TMCBLOG.com – TMCBlog menemukan satu sosok yang asing dan belum pernah dijumpai sebelumnya di pasar aftermarket ban roda dua Indonesia. Yes, akhir pekan kemarin TMCBlog meliput agenda balap Yamaha Endurance Festival 2019 dan ternyata ada sosok ‘ban ghoib’ yang terpasang di sepasang velg Yamaha R25 milik pembalap Rey Ratukore dan juga Yamaha R15 yang dipakai team Media.

Ban tersebut disebut ‘ghoib’ karena belum dipasarkan sama sekali alias masih prototipe namun unit yang dihadirkan untuk Yamaha Endurance Festival kemarin sudah banyak hingga ada beberapa unit. Ban tersebut hadir dari pabrikan IRC dan sudah dipakai sejak latihan hari Sabtu lalu diganti kembali dengan unit baru ketika akan dipakai race hari Ahad. Kode bannya sendiri adalah RMC830 dengan tipe radial.

Berbeda dengan IRC RMC810 radial yang sudah cukup lama dijual di Indonesia, dari bahan/kompon yang digunakan berbeda. RMC830 Radial yang masih prototipe ini pakai kompon soft, sepertinya didesain khusus untuk balapan kelas motor sport 150-250 cc. Begitu pula dengan nodel groove atau alur ban yang bisa dibilang semi slick. Ban IRC radial yang hadir di Sentul tersebut masih asli buatan Jepang, baru beberapa kaki dipakai balap hanya di Indonesia dan itu pun hanya team Rey Ratukore yang menggunakannya sebagai laboratorium berjalan IRC Indonesia.

Soal impresi ban gimana? Well, TMCBlog gak nyoba sih, namun dari feedback yang diberikan mas Endrik Elang Jalanan.net yang ikutan kelas R15 Endurance dari team Media mengatakan ke TMCBlog bahwa; ban IRC RMC830 ini lengket banget dan nyaman digunakan saat melibas tikungan. “Waktu di T8 Sentul [masuk S besar] nyoba push dikit, sambil posisi nikung trus downshift. Motor anteng gak ada gejala slide sama sekali.” Sedangkan untuk hasil di tangan profesional sendiri Rey menjadi juara kelas 250 Endurance 2 Hours dengan ban ini, mengalahkan pembalap lain yang jamak memakai ban balap motor sport import favorit asal Italia.

Nah, informasi yang kami dapat bahwa untuk saat ini ban yang sedang mengalami uji tipe ada 3 ukuran, RMC830 F 110/70-17 untuk ban depan, lalu RMC830 R 140/70-17 dan 150/60-17 untuk bagian belakang motor 150 cc hingga 250 cc. Mengenai harga sendiri masih ghoib sob, namun bocoran dari pak Dodiyanto selaku Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk ini kemungkinan ada di kisaran kurang dari 2 juta. Yoih,deh nambah lagi deh tuh pilihan ban untuk balap motor harga terjangkau.

Nugi TMCBlog

54 COMMENTS

  1. sekilas designnya mirip Dunlop sportmax
    sudah ada info bocoran harga belum om kira2 berapa
    di tunggu untuk ukuran 90-100-120 / 70

    Guest
  2. Mas Nug bisa aja nih….
    Disinyalir jumlah view artikel ini gak jauh sama artikel MotGP karena dianggap berkaitan..
    Rupanya….?

    Guest
  3. bagi gw smua ban sama aja! sama” karet!! gk ada istimewanya…katanya dibilang lengket lah…daya cengkram kuat lah…bla. bla…bla.. itu ban klu kgk ada angin jg kgk enak buat jalan. enaknya klu ada anginnya. jd smua ban sama saja!!! ?

    Guest
    • Kalo anda pake motor cuma di speed rata2 60kpj pake ban yg paling mahal pun gak guna. Jadi gak bakal tau bedanya kualitas ban bagus dan buruk ?

      Guest
    • masa si oom? irc ini kalo di ban metik cabe2 an nya ban nya paling busuk. dipake mereng sering ngebuang

      gara2 jualan ban sayur yg dipake metik cabe2an, bisa riset ban super dgn harga super tentunya

      Guest
  4. Selain ban, juga ada fans boy motogp yg punya karakter ghoib, menyerupai ability shapeshifternya mystique dari dc extended universe. Kalo dovi menang, ia berwujud jd fb dovi, kalo rins yg naik ia berubah jadi fb rins, kalo mv12 menang ia menjadi fb mv12, kalo giliran petrucci menang, ia ujug2 bisa berubah menjadi fb petrucci, pokoknya kagak ade matinye, top dah. Kelemahannya, ia mengeluarkan bau anyir dan amis yang tidak sedap, bau bau ini pasti hilang ketika mm93 menang.

    Guest
  5. Ban aja 2 jt.. tu bebek gw tk kasih ban aspira hampir 4 tahun batiknya masih tebel aja.. harganya juga murah cuma 80k saja..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.