TMCBLOG.com – Hari ini Dorna melalui Keputusan dari GPC – Grand Prix Commision mengumumkan beberapa maklumat penting mengenai regulasi kelas MotoGP di 2020 mengingat jumlah race dipastikan akan berkurang bila dibandingkan dengan Jumlah race dalam keadaan Normal. Hal Pertama yang mau tmcblog soroti adalah akhirnnya GPC memberikan kelonggaran kepada dua Pabrikan Konsesi penuh KTM dan Aprilia Untuk terus melakukan pengembangan mesin sampai batas waktu 29 Juni 2020.

Yap baik Aprilia dan KTM diharuskan sudah memberikan contoh mesin kepada technical Director MotoGP untuk dihomologasikan untuk pemakaian 2020 dan sebagai referensi pemakaian 2021 nanti. Aprilia bisa jadi adalah pabrikan yang paling gembira atas keputusan ini. Setelah melakukan update cukup signifikan untuk RS-GP Mereka.

Perubahan platform Mesin V4 dari awalnya bersudut 75º ke sudut 90º sehingga sama dengan Ducati dan Honda Plus penempatan Flywheel di Luar dari CrankCase  terlihat memang mesin ini butuh Mileage lebih panjang untuk meningkatkan sisi durabilitas dan reliabilitas dari Mesin baru ini. Dipastikan Aprilia akan memaksimalkan tengat waktu yang diberikan GPC untuk melakukan test. Seperti kita ketahui Sirkuit Seperti Misano sudah bisa dipakai dengan koridor pembatasan Sosial yang ketat, dan Kondisi ini jelas bisa dimaksimalkan Oleh Aprilia.

Hal kedua adalah soal Point Konsesi. Seperti Kita ketahui dengan sedikitnya jumlah race ada kemungkinan pabrikan Non-Konsesi akan mengalami kegagalan dan sampai membuat mereka malah masuk ke hitungan Pabrikan konsesi di 2021 nanti.  Untuk menghindari ini GPC memutuskan bahwa Perihal Konsesi di tahun 2020 ini hanya hanya bisa hilang, dan tidak akan ada pabrikan baru yang memperoleh status konsesi akibat race Musim 2020.

Satu lagi, GPC memutuskan  untuk meniadakan Wild Card di semua kelas pada Musim MotoGP 2020 ini. yah, Dipastikan Lorenzo tidak akan melakuan Come back di 2020 ini dalam status Wild card . . mungkin sebagai subtitusi / rider pengganti bisa sob !

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Sumber dokumen

Click to access Decision_of_the_Grand_Prix_Commission_15_May_2020.pdf

13 COMMENTS

    • Tp mbah jg lupa, yg jurdun dan jadi runner up bberapa tahun kemarin itu V4 semua. Jgn lupa dicatet mbah.

      Guest
    • Komen pakai fakta bukan opini…

      Fakta: posisi 1 dan 2 championship selama 3 tahun terakhir dari V4 semua..

      Guest
    • Konspirasi Dorna nih,biar paduka gak bisa nge trek dan menguntungkan markes

      (Udah mirip belum?)

      Guest
  1. Karena saya sudah jinak, dan wild card harus dimusnahkan. Kartu liar sangat sulit mendapatkan pawangnya.

    Guest
  2. Nahh akhirnya ktm sama aprillia dapat kelonggaran, masa iya cuma minta waktu sampai batas homologasi aja gak dikasih.
    Dulu aja ducati dikasih full 1 musim buat bebas melakukan pengembangan dimasukin ke open class

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.