TMCBlog.com – Fabio Quartararo hadir di Posisi Terdepan race MotoGP Thailand 2019 ini. Pole Possition kemarin sangatlah istimewa buat Fabio karean bukan hanya ia memecahkan Rekor Laptime manusia tercepat di atas Sepedamotor di Buriram, namun juga menorehkan beberapa catatan baru. . . Yang pertama dengan usia 20 tahun 168 hari juga ia menjadi Pembalap termuda yang memperoleh 4 kali Pole Possition dalam satu musim. Ia barus aja memecahkan catatan ini dari catatan awal Marc yang ditorehkan di tahun 2013 pada usia 20 tahun 181 hari.

Dengan torehan Pole di Buriram ini Fabio Quartararo berhasil torehkan 4 kali Pole di masa Rookienya. Ini artinya ia menyamai apa yang pernah dilakukan Dani Pedrosa 2006 dan Jorge lorenzo 2008 pada masa Rookienya. Catat Juga bahwa Pedrosa dan Lorenzo berada di Team factory Honda dan Yamaha ketika tahun Rookienya. Sementara Fabio berada di team Satelit.So Fabio tetap istimewa

Sepertinya Rekor Rookie memperoleh 9 Kali Pole Possition yang dipegang Marc Marquez di tahun 2013 akan aman, secara sisa Race di musim 2019 bersisa empat kali lagi. So Maksimal Torehan Fabio Kalau ia membabat habis empat pole terseisa nantinya, ia hanya akan berakhir di angka 8 secara Maksimum.

Jika Fabio Quartararo bisa memenangkan Race di Thailand hari ini saat usianya 20 tahun 169 hari maka ia akan menjadi Pembalap Termuda Ke-Dua yang memenangkan Race di kelas Primer GP. Posisi ini satu tempat di belakang Marc Marquez yang memenangkan Race Kelas Primernya di GP Amerika tahun 2013 saat berusia 20 tahun 83 hari. Namun kemenangan Fabio (jika berhasil menang) di atas Motor tim Satelit tentunya akan jadi catatan Special tersendiri. Bisa jadi ia jadi pembalap Tim satelit termuda yang peroleh kemenangan race Kelas Primer di Tahun Rookienya.

” Berikan ia 500 rpm itu dan ia akan memaksimalkannya ! “ Fabio quartararo ini memang cukup Special, Cukup Worthy melihat Pembalap Muda Prancis ini akhirnnya memperoleh kembali Limit RPM Motornya menjadi sama seperti Limit RPM Yamaha M1 Maverick, Vale dan Franco. Di Data Kualifikasi ke-dua terlihat bahwa akhirnnya kita bisa melihat Betapa Fabio Bisa memaksimalkan beberapa Ratus RPM yang diberikan kepadanya mulai di Thailand sampai di Valencia nanti. Top Speed fabio Paling tinggi diantara Motor Motor Yamaha secara rata rata, dan menyamai Top Speed Maverick kembali.

Di atas tmcblog hadirkan dua Data Partial Times untuk melihat di sektor mana dan pabrikan mana yang dominan di sana. terlihat memang di saat Time Attack Q2 maupun saat riset race Pace FP4 Sektor 3 dan 4 adalah sektornya Yamaha. Sektor ini diisi oleh banyak liukan ( twisty track) berjenis 1 line atau satu jalur dan Sulit untuk mencari ruang untuk Overtake sembarangan dan mengembangkan Top SPeed secara Maksimal.

Sementara itu di sektor pertama memang patut diakui bahwa Honda ducati yang memiliki Top Speed diatas Yamaha menjadi yang paling kencang dan dominan. Namun Perlu juga sobat Catat bahwa di Data FP4 Dovi terlihat tidak pernah mendominasi Pace baik di sektor 1 maupun sektor dua . . hmmm sepertinya memang Ducati Tahun ini di Buriram Bukan hanya mendapati Honda Yang lebih kuat, namun Juga Yamaha Yang meningkat performanya.

Tahun 2018 Lalu dengan keadaan Yamaha Yang sangat struggle dan pincang sono sini di Buriram, Baik Maverick Vianles  maupun Valentino Rossi berhasil nempel ke Marc Marquez dan Dovizioso. Tahun 2019 ini ? Prediksi tmcblog Mungkin Malah Yamaha VS Marc Marquez . . . so akankah Titel Juara dunia 2019 dikunci di Buriram ? . .

silahkan share pendapat dan prediksimu sob . .

Taufik of BuitenZorg

86 COMMENTS

    • Yg membuat F1/4 istimewa
      F1/4 bukan rokie yg di unggulkan di awal musim karena
      Bagnia juara moto2
      Oliveira runner up
      J.Mir di team pabrikan suzuki

      SRT juga merekrutnya pilihan terakhir setelah gagal merekrut 2 rider senior (JL & DP)

      Guest
      • Yup kalo masalah label rookienya sebenarnya tidak ada yg spesial
        Tp ktn rekord fabio di moto3 n moto2 tidak ada yg spesial
        Makanya performa dia di motogp (sekalipun belum menang) sangat diluar dugaan
        Apalagi sebelumnya mesinnya dipotong 500 rpm
        Makanya dr dulu gw pernah bilang motogp tidak hanya skill tp juga cocok2an dengan motor
        Dlm hal ini fabio yg “zero” di moto2 n 3 bisa jadi “hero” diatas m1

        Guest
        • Yesss…f1/4 punya efek kejut lebih joss….seperti zarco dulu,yakin kalo yamaha konsisten dengan paketnya next season jadi title continder

          Guest
  1. Yamaha kuat banget disini, perbedaanya dengan tahun lalu apa wak? Kompon ban, cuaca, ato yamaha udah nemu resep yang oke sekarang?

    Btw, komenku sukses ditampilkan, tapi habis itu ilang, knp ini wak haji?

    Guest
    • So setelah rossi pensiun motogp tetep akan rame kan? karena marquez akhirnya/sepertinya akan menemukan lawan berat (f1/4). Seru di lintasan, bukan rame di mikrofon doang 😀

      Guest
      • No rossi no party.
        Sama kayak f1, schumacer pensiun liat gimana f1 sekarang. Biar ada hamilton ttp aja f1 ga semenarik jaman ada schumacer disana.

        Guest
        • Mamad.. f1 sekarang beda mesin, ga ada lg suara lengkingan khas v12,
          Motojipi no rosi tetep party bro..
          Mbah oci dah waktunya pensiun..
          Liat rider2 muda yg begitu luar biasa dan ga hanya 1
          Udahlah move on..

          Guest
        • MotoGP mesin tetap melengking 20000rpm, beda ama F1 sekarang

          Gaya balap marquez juga lebih attraktif, ngesot nhesot, sering ngerem masuk tikungan sampe ban belakang ngangkat ngangkat

          Guest
    • ancaman sih, tpi saya rasa masih jauh. f1/4 hadir d waktu yg tidak tepat. mirip” seperti pedrosa pada awal karier.

      Guest
    • Smga seru sungguhan… Fight ketat smua hgg finish tnpa ada insiden crash!

      Brharap mnang dg lawan crash/trik kotor y mnding mnjauh sana dr dnia sport ?

      Guest
  2. Mm akan melihat keadaan d lintasan dan melihat posisi dopi …baru strategi di maenkan… jika 2 pembalap yamama di depan nggak mengapa.. justru keadaan smakin aman buat mm93… cihuiii..

    Guest
  3. Apakah alasan sebenernya pembatasan 500 rpm untuk menjaga durabilitas mesinnya Fabio atau ada hidden agenda ya? Dengan 500 rpm dari awal musim mungkin bisa aja dia masuk top 5 sekarang, dan persaingan semakin seru.

    Guest
    • Yah karna awalnya bukan tugas dia mengumpulkan poin, kasarnya f1/4 hanya menggenapkan skuad SRT diawal musim, dan tentunya biaya motor mahal jika full rpm karna alokasi mesin mesti dikasih 7 juga. Biar hemat kasih aja 4 mesin, dan biar awet sampai akhir musim yah potong rpmx.

      Cmn sepertinya kasus f1/4 ini pihak yamaha yg turun tangan, mungkin dengan bonus/diskon harga mesin dari factory buat tim SRT.

      Guest
    • Di awal musim siapa sih yg balal menduga performa dia bakal segitu baiknya?
      Yg ada malah morbid yg digadang2

      Guest
    • @Tak ada yang bisa @Genesis karena yg disorot adalah Morbid dan dengan status rookie-nya Fabio tampil tanpa beban dan melebihi ekspektasi setiap orang, tapi mestinya Yamaha lebih peka liat sepak terjang Fabio di Moto2, khususnya di beberapa race terakhirnya yg bener-bener luar biasa semangat tempurnya.

      @Coy
      Nah ini jatah mesin tunggu konfirmasi akhir musim aja nanti, apakah bener cuma kebagian 4 mesin

      Guest
      • Bisa jadi…
        Krn gak ada beban, fabio malah bisa fokus balapan 100%
        Tp kan performa fabio datang setelah musim berjalan
        Srt sanggupnya sewa 5 mesin bwt fabio
        Yama ha gak mau rugi
        Kalo dr awal limit dicabut, terlalu beresiko untuk ketahanan mesin
        Bisa diliat di artikel sebelum
        Mesin 1 2x race
        Mesin 2 3x race
        Mesin 3 4x race
        Mesin 4 5x race
        Asumsinya dgn -500 race bisa dipakai 5x race
        Klo liat itungan spt itu maka logis kalo -500 baru dicopot di buriram
        Sisa 5 race, katakanlah pakai mesin ke 5 n meledak
        Maka 4 race sisa bisa pakai mesin 1 n 2

        Guest
  4. Yah… Carax mengendarai motor boleh dibilang berbeda dari lawan2 marq selama ini, jadi tentunya menarik melihat marq harus belajar mmeladeni gaya balap f1/4.

    Kejayaan yamaha ada di f1/4, cmn sisa musim ini sepertinya belum wak, yamaha mungkin bisa melawan di fp1-pf3 dan Q2 namun settingan race yamaha belum sekuat saat Q2.

    Mudah2an taun depan yamaha, ducati dan suzuki sdh semakin meningkat biar penentuan juara sampai sepang/valencia lah

    Guest
  5. Wah record demi record diambil fabio dari tangan MM. Akankah tahun depan bisa calon kuat pengambil juara dunia motogp. Bakal seru juga neh,tahun ini mgkn lambat yamaha kasi 500rpm itu,harusnya morbidelli yg diturunkan rpmnya sejak bbrp race.

    Guest
  6. Wak.. Sekarang ini kan lg kemarau…nah saya mau nanya, apa benar kalau tidak mandi 7 hari 7 malam akan mendapatkan ilmu??…
    Wak aji pernah mencoba belum?

    Guest
  7. 500rpm dibalikin dgn pertimbangan race tinggal dikit, smntara itu baik Fabio, vinales, n rossi enjinnya sm2 sisa satu, jd fabio g prlu hemat mesin lg, mkanya dibalikin lah itu 500rpm.. istilahnya fabio dh sukses lah bikin 5 mesin buat semusim.. tinggal rejekinya aj gmn d sisa musim..

    Guest
  8. itulah kenapa kalau buka laptop dan pertama kali buka wesbsite pasti TMCblog, penulis artikelnya berkualitas, netral dan akurat.
    makasih wa haji..
    btw, apa saya doang yang merasa kalau gaya balap F1/4 itu mirip JL, lembut banget kalau mau makan tikungan.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.