TMCBLOG.com – Di ajang Tokyo Motor Show 2019, TMCBlog ketemu dengan salah satu mantan staff expatriat PT. AHM yang sekarang sudah baik kembali ke Honda Motor Jepang. Mr Yamada. Nah kebetulan lagi adalah beliau ini menjadi staff khusus Honda Motor yang ditugaskan khusus untuk menjelaskan soal motor bebek ( Cub) konsep baru yang dihadirkan di TMS019 yakni Honda CT125.. Yes Honda CT125 ini secara umum memang seperti menghadirkan kembali, reborn motor Honda CT yang sempat dirilis di Jepang dan sempat menajdi Best Seller di Australia sebagai Postie Bike . .

Dari nomenklatur penamaan CT, motor ini berjenis bebek trail ( Cub Trail ) yang memiliki beberapa perbedaan signifikan dibandingkan dengan motor-motor platform Underbone Honda lainnya di kelas 125 cc . . . Soal mesin masih sama dengan mesin Honda C125 Supercub atau Monkey 125 yang mesin celentang itu, namun beberapa detail beda dengan Supercub C125. Salah satuya dalah soal saluran Intake yang dibuat berbeda jalurnya yakni ke arah tutup aki dan dilanjutkan ke atas tepatnya ke daerah rak belakang yang tinggi. Yes CT125 didesain seperti itu untuk membuat jalur intake ini tinggi dan aman dari air saat dipakai menerjang banjir dan lain lain . .

Lalu yang kedua adalah Muffler/knalpotnya yang didesain seperti knalpot model motor-motor scrambler yang didesain ke atas dan dimaksudkan juga untuk membuat mesin aman dari kemungkinan kemasukan air saat dibawa kegiatan ekstrim seperti nerabas githu sob. Dan karena dipakai buat perkerjaan-pekerjaan Dual Purpose, maka soal ban CT125 ini menggunakan ban Dual Purpose yang lumayan serius . . kotak kotak sob..

Lalu sobat juga akan lihat hadirnya suspensi depan yang full panjang seperti suspensi depan sport bike . . Ukuran diameter dari suspensi ini mungkin mirip dengan yang dipakai pada motor semisal Honda Win 100 dahulu. , ,Β  Secara umum, kalo soal elegan sih Ya C125 supercub lebih elegan, Namun CT ini seperti punya Karakter dual purpose yang kuat githu loh . ..Β  Mungkin untuk Indonesia bisa pakai basis mesin Revo 110 ??

Taufik of BuitenZorg

38 COMMENTS

  1. Desain yg seperti ini memang lagi Happening sekali, bebek tapi tampang off road nya serius…. Seandainya AHM bisa melokalkannya bersamaan dengan super cub yg legendaris itu, saya yakin penyerapan pasarnya akan lebih ramai daripada kelas sport dan cukup menjanjikan.

    Guest
    • Kalo cbu bisa bisa 50 juta wkwkw.
      Biar sangat segmented kayanya ini menarik buat motor bahan ubah dikit ae koyo w175

      Guest
  2. Mungkin trend memang berputar, setelah model klasik, sekarang honda dg CTnya, Kawasaki menghidupkan kembali 250cc 4 silindernya.
    Selanjutnya apa lagi ya?

    Guest
    • Mesin platina πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Dan seterusnya sampe mesin uap kayak jaman Sherlock Holmes πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  3. Mesin man cocok revo. Kalau mesin supra 125 kencang dilurusan tp agak kurang di tanjakan dan kalah garang soal hentak hentakan mesin.

    Guest
    • Kalau yg dimaksud mesin KPH Coba pakai girset KTL fitnew, tarikan lebih enteng.
      cuma mesin terbaru keluarga K41 udah pakai girset besar, enteng enteng aja.
      Yg identikan enak lurusan karna keluran yg lama gir 1 rasio berat. 40-50kph sie.

      Guest
    • Kan ada pelindungnya.
      Dimotor tril jg banyakan gitu kan?
      Iya kalau posisi berhenti anget angetnya kadang berasa.
      Cuma diingat, ini buat kaum ngangkang ya, bukan siku rapet.. Wkwkkwk

      Guest
  4. bikin revo trail (ala CT125) aja AHM wak, harga murah bisa untuk keperluan masyarakat pedesaan seperti saya yg biasanya merumput dan berjalan di medan off road.

    Guest
  5. Honda Zoomer X yang harusnya masuk Indonesia dari jaman Scoopy sebelum velg ring 12 dulu ga masuk sini, malah model ini kayaknya ga masuk Indonesia juga.

    Guest
  6. cocok gawe usung2 telo ku iki wak…gowo 2 sak ngarep siji buri siji taleni karet. πŸ‘πŸ‘πŸ‘ maklum..bendino cekelane telo! πŸ˜€πŸ˜€

    Guest
  7. kemungkinan cocok wak mumpung aroma dual Purpose yg dihadirkan si Adv masih hangat. ditambah bumbu pelengkap Honda Ct125 & gelombang style retrois&niche yg masih berkembang.

    Guest
  8. Bagus.ayo AHM di lokalkan seblum SYM Bikin duplicatenya.. C125 dan CT125 itu wajib di lokalkan dan menggantikan supra yg sudah kurang…. banyak design CUB clasic yg bagus bgt buat REBORN. Seperti yang wak haji pernah liput di museum nya honda.. wajib bgt reborn.mending jualan bebek jadul seperti di atas muΔΊti fungsi dan modelnya itu classic.

    Guest
  9. Saya pikir designnya kurang cocok untuk orang indonesia yg berflower ini, ini lebih segmented buat yg berjiwa retro agak nyentrik… Trail bukan, bebek juga bukan, gayanya terlalu absurd, seperti motor modifan tanpa konsep yg jelas, bagusan supercub kemana mana, Niscaya penjualannya bakalan sepi Ngk terlalu wah. Tidak percaya coba jual saja!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.