TMCBLOG.com – Honda CBR600RR sudah lama jadi ‘bulan bulanan’ Motor kompetitor di arena balap, Yap Motor di kelas supersport ini memang sudah lama tidak memperoleh update, sementara lawan lawannya Seperti ZX6R atau pun yang paling heboh Yamaha R6 sudah dibenamkan banyak teknologi canggih yang diturunkan dari Abangnya R1.

Nah Kemarin tmcblog berkesempatan berbagi Informasi dengan Salah seorang Jurnalis Jepang kenalan tmcblog , editor In-Chief dari Majalah Young Machine yakni Kohei Ichimoto. Tema Diskusi Kami adalah soal Sinyalemen hadirnya kembali Supersport Honda di kelas 600 cc empat silinder segaris. Sembari memberikan Foto renderan digital tanpa tanda air, Ichimoto-san memberikan 16 point mengenai Calon Supersport Honda ini :

  1. Akan dirilis di jepang pada Musim gugur 2020.
  2. Akan dirilis Untuk Pasar Jepang dan Asia, Bukan untuk eropa
  3. Namanya Konfirm Honda CBR600RR
  4. Menggunakan Siluet depan yang mirip dengan RR-R (dengan aero-wing)
  5. Muffler panjang besar ke belakang diteruskan
  6. Bagian Buritan belum akan berbeda dengan Current CBR600RR
  7. Jenis Frame ( perimeter) dan Mesin ( Inline 4 ) akan sama dengan Current CBR600RR
  8. PowerMaksimam 115 ps
  9. Menggunakan assist slipper clutch
  10. Mengadopsi Throttle by wire
  11. Mengadopsi Traction control, riding mode change
  12. Mengadopsi race ABS Via IMU
  13. Lampu lampuĀ  full LED
  14. Mengadopsi Full Color LCD panel-meter
  15. Menggunakan quick shifter
  16. Mengadopsi Grip heater

Terlihat memang sepertinya Honda masih terkesan ‘nanggung’ dengan tidak merombak bagian mesin dari CBR600R ini, Namun kita semua belum tahu, walaupun masih sama sama Inline 4 belum tentu tidak ada perubahan dari jeroan mesin, Mungkin akan ada perubahan dimensi piston atau perlakukan perlakuan Teknis untuk mereduksi Friksi dan panas sehingga penyaluran Power menjadi lebih efesien? Who Knows, Kita tunggu akhir tahun bro.

Taufik of BuitenZorg

32 COMMENTS

    • Jangan underestimate dulu, YM sering meleset. Mesin kayaknya turunan langsung sang Abang triple R, bakal jd lawan tangguh di kelas 600

    • Smga handling msh sm, tdk sprti kakakny yg tlh brubah total jd Track Oriented… Msh trnyaman bwt aspal jalann raya ?

  1. Jelekkk…. point plus dari cbr dibandingkan R6 & ZX6 R ya knalpotnya yang undertail itu lohhh.. seksi bangett.. tuh motor mau dilihat darimanapun tetep cakepp karena knalpotnya.. Kalau gak undertail apa lagi yang mau dibanggain..??

  2. “jangan percaya Young Machine, sering meleset, mending baca M*N” ujarnya, pdhl MC* juga melesetnya lebih sering, hehe… Mending percaya prediksi TMCblog saja

  3. Grip heather tuh buat apa ya kalo boleh tahu?
    Maklum belum pernah pegang supersport yang hi-tech berlimpah fitur beginian

    • buat yg negara ada musim dingin, ato klo ente pernah riding digunung2 contohnya kyk ke bromo malem2 sangat berguna sekali biar gk keram kaku jari2 tangan mskpn pake sarung tangan namanya suhu dingin tetap tembus

      • Yup,kalo tangan mati rasa karena kedinginan dan gak bs nahan keseimbangan motor atau ngatur bukaan gas bs bahaya

        Kalo di goldwing malah ada seat heater nya kayak mobil

  4. Heran kelas ss600 kenapa daya tariknya menurun ya? Padahal motor produksi masal, rata2 skalian di kelas 1000cc qtau malah ap250?

    • Dulu banget udah pernah dibahas keknya. Biaya pengembangan 600cc sekarang hampir sama kaya 1000cc, jadinya selisih harganya ngga jauh lagi. Jadi banyak yang pentingin 1000cc.

  5. kalau ga salah waktu itu di discontinue karena masalah emisi.
    jadi seharusnya sih mesinnya berubah ya, soalnya klo cuman disolusikan dengan knalpot ya harusnya sudah dari waktu itu (meskipun marketnya ga bagus)

  6. Cbr 600 motor yg gak rewel sebenernya, mungkin karna minim elektronik. Tapi gak tau nih setelah di update elektroniknya. Oh iya kabarnya cbr 600 motor yang gak ada di daftar recall pabrikan. Beda ama 600 cc lain. Makanya ni termasuk motor yang paling cocok buat pemula. Sayang power ya paling lemah dari 600cc lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here