, dan untuk tau dimensi yang pas tentu butuh duit RND yang besar.
    daripada keluar duit banyak, mending copy aja.

    Sekali lagi bukan menyetujui cara seperti itu, tapi tetep salut sama SND atas usahanya, dan semoga Ohvale berbesar hati

    Guest
  9. Hmm frame dan armnya dengan sedikit tweak, bs jadi naked bike mini.??
    Satu frame, Satu mesin bisa bbrp Gaya motor.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.