TMCBLOG.com – Sobat sekalian, sebenarnya beberapa hari Yang lalu tmcblog merasa sedikit melakukan perjudian saat mengganti Suspensi Belakang Original ( bawaan) Honda Vario 150 MY2018 milik sendiri dengan Suspensi KYB Zeto Dengan subtank Berjenis / memiliki nama jenis KYOS ZT5070W Yang diprovide Oleh Astra Otoparts. Kenapa tmcblog bilang sebuah ‘ perjudian’ ? Yang pertama adalah tmcblog sebelum ini tidak mengetahui bakal seperti apa performa suspensi Aftermarket ini. Oh Ya Suspensi KYB Zeto Dengan Sub-tank ini merupakan Tipe suspensi dimana Oli dan gas berada di posisi yang terpisah satu sama lain. TMCBLOG memperkirakan bentuknya mirip dengan suspensi Standar Honda ADV dimana gas diletakkan di dalam sebuah ‘Rubber Bladder’/ Kantung karet yang memisahkan Gas Udara dengan Oli sehingga tidak bisa tercampur.

Yes seperti kita ketahui, suspensi Vario 150 dan suspensi sepeda motor skuter otomatik Honda pada umumnya saat ini boleh dibilang merupakan Suspensi motor harian Yang paling sesuai dan enak untuk dipakai harian. Dan Khususnya Untuk Honda Vario 150, untuk bisa mengganti suspensi belakangnya, Kita itu harus bisa nge-bongkar body bagian belakang secara keseluruhan dan bahkan Membuka Dudukan Fuel tank. Yap Karena posisi Mur-baud suspensi belakang bagian atas benar benar tersembunyi dan sulit diakses dari Luar.

Yap setelah sekitar hampir satu jam membuka sendiri Body belakang Vario 150 ( bisa dilihat di VLOG) , akhirnnya Suspensi dengan subtank KYM Zeto ini bisa dipasang dengan baik. Suspensi ini memiliki panjang yang sangat presisi dan sama dengan Panjang suspensi OEM vario 150, sehingga saat di pakai tidak mengubah dimensi Motor secara Keseluruhan. Oh Ya Hampir ketinggalan, satu lagi untuk menggunakan suspensi KYB Zeto Z Series Dengan subtank ini, Kita harus melakukan sedikit upaya membuka body Bagian bawah dengan pisau atau gergaji besi untuk memberikan Ruang bagi bagian sub-tank dari suspensi.

Dan akhirnnya setelah Suspensi dipasang, terlihat memang suspensi ini sedikit lebih ‘ gemuk’ dari pada suspensi standar namun pegasnya masih cukup memperoleh ruang gerak dari Box filter Udara. Namun begitu yang terpenting adalah Bagaimana Feedback pemakaian Suspensi yang bisa dibeli dengan harga Tujuh ratus ribuan rupiah ini di beberapa Olshop etrmasuk di Website .Β  . .

Satu Yang bisa tmcblog rasakan adalah, Suspensi ini memiliki rebound damping yang lebih baik dibandingkan dengan suspensi standar vario 150 dengan tingkat keempukan (preload) yang hampir mirip. Rebound damping adalah karakter bagaimana suspensi/ Pegas dalam meredam osilasi gelombang yang dihasilkan. Apakah Mudah teredam atau lambat teredam. Buat tmcblog suspensi KYB Zeto dengan Sub-tank saat di pakai di Vario 150 ini berhasil meredam getaran suspensi lebih cepat dibandingkan Dengan Suspensi standar.

Efeknya adalah Feel Mentul mentul yang dirasakan saat Vario 150 menggunakan suspensi aftermarket ini lebih diminimalisasi dan efeknya membuat Riding solo maupun berdua pada umunya lebih Nyaman dibandingkan dengan suspensi Standar Vario 150. Silahkan sobat seklaian buktikan deh sendiri dan Kayaknya AHM perlu juga meneliti seperti apa Karakter damping, preload dan Compression dari suspensi KYB Zeto dengan sub-tank ini untuk kepentingan riset Membuat vario 150 / 125 Lebih nyaman kedepan dalam sudut pandang suspensi.

Taufik of BuitenZorg

39 COMMENTS

  1. Wak kaji total punya berapa motor?
    Perasaan lebih dari 50% jenis motor di indonesia punya, belum lagi yg direstorasi
    Sekali2 bikin konten tentang gudang motornya wak, jumlah sama isinya apa aja.

    Guest
  2. Memang tidak head to head, tp kalo dibandingkan shock Xmax yg bisa di adjust sama KYB Zeto gimana, Wak ? Rencana mau minang buat Nmax tp masih bimbang antara shock Xmax sama KYB Zeto

    Guest
    • nggak head to head, ini satu suspensi buat ngehandle satu motor, kalo itu Sepasang suspensi buat ngehandle satu motor

      Administrator
  3. Punyaku tak ganti YSS yg buat Beat, jadi lebih pendek dan kaki bisa lebih “membumi” dan lebih empuk, ati2 polisi tidur yg tinggi hehehe

    Guest
  4. Sepertinya ahm tidak perlu mempelajarinya wak. Secara mereka masih satu payung yaitu Astra. Ya bagi2 rejeki. AHM kasih yg standar aja. Mau performa lebih, beli produk aftermarket dari Astra.

    Guest
  5. ini KYB d edarkan oleh Astra atau pabriknya joint dengan astra (otopart?) ya wak Haji?

    soalnya lucu saja, ketika KYB pemasok part OEM (suspensi) Yamaha, sementara Astra merupakan induk dari Astra Honda, jadinya apabila ada instruksi untuk penurunan kualitas part untuk menjegal kompetitor (agar terlihat kualitasnya turun) ya bisa saja terjadi. apa gak takut KYB rugi karena dkomplain Yamaha karena partnya banyak yang disuruh ganti (klaim garansi)? ya gak karena kerugian tadi bisa ditutupi oleh laba dari produk Honda yang laku tadi.

    (LAmunan orang gila)

    Guest
    • Bisnis ya bisnis bro…. Harga sesuai dengan kesepakatan dan spek yg diminta. Nggak profesional lah kalau sampai menurunkan kwalitas…

      Guest
    • Hati2 banyak shock palsu,, KYB yang asli hanya yang ada merk nya nempel,

      Kalo ga ada logo KYB nya pwelu diwaspadai produk palsu

      Guest
    • Bisa ya bisa tdk. Tapi harusnya kemungkinan itu kecil apabila pabrikan Yamaha selalu rutin mengecek kualitas produk dari vendornya. Klo ada yg kurg sesuai dgn spek ya bisa komplain. Atau kena denda sesuai kontrak.

      Cmiiw

      Guest
    • nggak segitunya lah Mas, tiap suspensi punya karakter masing – masing yang mungkin bisa mempengaruhi tingkat durabilitas, belum lagi kalo ngomongin keinginan User yang pengen harga yang berbeda – beda di tiap motor produksinya, tentu sangat berpengaruh sama kualitasnya, istilah kata dengan ongkos produksi yang lebih rendah, besar kemungkinannya mendapatkan kualitas suspensi yang tidak lebih baik dibanding yang ongkos produksi lebih tinggi, begitu juga sebaliknya.
      Suspensi itukan disesuaikan dengan kebutuhannya seperti apa, apakah butuh yang stiff atau soft, atau malah kombinasi keduanya, dengan tingkat durabilitas berbeda beda sesuai bahan.

      Guest
    • kyb indonesia joint venture kyb jpn & astra otoparts
      sama halnya showa indonesia mfg joint venture showa jpn & astra honda motor
      harusnya si gak ada masalah gt ya(instruksi penurunan kualitas) soalnya kyb & showa sama2 buat shock sesuai dengan permintaan customer dan tentunya dengan advice mrk sbg supplier shock
      bisa2 principle jpn nya ngamuk2
      cmiiw

      Guest
  6. Nyesel, pake zeto tabung, feel ke vario 125 old baliknya cepat, sering mentok…jadi kayak batu kalau hantam tambalan aspal…pernah jg pakai zeto non tabung, malah lebih baik ini menurutQ drpd yg bertabung, tp ga sampai setengah tahun sdh jebol sealnya, maklum buat ngojek
    akhirnya nemu suspensi jempolan buat old vario, punya ori Yamaha X-ride gen pertama, dijamin josshh…

    Guest
  7. Kayaknya menarik neh. Ini bisa distel keras-empuknya ga wak?
    Saya kepikiran mo ganti shock vario 125 LED saya, coz berasa keras dan kurg nyaman. Atau karena joknya ya?

    Guest
  8. Pernah pake zeto yg non tabung buat mio j,, ampun dah lebih keras dari bawaan pabrik,, akhirnya cuma kepake 1 bulan dan balik lagi pake shock xride gen 1 yg lebih empuk dan tinggi

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.