TMCBLOG.com – Sobat sekalian pasti Paham Jika Kamera Action GoPro saat ini (saat artikel ini dibuat tertinggi GoPro 7) sudah memiliki fitur GPS dan Akselerometer di jeroan elektroniknya. Jadi Bukan hanya sekedar meng-capture Audio-Video yang diperhalus dengan supersmooth Gimbal saja sob. Nah Buat beberapa yang demen Ngoprek data yang terkandung dalam satu file audio-video, Video Gopro ini dapat dipergunakan ke hal hal yang lebih serius lagi, salah satunya untuk menganalisis Data balap sewaktu di Track/ sirkuit sehingga kita bisa mengoreksi dan memperbaiki  Racing Line kita saat latihan balap di Track. Keren kan ?

Nah Salah satu pengembang aplikasi dan Software bernama race technology mengembangkan Paket Software analisis ini. Software ini hanya butuh sumber Video dan semua data yang telah direkam oleh Kamera GoPro tidak diperlukan hardware apapun, hanya komputer doang. Oleh Software data data GPs Yang terekam ditampilkan di atas Map/ peta Satelit yang diperbesar. Dan Bahkan di Dashboard Tampilan softwarenya tertera Laptime kita lengkap dengan hitungan teoretis Laptime tercepat dan perbandingan Timeslipnya . .

GoPro Biasannya merekam data Audio Video dalam dua jenis Yakni Video Kualitas penuh dengan format MP4 dan Video Kualitas Resolusi rendah atau LRV (Low Resolution Video). Kedua Video ini bisa digunakan dan memiliki data data GPS dan akselerometer yang sama. Namun biasannya Video LRV lebih dipilih karena resourcenya rendah, cepat loadingnya sehingga mudah diproses oleh Software.

Jadi data data apa saja yang bisa dilihat ? cek beberapa gambar berikut ini sob

Setelah Video diproses, maka di tampilan software race technology ini bisa diatur hadir 3 window seperti gambar di atas. Ada Tampilan data di atas Track/ Sirkuit, Ada data Grafik dan ada data Onboard Video. Itu data ketiganya berhubungan satu sama lain . . Di Video kita bisa melihat dimana letak fisik titik yang akan dianalisa, Lalu peta besar menunjukan posisi dan data Grafik menyajikan speed/ kecepatan, dan G Force ( akselerasi )

Kita dapat menggabungkan Video pertama dan Video kedua dan Bahkan Video Ketiga yang menampilkan masing masing lap. Software dibantu komputer akan menampilkan data ketiganya di display. Di sini dengan grafik berbeda warna kita bisa melihat seperti apa perbedaan speed dan akselerasi kita dalam melahap setiap tikungan untuk setiap lapnya.

Yang paling menarik adalah Software bisa menghitung time-slip untuk memberikan Gambaran Koreksi kita saat di Track/ sirkuit. Sobat bisa lihat ada dua Grafik di Gambar yang sudah tmcblog edit. Yang atas adalah Grafik Speed/ kecepatan dan Yang bawah ada Time slip. secara umum untuk Grafik yang bawah jika berada di sekitar Garis tengah (nol) maka Pembalap sedang dalam mode speed Yang sama dengan Referensi. Jika di atas Garis artinya lebih lambat, jika di bawah Garis artinya lebih cepat dari referensi.  Ditambah lagi ada Grafik warna warni di atas Track . . ada merah ( artinya lebih lambat) ada bitu ( lebih cepat) ada Kuning ( rata rata sama ).

Secara umum Ini menarik sehingga dengan software ini jelas kita bisa terbantu menentukan bagaimana bisa cepat di semua titik sirkuit. Ini cuma sekelas Gopro, Gimana data analisis telemetri sekelas MotoGP yaaa ? . . . Oh ya jika masih kepo silah sambangi websitenya sob ada versi betanya juga yang bisa dicoba dulu sebelum membelinya . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

14 COMMENTS

    • cuma ya itu dia saya belum baca ada penjelasan mengenai angka akslerasi 0-60, 0-100, 0-201 dll mungkin pengembangan selanjutnya

      Administrator
  1. Teknologi lawas ini mah wkwkwk, sejak hero 3 dulu karena gada GPSnya bisa dikombinasi dengan HP pakai GPS Logger. Nanti di plot di video data telemetrinya pakai software Dashware di videonya. Jadi terserah mau pakai kamera apa yang penting dapet data telemetri pakai aplikasi hp GPS logger. Saya dulu sering pakai buat bikin video MTB

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.